susu untuk program kehamilan

Bagi ibu-ibu yang sedang melakukan program hamil dengan pasangannya, nutrisi adalah hal penting yang perlu untuk diperhatikan. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut adalah dengan mengonsumsi susu untuk program sebelum hamil.

Akan tetapi, efektivitas susu untuk program kehamilan ini kerap menjadi perdebatan. Benarkah susu khusus ini efektif untuk membantu kehamilan? Atau malah tidak banyak berpengaruh? Memangnya apa sih yang membuat susu untuk program hamil ini berbeda dari susu biasa? Yuk simak penjelasan berikut agar Sedulur tidak salah langkah!

Susu untuk program kehamilan, perlukah?

Susu Untuk Program Kehamilan
Unsplash
Seperti sudah dibahas sebelumnya, ibu yang sedang dalam program kehamilan atau sedang hamil memerlukan nutrisi khusus dalam prosesnya. Selain memakan makanan kaya nutrisi, ibu biasanya juga mengonsumsi vitamin dan susu untuk program hamil sebagai asupan ekstra.

Susu yang khusus dirancang untuk program hamil sebenarnya diperkaya oleh beberapa nutrisi lain yang bagus untuk kesehatan ibu hamil. Akan tetapi susu bukanlah satu-satunya jalan untuk menambah nutrisi tersebut. Ada banyak cara lain yang dapat dilakukan oleh ibu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.

Menurut penelitian, ibu yang mengonsumsi satu gelas susu setiap harinya memiliki tingkat kesuburan 27% lebih tinggi. Akan tetapi susu tidak lantas pasti membuat hamil. Jika terdapat masalah kesuburan lain dalam tubuh, tentu saja masalah tersebut perlu diperbaiki terlebih dulu. Selain itu, susu juga tak akan mempengaruhi gender maupun jumlah anak yang dikandung. Sehingga tidak ada susu untuk program hamil kembar.

Kandungan penting dalam susu untuk program kehamilan

 Susu Untuk Program Kehamilan
Pexels
Susu program kehamilan yang bagus selain tinggi lemak, juga memiliki berbagai kandungan lain yang mendukung kesuburan. Nutrisi tambahan inilah yang kemudian mengoptimalkan kesuburan dan menunjang program hamil. Berikut beberapa kandungan penting dalam susu program hamil!

  • Asam folat
  • Zinc
  • Zat besi
  • Protein
  • Kalsium
  • Vitamin B6
  • Vitamin B12
  • Lemak
  • Vitamin D

Berbagai mineral dan vitamin di atas dapat membantu tubuh ibu mempersiapkan diri untuk mengandung. Seperti meningkatkan kualitas sel telur dan mengurangi risiko terjadinya masalah selama kehamilan. Jangan lupa lengkapi asupan nutrisi ibu dengan makanan sehat yang bisa Sedulur dapatkan melalui Aplikasi Super.

Susu untuk program kehamilan bikin gemuk?

Susu Untuk Program Kehamilan
Pexels
Photo by Garon Piceli from Pexels

Salah satu hal yang kerap bikin ibu enggan mengonsumsi susu untuk program kehamilan adalah karena dikhawatirkan akan menambah berat badan secara drastic. Pada kenyataannya, memang susu untuk program kehamilan memiliki kalori dan lemak yang tinggi. Akan tetapi kegemukan yang diakibatkan oleh susu ini bukanlah karena perubahan hormon melainkan karena konsumsi yang terlalu banyak.

Sedulur perlu memperhatikan kalori yang dikonsumsi saat hamil atau program hamil. Rata-rata, ibu hanya perlu menambah sekitar 300 kalori saja setiap harinya saat hamil. Jadi, konsumsi susu program hamil nggak akan bikin gemuk selama Sedulur tidak makan berlebihan ya!

Baca Juga: 12 Makanan yang Dilarang Untuk Ibu Hamil, Jangan Anggap Remeh!

Rekomendasi susu untuk program kehamilan

Berikut adalah daftar merk susu untuk program kehamilan terbaik yang aman dikonsumsi dan tentunya gak bikin gendut. Simak dengan baik, ya!

1. SGM Bunda

 SUsu Untuk Program Kehamilan
Sari Husada

SGM Bunda merupakan salah satu susu untuk program kehamilan yang cukup populer di Indonesia. Diperkaya dengan asam folat, zat besi, protein, vitamin B6 dan vitamin D, susu ini cocok untuk program hamil sekaligus menunjang trimester pertama kehamilan. Terdapat pula kandungan minyak ikan di dalamnya yang bagus untuk perkembangan otak serta saraf bayi.

Formula Complinutri pada SGM Bunda juga membuatnya aman dikonsumsi sejak masa perencanaan kehamilan hingga  masa menyusui. Selain itu, SGM Bunda juga memiliki rasa yang nikmat dan gurih, sehingga tidak akan membuat ibu merasa mual. Jika Sedulur tertarik, susu ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp21.000 saja. 

2. Anmum Materna

Liputan6
Anmum Materna juga merupakan minuman khusus untuk perencanaan dan masa kehamilan. Susu ini memiliki kandungan asam folat, zat besi, kalsium, dan berbagai vitamin lain yang dapat bermanfaat bagi kesehatan ibu serta janinnya. Susu yang satu ini juga memiliki dua varian rasa, yakni cokelat dan strawberry, sehingga ibu punya pilihan dan tak akan merasa bosan.

Pilihan rasa yang nikmat juga tidak akan membuat ibu hamil trisemester pertama merasa mual. Sedulur dapat meminumnya sebanyak 2 gelas per hari, yakni pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Sedulur bisa mendapatkan susu ini dengan harga mulai dari Rp45.000 untuk kemasan berukuran 400 gram.

3. Prenagen Esensis

Prenagen
Berbeda dengan dua daftar di atas, susu Prenagen Esensis merupakan minuman khusus untuk ibu yang sedang program hamil. Uniknya, susu program hamil satu ini juga termasuk rendah lemak. Meski begitu, kandungan nutrisi lainnya cukup lengkap. Mulai dari asam folat, zinc, dan protein. Semuanya bermanfaat dalam menjaga serta mempersiapkan sistem reproduksi ibu hamil.

Susu ini juga memiliki varian rasa yang cukup beragam, yakni French Vanilla, Velvety Chocolate, dan Groovy Mocha. Meski rendah lemak, tetap perhatikan kalori dan gulanya ya. Sedulur bisa mendapatkan Prenagen Esensis ini dengan harga mulai dari Rp32.000 untuk ukuran 180 gram.

4. Enfamama A+

Enfa
Susu satu ini memiliki kandungan yang cukup komplit. Mulai dari asam folat, zat besi, kalsium, Vitamin C, DHA, Kolin, dan Biotin. Semua kandungan ini dapat menunjang ibu hamil maupun ibu yang sedang melakukan program kehamilan. Terutama DHA, Kolin, dan Biotin yang memiliki manfaat besar bagi perkembangan otak dan syaraf bayi dalam kandungan.
Sayangnya, hanya ada satu varian rasa dari susu ini yaitu cokelat. Tapi tak perlu khawatir, soal rasa, susu Enfamama A+ ini sangatlah nikmat. Selain itu, susu ini juga tidak akan membuat ibu merasa mual atau ingin muntah. Cobalah susu untuk program kehamilan ini dengan harga mulai dari Rp95.000 untuk ukurang 400 gram.

5. Lactamil Inisis

Nutriclub

Berusia panjang pula, susu Lactamil Inisis dapat diminum oleh ibu yang sedang mempersiapkan kehamilan, hingga saat mengandung. Keunggulannya adalah susu ini dilengkapi oleh formula ACTIDuobio+ yang bermanfaat bagi ibu sekaligus janin maupun calon janin. Uniknya, produk yang dijual dengan harga mulai dari Rp50.000 untuk kemasan 200 gram ini memiliki klaim dapat membantu mengurangi gejala mual pada ibu saat hamil muda.

Sedulur juga dapat membantu ibu yang sedang mual hamil muda dengan cara memastikan ibu makan makanan bergizi. Sehingga makanan yang sedikit saja sudah dapat memenuhi kebutuhan nutrisi. Sedulur juga bisa menyiapkan ragam bahan berkualitas dan makanan sehat untuk ibu dengan belanja melalui Aplikasi Super!

Baca Juga: 14 Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil. Ibu Super Wajib Catat!

6. Frisomum Gold

Friso

Susu premium dalam kemasan kaleng ini diklaim mampu membantu program kehamilan sekaligus masa hamil. Memiliki kandungan prebiotik, susu ini dapat membantu Sedulur yang sedang hamil muda dan mengalami konstipasi. Selain itu, prebiotik juga baik dalam merawat pencernaan sehingga penyerapan nutrisi ibu hamil bisa lebih baik.

Susu Frisomum Gold juga diklaim sebagai susu ibu hamil yang bagus untuk perkembangan janin. Kandungan ALA dan LA di dalamnya juga baik untuk meningkatkan kecerdasan otak janin, sementara kandungan asam folat, kalsium, dan zat besi dapat membantu melancarkan pencernaan ibu. Sedulur bisa mendapatkan susu ini dengan harga mulai dari Rp100.000 untuk kemasan 400 gram.

7. Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA

Frisian Flag
Frisian Flag merupakan salah satu brand susu yang paling populer di Indonesia. Memiliki banyak rangkaian produk, termasuk salah satunya susu untuk program kehamilan dengan nama Frisian Flag Mama. Susu satu ini memperhatikan gizi makro dan mikro calon ibu hamil. Bukan hanya protein, karbohidrat, dan lemak, susu ini juga memiliki ragam multivitamin yang baik bagi calon ibu.

Sedulur bisa mendapatkan kebaikan serat pangan (Inulin), zat besi, kalsium, asam folat, dan 29 multivitamin pada merk susu ini.  Susu ini juga bisa dikombinasikan dengan jenis makanan lain, serta disajikan dalam keadaan panas maupun dingin. Sedulur bisa mendapatkan produk susu ini dengan harga mulai dari Rp30.000 untuk kemasan 200 gram.

8. Lovamil

Lovamil
Produk satu ini sebenarnya ditujukan bagi ibu hamil, akan tetapi kandungannya baik dikonsumsi oleh calon ibu hamil maupun ibu menyusui. Terlebih karena ada kandungan ekstrak daun katuk di dalamnya yang membuat susu ini dapat membantu produksi ASI. Selain itu, susu ini diklaim dapat memperkuat imunitas ibu hamil sehingga memperkecil risiko gangguan kehamilan.

Susu ini juga memiliki rasa nikmat dan gurih, sehingga tidak membuat mual. Kandungan polydextrose (menjaga kesehatan saluran cerna), asam folat. DHA. protein, zat besi esensial, 11 vitamin, dan 7 mineral juga akan mengoptimalkan pertumbuhan buah hati selama di dalam kandungan maupun setelah memasuki usia bayi. Selain itu, Sedulur juga bisa tetap aktif dalam menjalani aktivitas sehari-hari, baik dalam hal mengurus rumah tangga maupun bekerja di kantor.

Varian rasa yang bisa Sedulur pilih antara lain, cokelat, stroberi, vanila, dan kacang hijau. Bila tertarik mencobanya, Sedulur bisa membeli dengan harga mulai dari Rp40.000 untuk kemasan 175 gram.

9. Nestle Mom&Me

Nestle

Defisiensi nutrisi adalah hal yang tak boleh terjadi pada ibu hamil. Pasalnya, defisiensi ini dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin, selain mengganggu kesehatan diri sendiri. Susu ini juga menjaga kesehatan pencernaan ibu sehingga memperkuat imunitas dan mengurangi risiko berkembangnya alergi pada bayi.

Netsle Mom & Me mngandung zat zat yang bergizi, diantaranya probiotik Bifidus BL,  zat besi, kalsium, dan asam folat yang baik untuk ibu hamil. Produk susu ini juga berfungsi untuk menurunkan risiko alergi, mempertahankan daya imun, dan membantu pengembangan penglihatan bayi sejak masa kehamilan. Sedulur bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp60.000 untuk kemasan 350 gram.

10. Vidoran Ibunda

Dunia Smart Vidoran
Mudah ditemukan di mana saja dan memiliki harga yang cukup terjangkau membuat Vidoran Ibunda jadi susu pilihan banyak ibu di Indonesia. Produk susu ibu hamil ini juga dibekali dengan imunUp yang diperkaya minyak hati ikan kod, serta kandungan asam folat, omega-3, kalsium, omega-6, 12 vitamin, dan 8 mineral yang baik untuk ibu dan janin selama kehamilan. 
Selain bernutrisi, susu ini juga memiliki banyak varian rasa, yakni cokelat dan kacang hijau. Sedulur bisa mengonsumsi susu Vidoran Ibunda untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tanpa bikin kantong Sedulur merana. Susu ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp25.000 untuk kemasan 350 gram.

11. Sun Ibu Hamil

Niceforkids

Rekomendasi susu promil berikutnya adalah Sun Ibu Hamil. Susu ini mengandung zat besi yang dapat mencegah terjadinya pendarahan, anemia, hingga bayi lahir dengan berat badan rendah. Selain itu, kandungan asam folatnya juga akan mencegah terjadinya kecacatan pada bagian tabung saraf.

Sun Ibu Hamil sudah bisa dikonsumsi sejak 1000 hari kehamilan atau pada periode pertama kehamilan. Hal ini karena periode tersebut merupakan masa emas untuk membentuk sel-sel otak pada bayi, sehingga mereka dapat lahir dengan kondisi baik nantinya.  

Sedulur bisa memilih Sun Ibu Hamil rasa Cokelat atau Strawberry Vanilla sesuai selera. Selain rasanya yang enak dan manfaatnya yang besar, susu ini juga memiliki harga yang relatif murah. Sedulur bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp25.000 saja.

12. Prenagen Mommy Cokelat

KALCare

Selain Prenagen Esensis, Sedulur juga bisa mengonsumsi Prenagen Mommy Cokelat selama menyusun program kehamilan bersama pasangan. Susu yang tersedia dalam bentuk UHT ini akan memudahkan Sedulur dalam meminum susu kapanpun dan dimanapun. 

Dilengkapi dengan nutrisi mikro berupa vitamin B6, asam folat, mineral, dan zat besi, susu hamil ini tentunya sangat baik untuk dikonsumsi. Selain itu, kandungan nutrisi makro seperti karbohidrat, protein, dan lemak di dalamnya juga akan menyediakan kebutuhan gizi bagi para ibu dan janin secara lengkap.

Itu dia 12 rekomendasi merk susu untuk program kehamilan yang aman dan tidak membuat tubuh menjadi gendut. Pastikan untuk mengonsumsi susu secara wajar agar hasil yang didapatkan optimal. Sedulur juga bisa menyesuaikan merk yang akan dibeli dengan selera dan rasa kesukaan masing-masing.

Selain susu program hamil, hal lain yang bisa Sedulur persiapkan selama menunggu kehadiran buah hati adalah berbagai macam kebutuhan bayi, seperti minyak telon, popok, dan susu untuk bayi. Nah, Sedulur bisa mendapatkannya dengan mudah dan murah jika membelinya melalui Aplikasi Super.

Sebagai contoh, Sedulur bisa membeli popok merk MamyPoko Pants dan Sweety yang sudah terkenal di kalangan para ibu. Selain murah, pengiriman produknya juga cepat dan gratis ongkir. Pastinya gak bikin dompet bolong, kan? Yuk, langsung download Aplikasi Super di PlayStore sekarang juga!