fakta anak kelima

Walaupun di zaman sekarang mungkin sudah sangat jarang menemukan anak kelima, namun bukan berarti hal itu tidak ada. Nah, bagi yang merupakan seorang anak kelima atau memiliki anak kelima, tentu penasaran dengan berbagai fakta anak kelima, bukan?

Ya, biasanya anak kelima lahir sebagai anak bungsu atau anak terakhir. Sebagai anak terakhir, tentu saja mereka mempunyai banyak keistimewaan. Sebab, adanya banyak kakak dengan karakter serta kepribadian yang berbeda-beda, tentu akan mempengaruhinya.

Dari sisi parenting, mengetahui fakta dari tiap anak adalah sesuatu yang wajib. Dengan ini, orang tua bisa lebih paham akan cara mendidik yang paling tepat. Oleh sebab itu, simak beberapa fakta anak kelima dalam keluarga yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Tepat Memotivasi Anak agar Rajin Belajar

1. Sering mencari perhatian

tahap mendidik anak cara rasulullah
Research Outreach

Sebagai anak bungsu yang punya banyak kakak, anak kelima lebih suka mencari perhatian dari orang-orang di dekatnya. Mereka mempunyai perasaan yang selalu ingin disayangi, dan selalu ingin menjadi prioritas semua orang.

Cara untuk mencari perhatian yang dilakukan juga positif, kok. Sehingga Sedulur tidak perlu terlalu khawatir mengenai apa saja yang perlu dilakukan.

2. Keberuntungan dalam percintaan

Fakta anak kelima yang berikutnya, yakni mempunyai keberuntungan dalam hal percintaan. Biasanya, mereka akan lebih terbuka kepada siapa saja soal percintaan. Yang paling penting, mereka juga termasuk orang yang setia, lho.

Namun sangat disayangkan, kesetiaan yang dimiliki terkadang justru disalahartikan oleh pasangan dan sering ditinggalkan.

3. Dekat dengan orang tua

manfaat homeschooling
Verywell Family

Anak kelima sangat dekat dengan orang tuanya, bahkan cenderung berbagi apa saja dengan keduanya. Berbagai hal yang telah dilakukan di selama seharian, akan diceritakan secara gamblang kepada orang tuanya tanpa perlu ditanya.

Kedekatan itulah yang bahkan membuat mereka akan merasa kesepian dan tidak betah jika harus tinggal jauh dari orang tua.

4. Bersifat mandiri

Walaupun terlahir sebagai anak terakhir yang punya banyak kakak, ternyata fakta anak kelima yang satu ini sangat menakjubkan. Mereka mampu tumbuh menjadi anak yang mandiri, dan lebih suka melakukan berbagai hal sendiri selagi dia bisa melakukannya.

Terutama dalam urusan bepergian, dimana mereka akan merasa lebih nyaman untuk mengunjungi berbagai tempat sendirian.

5. Suka dengan kedamaian

Fakta yang berikutnya, yakni anak kelima adalah tipe anak yang sangat suka dengan kedamaian. Ketika berada di dalam keadaan yang serius, mereka cenderung memilih untuk mengurung diri dalam kamar dan menyelesaikan tugasnya sendiri.

Selain itu, mereka juga harus benar-benar fokus dan serius jika ingin menyelesaikan suatu hal. Hal ini karena sedikit saja gangguan bisa langsung memecahkan konsentrasinya.

BACA JUGA: 6 Ide Taman Bermain Anak di Rumah yang Seru dan Edukatif

6. Mudah ngambek

Trend Scout

Bisa dibilang jika fakta anak kelima satu ini sangat banyak ditemukan, dimana mereka menjadi salah satu tipe anak yang mudah sekali ngambek walaupun dengan hal-hal yang sederhana sekalipun. Parahnya lagi, saat ngambek mereka cenderung tidak ingin mendengarkan penjelasan.

Mereka akan bersikukuh dengan pendiriannya sendiri walaupun sudah tahu bahwa itu salah. Ya, mungkin menjadi kekurangan yang dimiliki oleh anak kelima.

7. Sulit move on

Ketika putus cinta dengan kekasih, mereka akan sulit untuk move on. Pada tahapan awal, mereka akan terlihat layaknya seperti orang yang stres dan benar-benar down. Mungkin ini bisa terjadi karena adanya rasa cinta yang terlalu mendalam.

Walau demikian, rasa sakit tersebut mungkin hanya bertahan beberapa hari saja. Setelah itu, perasaannya akan kembali tegar seperti semula.

8. Sangat peduli dengan orang

PlumPlay

Anak kelima ternyata sangat peduli dengan orang lain, bahkan tidak segan-segan untuk menolong orang lain yang sedang kesusahan. Akan tetapi, sifat kepedulian ini terkadang seringkali melukai dirinya sendiri. Hal ini karena mereka adalah tipe orang yang tidak enakan, sehingga terlalu serius memikirkan orang lain.

Itu juga yang sering membuat anak kelima terjebak, bingung untuk memilih kebahagiaannya sendiri atau tetap mempedulikan orang lain walau terasa menyakitkan.

9. Egois

Sudah menjadi hal lumrah jika anak terakhir memiliki sifat lebih egois, jika dibandingkan dengan kakak-kakaknya. Dalam hal ini, egois bisa diartikan lebih suka melakukan apa saja yang menurutnya benar, dan tidak mau dengar saran dari orang lain.

Bahkan, terkadang anak kelima melakukan apa saja sesuai keinginannya tanpa memperhatikan tanggapan dan juga perasaan ari orang lain.

10. Keras kepala

Berhubungan dengan fakta anak kelima yang sebelumnya, mereka juga mempunyai sifat keras kepala, lho. Fakta yang satu ini sudah jelas-jelas terlihat pada hampir semua anak kelima. Entah kenapa, mereka punya jalan pikiran sendiri, dan tidak dapat menerima pendapat dari orang lain.

Hal ini yang menjadi salah satu sifat negatif dari anak kelima, yang mana banyak orang tidak menyukainya dan memilih untuk memberi jarak dalam berhubungan.

11. Sangat ceria

SheKnows

Fakta anak kelima yang terakhir adalah sangat ceria. Mereka mudah sekali untuk bercanda, tertawa, dan juga membuat orang lain tersenyum. Mereka juga merupakan tipe orang yang blak-blakan dalam berbagai hal, bahkan omongannya tidak bisa difilter.

Meski demikian, sifat yang ceria ini yang membuat mereka merasa selalu bahagia, dan tidak pernah terlalu pusing memikirkan masalah yang sedang dihadapi.

Ternyata ada banyak fakta anak kelima yang mungkin jarang sekali diketahui banyak orang. Pada dasarnya, mereka adalah anak yang baik. Mereka adalah tipe orang yang suka menolong, sangat ceria, dan juga dekat dengan orang tua.

Hanya saja, beberapa sifat buruk yang dimiliki membuat orang-orang memilih untuk memberi jarak. Namun tidak perlu khawatir, sifat-sifat buruk tersebut bisa dinetralkan dengan sifat baik mereka, kok.