tips puasa ibu hamil

Ada beberapa hal yang penting diperhatikan oleh ibu hamil yang ingin tetap menjalankan ibadah puasa. Dengan mengikuti tips puasa untuk ibu hamil, tubuh ibu dan janin akan tetap sehat. Dengan begitu, puasa pun bisa berjalan lancar tanpa hambatan serta bisa menjalankan ibadah sunnah lainnya.

Meskipun tips puasa untuk ibu hamil ini bisa menjadi panduan yang tepat, namun Sedulur harus tetap melakukan konsultasi terhadap dokter kandungan masing-masing terlebih dahulu. Selain itu, Sedulur harus tetap waspada dengan tanda-tanda dehidrasi yang bisa saja terjadi, seperti demam, pusing, muntah, lelah, bibir kering, lemas, atau merasa sangat haus.

BACA JUGA: 12 Tips Sahur Agar Tidak Haus Saat Puasa, Dijamin Berhasil!

Tips Aman Berpuasa Untuk Ibu Hamil 

Jika kondisi Sedulur sedang fit dan merasa mampu untuk menjalankan ibadah puasa, simak beberapa tips berikut untuk membantu tubuh tetap bugar dan janin tetap sehat.

-->

1. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

tips puasa untuk ibu hamil
iStock

Tips pertama dan utama adalah memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan baik. Hal ini karena tubuh ibu hamil dan janin sangat membutuhkan cairan setiap harinya. Bila Sedulur ingin tetap kuat menjalankan puasa, setidaknya konsumsi 8-12 gelas air atau sekitar 2,2 hingga 3 liter air per hari. Jika mengalami dehidrasi, sebaiknya Sedulur segera membatalkan puasa. 

2. Konsumsi susu  

iStock

Selain cairan dari air, Sedulur juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi susu. Hal ini karena susu dapat menambah nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika biasanya ibu hamil mengonsumsi susu hamil pada waktu pagi hari dan malam hari, pada bulan Ramadan ini, Sedulur bisa mengonsumsinya pada saat sahur dan buka puasa atau sebelum tidur. 

BACA JUGA: 15 Tips Belanja Kebutuhan di Bulan Ramadan, Jadi Hemat!

3. Jaga kandungan serat  

tips puasa untuk ibu hamil
iStock

Selama melakukan ibadah puasa, jangan lupa untuk selalu menjaga kandungan serat. Kebutuhan serat saat berpuasa sama pentingnya dengan kebutuhan cairan dalam tubuh, sehingga Sedulur harus memerhatikannya dengan baik. 

Serat akan berfungsi sebagai penunjang kesehatan pencernaan ibu hamil. Untuk mendapatkan sumber serat tersebut, Sedulur bisa mengonsumsi aneka buah-buahan dan sayuran saat sahur dan berbuka, seperti alpukat, apel, pisang, selada, wortel, dan bayam.

4. Konsumsi garam secukupnya

iStock

Saat berpuasa, beberapa orang memang memilih untuk berpuasa tanpa garam. Namun bagi ibu hamil, menghindari garam sepenuhnya akan menyebabkan tubuh menjadi lemah. Asupan garam pada ibu hamil tetap penting karena dapat membantu perkembangan sistem saraf yang lebih optimal.

Selain itu, konsumsi garam secukupnya juga akan membuat bayi lahir dengan berat badan yang memadai, hingga dapat mendukung kesehatan kardiovaskular. Oleh karena itu, Sedulur wajib mengonsumsi makanan yang mengandung garam pada saat buka puasa. Namun perlu diingat, konsumsi garam secukupnya saja, ya! 

BACA JUGA: Rekomendasi Olahraga Saat Puasa dan Tips Menjalankannya!

5. Mengonsumsi camilan sehat

tips puasa untuk ibu hamil
iStock

Tips puasa untuk ibu hamil lainnya adalah mengonsumsi camilan sehat saat waktu berbuka puasa hingga menjelang tidur. Sedulur bisa membuat sayuran rebus atau buah potong sesuai selera dan memakannya sedikit-demi sedikit. Untuk sayuran, Sedulur bisa memilih brokoli, kentang, atau buncis rebus karena ketiganya memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh ibu hamil.  

6. Hindari makanan manis berlebihan

iStock

Jika konsumsi garam secukupnya saja, begitu pula dengan konsumsi gula saat puasa. Sedulur perlu mengurangi makanan manis berlebihan karena dapat memicu peningkatan gula darah secara drastis.  

Sebagai gantinya, Sedulur bisa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat, seperti gandum, sayuran, kacang-kacangan dan buah kering. Sedulur juga bisa menambahkan kandungan protein dari daging, telur dan kacang-kacangan. Serta menghindari konsumsi kafein yang memiliki sifat diuretik penyebab dehidrasi.

BACA JUGA: Tips Puasa Untuk Ibu Menyusui Beserta Manfaatnya

7. Hindari berbuka dengan minuman dingin

tips puasa untuk ibu hamil
iStock

Berbuka puasa dengan minuman segar adalah hal yang paling ditunggu-tunggu, terutama oleh para ibu hamil. Namun, ada baiknya Sedulur menghindari berbuka puasa dengan minuman dingin yang dapat memicu atau meningkatkan asam lambung. 

Sebagai gantinya, Sedulur bisa mengonsumsi air putih dan minuman manis hangat. Jika Sedulur masih belum puas dengan kesegarannya, gantilah minuman dingin dengan buah segar, seperti semangka dan melon. 

8. Bahagiakan diri dengan berbelanja

tips puasa untuk ibu hamil
iStock

Stres dapat membuat kesehatan ibu hamil menurun. Oleh karena itu, Sedulur harus memiliki kontrol stres yang baik selama berpuasa. Salah satu hal yang bisa Sedulur lakukan adalah dengan berbelanja kebutuhan bayi secara online. Baik baju, celana, topi, atau barang-barang lain yang sekiranya dibutuhkan setelah bayi lahir.

Selain itu, Sedulur juga perlu membeli kebutuhan pokok bayi, seperti popok, minyak telon, dan susu. Sedulur bisa memanfaatkan teknologi dengan berbelanja secara online, salah satunya melalui Aplikasi Super. Selain menyediakan produk yang lengkap, Aplikasi Super juga memberikan diskon dan cashback menarik dalam setiap transaksi, sehingga Sedulur bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah daripada belanja di pasar.

Nah, itu tadi 8 tips puasa untuk ibu hamil yang bisa Sedulur jadikan pedoman di bulan Ramadan ini. Jika kondisi tubuh memang sudah tidak sanggup, Sedulur tidak perlu terlalu memaksakan diri. Segera periksakan diri ke dokter bila mengalami tanda-tanda dehidrasi agar mendapatkan penanganan yang tepat dan kondisi kehamilan tetap sehat.

Jangan lupa belanja berbagai kebutuhan bayi di Aplikasi Super untuk pengalaman belanja yang lebih praktis dan menguntungkan. Download aplikasinya melalui Google PlayStore dan nikmati belanja dengan harga grosir dan voucher gratis ongkir sekarang juga!