Tips semangat kerja di Ramadan

Apakah Sedulur sering merasa lelah saat bekerja di bulan Ramadan? Hal tersebut bukan hal aneh, wajar belaka saat berpuasa seringkali merasa kelelahan bahkan hingga tidak semangat dan sulit untuk produktif. Untuk mengatasinya, Sedulur perlu mengetahui tips berpuasa saat bekerja.

Penyebabnya sederhana, karena selama di bulan Ramadan, kebiasaan makan, tidur dan ibadah mengalami perubahan yang signifikan. Perubahan tersebut membuat energi dan kualitas kerja ikut terpengaruh. Pada akhirnya menjadi menurun dan tidak produktif.

Namun demi profesionalitas, bekerja tetap harus dilakukan selama bulan Ramadan. Agar tetap semangat dan lebih produktif, Sedulur bisa simak daftar tips berpuasa saat bekerja di bawah ini!

BACA JUGA: 8 Tips Aman Berpuasa Untuk Ibu Hamil Agar Janin Makin Sehat!

-->

1. Sahur dan berbuka secukupnya

tips berpuasa saat bekerja
iStock

Tips berpuasa saat bekerja yang pertama yaitu memastikan sahur dan berbuka puasa secukupnya. Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan penuh dengan nutrisi. Saat berbuka Sedulur bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan air dan makanan yang mengandung kandungan seimbang.

Seperti kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral yang seimbang. Jangan lupa juga asupan serat agar tetap sehat dan dapat lebih produktif. Makanan di kala sahur juga harus kaya serat dan seimbang, sama seperti saat berbuka. Jangan lupa untuk memperhatikan kebutuhan minum saat puasa. Namun ingat semuanya harus Sedulur tahan dan tidak berlebihan, secukupnya saja, ya!

2. Tidur dan istirahat cukup

iStock

Tips kedua yaitu tidur dan istirahat secukupnya. Tips ini bertujuan agar Sedulur tetap kuat bekerja kendati pun sedang berpuasa. Sedulur bisa tidur siang secukupnya jika hal tersebut memungkinkan. Tidur dan istirahat akan membantu Sedulur untuk menahan lapar saat puasa dan tetap fokus bekerja.

Tapi ingat, jangan lupakan kewajiban ibadah yang lainnya, karena saat bulan puasa ibadah bukan hanya puasa saja, namun ada ibadah lainnya seperti sembahyang misalnya. Jangan juga menjadikan alasan agar kuat bekerja dan tetap fokus Sedulur bisa seenaknya tidur, bahan tidur dengan waktu yang cukup lama.

3. Sesuaikan jam kerja

tips bekerja saat puasa
iStock

Karena perubahan pola hidup selama bulan puasa, maka penting untuk menyesuaikan jam kerja dan buat lebih fleksibel dengan jadwal yang berbeda dari hari-hari biasa. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah rasa malas saat bekerja di bulan puasa.

Sedulur bisa menyiapkan jam kerja setelah makan sahur, karena energi untuk bekerja sedang ada di puncak dan pikiran masih bisa fokus menjalankan pekerjaan. Jangan sekali-kali tidur setelah sahur dan sholat subuh. Lebih baik langsung bekerja agar lebih produktif.

Tentunya, sebelum melakukan hal ini, ada baiknya Sedulur berkomunikasi dengan rekan kerja dan atasan. Secara khusus, beberapa perusahaan memang memberi keleluasaan untuk mengatur kerja sendiri di bulan Ramadan.

4. Tetap perhatikan kehidupan pribadi

iStock

Walaupun harus bekerja di saat bulan puasa, Sedulur tetap harus memperhatikan kehidupan pribadi, kehidupan sendiri. Maka dari itu, penting untuk Sedulur melakukan hobi atau sekedar berbincang bersama keluarga di rumah ketika ada waktu luang.

Hal ini penting untuk menjaga agar kehidupan kerja dan pribadi Sedulur tetap seimbang dan terhindari dari stres. Keseimbangan kerja dan kehidupan pribadi akan menjaga kesehatan mental dan mencegah malas bekerja saat puasa karena memiliki cukup energi untuk produktif. Jika perlu, Sedulur bisa menghindari pekerjaan yang dirasa berat untuk dijalani. Pekerjaan berat juga membuat energi dan tenaga Sedulur terkuras selama bulan puasa.

Maka dari itu, perlu diperhatikan jika pekerjaannya sangat mendesak dan tidak bisa ditunda, maka Sedulur harus tetap melakukan sesuai dengan kemampuan yang Sedulur bisa dan tidak perlu memaksakan diri, karena jika dipaksakan tubuh Sedulur akan kesakitan.

5. Mengatur jadwal

iStock

Hal penting berikutnya yang bisa Sedulur lakukan adalah Sedulur harus mengatur ulang jadwal-jadwal Sedulur. Hal ini penting dilakukan agar dapat mencegah Sedulur tidak malas bekerja saat puasa. Sedulur bisa membuat rencanakan kegiatan yang pada seharian.

Hal ini juga bisa membuat Sedulur lupa akan haus dan lapar selama berpuasa, dan fokus untuk menyelesaikan berbagai tanggung jawab yang ada di jadwal yang telah Sedulur buat.

6. Kurangi kafein

iStock

Tips berpuasa saat bekerja adalah menghindari konsumsi kafein. Kafein pada dasarnya dikonsumsi untuk menghindari kantuk. Akan tetapi, di bulan Ramadan, tentunya Sedulur tidak bisa meminum kopi di jam makan siang.

Maka dari itu, sebagai saran, hindarilah kafein di waktu sahur maupun berbuka. Selain untuk menghilangkan kebiasaan, mengonsumsi kafein di waktu sahur dan berbuka bisa menimbulkan dehidrasi serta masalah lambung.

Sedulur bisa memilih untuk mengkonsumsi minuman sehat, minuman yang bisa memberi energi agar bisa lancar berpuasa dan bekerja. Seperti bisanya air kelapa atau madu. Hindari mengkonsumsi kafein jika Sedulur ingin kuat bekerja selama bulan puasa.

7. Maksimalkan waktu istirahat

iStock

Tips berpuasa saat bekerja selanjutnya adalah dengan maksimalkan waktu istirahat yang Sedulur miliki. Meskipun waktu istirahat teralah lebih singkat, namun tetap harus dimanfaatkan dan dimaksimalkan. Seperti misalnya istirahat setelah ibadah atau sholat.

Waktu istirahat tersebut bisa Sedulur maksimalkan untuk tidur sejenak demi mengembalikan energi. Maka Sedulur akan lebih fokus dan semangat kembali dalam bekerja.

8. Buka puasa bersama rekan

iStock

Bukber atau buka bersama merupakan salah satu tips berpuasa saat bekerja, tujuannya untuk membuat kembali bersemangat saat bekerja. Sedulur bisa menyiapkan takjil dan konsep acara buka bersama dengan rekan kerja akan semakin menarik.

Dengan begitu Sedulur akan lebih bersemangat dalam menjalankan pekerjaan di bulan puasa. Namun ingat, untuk melakukan hal ini, Sedulur tetap harus menyelesaikan pekerjaan terlebih dahulu ya.

9. Bangun tidur lebih awal

iStock

Tips berpuasa saat bekerja agar tetap semangat dan produktif yaitu dengan bangun lebih awal. Jika Sedulur berpuasa dan besok harus bekerja, sebaiknya bangun sahur lebih awal dan konsumsi lebih banyak makanan bernutrisi.

Selain itu, Sedulur juga bisa konsumsi vitamin atau suplemen lainnya agar badan lebih bugar ketika berpuasa nanti. Akan tetapi, jangan langsung meneruskan tidur setelah sahur. Sebab, Sedulur bisa ketinggalan waktu untuk ibadah sholat subuh.

10. Kuatkan niat dan tekad

iStock

Hal yang selanjutnya bisa Sedulur lakukan agar tetap semangat bekerja selama bulan puasa yaitu dengan menguatkan niat. Meskipun terdengar klise, namun menguatkan niat merupakan bentuk sugesti diri untuk tetap semangat bekerja kendati pun bulan puasa.

Dengan menguatkan hati dan pikiran, Sedulur bisa mencapai tujuan yaitu tetap semangat bekerja dan lebih produktif di bulan puasa. Menguatkan niat semacam motivasi diri yang memberikan dorongan kuat untuk membuktikan bahwa diri kita bekerja lebih produktif kendati pun berpuasa.

11. Lakukan aktivitas menyenangkan

iStock

Sedulur juga bisa melakukan aktivitas menyenangkan untuk membuat pikiran tetap fokus saat bekerja. Berpuasa bukan berarti membatasi diri untuk melakukan aktivitas-aktivitas menyenangkan. Sedulur bisa melakukan hal seperti baca buku, menggambar, atau bermain game.

Namun pastikan pekerjaan yang Sedulur miliki telah selesai dan pastikan aktivitas-aktivitas menyenangkan yang Sedulur lakukan tidak menganggu waktu bekerja Sedulur.

12. Susun rencana

iStock

Tips berpuasa saat bekerja selanjutnya yaitu dengan menyusun rencana yang akan dilakukan seharian. Untuk memudahkan Sedulur bisa membuat to do list. To do list juga bisa menjaga Sedulur untuk tetap semangat seharian.

Setiap selesai mengerjakan satu tugas, Sedulur bisa checklist kerjaan dan akan ada kepuasaan diri setelah melakukannya. Maka dari itu penting untuk melakukan ini agar Sedulur tetap semangat bekerja selama bulan puasa.

13. Usahakan olahraga

iStock

Olahraga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya yaitu membuat tubuh menjadi lebih segar. Untuk membuat tubuh tetap semangat bekerja dan lebih produktif, Sedlur bisa mengusahakan berolahraga saat berpuasa.

Namun, Sedulur perlu berhati-hati saat berolahraga ketika puasa. Sesuaikan intensitasnya dengan kemampuan dan lakukan tips supaya tidak terlalu pegal setelah olahraga.

14. Beli makanan kesukaan untuk berbuka

iStock

Salah satu hal yang membuat semangat dan menjadi motivas saat puasa pastinya adalah momen saat berbuka. Jadi, jangan ragu untuk siapkan atau beli makanan kesukaan Sedulur untuk disantap saat berbuka nanti.

Jangan lupa, usahakan tetap lengkapi kebutuhan nutrisi secara lengkap dan makan dengan porsi secukupnya saja. Dengan memikirkannya saja, Sedulur pasti sudah bersemangat dan tak sabar menyelesaikan pekerjaan agar bisa segera menyiapkan menu berbuka favorit.

15. Beri jeda yang cukup ketika bekerja

iStock

Sedulur perlu memberi jeda yang cukup saat bekerja, tidak perlu memaksakan diri, Sedulur bisa beristirahat lebih sering jika memang merasa pekerjaan yang dilakukan cukup sulit dan berat. Saat jeda bekerja, Sedulur bisa mengistirahatkan pikiran selama beberapa menit.

Hal ini sangat efisien untuk membuat tubuh dan pikiran lebih fokus dalam mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan saat bulan puasa.

BACA JUGA: 10 Tips Persiapan Puasa Pada Awal Bulan Ramadan 2023

16. Kelola stres

iStock

Menjalankan pekarjaan rutin dan aktivitas seperti biasanya tentu menyita tenaga dan pikiran, jika terlalu berlebihan tentu akan merasa tertekan dan bisa menyebabkan stres. Ditambah dengan tubuh yang kekurangan cairan selama puasa akibat tidak sahur, membuat dapat meningkatkan risiko terkena penyakit.

Kondisi tubuh yang kurang fit, ditambah tekanan pikiran dapat merusak sistem kekebalan tubuh dan pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit. Maka dari itu, mengelola stres merupakan hal yang perlu dilakukan. Sedulur bisa melakukan hal-hal menyenangkan agar tidak begitu stres.

17. Perbanyak ibadah selama puasa

iStock

Niat merupakan hal penting dan awal dari segala hal yang dikerjakan manusia. Jika Sedulur dari awal menguatkan niat semangat bekerja dan tetap produktif, semuanya bisa dijalankan dengan lancar tanpa hambatan.

Agar semua tetap lancar, Sedulur harus memperbanyak ibadah selama puasa. Selain mendapatkan pahala yang berlipat juga dapat memberikan ketenangan hati sehingga bisa lebih fokus menyelesaikan pekerjaan. Sehingga Sedulur bisa tetap produktif dan tetap semangat bekerja di bulan puasa.

Nah itulah tips berpuasa saat bekerja agar pekerjaan yang dilakukan tetap produktif dan tetap semangat kendati Sedulur harus berpuasa dan menjalankan ibadah lainnya. Di bulan puasa, bekerja juga merupakan ibadah yang akan mendapatkan pahala.

Terutama jika pekerjaan yang Sedulur lakukan adalah pekerjaan yang menghasilkan rezeki untuk menafkahi keluarga atau orang tua. Tetap semangat bekerja di bulan Ramadan ya Sedulur!