tips agar bayi 1 bulan tidur nyenyak di malam hari

Bayi berusia 1 bulan biasanya akan seringkali terbangun di malam hari dan kesulitan tidur nyenyak. Agar bayi tertidur pulas dan Sedulur sebagai orangtua tidak terganggu, tentu Sedulur harus mengetahui trik dan tips agar bayi 1 bulan tidur nyenyak di malam hari.

Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas bersama beberapa trik dan  tips agar bayi 1 bulan tidur nyenyak di malam hari yang bisa Sedulur terapkan untuk membuat si kecil terlelap sepanjang malam, di antaranya. Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Alternatif Pengganti Susu Formula Terbaik Untuk Si Buah Hati

1. Ciptakan kebiasaan tidur yang membuat bayi nyaman

tips agar bayi 1 bulan tidur nyenyak di malam hari
iStock

Tips agar bayi 1 bulan tidur nyenyak di malam hari yaitu dengan menciptakan kebiasaan tidur yang akan membuat si kecil nyaman. Setiap ibu memiliki cara dan teknik yang berbeda untuk membuat bayi nyaman sebelum tidur.

-->

Misalnya memandikan bayi sebelum tidur lalu memakaikan baju tidur yang nyaman. Cara lain yang bisa dicoba adalah memberikan pijatan yang lembut pada punggung, lengan, dan tungkainya. Lakukan kebiasaan ini secara konsisten, meski pada akhir pekan.

Menurut penelitian, bayi yang selalu menjalani kegiatan yang sama sebelum tidur akan lebih jarang menangis di malam hari, lebih mudah terlelap, dan tidurnya lebih nyenyak.

2. Iringi tidurnya dengan keheningan

tips agar bayi 1 bulan tidur nyenyak di malam hari
iStock

Tips kedua yaitu dengan mengiringi tidurnya dengan keheningan. Untuk membantu si kecil tidur lebih nyenyak sepanjang malam, Sedulur bisa membunyikan suara halus tetapi stabil, seperti suara kipas angin atau musik instrumental.

Selain membuatnya tenang, suara tersebut bisa mengurangi dan menghambat suara-suara keras yang bisa mengagetkannya. Namun tetap pastikan bahwa ruangan tetap tenang dengan suara yang stabil. Jika bisa usahakan sama sekali tidak ada suara. Keheningan lebih baik untuk mengantarkan tidur.

Bagaimana pun untuk tidur membutuhkan keheningan dan ketenangan tanpa suara sama sekali. Ini juga dapat membantu si kecil untuk tidur nyenyak dan terlelap.

3. Ajak bayi lebih aktif di siang hari

tips agar bayi 1 bulan tidur nyenyak di malam hari
iStock

Tips agar bayi 1 bulan tidur nyenyak selanjutnya adalah dengan mengajak bayi lebih aktif di siang hari. Tujuannya agar membuat si kecil kelelahan dan kehabisan energi, sehingga waktu tidur si kecil akan nyenyak dan baik untuk perkembangan tubuh si kecil.

Namun, Sedulur juga harus ingat bahwa jangan sampai kebablasan mengajak main si kecil hingga malam hari. Hal ini akan mencegah anak untuk tertidur, malah si anak terlihat segar dan mengajak bermain.

4. Gendong bayi sebelum tidur

tips agar bayi 1 bulan tidur nyenyak di malam hari
iStock

Sedulur juga bisa membantu menidurkan si kecil dengan cara menggendongnya terlebih dahulu. Ketika sudah terlihat mulai mengantuk, segera letakkan si kecil di tempat tidur dan biarkan dia tidur dengan sendirinya. Namun Sedulur juga harus tetap mengawasi anak hingga tertidur.

Sedulur juga wajib menghindari membiarkan si kecil terlelap di gendongan Sedulur, karena bisa membuatnya terbiasa tidur saat digendong. Hal ini akan berdampak pada kebiasaan si kecil yang sulit tidur sendiri.

5. Tenangkan bayi ketika menangis

iStock

Tips agar bayi 1 bulan tidur nyenyak di malam hari yaitu dengan menenangkan bayi ketika menangis. Caranya dengan menepuk-nepuk secara lembut di bagian punggung. Jangan menyalakan lampu dan sebisa mungkin jangan menggendongnya.

Sedulur juga bisa membuat anak semakin tenang dengan menyanyikan lagu tidur untuk anak. Hal ini akan membuat si kecil merasa bahwa dia tidak sendirian. Cara ini juga bisa membuatnya lebih tenang dan tidur lebih nyenyak sepanjang malam.

6. Tenangkan ruangan dengan white noise

iStock

White noise merupakan kombinasi suara dari berbagai frekuensi yang bisa menutupsi suara yang menganggu. Seperti suara orang berbicara, pintu yang dibuka, atau aktivitas lainnya. White noise mengadopsi kondisi saat bayi dalam kandungan yang dikelilingi cairan ketuban.

Saat itu bayi mendengar suara-suara di luar rahim seperti suara napas, detak jantung, suara mama saat berbicara atau menyanyi secara bersamaan. White noise juga ampuh untuk menghentikan tangis bayi.

7. Putar musik lembut

iStock

Tips agar bayi 1 bulan tidur nyenyak selanjutnya dengan memutar musik lembut. Alunan musik juga bisa membuat bayi tertidur pulas. Cobalah putar musik klasik yang lembut. Atur volume musik agar terdengar tetapi tidak bising. Rekomendasi musik yang bisa diputar seperti musik klasik atau musik-musik instrumental.

BACA JUGA: Apa Saja Daftar Les yang Cocok Untuk Anak 4 Tahun?

8. Redupkan lampu di kamar tidur

iStock

Tips agar bayi 1 bulan tidur nyenyak di malam hari yang terakhir yaitu dengan meredupkan lampu di kamar tidur. Sedulur bisa menggunakan cahaya redup agar bayi bisa tertidur lelap dan nyenyak. Cahaya redup akan membuat bayi tidur dengan mudah karena membuat mata rileks.

Lampu redup juga bisa menjadi penanda tibanya waktu tidur. Tips untuk Sedulur untuk mengatur juga letak lampu sehingga kesehatan matanya terjaga. Bukan hanya si kecil tapi Sedulur juga akan terbawa tidur nyenyak di malam hari.

Nah itulah beberapa trik dan tips agar bayi 1 bulan tidur nyenyak di malam hari yang bisa Sedulur terapkan sebagai metode parenting agar bayi dapat tertidur nyenyak dan Sedulur tidak terganggun saat istirahat tidur.

Semoga artikel di atas membantu Sedulur dalam parenting dan membesarkan si kecil agar tumbuh sehat. Jangan lupa, beli semua kebutuhan si kecil melalui Aplikasi Super. Semua keperluan pasti ada, mulai dari popok, tisu basah, hingga perlengkapan mandi bagi bayi.

Yuk, coba download Aplikasi Super melalui Google Play Store sekarang juga dan gunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan harian Sedulur!