tips sahur agar tidak haus

Ketika puasa, biasanya rasa haus sering kali menghampiri terlebih saat cuaca sedang sangat terik. Apalagi jika Sedulur sedang memiliki jadwal kegiatan dan aktivitas yang padat sepanjang hari. Agar bisa menjaga tubuh tetap kuat meski sedang berpuasa dan melakukan banyak aktivitas, Sedulur harus mengetahui tips sahur agar tidak haus saat sedang berpuasa seharian berikut ini.

BACA JUGA : 10 Tips Persiapan Puasa Pada Awal Bulan Ramadan 2023

Tips sahur agar tidak haus saat berpuasa

Berikut beberapa tips yang dapat Sedulur praktikkan agar tidak haus saat berpuasa. 

1. Pastikan asupan cairan terpenuhi saat sahur dan berbuka puasa

tips sahur agar tidak haus
iStock

Tips sahur agar tidak haus yang pertama adalah minum sebanyak 8 gelas air putih dalam 1 hari. Meskipun sedang menjalankan ibadah puasa, Sedulur harus harus mencukupi kebutuhan cairan tersebut saat sahur dan berbuka. Nah, caranya Sedulur harus bisa mengatur konsumsi air putih dengan minum 2 gelas air saat sahur, 3 gelas saat berbuka, dan 3 gelas sebelum atau setelah tarawih. Dengan tips ini, dijamin puasa Sedulur akan semakin lancar dan tidak merasakan haus atau kekurangan cairan.

-->

2. Kurangi aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat

iStock

Meski sedang berpuasa, Sedulur harus tetap melakukan berbagai aktivitas, seperti olaharaga dan bekerja. Namun pastikan Sedulur mengurangi berbagai aktivitas yang terlalu banyak mengeluarkan keringat ya. Dan bisa menghindari aktivitas yang dilakukan di bawah sinar matahari secara berlebihan. Hal tersebut menjadi salah satu cara agar tidak cepat haus saat puasa yang cukup efektif. Jika Sedulur ingin olahraga, maka bisa dilakukan satu jam menjelang buka puasa atau setelahnya.

3. Perbanyak makan buah dan sayur saat sahur

iStock

Memperbanyak asupan sayur maupun buah yang kaya akan vitamin dan mineral saat sahur. Hal ini karena setiap kandungan dari sayur dan buah bisa menjaga metabolisme tubuh selama seharian. Salah satu yang direkomendasikan adalah jenis sayur dan buah juga kaya akan air yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh ketika sedang berpuasa. Buah-buah ini bisa sangat beragam, misalnya ada semangka, jeruk, melon, blewah, anggur, atau timun. 

BACA JUGA : Rekomendasi Olahraga Saat Puasa dan Tips Menjalankannya!

4. Hindari makanan pedas dan terlalu asin

iStock

Cara agar tidak mudah haus saat sedang puasa selanjutnya adalah menghindari makanan pedas dan asin. Meskipun makanan ini cukup menggoda, akan tetapi saat sahur alangkah baiknya Sedulur menghindari atau tidak mengkonsumsi kedua makanan tersebut secara berlebihan. Selain dapat menyebabkan haus, kedua jenis makanan tersebut juga dapat mengganggu saluran pencernaan. Hal ini bisa berdampak pada menurunnya cairan dan energi pada tubuh.

5. Lebih sering mandi atau membasahi diri

iStock

Agar tidak cepat haus saat puasa, cobalah untuk mandi lebih sering atau berendam air dingin. Air dingin dapat membantu menurunkan suhu tubuh, terutama saat cuaca panas terik. Sedulur juga dapat membasahi diri dengan mencuci wajah, menggunakan face mist, atau cukup mengompres wajah dengan air es. Hal ini terbukti ampuh menghilangkan haus saat cuaca sedang panas.

6. Hindari minum kafein saat sahur

iStock

Kafein merupakan senyawa bersifat diuretik alias dapat menarik cairan untuk keluar dari tubuh. Oleh karena itu, Sedulur sebaiknya menghindari untuk mengonsumsi asupan berkafein saat sahur. Cairan yang bersifat diuretik dapat membuat Sedulur akan lebih sering buang air kecil, sehingga dapat lebih cepat haus.  Tak hanya kopi, beberapa contoh asupan lain yang mengandung kafein misalnya teh, soda, dan cokelat juga perlu dihindari.

7. Pakai baju berbahan tipis dan berwarna cerah

iStock

Meski terlihat sepele, memilih baju berwarna cerah juga merupakan tips agar puasa tidak mudah haus lho. Pastikan Sedulur memakai baju yang berbahan tipis dan mudah menyerap keringat ketika berpuasa, Pastikan juga pakaian yang dipilih memiliki warna cerah. Pasalnya, pakaian berwarna gelap lebih mudah “menyerap” panas matahari, sehingga rentan membuat Sedulur mudah kegerahan dan akhirnya mudah haus.

8. Pasang kipas angin atau AC

iStock

Suhu lingkungan yang panas dapat membuat Sedulur lebih cepat merasakan haus. Maka itu, usahakan buat suhu ruangan terasa lebih sejuk ya!. Salah satu cara menahan haus saat puasa adalah dengan menyalakan kipas angin atau AC. Dengan kondisi ruangan yang sejuk, rasa haus pun tidak akan mudah datang sehingga puasa pun menjadi lancar.

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Kuliner Malam di Gresik, Lezat Anti Ngantuk! 

9. Jauhi sinar matahari

iStock

Ketika berpuasa, disarankan untuk sebisa mungkin menghindari sinar matahari. Paparan sinar matahari yang terik saat berada di luar ruangan dapat membuat kegerahan, berkeringat, dan mudah haus. Jika memungkinkan, lebih baik Sedulur melakukan aktivitas di dalam ruangan sebagai salah satu cara agar tidak cepat haus saat puasa.

10. Konsumsi yoghurt

iStock

Selain rasanya yang lezat dan meyehatkan tubuh, Sedulur juga dapat mengonsumsi yoghurt sebagai salah satu cara agar tidak haus saat puasa. Yoghurt mengandung 85% air, sehingga sagat cocok dikonsumsi saat sahur. Namun, sebaiknya tidak dikonsumsi saat perut kosong, ya. Sedulur dapat minum yoghurt setelah menyantap menu sahur. 

11. Kurangi asupan makanan dan minuman manis

iStock

Tips selanjutnya adalah Sedulur harus menghindari makanan manis. Hal ini karena makanan manis dapat menyebabkan tingkat rasa haus yang lebih tinggi karena mengandung banyak gula. Alangkah baiknya Sedulur mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat daripada makanan manis.

12. Hindari berada di ruangan atau kondisi suhu tinggi

iStock

Saat berpuasa alangkah baiknya Sedulur selalu berada di ruangan yang bersuhu sejuk dan tidak terkena sinar matahari untuk mengurangi rasa haus. Hindari melakuka banyak aktivitas di luar ruangan ya Sedulur!

Demikianlah rangkuman informasi tentang tips sahur agar tidak haus yang dapat Sedulur praktikkan. Pastikan Sedulur mencukupi kebutuhan air agar tidak mudah merasa haus saat berpuasa ya! 

Nah, biasanya di bulan puasa Sedulur akan lebih sering memasak bukan? Baik itu membuat takjil maupun membuat hidangan buka puasa. Jangan lupa untuk menyiapkan bahan dan keperluan memasak ya!

Sedulur dapat kulakan dan belanja sembako dengan mudah dan murah di Aplikasi Super. Produknya lengkap dan harganya tentu lebih terjangkau dibanding pasar. Yuk langsung belanja dan kulakan di Aplikasi Super dapatkan promo menarik dan gratis ongkir setiap hari.