meningkatkan berat bayi

Banyak dari Sedulur yang telah menjadi ibu ingin tahu cara dan tips menaikkan berat badan bayi secara efektif serta ideal. Hal ini tak lepas dari kondisi berat badan bayi yang baik, bisa menjadi tanda pertumbuhan yang optimal.

Bayi yang mendapatkan ASI yang cukup umumnya akan terus mengalami peningkatan berat badan seiring berjalannya waktu. Sayangnya, saat bayi memasuki masa transisi dari asupan ASI menuju MPASI, biasanya ada beberapa bayi yang mengalami penurunan berat badan hingga 10% dibanding saat kelahirannya. Untuk itu diperlukan juga asupan tambahan yang penuh nutrisi dan penanganan khusus agar pertumbuhan bayi bisa semakin maksimal.

Melihat hal di atas, tentu penting untuk mengetahui cara yang tepat dalam meningkatkan berat badan bayi. Jika berat badan bayi kurang dari yang diharapkan, sebagai ibu, Sedulur pasti akan khawatir dan berusaha agar meningkatkan berat badan si kecil. Berikut ini beberapa tips menaikkan berat badan bayi yang perlu Sedulur ketahui!

BACA JUGA: 10 Alternatif Pengganti Susu Formula Terbaik Untuk Si Buah Hati

1. Menyusui bayi lebih sering

tips menaikan berat badan bayi
iStock

Menerapkan pola menyusui yang tepat dapat menjadi kunci penting dalam menaikkan berat badan bayi. Menyusui bayi lebih sering dapat membantu meningkatkan berat badan Si Kecil secara alami. 

Sebaiknya, Sedulur memberikan ASI kepada bayi setiap 2-3 jam dengan durasi setiap menyusui selama minimal 20 menit. Namun, jika bayi terlihat mengantuk atau berhenti menyusui sebelum 20 menit, Sedulur dapat mengganti posisi menyusui, membantunya bersendawa, atau merangsang bayi untuk melanjutkan menyusu.

Ketika bayi sering menyusu, maka produksi ASI akan meningkat dan memberikan nutrisi yang cukup bagi Si Kecil untuk tumbuh dan berkembang dengan optimal. Selain itu, pola menyusui yang tepat juga dapat memperkuat ikatan antara ibu dan bayi serta memperkuat sistem kekebalan tubuh Si Kecil.

Dengan mengetahui cara menyusui yang benar dan memperhatikan kebutuhan bayi, Sedulur dapat memberikan ASI dengan jumlah yang cukup sehingga Si Kecil dapat mencapai berat badan yang sehat dan optimal. Jadi, pastikan untuk mengikuti saran dan rekomendasi dokter atau konselor laktasi dalam memberikan ASI pada Si Kecil.

2. Bertemu dengan konsultan laktasi

tips menarikan berat badan bayi
iStock

Jika setelah melakukan berbagai cara meningkatkan produksi ASI namun tetap belum optimal, sebaiknya berkonsultasi dengan konsultan laktasi untuk mendapatkan solusi yang lebih spesifik dan efektif.

Tips menaikkan berat badan bayi ini dapat memberikan saran dan teknik yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi Sedulur dan bayi, seperti memberikan dukungan emosional dan informasi tentang perawatan diri ibu yang tepat.

Selain itu, konsultan laktasi juga dapat membantu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teknik menyusui dan membantu meningkatkan produksi ASI dengan cara-cara yang aman dan efektif.

Dengan demikian, konsultasi dengan konsultan laktasi dapat membantu memastikan bahwa bayi mendapatkan nutrisi yang cukup dan mencapai berat badan yang sehat.

3. Istirahat yang cukup

cara menaikan berat badan bayi
iStock

Memberikan waktu tidur yang cukup adalah tips menaikkan berat badan bayi yang sangat penting. Bayi baru lahir membutuhkan setidaknya 12 jam tidur per hari, dan seringkali lebih dari itu.

Saat bayi tidur, tubuhnya memiliki kesempatan untuk tumbuh dan memperbaiki diri. Oleh karena itu, penting untuk memberikan kondisi yang nyaman dan tenang saat bayi tidur agar tidurnya tidak terganggu.

Untuk menciptakan lingkungan yang nyaman, pastikan suhu ruangan sesuai dengan kebutuhan bayi dan memberikan perlindungan dari suara bising atau cahaya yang terlalu terang.

Memastikan bayi merasa nyaman dalam pakaian dan popok juga sangat penting, karena bayi yang tidak nyaman atau rewel dapat sulit tidur dan kurang menghasilkan berat badan yang optimal.

4. Segera kunjungi dokter jika bayi sakit

tips menaikan berat badan bayi
iStock

Jika bayi menunjukkan tanda-tanda sakit seperti rewel atau demam, segeralah membawanya ke dokter. Berikan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter untuk mengobati sakitnya dan jangan menunda-nunda pengobatan.

Menunda pengobatan dapat berdampak buruk pada tumbuh kembang bayi dan mengurangi berat badannya. Berobat ketika sakit merupakan salah satu cara yang penting untuk menaikkan berat badan bayi.

5. Terus berikan ASI eksklusif

tips menaikan berat badan bayi
iStock

Memberikan ASI eksklusif hingga usia 6 bulan merupakan salah satu tips menaikkan berat badan bayi yang sangat penting dan direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. Hal ini dikarenakan ASI mengandung nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan bayi dan tidak bisa ditemukan dalam jenis makanan apapun.

Selain itu, sistem pencernaan bayi juga belum cukup matang untuk mengonsumsi makanan pendamping atau apapun selain ASI di bawah usia 6 bulan.

Jika Sedulur memutuskan untuk memberikan makanan pendamping sebelum usia 6 bulan, hal tersebut dapat mengganggu proses pencernaan si kecil dan membuatnya kesulitan dalam mencerna makanan tersebut.

6. Perhatikan posisi menyusui

iStock

Menyusui bayi dengan posisi yang benar sangatlah penting untuk memastikan bahwa bayi Sedulur dapat mengonsumsi ASI dengan maksimal dan membantu menaikkan berat badannya. Perhatikan posisi yang nyaman bagi Sedulur, sebaiknya Sedulur duduk dengan posisi yang baik dan menyangga tubuh bayi dengan bantal.

Pastikan bayi dekat dengan payudara Sedulur dan tidak terlalu jauh dari tubuh Sedulur, sehingga bayi dapat mencapai payudara dengan mudah. Dengan mendengarkan suara bayi saat menelan, Sedulur dapat memastikan bahwa bayi meminum ASI dengan baik.

7. Berikan si kecil makanan bergizi

iStock

Menambahkan makanan pendamping ASI (MPASI) yang kaya nutrisi seperti pisang, alpukat, keju, yoghurt, dan minyak zaitun ke dalam makanan bayi juga bisa membantu meningkatkan berat badan Si Kecil.

Namun, tetap perlu diingat bahwa selama memberikan MPASI, ASI atau susu formula tetap harus diberikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan optimal.

Pastikan juga bahwa makanan yang diberikan aman dan sesuai dengan usia serta kondisi kesehatan bayi. Banyak variasi makanan yang dapat diberikan dalam MPASI, namun penting untuk selalu memantau perkembangan dan respons bayi terhadap makanan yang diberikan.

8. Konsumsi makanan yang bergizi

iStock

Apabila produksi ASI menurun dan menyebabkan penurunan berat badan bayi, terdapat beberapa cara untuk meningkatkan produksi ASI secara alami. Salahsatunya adalah mengonsumsi makanan yang bergizi baik.

Konsumsi makanan bergizi seperti sayuran hijau, biji-bijian, dan makanan yang kaya protein dan lemak sehat seperti ikan juga dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Tidak hanya itu, Sedulur dapat menambahkan beberapa jenis makanan tertentu ke dalam pola makan untuk meningkatkan produksi ASI, seperti gandum dan wortel.

9. Pertimbangkan tindakan operasi untuk tongue-tie

iStock

Jika Si Kecil mengalami masalah dengan lidah seperti kondisi tongue-tie, dokter dapat merekomendasikan tindakan operasi yang disebut frenotomy untuk memotong jaringan di bawah lidah.

Tindakan ini bertujuan untuk membantu bayi mengisap ASI secara efektif, yang pada gilirannya dapat membantu meningkatkan berat badannya. Dalam beberapa kasus, tindakan frenotomy dapat membantu mengurangi kesulitan Si Kecil dalam menyusu dan membuatnya lebih nyaman selama proses menyusui.

Sebagai orang tua, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter anak untuk mengetahui apakah Si Kecil membutuhkan tindakan frenotomy dan untuk mempelajari lebih lanjut tentang risiko dan manfaat dari prosedur ini.

10. Bantu dengan susu formula

iStock

Jika ASI Sedulur sedikit atau bayi mengalami kesulitan untuk meminum ASI, konsultasi ke dokter sangat dianjurkan. Dokter mungkin akan menganjurkan untuk memberikan susu formula sebagai salah satu cara menaikkan berat badan bayi.

Namun, Sedulur perlu memastikan bahwa pemberian susu formula tidak menggantikan fungsi ASI secara total. Jangan lupa untuk memperhatikan reaksi alergi dan pencernaan bayi jika memutuskan untuk memberikan susu formula.

Tidak semua bayi dapat minum susu sapi, maka dari itu Sedulur perlu mencari solusi untuk asupan nutrisi selain susu sapi, seperti susu soya atau susu bebas laktosa.

11. Periksa kondisi intoleransi laktosa dan alergi susu sapi

iStock

Kondisi intoleransi laktosa dan alergi susu sapi bisa menjadi kendala dalam menaikkan berat badan bayi. Oleh karena itu, penting bagi Sedulur untuk mencari solusi asupan nutrisi selain susu sapi jika bayi mengalami kondisi tersebut.

Jika bayi alergi susu sapi, susu soya dapat menjadi pilihan alternatif. Sementara itu, jika si kecil intoleransi laktosa, susu bebas laktosa dapat menjadi pilihan yang tepat. Pastikan untuk selalu berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan saran yang tepat.

12. Lakukan pemijatan untuk bayi

iStock

Menurut jurnal Early Development, pijatan bayi dapat membantu menambah berat badan pada bayi yang lahir prematur atau memiliki berat badan rendah. Untuk melakukan pijatan, disarankan agar dilakukan secara lembut pada perut dan anggota tubuh bayi hingga tiga kali dalam sehari. Pijatan bertujuan untuk membantu perkembangan saraf pada proses pencernaan bayi.

BACA JUGA: Trik Ampuh Membuat Bayi Tidur Nyenyak Sepanjang Malam

13. Menerapkan Teknik Kangaroo Mother Care

iStock

Tips menaikkan berat badan bayi lainnya adalah dengan menerapkan teknik Kangaroo Mother Care. Teknik ini mirip dengan cara kanguru dalam merawat anaknya, yaitu dengan menggendong bayi setiap saat.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Perinatal Education, terdapat peningkatan berat badan pada bayi yang diberikan teknik kangaroo. Caranya dengan menggendong bayi sesering mungkin dan membiarkan kulit Sedulur bersentuhan dengan bayi. Teknik ini dapat memberikan stimulus positif bagi saraf bayi dan membantu proses pencernaan dan pertumbuhan bayi.

Demikianlah beberapa tips menaikkan berat badan bayi. Jika ada pertanyaan mengenai cara atau tips tersebut, sebaiknya Sedulur  konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan penjelasan yang lebih terperinci.

Jangan lupa juga untuk selalu memenuhi berbagai asupan nutrisi anak, agar setiap pertumbuhan anak bisa terjaga dengan baik. Untuk mendapatkannya, Sedulur bisa belanja di Aplikasi Super. Cukup menggunakan ponsel saja, Sedulur bisa memesan berbagai barang kebutuhan sambil tetap menjaga si kecil di rumah.

Selain itu, Sedulur juga bisa mendapatkan diskon dan cashback menarik dalam setiap transaksi, lho! Yuk, segera download Aplikasi Super di Google PlayStore sekarang!