animasi tentang puasa ramadhan

Sembari menunggu waktu berbuka, Sedulur dapat mengajak si kecil menonton film animasi yang mendidik dan baik untuk anak. Sekarang ini pun sudah ada banyak sekali ragam film animasi khususnya bertema religi. Salah satunya adalah animasi tentang puasa Ramadhan.

Film animasi seperti ini tak hanya bisa memberikan hiburan agar anak tidak bosan, tapi juga menambah ilmu-ilmu ibadah untuk si kecil. Beberapa televisi di tanah air pun sudah menanyangkan cukup banyak animasi tentang puasa Ramadhan yang disiarkan jelang berbuka puasa. Namun, apabila Sedulour ingin mencari rekomendasi film animasi spesial untuk anak khusus di bulan Ramadhan, bisa coba cek daftar berikut ini!

BACA JUGA : 200 Ide Nama Bayi Perempuan Pakai Huruf J yang Cantik dan Manis!

1. Nussa

animasi tentang puasa ramadhan
Detik

Rekomendasi animasi tentang puasa Ramadhan yang pertama adalah Nussa yang tayang di Trans TV. Nussa awalnya hanya serial animasi yang sebelumnya ditayangkan di YouTube. Animasi Nussa menceritakan seorang anak laki-laki berusia 9 tahun, dan juga adiknya bernama Rarra yang berusia 6 tahun. Nussa memiliki cita-cita menjadi hafiz atau penghafal Al-Qur’an. Animasi ini sangat cocok untuk si kecil karena banyak pesan moral di dalamnya. 

-->

2. Serial D.O.A

Lintas Info

Animasi yang satu ini awalnya diadaptasi dari tiga komik strip yang menceritakan tentang Doyok, Otoy, dan Ali Oncom yang sesuai dengan budaya Indonesia. Animasi ini mengisahkan tentang permasalahan yang sering terjadi sehari-hari. Tak hanya itu, animasi serial D.O.A ini dikemas dengan kocak sehingga tidak akan membuat si kecil bosan. 

3. Riko The Series

Kompasiana

Serial animasi Riko The Series juga merupakan karya anak bangsa yang wajib Sedulur tonton bersama si kecil. Alasan animasiRiko the Series banyak disukai oleh anak kecil adalah karena mengangkat kisah yang sangat relate dengan kehidupan anak. Hingga akhirnya mereka mereka sangat senang untuk menontonnya. 

Tak hanya untuk kesenangan saja dalam serial Riko the Series pun banyak sekali nilai edukasi dan pesan moral yang sangat bermanfaat untuk anak. Salah satunya tentang puasa di bulan Ramadan.

BACA JUGA : 12 Kisah Dongeng Anak Pendek Dengan Pesan Moral Terbaik

4. Syamil dan Dodo

Syamil dan Dodo

Syamil dan Dodo merupakan salah satu serial animasi tentang agama Islam yang sangat cocok ditonton si kecil saat bulan puasa. Banyak sekali pelajaran agama yang akan didapat oleh anak dengan menonton serial ini. Beberapa topik terkait bulan Ramadan yang biasanya diceritakan dalam serial Syamil dan Dodo yakni tentang adab saat puasa, salat tarawih, malam lailatul qadar, dan masih banyak lagi.

5. Keluarga Somat

animasi tentang puasa ramadhan
Vidio.com

Siapa sih yang tidak mengenal serial animasi yang satu ini. Serial animasi Keluarga Somat bercerita tentang kehidupan sehari-hari Pak Somat, Bu Inah, Dudung, dan juga Ninung. Banyak kisah lucu dan menarik yang mereka perlihatkan sehingga bisa menghibur dan mengembalikan semangat anak-anak saat merasa lemas menjalani puasa.

Tak hanya itu saja, terdapat pula kisah-kisah inspiratif dan edukatif dari para karakternya. Contohnya, kisah puasa Ramadan Dudung dan Ninung.

BACA JUGA : 15 Mainan Bayi 6 Bulan Terbaik Bantu Tumbuh Kembang Si Kecil!

6. Adit & Sopo Jarwo

CNN

Serial animasi Adit & Sopo Jarwo juga hasil produksi dalam negeri lho yang wajib ditonton. Animasi ini mengisahkan tentang keseharian Adit, seoarang anak lelaki yang baik dengan Sopo dan Jarwo, dua pekerja serabutan di desanya. Mereka bertiga kerap terlibat satu kejadian seru, lucu dan juga menarik.

Salah satunya saat mereka menjalankan ibadah puasa Ramadan bersama. Di sana, Adit, Sopo, Jarwo, serta anak-anak kampung setempat melakukan banyak kegiatan seru sehingga puasa Ramadan menjadi lebih menyenangkan.

7. Si AA

animasi tentang puasa ramadhan
IntipSeleb

Serial animasi Si AA ini dirilis oleh RANS Entertainment. Animasi yang satu ini mengisahkan tentang keseharian Rafathar Malik Ahmad. Banyak pelajaran kehidupan anak-anak yang menarik dari serial animasi ini. Misalnya dalam salah satu episodenya memperlihatkan perjuangan Rafathar dalam berpuasa penuh satu hari. Kisahnya ini dapat membantu meningkatkan semangat si kecil dalam menjalankan puasa satu haru penuh.

8. Lorong Waktu

animasi tentang puasa ramadhan

Lorong Waktu yang diperankan oleh Deddy Mizwar ini tentu sudah tidak asing bagi generasi 90an.  Kini, acara ini ditayangkan kembali dalam bentuk animasi yang lebih seru.

Acara “Lorong Waktu Animasi” menceritakan petualangan Zidan, Haji Husin, dan Ustadz Addin yang berkeliling menjelajah waktu dengan mesin waktu yang ditemukan oleh Ustadz Addin. Animasi ini dijamin tidak akan membuat si kecil bosan karena ceritanya yang sangat menarik. 

BACA JUGA : 18 Rekomendasi Pewangi Pakaian Bayi Aman Terbaik

9. Upin Ipin

Upin Ipin Ramadhan
MNC TV

Serial animasi Upin dan Ipin mungkin sudah tidak asing bagi Sedulur. Yup, film ini sudah cukup sering ditayangkan dalam berbagai kanal televisi nasional maupun streaming. Cerita Upin dan Ipin bisa menjadi tontonan yang menghibur dan mendidik untuk anak-anak di rumah. Hal ini tidak lepas dari banyaknya kisah dan pengalaman kehidupan yang dialami oleh Upin dan Ipin yang relate dengan kehidupan masyarakat di Indonesia.

Sedulur juga bisa menemukan edisi spesial dari animasi Upin dan Ipin yang menayangkan momen-momen menjalani ibadah puasa. Dengan cerita yang memiliki unsur pendidikan agama di dalamnya, jelas bisa membantu anak-anak untuk belajar lebih dalam terkait makna bulan Ramadhan dan ibadah yang ada di dalamnya.

10. Omar & Hana

animasi tentang puasa ramadhan
Republika

Animasi tentang bulan puasa Ramadhan terakhir yang tidak kalah menarik “Omar & Hana”. Tayangan ini juga awalnya merupakan serial di YouTube yang mengisahkan tentang perjalanan Omar, Hana, keluarga dan teman-teman mereka saat bermain, belajar dan mengajarkan karakteristik dan nilai-nilai moral Islam melalui lagu. 

Demikianlah rekomendasi animasi tentang bulan puasa ramadhan yang dapat Sedulur tonton bersama si kecil. Selain menghadirkan kisah yang menarik, animasi di atas juga mengandung makna Islami dan memiliki banyak pesan moral lho. 

Nah, agar si kecil semakin tertarik saat menonton animasi, Sedulur dapat menyiapkan berbagai camilan dan juga minuman untuk si kecil. Tapi pastikan si kecil memakannya saat sudah berbuka ya Sedulur!

Sedulur dapat membeli berbagai aneka camilan, snack dan juga minuman di Aplikasi Super. Ada banyak pilihan camilan dan harganya tentu lebih terjangkau. Yuk langsung download dan belanja di Aplikasi Super sekarang! Ada banyak promo menarik dan gratis ongkir setiap hari lho. Jangan sampai ketinggalan ya Sedulur!