tips belanja kebutuhan di bulan ramadhan

Bulan Ramadan akan segera datang. Biasanya, momen ini juga diikuti dengan kenaikan harga bahan kebutuhan pokok. Untuk itu, Sedulur perlu tips belanja kebutuhan di bulan Ramadhan agar pengeluaran bulanan bisa tetap aman dan terkendali.

Ada beberapa tips yang bisa Sedulur coba ketika akan berbelanja di bulan Ramadhan. Jika bisa menerapkannya dengan baik, pastinya Sedulur akan semakin hemat dan untung dalam berbelanja di bulan Suci. Penasaran apa saja tipsnya? Simak ulasan di bawah ini, ya!

BACA JUGA: Resep Es Kelapa Muda Selasih, Lepaskan Dahaga Kala Buka Puasa

1. Buat strategi alokasi gaji 

tips belanja kebutuhan di bulan ramadhan
iStock

Agar belanja kebutuhan Ramadan bisa aman dan terkendali, Sedulur perlu mengenali kondisi finansial rumah tangga masing-masing terlebih dahulu. Dengan begitu, Sedulur bisa membuat strategi alokasi gaji yang efektif. Terlebih jika Sedulur memiliki rencana untuk mudik lebaran maupun memberikan hampers, pos pengeluaran uang tentu harus dipersiapkan dengan teliti.

-->

Ada strategi alokasi gaji mudah yang bisa Sedulur gunakan, yakni metode 50/30/30. Metode ini artinya menggunakan 50% gaji untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk sedekah dan investasi.  

Alokasikan 50% gaji untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Sementara 30% gaji lainnya bisa Sedulur gunakan untuk membeli baju muslim, berbagi hampers lebaran, acara buka puasa bersama teman-teman, serta agenda belanja sambil ngabuburit. Untuk yang 20% gaji bisa Sedulur alirkan ke investasi dana darurat atau investasi lain dan tentunya juga untuk sedekah.

2. Jangan mencicil belanjaan 

Pada bulan puasa, harga kebutuhan pokok dan kebutuhan lainnya cenderung akan naik seiring mendekati hari raya. Oleh karena itu, jangan mencicil belanjaan sedikit demi sedikit. Alangkah lebih baik jika Sedulur langsung belanja dalam jumlah banyak dan dalam satu waktu sesuai dengan daftar belanjaan. 

Selain lebih praktis, belanja dalam jumlah banyak juga biasanya akan mendapatkan harga grosir yang lebih murah. Lebih dari itu, Sedulur juga tidak perlu bolak-balik ke supermarket atau toko grosir di bulan puasa yang biasanya cukup menguras tenaga. 

3. Merencanakan menu 

Agar belanja bisa lebih mudah, ada baiknya Sedulur juga menyiapkan atau merencanakan menu apa yang akan dimasak. Perencanaan ini akan membuat Sedulur lebih bijak dalam membeli kebutuhan untuk sahur maupun berbuka puasa. 

Sedulur tidak akan merasa bingung saat bulan puasa tiba, sebab semua menu sudah terencana dan bahan sudah siap diolah. Selain itu, memasak sendiri di rumah juga akan lebih hemat daripada terus menerus membeli makanan di luar rumah. 

Kegiatan memasak juga bisa menjadi kegiatan menarik sambil menunggu agenda berbuka puasa. Nah, Sedulur bisa menyiapkan menu makanan sahur dan berbuka secara harian atau mingguan, bahkan sudah menyusunnya untuk satu bulan penuh. 

BACA JUGA: Resep Sup Kacang Merah, Hidangan Bergizi Untuk Buka Puasa

4. Buat daftar belanja yang jelas 

tips belanja kebutuhan di bulan ramadhan
iStock

Jika Sudah menentukan menu masakan, kini saatnya Sedulur membuat daftar belanja yang jelas. Sedulur bisa menyusun daftar kebutuhan bahan makanan apa saja yang dibutuhkan, serta daftar kebutuhan rumah tangga lain yang harus dibeli.

Buat daftar sejelas mungkin dan selalu pastikan jika daftar belanjaan tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan. Hindari membeli bahan berlebihan karena akan membuat pengeluaran semakin boros. Daftar yang jelas juga akan memudahkan Sedulur saat mengambil barang di toko atau supermarket. 

5. Masak untuk sahur dan buka puasa 

Agar lebih hemat, Sedulur bisa memasak menu untuk sahur dan buka puasa sendiri di rumah. Sedulur bisa memasak dalam satu kali waktu pada saat berbuka, dan menyantapnya sekaligus untuk sahur. Tak hanya menghemat uang, Sedulur juga bisa menghemat waktu dan tenaga di bulan Ramadhan.

6. Berburu promo dan penawaran menarik lainnya 

Sebelum berbelanja, pastikan juga untuk mencari tahu ada tidaknya promo Ramadhan di toko grosir atau minimarket sekitar. Hal ini karena hampir semua toko atau minimarket akan memberikan harga terbaik menjelang bulan puasa, seperti diskon, produk bundling, reward khusus, hingga promo buy 1 get 1. 

Selain itu, jika Sedulur menggunakan metode pembayaran digital atau kartu kredit, biasanya akan ada potongan harga yang menarik. Ada pula bonus dengan menukarkan koin atau mendapatkan cashback dari transaksi tertentu. Untuk mengetahuinya, Sedulur bisa memantau sosial media supermarket atau toko grosir favorit.  

BACA JUGA: Menu Buka Puasa Spesial Dengan Resep Ayam Panggang Oven

7. Kurangi bukber 

iStock

Agar lebih hemat, Sedulur juga perlu mengurangi agenda buka bersama di luar rumah. Sebagai gantinya, Sedulur bisa mengoptimalkan kegiatan berbuka puasa di rumah sendiri bersama keluarga. Terlebih Sedulur juga sudah membuat daftar menu dan memiliki stok belanjaan yang harus segera dimasak. Selain menghemat uang, Sedulur juga bisa meningkatkan skill masak dan tentunya membuat makanan yang lebih sehat.

8. Gunakan cashback atau poin lainnya

Selain berbelanja dengan promo atau diskon, Sedulur juga bisa menggunakan cashback yang selama ini tersimpan dalam akun digital. Cara ini akan membuat harga belanjaan Sedulur semakin murah dan dana aslinya bisa dialihkan ke kegiatan lain. Untuk itu, cek selalu saldo cashback yang Sedulur miliki.

9. Kurangi jajanan takjil

Selain mengurangi intensitas berbuka bersama di luar, Sedulur juga perlu mengurangi membeli jajanan takjil di luar rumah. Sebagai alternatif lain, Sedulur bisa membuat takjil atau snack berbuka puasa sendiri. Meskipun harga takjil tidak seberapa, namun jika terlalu sering akan memangkas banyak dana.

Oleh karena itu, Sedulur bisa membatasi agenda membeli jajanan takjil di luar dan mulai membuatnya sendiri. Agar lebih hemat lagi, Sedulur bisa membeli buah-buahan kering seperti kurma sebagai kudapan berbuka puasa yang mengenyangkan. 

BACA JUGA: Resep Dimsum Ayam, Takjil Praktis Berbuka Puasa

10. Mengecek ketersediaan bahan makanan

tips belanja kebutuhan di bulan ramadhan
iStock

Tips berikutnya adalah selalu mengecek ketersediaan bahan makanan yang dimiliki. Pastikan apa saja yang masih ada dan apa saja yang harus dibeli segera. Mengecek ketersediaan bahan di kulkas dan dapur akan membantu Sedulur dalam menentukan daftar belanja. Sedulur juga bisa terhindari dari pembelian bahan makanan yang sama dan belum dimasak sebelumnya. 

11. Mencari alternatif harga termurah

Selain menggunakan diskon, Sedulur juga bisa mencari alternatif barang yang lebih murah dengan membandingkan harga dari berbagai produk yang sama. Cara ini bisa membuat pengeluaran semakin hemat dan untung. Selain itu, usahakan untuk belanja di pagi hari atau saat toko baru buka agar bisa memilih bahan dengan kualitas terbaik. 

12. Utamakan belanja kebutuhan pokok

Saat berada di toko atau supermarket, Sedulur pasti akan menemukan banyak informasi diskon pada beberapa produk di luar kebutuhan pokok yang sangat menggoda. Alih-alih tergiur, Sedulur harus berpegang teguh pada daftar belanja dan mengutamakan kebutuhan pokok terlebih dahulu.

BACA JUGA: 10 Resep Kikil Sapi Super Empuk Untuk Menu Buka Puasa

13. Tentukan alokasi dana buka puasa

iStock

Selain alokasi dana secara keseluruhan, Sedulur juga perlu membuat alokasi dana untuk kegiatan buka puasa. Hal ini karena biasanya orang-orang akan tergoda membeli jajan berbuka walaupun sebenarnya tidak terlalu menginginkannya. Oleh karena itu, budget khusus akan sangat membantu untuk mengontrol keuangan. Selain itu, budget ini juga bisa membantu Sedulur saat akan mengikuti agenda buka bersama rekan dan keluarga besar.

14. Stok makanan sahur dan berbuka

Tak hanya langsung berbelanja dalam jumlah banyak, Sedulur juga bisa menyiapkan stok makanan khas Ramadhan sebagai kudapan berbuka dan sahur. Misalnya saja seperti frozen food, makanan siap saji, atau makanan olahan lain yang mudah dimakan dan diolah. Dengan membuat stok, agenda sahur dan berbuka akan lebih praktis. 

15. Tetap sedekah di bulan Suci

Selain berbelanja untuk berbagai kebutuhan, Sedulur jangan sampai melewatkan sedekah di bulan Suci. Kegiatan yang mendatangkan banyak manfaat ini akan membuat Sedulur lebih ikhlas dalam menjalani puasa dan membentuk pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.  

Itulah 15 tips belanja kebutuhan di bulan Ramadhan yang akan membuat pengeluaran bulanan lebih hemat. Sedulur bisa menerapkan semuanya atau memilih beberapa yang paling sesuai dengan kebutuhan rumah tangga masing-masing.

Jika Sedulur tidak sempat belanja secara langsung, Sedulur juga bisa menggunakan Aplikasi Super untuk memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadan. Tenang saja, Sedulur juga tetap akan mendapatkan harga grosir dan menikmati aneka diskon dan cashback menarik di setiap transaksi.

Lebih dari itu, pengiriman pesanan akan langsung dilakukan sehari setelah pesanan masuk dan diantar sampai ke depan rumah. Tanpa perlu menghabiskan banyak tenaga, Sedulur bisa belanja hemat, mudah, dan praktis dengan Aplikasi Super. Jangan lupa download dulu di Google PlayStore, ya!