Susu Untuk Program Kehamilan

Susu untuk program kehamilan masih kerap menimbulkan pro-kontra di kalangan ibu-ibu. Benarkah efektif untuk membantu kehamilan?

Bagi ibu-ibu yang sedang melakukan program hamil dengan pasangannya, nutrisi adalah hal penting yang perlu untuk diperhatikan. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut adalah dengan mengonsumsi susu untuk program sebelum hamil.

Akan tetapi, efektivitas susu untuk program kehamilan ini kerap menjadi perdebatan. Benarkah susu khusus ini efektif untuk membantu kehamilan? Atau malah tidak banyak berpengaruh? Memangnya apa sih yang membuat susu untuk program hamil ini berbeda dari susu biasa? Yuk simak penjelasan berikut agar Sedulur tidak salah langkah!

Susu Untuk Program Kehamilan Terbaik yang Aman Dikonsumsi, Bikin Ibu dan Bayi Sehat!

Susu Untuk Program Kehamilan, Perlukah?

Susu Untuk Program Kehamilan, Perlukah?
Photo by Camylla Battani on Unsplash

Seperti sudah dibahas sebelumnya, ibu yang sedang dalam program kehamilan atau sedang hamil memerlukan nutrisi khusus dalam prosesnya. Selain memakan makanan kaya nutrisi, ibu biasanya juga mengonsumsi vitamin dan susu untuk program hamil sebagai asupan ekstra.

Susu yang khusus dirancang untuk program hamil sebenarnya diperkaya oleh beberapa nutrisi lain yang bagus untuk kesehatan ibu hamil. Akan tetapi susu bukanlah satu-satunya jalan untuk menambah nutrisi tersebut. Ada banyak cara lain yang dapat dilakukan oleh ibu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.

Menurut penelitian, ibu yang mengonsumsi satu gelas susu setiap harinya memiliki tingkat kesuburan 27% lebih tinggi. Akan tetapi susu tidak lantas pasti membuat hamil. Jika terdapat masalah kesuburan lain dalam tubuh, tentu saja masalah tersebut perlu diperbaiki terlebih dulu. Selain itu, susu juga tak akan mempengaruhi gender maupun jumlah anak yang dikandung. Sehingga tidak ada susu untuk program hamil kembar.

Kandungan Penting dalam Susu Untuk Program Kehamilan

Kandungan Penting dalam Susu Untuk Program Kehamilan
Photo by freestocks.org from Pexels

Susu program kehamilan yang bagus selain tinggi lemak, juga memiliki berbagai kandungan lain yang mendukung kesuburan. Nutrisi tambahan inilah yang kemudian mengoptimalkan kesuburan dan menunjang program hamil. Berikut beberapa kandungan penting dalam susu program hamil!

  • Asam folat
  • Zinc
  • Zat besi
  • Protein
  • Kalsium
  • Vitamin B6
  • Vitamin B12
  • Lemak
  • Vitamin D

Berbagai mineral dan vitamin di atas dapat membantu tubuh ibu mempersiapkan diri untuk mengandung. Seperti meningkatkan kualitas sel telur dan mengurangi risiko terjadinya masalah selama kehamilan. Jangan lupa lengkapi asupan nutrisi ibu dengan makanan sehat yang bisa Sedulur dapatkan melalui Aplikasi Super.

Susu Untuk Program Kehamilan Bikin Gemuk?

Susu Untuk Program Kehamilan Bikin Gemuk?
Photo by Garon Piceli from Pexels

Salah satu hal yang kerap bikin ibu enggan mengonsumsi susu untuk program kehamilan adalah karena dikhawatirkan akan menambah berat badan secara drastic. Pada kenyataannya, memang susu untuk program kehamilan memiliki kalori dan lemak yang tinggi. Akan tetapi kegemukan yang diakibatkan oleh susu ini bukanlah karena perubahan hormon melainkan karena konsumsi yang terlalu banyak.

Sedulur perlu memperhatikan kalori yang dikonsumsi saat hamil atau program hamil. Rata-rata, ibu hanya perlu menambah sekitar 300 kalori saja setiap harinya saat hamil. Jadi, konsumsi susu program hamil nggak akan bikin gemuk selama Sedulur tidak makan berlebihan ya!

Baca Juga: 12 Makanan yang Dilarang Untuk Ibu Hamil, Jangan Anggap Remeh!

Rekomendasi Susu Untuk Program Kehamilan

1. SGM Bunda

1. SGM Bunda SUsu Untuk Program Kehamilan
sarihusada.co.id

SGM Bunda merupakan salah satu susu untuk program kehamilan yang cukup populer di Indonesia. Diperkaya dengan asam folat, zat besi, dan protein, susu ini cocok untuk program hamil sekaligus menunjang trimester pertama kehamilan. Terdapat pula kandungan minyak ikan di dalamnya yang bagus untuk perkembangan otak serta saraf bayi.

2. Anmum Materna

2. Anmum Materna
liputan6.com

Anmum Materna juga merupakan susu program hamil yang dapat diminum sebagai susu hamil pula. Memiliki kandungan asam folat, zat besi, kalsium, dan berbagai vitamin lain yang dapat bermanfaat bagi kesehatan ibu serta janinnya.

Susu yang satu ini memiliki dua varian rasa, yakni cokelat dan strawberry. Sehingga ibu punya pilihan dan tak akan merasa bosan.

3. Prenagen Esensis

3. Prenagen Esensis
prenagen.com

Berbeda dengan dua daftar di atas, susu Prenagen Esensis merupakan minuman khusus untuk ibu yang sedang program hamil. Uniknya, berbeda dengan kebanyakan susu program hamil lainnya adalah susu satu ini rendah lemak. Meski begitu, kandungan nutrisi lainnya cukup lengkap. Mulai dari asam folat, zinc, dan protein. Semuanya bermanfaat dalam menjaga serta mempersiapkan sistem reproduksi ibu hamil.

Susu ini juga memiliki varian rasa yang cukup beragam, yakni French Vanilla, Velvety Chocolate, dan Groovy Mocha. Meski rendah lemak, tetap perhatikan kalori dan gulanya ya!

4. Enfamama A+

4. Enfamama A+
enfa.co.id

Susu satu ini memiliki kandungan yang cukup komplit. Mulai dari asam folat, zat besi, kalsium, Vitamin C, DHA, Kolin, dan Biotin. Semua kandungan ini dapat menunjang ibu hamil maupun ibu yang sedang melakukan program kehamilan.

Terutama DHA, Kolin, dan Biotin yang memiliki manfaat besar bagi perkembangan otak dan syaraf bayi dalam kandungan. Sayangnya, hanya ada satu varian rasa dari susu ini yaitu cokelat.

5. Lactamil Inisis

5. Lactamil Inisis
www.nutriclub.co.id

Berusia panjang pula, susu Lactamil Inisis dapat diminum oleh ibu yang sedang mempersiapkan kehamilan, hingga saat mengandung. Keunggulannya adalah susu ini dilengkapi oleh formula ACTIDuobio+ yang bermanfaat bagi ibu sekaligus janin maupun calon janin. Uniknya, produk satu ini memiliki klaim dapat membantu mengurangi gejala mual pada ibu saat hamil muda.

Sedulur juga dapat membantu ibu yang sedang mual hamil muda dengan cara memastikan ibu makan makanan bergizi. Sehingga makanan yang sedikit saja sudah dapat memenuhi kebutuhan nutrisi. Siapkan ragam bahan berkualitas dan makanan sehat untuk ibu, lewat Aplikasi Super!

Baca Juga: 14 Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil. Ibu Super Wajib Catat!

6. Frisomum Gold

6. Frisomum Gold
friso.co.id

Susu premium dalam kemasan kaleng ini diklaim mampu membantu program kehamilan sekaligus masa hamil. Memiliki kandungan prebiotik, susu ini dapat membantu Sedulur yang sedang hamil muda dan mengalami konstipasi. Selain itu, prebiotik juga baik dalam merawat pencernaan sehingga penyerapan nutrisi ibu hamil bisa lebih baik.

7. Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA

7. Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA
frisianflag.com

Frisian Flag merupakan salah satu brand susu yang paling populer di Indonesia. Memiliki banyak rangkaian produk, termasuk salah satunya susu untuk program kehamilan dengan nama Frisian Flag Mama. Susu satu ini memperhatikan gizi makro dan mikro calon ibu hamil. Bukan hanya protein, karbohidrat, dan lemak, susu ini juga memiliki ragam multivitamin yang baik bagi calon ibu.

8. Lovamil

8. Lovamil
Lovamil.com

Produk satu ini sebenarnya ditujukan bagi ibu hamil, akan tetapi kandungannya baik dikonsumsi oleh calon ibu hamil maupun ibu menyusui. Terlebih karena ada kandungan ekstrak daun katuk di dalamnya yang membuat susu ini dapat membantu produksi ASI. Selain itu, susu ini diklaim dapat memperkuat imunitas ibu hamil sehingga memperkecil risiko gangguan kehamilan.

9. Nestle Mom&Me

9. Nestle Mom&Me
Nestle.com.my

Defisiensi nutrisi adalah hal yang tak boleh terjadi pada ibu hamil. Pasalnya, defisiensi ini dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin, selain mengganggu kesehatan diri sendiri. Susu ini juga menjaga kesehatan pencernaan ibu sehingga memperkuat imunitas dan mengurangi risiko berkembangnya alergi pada bayi.

10. Vidoran Ibunda

10. Vidoran Ibunda
duniasmartvidoran.com

Mudah ditemukan di mana saja dan memiliki harga yang cukup terjangkau membuat Vidoran Ibunda jadi susu pilihan banyak ibu di Indonesia. Susu ini diperkaya dengan minyak hati ikan yang merupakan sumber asam folat, kalsium, dan asam linoleat yang tinggi. Selain itu, susu ini memiliki banyak varian rasa yakni cokelat dan kacang hijau.

Sedulur bisa mengonsumsi susu Vidoran Ibunda untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tanpa bikin kantong Sedulur merana.

Dari ulasan di atas, Sedulur pasti sudah bisa kan memilih susu program kehamilan yang bagus. Nggak hanya enak, susu untuk program kehamilan juga harus kaya nutrisi dan mampu memperkuat kesehatan ibu hamil.

Sedulur bisa mendapatkan susu untuk program kehamilan maupun makanan sehat untuk ibu hamil lainnya lewat Aplikasi Super. Jangan lupa install dan manfaatkan ragam promo serta vouchernya agar makin hemat!