Manfaat anggur untuk ibu hamil

Buah anggur merupakan buah yang mengandung banyak nutrisi yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Termasuk untuk ibu hamil, terdapat banyaj manfaat buah anggur untuk ibu hamil yang perlu diketahui.

Manfaat buah anggur untuk ibu hamil perlu diketahui, karena tidak semua memiliki manfaat. Terdapat juga bahaya yang perlu dihindari. Hal tersebut bisa Sedulur ketahui dengan menyimak penjelasan di bawah ini hingga selesai. Lantas apa saja manfaat buah anggur untuk ibu hamil beserta dengan bahayanya? Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Catat! Ini Tips dan Trik Berpuasa Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

1. Membantu perkembangan otak janin

manfaat buah anggur untuk ibu hamil
iStock

Buah anggur mengandung asam folat yang berperan membantu perkembangan otak janin. Manfaat utama anggur untuk perkembangan otak janin antara lain:

-->
  • Mengurangi resiko cacat otak saat lahir
  • Membentuk saraf pada otak janin
  • Membantu pembentukan tabung otak bagi janin

2. Membentuk tulang dan gigi

manfaat buah anggur untuk ibu hamil
iStock

Manfaat penting lain kandungan folat dan kalsium pada anggur ialah untuk pembentukan tulang dan gigi pada janin. Kegunaan anggur bagi ibu hamil ini juga akan mengoptimalkan perkembangan janin serta memperkuat tulang ibu selama mengandung.

3. Pembentukan sumsum tulang belakang

manfaat buah anggur untuk ibu hamil
iStock

Salah satu organ yang penting untuk janin adalah sumsum tulang belakang. Janin yang tidak memiliki sumsum tulang belakang tidak dapat berkembang dengan baik dan bisa dipastikan hanya mampu berbaring di atas kasur.

Maka dari itu, penting bagi ibu hamil untuk memenuhi nutrisi perkembangan tulang sumsum belakang pada janin yang dikandung. Oleh sebab itu, Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi anggur, karena kandungan asam folat pada anggur mampu membantu janin dalam pembentukan sumsum tulang belakang.

4. Mencegah anemia

manfaat buah anggur untuk ibu hamil
iStock

Kemungkinan Ibu hamil mengalami anemia semakin besar saat memasuki trimester kedua. Di masa ini, janin berkembang pesat sehingga sel darah merah dalam tubuh Ibu terbagi menjadi dua, yaitu untuk ibu hamil dan janin yang dikandung.

Anemia bisa diatasi dengan mengkonsumsi anggur merah, kandungan zat besi pada anggur merah lebih banyak dibandingkan dengan jenis anggur yang lainnya.

5. Mengurangi bengkak pada ibu hamil

manfaat buah anggur untuk ibu hamil
iStock

Umumnya ibu hamil mengalami masalah kaki yang membengkak. Untuk mengurangi bengkak tersebut, Ibu dapat berolahraga supaya otot mengalami peregangan. Mengonsumsi anggur yang mengandung kalsium dan magnesium juga efektif mengurangi bengkak pada kaki ibu hamil.

6. Pembentukan saraf pusat

iStock

Anggur merah memiliki kandungan omega 3 dan DHA sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Hal itu disebabkan omega 3 dan DHA dalam anggur merah tersebut sangat bermanfaat untuk membentuk sel saraf pusat janin. Dengan demikian, janin dapat menjalani tumbuh kembang dengan baik dan risiko cacat pun berkurang.

7. Melancarkan sistem pencernaan

iStock

Pada umumnya, ibu hamil sering mengalami gangguan kehamilan pada sistem pencernaan, seperti sembelit. Magnesium yang terkandung pada anggur merah terbukti mampu untuk melancarkan dan membantu sistem pencernaan selama kehamilan.

Jika Ibu hamil rutin mengkonsumsi anggur merah, maka sistem pencernaan akan lancar, dan ibu hamil akan terhindar dari sembelit maupun gangguan pencernaan lainnya.

8. Meningkatkan sistem imun

iStock

Ibu hamil akan sangat rentan terkena penyakit, misalnya batuk, demam dan juga pilek. Ibu hamil sangat dianjurkan mengkonsumsi vitamin C untuk pencegahannya, terutama anggur yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Peningkatan sistem imun bisa menangkal berbagai macam penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga kesehatan ibu dan janin akan tetap terjaga,

9. Meningkatkan suasana hati

iStock

Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan bisa berpengaruh terhadap suasana hati ibu hamil. Sering kali ibu hamil jadi merasa sedih atau mudah marah tanpa alasan. Untuk membantu meredakan suasana hati yang buruk, ibu hamil perlu mengonsumsi anggur.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak alami anggur selama 3 bulan dapat meningkatkan mood dan kemampuan berpikir pada orang dewasa. Hal ini diduga terjadi berkat kandungan senyawa polifenol dan aktivitas antioksidan yang ada pada buah anggur.

10. Menurunkan tekanan darah

iStock

Manfaat anggur untuk ibu hamil berikutnya adalah membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini akan sangat bermanfaat terutama untuk ibu hamil yang berisiko lebih tinggi untuk mengalami preeklamsia atau tekanan darah tinggi selama kehamilan.

Manfaat ini diperoleh karena kandungan kalium yang terdapat pada buah ini mampu mengurangi kadar galam berlebih dalam tubuh. Selain itu, kandungan kalium yang terdapat pada anggur juga dapat membantu meringankan kram kaki dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Saat hamil, Sedulur dapat mengonsumsi anggur dengan berbagai macam cara, mulai dari mengonsumsinya secara langsung hingga menjadikannya sebagai jus. Namun, yang pasti, Sedulur harus mencuci anggur hingga bersih terlebih dahulu agar anggur yang dikonsumsi terbebas dari pestisida.

BACA JUGA: 9 Rekomendasi Merek Susu Terbaik untuk Ibu Hamil 1-3 Bulan

Bahaya buah anggur jika dikonsumsi berlebihan

iStock

Meski ada banyak manfaat anggur, mengonsumsi buah ini secara berlebihan juga tidak disarankan. Makan anggur sewajarnya. Beberapa gangguan akibat terlalu banyak mengonsumsi anggur yakni masalah pencernaan, perut kembung, dan berisiko meningkatkan peluang diabetes.

Konsumsi berlebihan buah anggur juga tidak disarankan untuk ibu hamil, terutama ibu hamil yang kandungannya memasuki masa usia trimester ketiga. Konsumsi anggur yang berlebihan menjelang trimester terakhir kehamilan dapat menyebabkan lebih banyak penambahan berat badan pada janin.

Nah itulah berbagai manfaat buah anggur untuk ibu hamil beserta dengan bahaya dan risiko jika buah anggur dikonsumsi berlebihan. Semoga penjelasan di atas menambah informasi bagi kesehatan ibu dan janin sehingga bisa sehat hingga proses kelahiran.

Jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil lainnya. Setiap kebutuhan yang diperlukan bisa kulakan di Aplikasi Super. Terutama jika waktu kelahiran hampir tiba, persiapan parenting perlu mulai dicicil. Jangan khawatir, agar lebih mudah setiap kebutuhan parenting bisa belanja di Aplikasi Super.

Mulai dari kebutuhan popok, susu anak hingga kebutuhan minyak telon bisa didapatkan di Aplikasi Super. Makanya, Sedulur wajib download Aplikasi Super di PlayStore. Setelah download, jangan lupa rajin-rajin belanja menggunakan Aplikasi Super, ya!