Kontraposisi, invers, dan konvers adalah beberapa topik atau materi yang termasuk ke dalam logika matematika. Logika matematika sendiri merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mengkombinasikan antara logika serta matematika, atau dengan kata lain mengetahui logika sesuatu secara sistematis.

Terdapat banyak rumus-rumus tertentu di dalam logika yang dapat digunakan untuk memecahkan contoh soal konvers, invers dan kontraposisi. Sedulur penasaran dengan seluk beluk mengenai konvers, invers, dan kontraposisi? Yuk simak terus pembahasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 1 Kodi Berapa Buah? Pengertian & Konversi Satuan Matematika

Pengertian konvers adalah dan contohnya

konvers adalah
Depositphotos

Konvers merupakan sebuah pernyataan yang dapat kita peroleh dengan membalikkan sebuah implikasi atau pernyataan bersyarat. Dengan kata lain, yang dimaksud konvers adalah pernyataan yang berbentuk kebalikan dari implikasi.

Jadi, suatu implikasi memiliki rumus p → q. Maka konvers dari implikasi tersebut adalah kebalikannya, yaitu q → p. Terdapat beberapa contoh kalimat konvers yang bisa dipelajari Sedulur. Beberapa di antaranya adalah di bawah ini.

Contoh konvers adalah

Perlu diingat kembali, rumus dari konvers adalah kebalikan dari implikasi. Jadi, jika implikasi p → q, maka konvers akan berwujud q → p. Contoh konvers adalah sebagai berikut.

  • Implikasi = Apabila Jisoo rajin membaca buku, maka Jisoo cerdas.
  • Konvers = Jika Jisoo cerdas, maka Jisoo rajin membaca buku.

BACA JUGA: Kumpulan Simbol Matematika Beserta Arti & Cara Membacanya

Pengertian invers adalah

konvers adalah
Depositphotos

Pembahasan selanjutnya adalah invers. Invers merupakan negasi dari sebuah pernyataan implikasi. Dengan kata lain, jika suatu implikasi memiliki rumus p → q, maka invers dari implikasi tersebut adalah negasi dari rumus tadi, yaitu ?p → ?q.

Contoh invers

Di bawah ini adalah contoh invers yang dapat Sedulur amati.

  • Implikasi = Jika Jennie haus, maka Jennie akan minum.
  • Invers = Jika Jenni tidak haus, maka Jennie tidak akan minum.

BACA JUGA: Penemu Matematika Beserta Biografi Singkatnya

Pengertian kontraposisi adalah

Depositphotos

Masuk ke diskusi salah satu materi logika matematika lainnya yang sering keluar dalam ujian, yaitu kontraposisi. Kontraposisi merupakan kebalikan dari negasi dan implikasi. Dari situ, dapat kita simpulkan bersama bahwa pernyataan implikasi akan dibalik, lalu dinegasikan oleh kontraposisi.

Pengertian lainnya dari kontraposisi adalah nilai kebenarannya setara atau sama dengan pernyataan implikasi. Jika implikasi benar, maka kontraposisinya juga benar. Hal tersebut berlaku juga untuk kebalikannya.

Dapat dipahami, rumus implikasi akan berupa p → q, maka untuk rumus kontraposisi akan menjadi ?q → ?p.

BACA JUGA: Persamaan Kuadrat dalam Matematika Beserta Contoh Soalnya

Contoh kontraposisi

Yuk, simak contohnya agar lebih paham!

  • Implikasi = Apabila Lisa lapar, maka Lisa pergi mencari makanan.
  • Kontraposisi = Apabila Lisa tidak pergi mencari makanan, maka Lisa tidak lapar.

Sedulur, demikian informasi mengenai pengertian konvers adalah sebagai salah satu materi dalam logika matematika. Pembahasan di atas juga dilengkapi sekilas ulasan mengenai invers, kontraposisi, dan juga contoh-contohnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur dan menambah pengetahuan serta wawasan, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.