manfaat baby plus

Siapa sih yang tidak ingin calon buah hati tumbuh menjadi anak yang cerdas dan aktif. Jadi tidak heran jika banyak orang tua melakukan berbagai macam cara untuk memberikan yang terbaik bagi si kecil. Bahkan, upaya tersebut sekarang ini sudah bisa dilakukan sejak bayi dalam masa kandungan lho. Salah satunya dengan baby plus. Manfaat baby plus sendiri sudah diyakini banyak orang dan dibuktikan oleh para pakar kesehatan.

Untuk informasi awal, baby plus adalah alat pendidikan sebelum kelahiran yang memiliki 16 tahap pembelajaran. Baby Plus akan membantu terjadinya koneksi atau hubungan antar sel otak. Alat ini juga mampu untuk jumlah sel otak pada janin yang sedang berkembang selama proses di dalam rahim. Dengan manfaat baby plus yang begitu penting ini, tak heran sekarang banyak orang tua yang mulai tertarik menggunakan baby plus sebagai sarana mencerdaskan si kecil.

Bila Sedulur masih penasaran bagaimana cara dan manfaat baby plus untuk membantu mencerdaskan si kecil, mari simak ulasan lengkapnya berikut ini!

BACA JUGA: Kelebihan dan Kekurangan Bayi Tabung yang Perlu Dipahami

Cara Kerja Baby Plus

manfaat baby plus
Being The Parent

Baby plus menjadi salah satu terobosan teknologi modern yang membantu dunia medis, khususnya dalam masalah perkembangan janin dan anak setelah kelahiran. Dilansir dari laman Verywell Family, cara kerja baby plus sebenarnya cukup sederhana. Sistem alat ini terdiri dari unit yang dioperasikan menggunakan baterai dan kantong kecil. Kemudian, alat akan diikatkan di pinggang sehingga bagian yang mengekuarkan suara berada tepat di perut ibu hamil.

Penggunaan alat baby plus disarankan dua kali dalam sehari dengan lama pemakaian kurang lebih satu jam. Umumnya, penggunaan alat ini bisa dimulai saat umur kehamilan memasuki 18 minggu sampai 32 minggu. Cara kerja ini diyakini lebih efektif dibandingkan seorang ibu membacakan cerita atau memberikan bunyi-bunyian musik pada bayi di kandungan. Namun, stimulus editorial langsung dari ibu ke bayi seperti kata-kata atau musik klasik disebut terlalu sulit dan rumit untuk dipahami bayi sehingga hasilnya kurang optimal. Kehadiran baby plus pun menjadi alat bantu pendidikan auditori pada bayi yang paling tepat karena penggunaan “bahasa” yang sudah diformulasikan sedemikian rupa.

BACA JUGA: 21 Rekomendasi Gendongan Bayi yang Bagus dan Aman

Manfaat Penting Baby Plus untuk Newborn

kandungan ibu hamil
Unsplash

Manfaat baby plus untuk perkembangan bayi memang masih jadi perdebatan beberapa orang tua. Namun, produsen baby plus menciptakan alat ini dengan menyertakan beberapa penelitian terkait kemampuan janin belajar dari suara yang didengarnya. Salah satunya adalah studi yang dilakukan profesor spesialis speech and hearing sciences di University of Washington di Seattle, Dr. Patricia Kuhl, Ph.D.

Dr. Kuhl menyatakan bahwa bayi tidak hanya dapat mendengar suara dan infleksi ibunya, tapi juga sudah bisa mempelajari bahasa ibunya sejak dalam kandungan. Dalam beberapa jam setelah bayi lahir, ia juga sudah dapat membedakan bahasa ibu dan bahasa asing lainnya. Tentu hal tersebut memberikan manfaat untuk bayi dan setelah bayi terlahir, ada beberapa perbedaan dengan anak yang tidak menggunakan alat tersebut. Berikut ini beberapa manfaat yang berhasil ditemukan dari penggunaan baby plus.

1. Bayi menjadi tidak mudah rewel

Berdasarkan ulasan para sedulur yang telah menggunakan baby plus mengungkapkan bayi mereka tidak rewel bahkan jarang menangis. Bayi cenderung lebih tenang saat di rumah maupun saat beraktivitas di luar rumah karena bayi dapat menyesuaikan suasana dan tidak drama karena mudah menyesuaikan.

2. Lahir dalam kondisi tenang

Usai persalinan, bayi yang telah mendapatkan stimulasi sejak dalam kandungan lahir dalam keadaan tenang. Seperti pada umumnya, bayi yang baru saja lahir biasanya menangis. Namun, si Kecil yang telah mendapatkan stimulasi prenatal education hanya menangis sebentar kemudian tenang dengan sendirinya.

3. Pola tidur bayi lebih mudah diatur

Seperti yang kita ketahui bahwa biasanya bayi yang baru lahir memiliki jam tidur yang tidak teratur. Bahkan seringkali bayi bisa membuat sedulur begadang. Dari beberapa pengalaman sedulur yang menggunakan baby plus, bayi mereka mampu membedakan siang dan malam, sehingga ia cenderung tidur nyenyak pada malam hari. Bila pun terbangun, bayi mencari nenen kemudian tidur nyanyak kembali dan tidak rewel.

4. Dapat menyusu ibu dengan mudah

Bayi yang baru lahir dapat menyusu dengan mudah bahkan sejak kali pertama IMD (Inisiasi Menyusui Dini). Bayi mudah mencari puting susu sang ibu dan menyusu dengan baik meskipun belum sempurna.

5. Mudah tertidur

Bayi yang baru lahir mudah tidur dengan sendirinya saat berada di ranjang bayi. sedulur tidak perlu menimang si kecil terlebih dahulu setiap kali ia mengantuk. Sebab, si kecil yang sudah mendapatkan stimulasi dengan prenatal education seperti baby plus, lebih mudah menenangkan diri dan gampang tidur dengan sendirinya.

6. Bayi menjadi lebih aktif

Setelah masa kelahiran, bayi lebih aktif dari bayi lahir pada umumnya. Seperti, pandangan matanya dapat mengikuti benda yang bergerak. Ketika mendengar bunyi benda atau suara dari sekitar, bayi aktif mencari sumber suara. Selain memberikan manfaat bagi bayi yang baru lahir, baby plus ini sanggat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak pada usia dini.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Tisu Kering Bayi, Lembut dan Aman di Kulit

Manfaat Lainnya

manfaat baby plus
Healthline

Selain memberikan manfaat pada bayi baru lahir, penggunaan alat baby plus juga merangsang tumbuh kembang si kecil saat memasuki usia dini. Berikut manfaat baby plus yang penting untuk tumbuh kembang anak setelah kelahiran.

  • Mempunyai kemampuan fokus lebih lama
  • Perkembangan motorik yang baik
  • Memiliki kemampuan kognitif yang baik
  • Memiliki kemandirian dan kreativitas tinggi
  • Lebih siap memasuki usia sekolah

Tentu melihat beragam manfaat dari baby plus ini, para orang tua bisa menjadi lebih terbantu untuk mendapatkan anak yang cerdas dan aktif. Apalagi perkembangan teknologi dan ilmu sains memang sudah seharusnya memberikan dampak besar untuk kemajuan kualitas hidup manusia di masa depan.

Demikian tadi deretan manfaat penting baby plus yang bisa Sedulur coba gunakan ketika ingin mendapatkan buah hati yang cerdas. Alat ini tak hanya membantu perkembangan otak si cekil, tapi juga meningkatkan kualitas bayi setelah dia dilahirkan. Upaya ini menjadi investasi penting dari Sedulur untuk anak dan masa depannya. Jadi selamat mencoba ya!