kegiatan ramadhan untuk anak SD

Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak masih kesulitan menjalani puasa dan masih dalam tahap belajar. Terutama anak-anak yang masih duduk di bangku SD. Dalam hal ini, pendampingan dan pengawasan dari orang tua sangat perlu. Misalnya, agar anak tetap kuat dan semangat puasa, Sedulur sebagai orangtua bisa melakukan kegiatan bulan Ramadhan untuk anak SD yang seru.

Tujuannya, selain memberikan motivasi dan semangat kepada anak, juga membuat anak agar tetap kuat dan bertahan. Lantas apa saja rekomendasi ide kegiatan bulan Ramadhan untuk anak SD yang bisa Sedulur lakukan? Yuk langsung kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: 17 Tips Berpuasa Saat Bekerja, Tetap Semangat dan Produktif

1. Membaca buku atau komik seru

kegiatan bulan ramadhan untuk anak sd
iStock

Rekomendasi kegiatan bulan Ramadhan untuk anak SD yang pertama adalah mengajak anak untuk membaca buku atau komik seru. Saat anak terlihat lemas dan beberapa jam lagi buka puasa, Sedulur bisa mengalihkan perhatian anak dengan mangajak membaca buku atau komik seru.

-->

Dengan membaca buku, perhatian anak terhadap puasa bisa teralihkan dan melakukan hal yang disukai. Agar anak lebih bersemangat, Sedulur bisa mengajak anak ke perpustakaan untuk membaca langsung di sana atau Sedulur bisa mengajak anak untuk membeli buku atau komik kesukaan.

2. Mengajak anak untuk belanja keperluan berbuka

kegiatan bulan ramadhan untuk anak sd
iStock

Rekomendasi kegiatan bulan Ramadhan untuk anak SD yang kedua mengajak anak untuk belaja keperlua berbuka. Sedulur bisa merencanakan terlebih dahulu menu apa yang akan disantap saat buka, bisa melibatkan anak-anak untuk menentukan menu.

Selanjutnya, Sedulur bisa mengajak anak untuk belanja ke luar rumah. Agar anak tidak lemas dan kembali bersemangat. Untuk membuat momen belanja sedikit berbeda dengan biasanya, Sedulur bisa membuat list mengenai barang apa saja yang harus ditemukan oleh anak.

Selain seru, cara ini juga sangat ampuh untuk membuat anak merasa dilibatkan dan dipercaya oleh orang tuanya. Bukan hanya ibadahnya yang lancar, juga mempererat kedekatan Sedulur dengan anak-anak.

3. Mengajak anak untuk ikut menyiapkan hidangan berbuka puasa

kegiatan bulan ramadhan untuk anak sd
iStock

Setelah belanja selesai, Sedulur bisa melimatkan anak-anak untuk ikut menyiapkan hidangan berbuka. Sore hari merupakan waktu yang tepat untuk memasak menu buka puasa bagi keluarga, Sedulur bisa melibatkan anak-anak agar mengurangi rasa berat berpuasa seharian.

Kegiatan ini juga dapat membuat anak merasakan perannya bagi keluarga. Sedulur bisa meminta anak-anak untuk melakukan pekerjaan ringan seperti mencuci bahan makanan, mengaduk adonan hingga menyiapkan meja makan dan menyimpan menu buka puasa.

4. Bercocok tanam di halaman rumah

kegiatan bulan ramadhan untuk anak sd
iStock

Rekomnedasi kegiatan selanjutnya yang bisa Sedulur lakukan agar anak Sedulur tetap semangat menjalankan ibadah bulan puasa yaitu dengan melakukan kegiatan bercocok tanam di halaman depan rumah. Kegiatan ini dijamin ampuh mengalihkan rasa lapar dan haus anak selama puasa.

Sedulur bisa menanam berbagai tanaman di halaman rumah, mulai dari sayur hingga buah-buahan. Sedulur juga bisa bertanya kepada anak, tanaman apa yang mereka inginkan untuk ditanam di halaman rumah. Buat kegiatan ini semakin seru, agar rasa lapar dan haus anak teralihkan.

5. Membuat kue kering untuk persiapan lebaran

kegiatan bulan ramadhan untuk anak sd
iStock

Rekomendasi kegiatan bulan Ramadhan untuk anak SD selanjutnya adalah dengan mengajak dan melibatkan anak membuat kue kering untuk persiapan lebaran. Hal ini akan membuat anak semakin bersemangat puasa, karena menyadari sebentar lagi akan lebaran.

Agar anak semakin senang, Sedulur bisa menanyakan kue kering apa yang ingin dibuat. Tanyakan kue kering kesukaan agar anak Sedulur semakin bersemangat untuk menyelesaikan puasanya.

6. Bermain permainan seru

iStock

Kegiatan bulan ramadan untuk anak SD syang bisa dilakukan yaitu dengan memainkan berbagai permainan seru, Seperti misalnya bermain ular tangga atau bermain monopoli (pasar monopoli. Permainan ini sangat terkenal dan umum dijadikan permainan anak selama bulan Ramadan.

Dengan memainkan permainan-permainan seru waktu berpuasa tidak terasa dan hal ini bisa membuat anak-anak tidak begitu merasa berat menjalankan puasa ramadan. Tidak terasa, waktu akan memasuki buka puasa dan tentu anak-anak akan menjadi senang.

7. Membaca kisah nabi

iStock

Rekomendasi kegiatan selanjutnya yaitu dengan membaca kisah nabi. Salah satu kegiatan wajib selama ramadan yang bisa Sedulur lakukan dengan anak-anak. Biasanya akan banyak tayangan-tayangan di TV atau Youtube yang membahas kisah-kisah nabi, agar dapat diteladani perjalanan hidupnya oleh kita umat muslim saat ini.

Sedulur bisa meneruskan kisah-kisah nabi dan diceritakan kepada anak, selain efektif menghabiskan waktu dan menunggu buka puasa, anak-anak juga bisa mendengarkan kisah-kisah perjuangan nabi dalam menegakkan agama Allah SWT. Hal ini juga bertujuan untuk mengajarkan anak bagaimana sifat-sifat nabi yang perlu diteladani dan dijadikan sebagai rujukan untuk menjalani hidup.

8. Berbincang di waktu senggang

iStock

Sedulur bisa mengisi waktu senngang untuk berbincang bersama anak, agar anak bisa teralihkan perhatiannya dalam menunggu waktu berbuka. Berbincang merupakan kegiatan yang tidak membutuhkan banyak aktivitas fisik, tentu tidak akan melelahkan, baik untuk anak atau untuk Sedulur sebagai orangtua.

Kegiatan berbincang bisa Sedulur gunakan untuk menjelaskan tentang tujuan dari berpuasa di bulan ramadan, manfaat untuk tubuh dan keimanan seperti apa? Apa saja yang didapatkan oleh anak-anak ketika berpuasa selama ramadan.

9. Berolahraga bersama

iStock

Berolahraga bisa menjadi kegiatan seru dengan anak saat puasa, namun tidak disarankan menjalankan olahraga yang berat, bukan berbahaya untuk anak namun juga untuk Sedulur sebagai orangtua juga akan berbahaya.

Olahraga ringan yang bisa dilakukan seperti jalan-jalan sore atau bersepeda keliling kompleks rumah sambil menunggu waktu membuka puasa. Tubuh pun akan lebih sehat karena melakukan kegiatan fisik yang bisa membakar lemak dan kalori tubuh yang berlebih.

BACA JUGA: 10 Animasi Tentang Puasa Ramadan, Cocok Untuk Anak

10. Mengaji bersama

iStock

Terakhir, kegiatan bulan Ramadhan untuk anak SD yang seru adalah dengan mengaji bersama. Si kecil juga bisa sekaligus belajar menghafal dan melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran. Banyak pahala yang akan didapatkan oleh anak-anak dan Sedulur selama bulan puasa.

Tidak hanya itu, dengan mengaji Sedulur bisa menemukan ketenangan dan merasa lebih dekat dengan anak. Anak-anak juga bisa terbiasa dengan kegiatan baik selama bulan puasa. Di sela kegiatan mengaji, Sedulur bisa menjelaskan tentang pentingnya memperbanyak ibadah selama bulan puasa. Momen ini juga menjadi momen untuk membiasakan anak melakukan ibadah sejak dini.

Nah itulah rekomendasi kegiatan bulan Ramadhan untuk anak SD yang seru agar anak tetap kuat puasa dan termotivasi untuk menyelesaikan ibadah puasanya. Dengan begitu, secara perlahan, anak Sedulur akan mampu menjadi puasa di tahun-tahun selanjutnya.

Jangan lupa sebagai orangtua Sedulur harus memperhatikan asupan gizi anak selama berpuasa di bulan Ramadan. Sedulur bisa menyiapkan aneka kebutuhan asupan gizi anak dengan belanja di Aplikasi Super. Selain bahan-bahan yang terjamin kualitasnya, belanja di Aplikasi Super juga akan memudahkan Sedulur.

Maka dari itu, jangan lupa gunakan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan Sedulur, ya! Bagi yang belum download aplikasinya, Sedulur bisa segera download di Playstore sekarang juga!