Ibu Super sudah tahu manfaat pisang untuk ibu hamil? Jika belum, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Selain memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut, pisang juga memiliki manfaat yang baik bagi ibu hamil. Memakan pisang saat hamil disarankan sekitar 3-4 porsi setiap harinya. Selain pisang yang bagus untuk ibu hamil, terdapat kandungan nutrisi dari pisang yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Hal tersebut sekaligus menjawab pertanyaan bolehkah ibu hamil makan pisang. Namun pertanyaannya, apa saja manfaat pisang bagi ibu hamil? Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas beberapa manfaat pisang bagi ibu hamil. Baik itu manfaat pisang susu untuk ibu hamil, manfaat pisang mas untuk ibu hamil, hingga manfaat pisang sunpride untuk ibu hamil.

Selain buah pisang mengandung vitamin, kandungan dan manfaat buah pisang lainnya juga memang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, baik itu kesehatan tubuh ataupun kesehatan janin. Yuk, mari kita langsung saja simak manfaat pisang untuk ibu hamis dalam penjelasan di bawah ini.

-->

Baca Juga: Ternyata Ini 10 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut, Bikin Sehat!

Daftar Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil, Ibu Super Wajib Tahu!

1. Kaya Akan Asam Folat

1. Kaya Akan Asam Folat
jovee.id

Setiap ibu hamil pasti membutuhkan asam folat. Manfaat asam folat sangat dibutuhkan oleh siap ibu hamil. Hal tersebut dikarenakan asam folat memainkan peran yang sangat penting dalam perkembangan saraf, otak dan susuk tulang belakang. Selain itu, asam folat juga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil karena dapat mencegah defisiensi asam folat yang menyebabkan bayi lahir prematur dan risiko cacat lahir.

2. Mencegah Anemia Zat Besi

2. Mencegah Anemia Zat Besi
parenting.dream.co.id

Manfaat pisang untuk ibu hamil selanjutnya yaitu dapat mencegah anemia zat besi. Anemia pada ibu hamil merupakan hal yang lumrah. Anemia juga biasanya dapat menyebabkan komplikasi selama tahap akhir masa kehamilan dan menjelang persalinan. Hal tersebut yang membuat setiap ibu hamil membutuhkan zat besi.

Buah pisang mengandung rata-rata 3 persen zat besi dalam setiap 225 gram pisang. Sehingga zat besi dalam pisang mampu menghasilkan hemoglobin yang dapat mengurangi anemia zat besi. Oleh karena  itu, manfaat pisang untuk ibu hamil satu ini sangat dibutuhkan agar ibu hamil tetap sehat dalam masa kehamilan dan menjelang persalinan.

3. Meningkatkan Pertumbuhan Hemoglobin

3. Meningkatkan Pertumbuhan Hemoglobin
kompas.com

Manfaat pisang untuk ibu hamil selanjutnya adalah dapat meningkatkan pertumbuhan hemoglobin. Selain karena kandungan zat besi yang tinggi, juga dikarenakan kandungan vitamin B6 yang dapat berperan dalam neurotransmitter yang mampu meningkatkan pertumbuhan hemoglobin dalam tubuh. Hal ini menyebabkan setiap ibu hamil wajib mengkonsumsi buah pisang.

4. Mengatasi Sembelit

4. Mengatasi Sembelit
alodokter.com

Konstipasi merupakan gangguan umum kehamilan. Hal tersebut dapat dicegah dengan mengkonsumsi pisang secara teratur, karena manfaat pisang untuk ibu hamil satu ini sangat ampuh mengatasi gangguan tersebut. Pisang dapat mengurangi perut kembung dan menghaluskan gerakan usus.

Tanpa mengkonsumsi suplemen buatan, setiap Ibu Super yang sedang hamil dapat meningkatkan asupan dalam makanan dengan mengkonsumsi pisang secara teratur. Hal tersebut dikarenakan pisang mengandung serat yang bisa mempermudah kerja sistem pencernaan.

Baca Juga: 10+ Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan, Kamu Wajib Catat!

5. Sebagai Obat Diare

5. Sebagai Obat Diare
bukalapak.com

Manfaat pisang untuk ibu hamil selanjutnya bisa digunakan sebagai obat diare. Hal tersebut dikarenakan pisang mengandung pektin yang dapat menurunkan serat larut. Bagi Ibu Super yang sedang hamil, serat dapat membantu meringankan diare dengan cara menyerap kelebihan air yang terdapat dalam tubuh. Sehingga gejala diare pada ibu hamil dapat berkurang.

6. Mengandung Potasium

6. Mengandung Potasium
klikdokter.com

Manfaat pisang untuk ibu hamil selanjutnya adalah mengandung potasium yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Ibu hamil biasanya mengeluarkan cairan tubuh lebih banyak dari biasanya. Bukan hanya untuk ibu hamil, potasium juga dibutuhkan oleh janin, bahkan oleh bayi ketika telah siap mengkonsumsi makanan.

7. Menambah Energi

7. Menambah Energi
ibudanbalita.com

Ibu Super yang sedang hamil pasti membutuhkan energi lebih dari biasanya. Aktivitas yang membutuhkan energi lebih membuat setiap ibu hamil sering mengalami kelelahan. Buah pisang mengandung glukosa, fruktosa dan sukrosa yang dapat membuat setiap ibu hamil mendapatkan energi lebih untuk beraktivitas. Hal tersebut merupakan salah satu manfaat pisang untuk ibu hamil yang penting.

8. Meredakan Stress

8. Meredakan Stress
kumparan.com

Stress saat hamil merupakan hal yang sangat lumrah. Ibu Super yang sedang hamil, bisa meredakan stress yang dialami dengan mengkonsumsi pisang secara teratur. Manfaat pisang untuk ibu hamil satu ini disebabkan oleh fenolat dalam pisang yang dapat berperan penting untuk menetralkan hormon dan kondisi otak saat sedang stress.

9. Meringankan Kram Otot

9.   Meringankan Kram Otot
alodokter.com

Charlie Horse atau kram otot yang sering dialami ibu hamil disebabkan oleh dehidrasi atau perubahan sirkulasi darah hingga kekurangan kalium. Buah pisang mengandung 74 persen air sehingga bisa mencegah dehidrasi atau juga nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan agar Ibu hamil tidak sering mengalami kram otot.

10. Meringankan Edema Kaki

10. Meringankan Edema Kaki
popmama.com

Ibu Super yang sedang hamil, apakah sering mengalami edema kaki atau kaki bengkak? Jangan khawatir, hal tersebut biasanya disebabkan oleh beban tubuh yang semakin berat. Ibu Super bisa meringankan gejala edema kaki dengan mengkonsumsi buah pisang, hal tersebut dikarenakan buah pisang mengandung kalium yang sangat kaya yang mampu meringankan edema kaki.

11. Mengurangi Mual dan Muntah

11.  Mengurangi Mual dan Muntah
alodokter.com

Setiap di awal kehamilan, Ibu Super pasti akan mengalami mual dan muntah-muntah. Kondisi ini disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil. Selain itu, Ibu Super juga akan sangat sensitif pada bau-bauan yang menyengat. Kondisi tersebut bisa diatasi dengan mengkonsumsi pisang, karena terdapat kandungan B6 yang bisa secara efektif mengurangi mual dan muntah untuk ibu hamil.

12. Menangkal Radikal Bebas

12. Menangkal Radikal Bebas
bukalapak.com

Manfaat pisang untuk ibu hamil selanjutnya yaitu dapat menangkal radikal bebas yang disebabkan oleh kandungan antioksidan dalam pisang yang sangat tinggi. Kandungan antioksidan yang tinggi dari buah pisang disebabkan oleh kandungan vitamin C yang tinggi.

Kebutuhan ibu hamil akan vitamin C harian yaitu sekitar 80-85 mg setiap harinya. Kebutuhan tersebut bisa Ibu Super dapatkan dari mengkonsumsi pisang secara teratur setiap hari.

13. Mengatasi Gejala Asam Lambung

13. Mengatasi Gejala Asam Lambung
alodokter.com

Mengatasi gejala asam lambung juga merupakan salah satu manfaat pisang untuk ibu hamil. Asam lambung yang naik merupakan permasalahan umum yang dialami oleh ibu hamil saat trimester kedua dan ketiga. Biasanya gejala asam lambung naik dirasakan saat selesai makan. Kandungan kalium dalam pisang dapat mencegah asam lambung naik.

14. Menjaga Tekanan Darah Normal

14. Menjaga Tekanan Darah Normal
alodokter.com

Manfaat pisang untuk ibu hamil selanjutnya yaitu dapat menjaga tekanan darah. Jika ibu hamil mengalami tekanan darah tinggi akan dapat membahayakan saat proses persalinan. Umumnya bayi akan lahir dengan berat badan yang sangat rendah. Ibu juga akan mudah terserang penyakit ginjal dan membuat plasenta terpisah dari janin. Untuk mencegah hal tersebut, Ibu Super wajib mengkonsumsi pisang secara teratur.

Semoga penjelasan mengenai manfaat pisang untuk ibu hamil yang telah dijelaskan di atas bisa menambah wawasan Ibu Super, terutama bagi Ibu Super yang tengah hamil. Ibu Super juga bisa menyediakan pisang sebagai persediaan dengan membelinya di Aplikasi Super. Ibu Super bisa klik di sini untuk cek kelengkapan Aplikasi Super.

Jangan lupa juga download Aplikasi Super bagi Ibu Super dan Sedulur Super yang belum memiliki Aplikasi Super. Bisa klik di sini untuk langsung download Aplikasi Super. Aplikasi Super dijamin akan membuat Sedulur dan Ibu Super untung super melimpah, tidak akan mengecewakan.