makanan tinggi kalori untuk anak 1 tahun

Kalori merupakan sejumlah energi yang diperoleh dari makanan atau minuman, maupun sejumlah energi yang dibakar tubuh saat melakukan aktivitas sehari-hari. Tak hanya orang dewasa saja yang membutuhkannya, kalori juga dibutuhkan oleh anak-anak. Selain nasi, makanan tinggi kalori untuk anak 1 tahun juga bisa didapatkan dari bahan makanan lain.

Kebutuhan kalori anak usia 1-3 tahun kira-kira ada pada angka 1,125 Kkal per hari. Kebutuhan ini bisa dipenuhi dengan berbagai makanan tinggi kalori, baik dari buah-buahan, umbi-umbian, hingga makanan olahan lainnya.

Bila Sedulur ingin membuat variasi makanan tinggi kalori untuk pertumbuhan si kecil, berikut adalah beberapa daftar makanan tinggi kalori untuk anak yang bisa Sedulur jadikan referensi.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Minyak Rambut Bayi Bikin Sehat dan Lebat

-->

Daftar Makanan Tinggi Kalori untuk Anak

1. Kentang

makanan tinggi kalori untuk anak 1 tahun
iStock

Kentang merupakan umbi-umbian yang mengandung kalori yang tinggi. Bahan makanan yang juga dijadikan makanan pokok di negara Eropa ini tidak hanya kaya akan karbohidrat, namun juga tinggi mineral, vitamin, dan fenol alami. Dalam 100 gram kentang, akan didapatkan sekitar 87 kalori.

Kentang bisa diolah menjadi berbagai makanan lezat yang disukai si kecil. Mulai dari kentang goreng, perkedel kentang, sup kentang, hingga bola-bola kentang. Kentang juga bisa disandingkan dengan steak daging sebagai mashed potato yang pastinya disukai anak-anak. 

2. Alpukat 

iStock

Makanan tinggi kalori untuk anak 1 tahun berikutnya adalah buah alpukat. Buah berbentuk oval dengan kulit berwarna hijau dan daging berwarna kuning ini mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk anak. Tak hanya kalori yang membantu menambah berat badan, alpukat juga tinggi asam lemak omega-3 yang bisa menyehatkan jantung anak. 

Dalam 100 gram alpukat, akan diperoleh sebanyak 160 kalori yang bisa membantu memenuhi kebutuhan kalori harian. Tak hanya dimakan langsung, alpukat juga cocok diolah menjadi jus dan sandwich alpukat untuk menarik perhatian si kecil.  Tekstur alpukat yang sangat lembut juga akan membuatnya mudah ditelan oleh anak-anak.  

3. Telur 

makanan tinggi kalori untuk anak 1 tahun
iStock

Siapa sangka, telur ayam juga termasuk makanan tinggi kalori yang bisa dikonsumsi anak-anak. Dalam satu butir telur rebus berukuran 50 gram saja, si kecil bisa mendapatkan hingga sekitar 77 kkal. Telur rebus juga bisa disajikan bersama roti gandum dan sayur-sayuran untuk memenuhi kebutuhan kalori harian.

Tak hanya tinggi kalori, telur juga kaya akan protein yang mampu membantu pertumbuhan anak. Oleh karena itu, telur bisa menjadi salah satu makanan sehat yang bisa menambah berat badan si kecil.

BACA JUGA: 16 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak, Seru dan Bermanfaat!

4. Selai kacang 

iStock

Kacang-kacangan juga menjadi makanan tinggi kalori yang bisa dikonsumsi si kecil. Agar lebih menarik perhatian, Sedulur bisa memberikannya dalam bentuk selai kacang yang lembut. Tak hanya nikmat, selai kacang juga bisa membantu menambah berat badan anak dengan cara sehat.

Dalam setiap 100 gram selai kacang, ada sekitar 588 kalori yang bisa memenuhi kebutuhan kalori harian. Selain dioles pada roti gandum, selai kacang juga bisa diolah menjadi minuman yang mudah ditelan anak-anak.

5. Keju  

makanan tinggi kalori untuk anak 1 tahun
iStock

Makanan tinggi kalori untuk anak 1 tahun yang lainnya adalah keju. Bahan makanan lezat ini memiliki rasa yang sedikit asin dan bisa memberikan sekitar 402 kalori dalam setiap 100 gramnya. Tak hanya dijadikan topping pada makanan, keju juga bisa dijadikan isian makanan.

Akan tetapi, sebelum memberikan keju kepada si kecil, pastikan bahwa mereka tidak memiliki alergi terhadap makanan yang terbuat dari susu. Hal ini karena keju merupakan salah satu bahan makanan olahan dari susu yang difermentasi.

6. Yogurt 

iStock

Olahan fermentasi dari susu selain keju adalah yogurt. Tak hanya tinggi kalori, yogurt juga kaya akan lemak yang bisa menambah berat badan si kecil. Manfaat konsumsi yogurt lainnya adalah mendapatkan perlindungan pada sistem pencernaan, mengatasi masalah lambung, dan memperkuat sistem imun. 

Dalam satu cup yogurt tawar, akan didapatkan kalori sekitar 310 kcal. Agar anak-anak mau mengonsumsinya, Sedulur bisa menyandingkannya dengan buah-buahan, seperti pisang, apel, beri-berian atau buah lain yang disukai oleh si kecil. 

BACA JUGA: 400 Ide Nama Bayi Laki-Laki Modern 2022, Inisial A Sampai Z

7. Daging 

makanan tinggi kalori untuk anak 1 tahun
iStock

Makanan tinggi kalori lain yang bisa dikonsumsi anak usia 1 tahun adalah daging. Mulai dari daging ayam, daging sapi, maupun daging aneka ikan. Tak hanya membuat tubuh sehat karena kandungan kalorinya, konsumsi daging juga bisa menambah berat badan si kecil.  

Lebih dari itu, beberapa daging juga mengandung tinggi protein, vitamin B6, vitamin B12, dan mineral fosfor yang mampu meningkatkan tumbuh kembang, terutama pada pertumbuhan tulangnya. 

Sedulur bisa memberikan aneka olahan daging untuk anak-anak. Seperti ayang goreng, salmon kukus, bola-bola daging, dan makanan lain yang disukai si kecil. Dengan tampilan hidangan yang menggoda, anak-anak akan semakin selera saat menyantapnya.  

8. Pisang 

iStock

Buah lain yang bisa menjadi makanan tinggi kalori untuk anak usia 1 tahun adalah pisang. Buah ini memiliki jumlah kalori yang sangat tinggi daripada buah lain, baik semangka, apel, ataupun stroberi. Selain itu, pisang juga kaya akan vitamin C, vitamin B6, dan karbohidrat yang akan membantu menutrisi dan menyehatkan badan anak. 

Pisang bisa diberikan langsung kepada si kecil dalam bentuk bubur pisang yang sangat halus. Selain itu, Sedulur juga bisa mengolahnya menjadi makanan lain yang lebih menarik selera si kecil untuk memakannya.  

9. ASI

makanan tinggi kalori untuk anak 1 tahun
iStock

Makanan tinggi kalori yang tidak boleh dilupakan adalah ASI atau air susu ibu. Makanan yang sudah bisa dikonsumsi sejak bayi baru lahir ini bisa diperoleh dengan mudah tanpa perlu diolah lebih lanjut. Dalam 100 milligram ASI saja, si kecil bisa mendapatkan sekitar 70 kalori yang penuh nutrisi. 

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Susu Ibu Hamil Anti Mual Terbaik 2023

10. Buah kering

iStock

Makanan tinggi kalori yang terakhir adalah buah kering. Tak hanya mengandung kalori, buah-buahan kering juga menyediakan senyawa antiosidan dan zat gizi mikro yang baik untuk si kecil. Kandungan gula alami yang tinggi pada buah-buahan kering akan sangat baik untuk menambah berat badan si kecil. 

Buah-buahan kering juga tinggi kandungan serat maupun vitamin dan mineral. Oleh karena itu, mengonsumsi aneka buah kering dengan sumber protein seperti keju dan daging akan membuat nutrisi yang diperoleh semakin kompleks. Pada anak usia 1 tahun, buah kering yang bisa dicoba adalah kurma, dimana dua butir kurma secara umum memberikan sekitar 130 kalori. 

Itulah 10 makanan tinggi kalori untuk anak 1 tahun yang bisa Sedulur berikan disamping nasi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang sedang ingin menaikkan berat badan si kecil dengan tetap memperhatikan kesehatannya.

Untuk mendapatkan olahan makanan yang lezat untuk si kecil dan menarik selera makan mereka, Sedulur tentunya juga perlu menggunakan bumbu dapur yang sesuai. Nah, agar persediaan bumbu dapur dan kebutuhan memasak lainnya bisa terpenuhi dengan mudah, Sedulur bisa membelinya melalui Aplikasi Super

Cukup menggunakan ponsel saja, Sedulur bisa memesan berbagai barang kebutuhan sambil tetap menjaga si kecil di rumah. Selain itu, Sedulur juga bisa mendapatkan diskon dan cashback menarik dalam setiap transaksi, lho! Yuk, segera download Aplikasi Super di PlayStore sekarang!