Pernahkah Sedulur melihat sebuah poster pendidikan? Atau jangan-jangan, Sedulur justru pernah membuatnya sebagai tugas sekolah? Ya, poster tersebut merupakan satu dari sekian jenis poster yang lazim Sedulur jumpai di beberapa tempat tertentu.

Poster pendidikan biasanya akan berisi berbagai macam pesan, informasi, serta promosi terkait dunia pendidikan kita. Pesan, informasi, serta promosi tersebut pastinya akan sangat berbobot dan juga bermanfaat. Fungsinya apa lagi kalau bukan untuk menggiatkan dunia pendidikan melalui desain grafis gambar yang menarik.

Poster biasanya juga menjadi salah satu tugas yang diberikan kepada anak-anak ketika di sekolah. Dengan membuat poster, kreativitas anak akan terlatih dan juga berkembang secara perlahan. Jika Sedulur sedang mencari contoh atau referensi poster pendidikan untuk si kecil, coba gunakan referensi dan contoh poster pendidikan berikut ini.

BACA JUGA: Pengertian Konvers, Invers & Kontraposisi Beserta Contohnya

-->

Poster, apa itu?

Guru Berbagi

Sebelum masuk ke dalam pembahasan poster pendidikan, ada baiknya kita mengulas sedikit mengenai apa itu poster secara umum. Sedulur yang kerap berjalan-jalan di lingkungan sekitar, tentunya sudah tidak asing lagi dengan penampakan poster tersebut. Sedulur dapat dengan mudah menjumpainya di dinding-dinding kosong pinggir jalan atau bahkan pada tiang-tiang listrik yang menjulang tinggi.

Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan poster?

Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan). Dalam kamus lain, seperti Merriam-Webster, poster termasuk ke dalam sebuah kata benda yang mendeskripsikan “A usually large printed sheet that often contains pictures and is posted in a public place (as to promote something), a usually large printed sheet that is put on a wall as decoration.”. Dalam bahasa Indonesia, artinya adalah “Lembaran cetakan berukuran besar yang biasanya berisi gambar dan ditempel di tempat umum (untuk mempromosikan sesuatu), lembaran cetakan berukuran besar yang dipasang di dinding sebagai hiasan.

Sumber informasi lain ada yang menyatakan bahwa poster adalah sebuah karya seni yang berwujud desain grafis. Poster biasanya akan memuat berbagai gambar yang dilengkapi dengan tulisan tertentu pada sebuah kertas berukuran besar. Poster kemudian akan ditempel di tempat-tempat umum yang strategis agar dapat dibaca oleh banyak orang.

Nah, dengan meletakkan poster pada tempat-tempat strategis tersebut, maka informasi atau pesan yang dibawa oleh poster akan tersampaikan dengan baik ke banyak pihak. Untuk menambah efektivitas tersebut, biasanya poster akan dibuat dengan desain semenarik mungkin, penuh dengan warna cerah dan juga kalimat yang sangat menggelitik rasa penasaran kita.

Walaupun terkesan sederhana, tetapi sejatinya poster memiliki berbagai manfaat, loh Sedulur! Poster dapat digunakan sebagai media iklan, pendidikan, dekorasi, dan juga sosialisasi. Di tempat-tempat tertentu, poster bahkan dapat dipakai sebagai media propaganda untuk menyebarkan pemahaman atau informasi tertentu. Poster juga dapat digunakan sebagai alternatif pengganti hiasan ruangan. Alih-alih menggunakan hiasan lukisan karya asli, Sedulur dapat membeli poster lukisan tersebut dengan harga yang lebih murah.

BACA JUGA: Contoh Studi Kelayakan Bisnis Beserta Aspek & Manfaatnya

Apa saja karakteristik dari sebuah poster?

SMAN 5 Samarinda

Pertanyaan selanjutnya yang sering muncul adalah “Dapatkah Sedulur membedakan poster dari media-media yang lain?”. Bagi yang masih awam, mungkin membedakan poster dari pamflet, spanduk, dan lain-lain sepertinya agak susah, ya. Beberapa media informasi tersebut sama-sama memiliki gambar di dalamnya, pun terdapat kalimat-kalimat sebagai perantara pesannya.

Untuk poster sendiri, ia termasuk ke dalam golongan karya seni desain grafis, dimana biasanya terdapat berbagai gambar dan huruf yang bisa menarik perhatian orang-orang sekitar. Poster lazim dibuat dalam sebuah kertas berukuran besar dengan memanfaatkan cat plakat dengan sifat yang pekat, datar, tepat untuk menggambar hiasan.

Ketika sudah ditempel di tempat umum, Sedulur pasti akan langsung melihat perbedaan poster dengan media-media informasi lainnya berdasarkan karakteristik khas yang poster miliki. Kalau begitu, apa saja ciri-ciri poster yang lazim dijumpai?

  • Menggunakan perpaduan warna kuat dan kontras untuk menarik perhatian audiens.
  • Ukuran poster akan disesuaikan dengan tempat dimana ia akan ditempel.
  • Mengandung informasi dan gambar yang menarik perhatian banyak orang.
  • Mempunyai tulisan berupa frase, klausa, atau kalimat efektif, persuasif, serta komunikatif.
  • Pembuatan poster akan menggunakan bahasa yang efisien (singkat, padat, dan jelas).
  • Memuat komposisi antara huruf dan gambar di atas media kertas.

BACA JUGA: 12 Arti Mimpi Melihat Ikan Banyak, Pertanda Baik atau Buruk?

Jenis-jenis poster yang ada di sekitar kita

Tata Ruang Nasional

Apakah Sedulur tahu berapa banyak jenis poster yang ada di sekitar kita? Jika diurutkan melalui fungsi-fungsinya, terdapat sekitar enam jenis poster yang dapat dengan mudah Sedulur jumpai. Keenam jenis tersebut adalah poster layanan masyarakat, poster niaga, poster karya seni, poster kegiatan, poster pendidikan, dan poster himbauan.

Mereka semua dibedakan berdasarkan tujuan pembuatannya. Seperti poster layanan masyarakat yang dibuat khusus untuk memberikan informasi mengenai layanan masyarakat yang tersedia di lingkungan sekitar. Atau poster niaga yang pembuatannya murni sebagai sarana promosi terkait produk atau jasa yang ditawarkan penjual. 

Lantas, apa penjelasan lain dari jenis-jenis poster di atas? Simak beberapa poin ulasan di bawah ini, ya Sedulur!

  1. Poster himbauan

Poster himbauan adalah sebuah poster yang mayoritas berisikan larangan untuk tidak melakukan sesuatu. Biasanya, perbuatan yang dilarang untuk dilakukan adalah perbuatan tercela, melanggar hukum, atau kegiatan yang merusak lingkungan.

Poster himbauan sendiri memiliki beberapa kemiripan dengan poster layanan masyarakat. Akan tetapi, yang membedakan di antara keduanya adalah inti pesan yang hendak disampaikan oleh masing-masing poster. Poster layanan masyarakat akan berfokus pada pemberitahuan mengenai layanan masyarakat yang dapat diakses secara umum.

Nah, Sedulur dapat menjumpai poster himbauan di berbagai tempat umum. Beberapa contohnya adalah poster himbauan terkait larangan penggunaan narkoba, obat-obatan terlarang, dan juga kegiatan lain yang merugikan diri dan masyarakat luas.

  1. Poster pendidikan

Artikel ini berfokus pada pembahasan poster pendidikan. Lantas, apa yang dimaksud dengan poster tersebut? Sesuai dengan namanya, poster jenis ini adalah sebuah poster yang dibuat dalam rangka menyebarluaskan pesan atau informasi terkait dunia pendidikan.

Poster pendidikan biasanya akan berisi pesan, informasi, dan juga penjelasan lengkap tentang kemajuan pendidikan negara kita, perkembangan pendidikan, layanan pendidikan, dan juga tips-tips tertentu yang bermanfaat bagi siswa atau bahkan tenaga pengajar sekalipun. Maka dari itu, tidak heran apabila setiap pesan yang dikandung oleh poster ini akan sangat berbobot dan juga bermanfaat.

  1. Poster kegiatan

Jenis poster yang selanjutnya adalah poster kegiatan. Layaknya poster-poster yang lain, poster kegiatan akan berisi pesan dan informasi terkait suatu acara atau suatu kegiatan yang akan diselenggarakan. Poster tersebut sekaligus berperan sebagai media promosi agar setiap orang yang membacanya tahu mengenai acara kegiatan terkait.

Secara garis besar, tujuan utama dari pembuatan poster ini adalah agar orang yang melihat atau membaca menjadi tahu mengenai tujuan kegiatan lalu tertarik ke tempat diadakannya acara.

  1. Poster karya seni

Seperti yang telah disinggung sedari tadi, poster termasuk ke dalam kategori karya seni. Dalam hal ini, poster menunjukkan sifatnya yang kaya akan ekspresi dan juga penuh pertanyaan oleh setiap pengamatnya. Ekspresi dan juga pertanyaan tersebut memang sengaja disisipkan oleh sang pembuat agar poster semakin bernilai seni tinggi.

Sebagai sebuah karya seni, tentunya poster akan bersifat relatif, alias tidak semua orang mempunyai cara yang sama untuk memahami karya tersebut. Banyak poster-poster karya seni murni yang dibuat sulit dengan sengaja, agar susah ditebak sebagai tujuan atas aplikasinya sebagai karya seni.

  1. Poster niaga

Poster niaga adalah jenis poster selanjutnya yang tidak boleh Sedulur lewatkan. Poster niaga ini dibuat sebagai sarana atau media promosi terkait produk atau jasa yang diperjualbelikan. Dalam sebuah poster niaga, biasanya Sedulur akan mendapati rangkaian informasi yang berkaitan dengan apa yang dijual dan juga beberapa fiturnya. 

Sampai saat ini, poster niaga masih dianggap sebagai media promosi yang tepat karena ia masih bisa menarik perhatian audiens. Jangan lupa, pembuatan poster niaga harus didesain sedemikian mungkin agar tetap menarik tanpa meninggalkan unsur-unsur pentingnya, seperti pesan, fitur, dan lain-lain.

  1. Poster layanan masyarakat

Poster layanan masyarakat adalah sebuah poster yang berisikan informasi mengenai berbagai layanan di sekitar kita. Biasanya, layanan tersebut disediakan oleh pemerintah dan dapat diakses dengan mudah oleh rakyat.

Contoh poster layanan masyarakat yang dapat Sedulur jumpai adalah poster mengenai program Keluarga Berencana (KB), poster mengenai taat bayar pajak, poster mengenai tata cara pembaharuan Surat Izin Mengemudi (SIM), dan lain sebagainya.

BACA JUGA: 130 Nama Grup WhatsApp Unik, Aesthetic, Keren, dan Lucu 2022

Contoh poster pendidikan

Nah, setelah Sedulur memahami definisi dari sebuah poster, ciri-ciri, dan beberapa jenisnya, pada pembahasan ini kita akan sedikit mengulas mengenai contoh poster pendidikan. Terdapat 35 contoh yang dapat Sedulur observasi sesuai dengan tema-tema tertentu. Yuk, langsung cari tahun apa saja contoh-contohnya!

1. Contoh poster yang keren

poster pendidikan
Mamikos
poster pendidikan
Mamikos

2. Poster pendidikan yang menarik

poster pendidikan
Mamikos
poster pendidikan
Mamikos

3. Poster pendidikan yang inspiratif

poster pendidikan
Mamikos
poster pendidikan
Mamikos

4. Poster pendidikan yang baik

poster pendidikan
Mamikos
poster pendidikan
Mamikos

5. Poster pendidikan yang penuh makna

poster pendidikan
Mamikos
poster pendidikan
Mamikos

6. Poster pendidikan yang kreatif

Mamikos
Mamikos

7. Poster pendidikan yang indah

Mamikos
Mamikos

8. Poster pendidikan yang penuh manfaat

Mamikos
Mamikos

9. Poster pendidikan mengenai belajar

Mamikos
Mamikos

10. Poster pendidikan mengenai sekolah

Mamikos
Mamikos

Demikian tadi informasi singkat mengenai poster pendidikan dan contohnya. Membuat poster seperti di atas tak hanya bisa membantu anak untuk lebih kreatif, tapi juga meningkatkan sisi kritisnya. Sedulur sebagai orang tua juga bisa mendampingi anak-anak untuk bisa menciptakan poster pendidikan yang baik dan bernilai. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!