nama baptis katolik laki laki

Setiap nama yang diberikan untuk si Kecil merupakan harapan dari orang tua. Sebagai keluarga Katolik, pemilihan nama untuk si Kecil, baik perempuan atau laki laki, akan dilengkapi dengan nama baptis yang harus dipikirkan dengan baik, bahkan sejak masih ada di dalam kandungan. Hal ini penting diperhatikan, sebab nama baptis Katolik laki laki akan digunakan saat sakramen baptis. 

Sakramen baptis merupakan suatu tanda dan sarana yang digunakan dalam mengungkapkan iman akan Yesus Kristus. Momen ini dijadikan sebagai pintu gerbang bagi sakramen lain, sehingga pembaptisan adalah syarat mutlak yang harus dilakukan oleh umat Katolik. Sakramen ini juga menjadi sakramen pertama yang diterima seseorang untuk menjadi anggota Gereja Katolik. 

Bila Sedulur sedang mencari nama baptis Katolik laki-laki terbaik untuk buah hati, berikut adalah beberapa referensinya!

BACA JUGA: 7 Resep MPASI Ubi Ungu yang Sehat untuk Bayi dan Manfaatnya

-->

Nama Baptis Laki-Laki Katolik Terbaik untuk Buah Hati  

nama baptis katolik laki laki
iStock
  1. Anthony

Anthony merupakan nama yang berasal dari bahasa Latin dengan art pendoa. Dengan pemberian nama ini, si Kecil diharapkan bisa menjadi orang yang taat dan senantiasa melibatkan kehadiran Tuhan dalam hidupnya. Nama ini juga merupakan nama seorang Santo di abad ke-3 yang menemukan monastisisme Kristiani. 

  1. Andrew

Nama Andrew memiliki arti kuat, berani dan pejuang. Sedulur bisa menyematkan nama ini pada nama baptis laki laki Katolik terbaik, sebab ini adalah nama salah satu nama rasul Yesus dan salah satu nama orang suci dalam Alkitab.

  1. Anselmus 

Anselmus merupakan nama yang berasal dari bahasa Jerman. Nama ini memiliki arti di bawah perlindungan para dewa. 

  1. Benediktus

Ada pula Benediktus, nama baptis Katolik laki-laki yang berasal dari bahasa Latin. Nama ini memiliki arti diberkati, dimana nama ini juga menjadi nama Santo dari Nursia, yaitu St. Benediktus.

Nama Baptis Katolik Laki-Laki yang Baik

nama baptis katolik laki laki
iStock
  1. Cosmas

Nama baptis Cosmas berasal dari bahasa Yunani dengan arti kesopanan. Nama ini juga dikenal sebab digunakan oleh salah satu Pastor Cosmas di gereja Ortodoks Yunani.

  1. Agustinus

Nama Santo Agustinus juga dikenal sebagai Augustine. Beliau merupakan sosok yang dikenal memiliki kecerdasan yang tinggi sejak kecil. Ia merupakan Uskup Hippo yang menghabiskan hidupnya dengan membuat berbagai kidung, yang kini dianggap sebagai sumber pengetahuan rohani.

  1. Felix

Nama baptis berikutnya adalah Felix, yakni nama yang berasal dari bahasa Latin dengan arti bahagia dan beruntung. Menurut kepercayaan, orang yang menggunakan nama ini akan dilingkupi dengan keberuntungan dari dewa.  

  1. Abraham 

Nama ini diambil dari kisah Abraham yang memberikan banyak pembelajaran positif bagi umat. Ia rela mengorbankan putranya, Ishak, untuk disembelih sebagai tanda ketaatannya kepada Tuhan. Beruntungnya, Tuhan mengganti Ishak dengan seekor domba jantan, yang menjadi tanda kedatangan Mesias.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Susu Bebas Laktosa yang Aman untuk Si Kecil

Nama Baptis Laki-Laki Katolik yang Indah

nama baptis katolik laki laki
iStock
  1. Adrianus

Nama Adrianus berasal dari bahasa Latin yang memiliki arti air atau lautan. Nama ini juga termasuk nama Santo, yang merupakan seorang perwira tentara Romawi, yang menjadi martir Kristus saat masa penganiayaan kaisar Galerius Maximianus (286-305).  

  1. Agathus

Nama ini berasal dari nama Santo Paus Agathus, yakni seorang Paus Gereja Katolik yang memimpin gereja sejak 27 Juni 678 hingga 10 Januari 681. Paus Agathus diperkirakan berasal dari Yunani, yang dulunya menjadi seorang biarawan di daerah Palermo, Sisilia.  

  1. Ignatius

Nama Ignatius merupakan nama dalam bahasa Latin yang memiliki arti penuh semangat. Nama ini dipercaya akan memberikan karakteristik yang kritis, semangat, penyayang, kreatif, dan penuh perhatian. Nama ini juga merupakan nama seorang Santo, yakni St. Ignatius.

  1. Florian

Merupakan nama dari bahasa Romawi yang memiliki arti pirang dan mekar berbunga.

Nama Baptis Katolik Laki Laki yang Penuh Harapan

nama baptis katolik laki laki
iStock
  1. Julian

Dalam bahasa Perancis, Julian memiliki arti dagu yang berjenggot, sementara dalam bahasa Jerman, nama ini memiliki arti rendah hati. Nama ini merupakan nama seorang Santo yang memiliki rumah untuk merawat orang-orang miskin yang membutuhkan pertolongan.  

  1. Jonah

Berasal dari bahasa Ibrani, Jonah memiliki arti merpati. Di dalam Kitab Perjanjian Lama, dijelaskan pula bahwa Jonah merupakan nama seorang nabi yang tertelan ikan paus atas perintah Tuhan. Nama ini memberikan karakter romantis, ceria, pembimbing, dan berkeyakinan kuat.

  1. Albertus

Merupakan salah satu nama Santo, yakni Santo Albertus Magnus (Albertus Agung). Ia dikenal sebagai sosok yang senang belajar ilmu pengetahuan, yakni fisika, geografi, dan biologi. Ia juga memperdalam pengetahuan dalam hal agama Katolik dan Kitab Suci.

  1. Alexis

Alexis merupakan salah satu nama Santo, yakni Santo Alexis. Dalam bahasa Jerman, nama ini berarti menolong dan menjaga.  

Nama Baptis Laki-Laki Katolik untuk Si Kecil

nama baptis katolik laki laki
iStock
  1. Lucius

Nama ini berasal dari bahasa Latin yang memiliki arti terang, sebab kata ‘lux’ berarti cahaya. Nama ini juga disebutkan dalam Kitab Perjanjian Baru sebagai nama dua orang Kristiani yang taat, serta nama seorang Santo bernama St. Lucius.

  1. Yoakim

Merupakan nama dari Santo Yoakim, yakni orang tua dari Santa Maria. 

  1. Milo

Nama ini berasal dari bahasa Jerman dan Latin dengan arti penyayang atau prajurit.  

  1. Aloysius

Nama Aloysius berasal dari sosok orang kudus yang memiliki prestasi di bidang ilmu kemanusiaan dan ilmu pengetahuan. Ia dikenal sebagai sosok yang rendah hati dan baik kepada semua orang, sehingga dijadikan teladan bagi orang lain. 

BACA JUGA: 15 Tanda – Tanda Kehamilan yang Jarang Disadari

Nama Baptis Katolik Laki Laki Memesona

nama baptis katolik laki laki
iStock
  1. Oliver

Nama Oliver dalam  bahasa Jerman memiliki arti pohon zaitun. Nama ini juga terkenal dengan adanya karya puisi Perancis berjudul “La Chanson de Roland” dengan karakter bernama Oliver.

  1. Owen

Berikutnya adalah Owen, nama dari bahasa Welsh yang memiliki arti pejuang muda dan lahir dengan baik. Nama ini merupakan nama Santo, yakni St.Owen, yang merupakan seorang biarawan Benedict serta pengikut St. Chad yang taat. 

  1. Antonius

Santo Antonius dapat dipilih sebagai nama baptis laki laki Katolik yang baik, sebab ia memiliki kisah hidup yang menginspirasi sebagai orang kudus. Ia menghabiskan hidup untuk bertapa, dan hanya pergi untuk menghadiri Misa dan biara di sekitarnya.

  1. Genesius

Merupakan nama dari bahasa Romawi yang memiliki arti menghasilkan. Nama ini juga menjadi salah satu nama Santo di Roma, yakni St. Genesius.

Nama Baptis Laki-Laki Katolik Terbaik Bermakna

nama baptis katolik laki laki
iStock
  1. Hyginus 

Merupakan nama dari bahasa Latin yang berarti sehat. Nama ini juga digunakan oleh seorang uskup Roma bernama St. Hyginus.

  1. Valentine

Berasal dari bahasa Romawi, nama Valentine memiliki arti kuat, sehat dan penuh cinta.  

  1. Silas

Silas merupakan nama dari bahasa Latin yang memiliki arti kayu dan hutan. Di dalam Alkitab, nama ini berdampingan dengan Silvanus dan disebutkan secara bergantian. 

  1. Raphael

Nama Raphael berasal dari bahasa Ibrani, yang berarti Tuhan telah menyembuhkan. Nama ini muncul dalam Kitab Tobit dan diperingati setiap tanggal 29 September. 

Nama Baptis Katolik Laki Laki yang Penuh Cinta

nama baptis katolik laki laki
iStock
  1. Tobias

Merupakan nama dari bahasa Ibrani yang memiliki arti Tuhan itu baik. Di dalam Alkitab, Tobias juga diceritakan sebagai orang saleh yang disembuhkan oleh sosok malaikat Rafael. Ia kemudian menemani perjalanan malaikat mencari obat untuk ayahnya yang buta. 

  1. Theodore 

Merupakan nama dari bahasa Romawi, yang memiliki arti karunia dari Tuhan.

  1. Sebastian

Berasal dari bahasa Yunani, nama Sebastian memiliki arti orang yang patut dimuliakan. Nama ini dipercaya akan memiliki karakteristik yang ramah, kritis terhadap diri sendiri dan orang lain, mandiri, dan humanis sejati.

  1. Yustinus

Merupakan nama dari seorang uskup bernama Santo Yustinus.

BACA JUGA: 14 Merk Susu Formula Terbaik untuk Bayi yang Jadi Favorit Ibu

Nama Baptis Laki-Laki Katolik Terindah

nama baptis katolik laki laki
iStock
  1. Camilo

Merupakan nama dari bahasa Latin yang memiliki arti penolong imam.

  1. Conrad

Conrad berasal dari bahasa Jerman yang memiliki arti penasihat yang berani.

  1. Vincent

Merupakan nama dalam bahasa Latin yang berarti penakluk. Nama ini juga merupakan nama Santo, yakni St. Vincentius, yang selalu membantu kaum fakir miskin dan mengajarkan agama kepada mereka. 

  1. Athanasios

Merupakan nama dari bahasa Jerman yang memiliki arti abadi. Nama ini juga digunakan sebagai nama Santo dari Yunani dan seorang Teolog.

Nama Baptis Laki Laki Katolik Menawan

nama baptis katolik laki laki
iStock
  1. Macarius 

Nama ini berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti bahagia, beruntung, dan diberkati.

  1. Nicholas

Merupakan nama dari bahasa Yunani yang berarti kemenangan rakyat. Nama ini juga digunakan oleh tokoh spiritual Yunani terkenal, yaitu St. Nicholas.

  1. Joseph

Merupakan nama dari bahasa Ibrani, dengan arti dia akan menambahkan.  

  1. Zachary

Nama terakhir berasal dari bahasa Ibrani, yang memiliki arti pengingat Tuhan.

Nah, itu tadi 40 nama baptis Katolik laki laki terbaik untuk buah hati yang bisa Sedulur gunakan saat sakramen baptis. Sedulur bisa memilih salah satu nama di atas sesuai harapan yang diinginkan untuk si Kecil.

Selain memilihkan nama baptis, Sedulur juga perlu melengkapi kebutuhan anak maupun perlengkapan perawatannya, lho! Untuk itu, Sedulur bisa membeli minyak telon, bedak bayi, dan aneka makanan ringan berkualitas melalui Aplikasi Super

Tak hanya menyediakan produk yang lengkap dan murah, Sedulur juga berkesempatan untuk mendapatkan diskon, cashback, dan gratis ongkir tanpa minimal pembelian dalam setiap transaksi. Tertarik berbelanja di Aplikasi Super? Download aplikasinya di PlayStore, yuk!