Simak obat panas dalam dari bahan alami di bawah ini, agar Sedulur terhindar dari gejala panas dalam yang mengganggu!

Di musim pancaroba saat ini, sakit yang biasanya sering dialami adalah panas dalam, flu dan demam. Biasanya disebabkan oleh pergantian cuaca yang sedang terjadi. Namun, di antara tiga penyakit di atas, panas dalam adalah sakit yang sering dialami bukan hanya karena pergantian cuaca atau musim.

Untuk itu, dalam kesempatan kali ini, Superapp.id akan menjelaskan beberapa obat panas dalam yang berasal dari bahan alami yang mudah Sedulur temukan. Bukan hanya itu, bahan alami juga lebih aman dan tidak ada efek samping dari pada menggunakan obat kimia.

Namun, sebelum masuk ke pembahasan daftar obat panas dalam alami, Sedulur bisa simak terlebih dahulu apa itu sakit panas dalam dan seperti apa penyebab dan gejalanya. Yuk, langsung kita cek!

-->

Gejala dan Penyebab Panas Dalam

Gejala dan Penyebab Panas Dalam
abisgadjian.id

Panas dalam merupakan penyakit yang menganggu sekitar tenggorokan kita. Selain panas dalam merupakan salah satu gejala penyakit seperti flu dan demam, biasanya sakit panas dalam yang dialami tersebut disebabkan oleh pergantian cuaca atau musim pancaroba. Pergantian dari musim kemarau ke musim hujan.

Namun, panas dalam juga bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk dalam mengkonsumsi makanan. Gejala dari panas dalam yang biasanya dirasakan adalah sakit tenggorokan, sariawan, haus yang berlebihan, dan juga ruam atau kemerahan pada kulit. Konsumsi makanan seperti gorengan, durian, dan hidangan pedas secara berlebihan merupakan penyebabnya.

Untuk mengobati sakit panas dalam, Sedulur bisa berobat ke dokter untuk mendapatkan obat yang tepat sesuai dosis yang tepat pula. Namun, sebenarnya obat panas dalam yang paling ampuh terbuat dari bahan alami. Setelah mengetahui gejala dan penyebab panas dalam di atas, kita langsung masuk ke pembahasan daftar obat alami untuk sakit panas dalam. Yuk, langsung kita simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Panas Dalam yang Jarang Orang Tahu!

Daftar Obat Panas Dalam Alami yang Cocok untuk Dewasa dan Anak-Anak

1. Air Garam

1. Air Garam
hellosehat.com

Bahan yang paling alami sebagai obat panas dalam di tenggorokan adalah air garam. Air garam sangat efektif digunakan untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Hal tersebut dikarenakan, air garam sangat ampuh untuk membunuh bakteri yang menyebabkan peradangan.

Sedulur memang bisa meminum obat panas dalam tablet, namun air garam merupakan bahan alami yang mudah Sedulur temui dan efektif mengobati panas dalam. Karena, garam mengandung sodium yang tinggi, air garam juga bisa berfungsi untuk menghilangkan infeksi. Namun perlu diingat, Sedulur hanya perlu berkumur saja, sangat menelan air garam. Karena hal tersebut akan menimbulkan bahaya bagi tubuh Sedulur.

2. Teh Lemon Madu

2. Teh Lemon Madu
jawapos.com

Selanjutnya,obat panas dalam dan flu alami yang kedua adalah teh lemon madu. Kombinasi dari air teh, lemon dan madu sangat baik untuk mengobati panas dalam secara efektif. Bukan hanya untuk radang tenggorokan, lemon dan madu juga baik untuk kesehatan tubuh lainnya. Sedulur tinggal meminumnya secara rutin setiap hari.

Teh dan madu dapat secara efektif menghilangkan sakit tenggorokan yang menjadi gejala panas dalam, hal tersebut disebabkan oleh kandungan vitamin C yang tinggi dalam minuman ini. Selain sebagai obat panas dalam dan sariawan yang ampuh, minuman ini juga efektif untuk meningkatkan imunitas tubuh dan dapat melawan virus penyebab panas dalam.

3. Cuka Apel

3. Cuka Apel
kompas.com

Selanjutnya bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat panas dalam adalah cuka apel. Cuka apel memiliki efek antimikroba untuk membantu melawan infeksi efek dari sakit panas dalam. Sifat asam dari cuka apel juga dapat memecah lendir yang bersarang di tenggorokan dan sekaligus dapat menghentikan penyebaran bakteri.

Cara menggunakan cuka apel sebagai obat sakit tenggorokan sangat mudah, Sedulur tinggal melarutkan satu sendok makan cuka apel ke dalam satu cangkir air. Lalu gunakan sebagai bahan untuk kumur-kumur dan membersihkan sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan pun akan sembuh dengan sendirinya.

Baca Juga: Obat Pereda Sakit Ini Bisa Kamu Konsumsi

4. Susu Kunyit

4. Susu Kunyit
hellosehat.com

Obat panas dalam lainnya yang bisa Sedulur gunakan adalah susu kunyit. Susu dan kunyit sangat efekti bisa menjadi obat panas dalam akibat asam lambung. Ramuan ini sangat ampuh untuk menyembuhkan panas dalam. Susu sangat bermanfaatkan untuk meredakan rasa sakit yang dialami oleh peradangan di sekitar tenggorokan akibat panas dalam.

Sedangkan kunyit mengandung beberapa senyawa yang sangat efektif untuk menghilangkan rasa nyeri dan rasa sakit. Kedua bahan alami ini sangat cocok diminum sebagai obat radang tenggorokan alami, dan tentu saja sangat aman dan tidak akan menimbulkan efek berbahaya bagi tubuh.

5. Peppermint

5. Pappermint
sehatq.com

Rekomendasi terakhir adalah peppermint. Peppermint memiliki kandungan yang dapat menghilangkan aroma nafas tidak sedap. Salah satu gelaja panas dalam adalah aroma nafas tidak sedap, peppermint dapat mengencerkan lendir yang menjadi penyebab panas dalam.

Peppermint sangat ampuh sebagai obat panas dalam karena mengandung anti-peradangan, anti-bakteri, sekaligus anti-virus yang dapat secara ampuh meredakan sakit tenggorokan. Selain dapat membuat aroma mulut Sedulur segar dan wangi, Sedulur bisa menghilangkan sakit panas dalam yang sedang dialami.

Selain beberapa bahan alami di atas, terdapat juga beberapa obat alami lainnya yang efektif menyembuhkan sakit panas dalam tanpa efek samping, yaitu di antaranya:

  • Buah pisang: kandungan kalium dan potasium efektif mengobati panas dalam. Tekstur dari buah pisang juga sangat lembut dan aman dikonsumsi saat sakit tenggorokan akibat panas dalam.
  • Bawang putih: bawang putih mengandung antibiotik yang dapat menyembuhkan panas dalam dan radang tenggorokan. Juga, sekaligus menghilangkan virus dan bakteri yang ada di sekitar gigi dan mulut.
  • Perbanyak minum air putih: bahan yang paling alami untuk mengobati panas dalam adalah air mineral, dan minum air sebanyak mungkin. Selama panas dalam dan mengalami peradangan, Sedulur wajib untuk mengkonsumsi air putih secara banyak. Hal tersebut bertujuan untuk membersihkan lendir dan juga meredakan rasa nyeri yang dirasakan.

Sekian penjelasan terkait gejala dan obat panas dalam yang telah diulas di atas. Semoga dapat membantu Sedulur untuk mengobati sakit panas dalam yang dialami dengan cepat. Sedulur juga bisa mendapatkan bahan untuk membuat obat radang tenggorokan alami dengan membelinya di Aplikasi Super.

Banyak bahan dan kebutuhan sehari-hari yang tersedia sangat lengkap di Aplikasi Super. Sedulur bisa langsung cek kelengkapan barang yang dimiliki oleh Aplikasi Super. Sedulur juga bisa download Aplikasi Super dengan klik di sini agar bisa melakukan transaksi hanya melalui smartphone. Selamat mencoba!