cara memotivasi anak agar rajin belajar

Bagi beberapa anak, belajar mungkin menjadi salah satu kegiatan yang membosankan. Apalagi ketika mereka sudah asik bermain dan sibuk dengan dunianya sendiri. Untuk itu,  Sedulur perlu mengetahui cara memotivasi anak agar rajin belajar dengan tepat. Alih-alih marah dan bikin anak jadi sedih, ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan.

Proses mengajak anak agar rajin belajar ini juga perlu adaptasi dan komunikasi yang baik. Bila ajakan pertama tidak berhasil, Sedulur jangan mudah putus asa dan harus mengedepankan pola sabar saat mendidik anak. Nah, agar Sedulur bisa tepat melakukan cara memotivasi anak agar rajin belajar. Mari simak tips dan trik lengkapnya berikut ini!

BACA JUGA: 20 Sketsa Gambar Hewan untuk Anak-Anak, Mudah Ditiru!

1. Ajak anak eksplorasi cara belajar

kata mutiara anak islami
egirt Last

Cara memotivasi anak agar rajin belajar pertama dengan mengeksplorasi media pembelajaran. Salah satu yang bisa Sedulur lakukan yaitu dengan kombinasi antara belajar dan bermain. Cara ini bisa melalui beragam cara seperti argowisata, camping, atau memancing. Cara-cara ini tak hanya memberikan aktivitas yang mengolah tubuh, tapi juga memberikan banyak informasi penting bagi si anak.

Misal, argowisata bisa menjadi alternatif untuk memberi tahu anak tentang asal makanan yang mereka makan berasal. Selain itu, ada juga camping yang bisa membantu anak untuk bisa belajar mandiri ketika berada di luar ruangan. Atau hanya dengan sekedar memancing, Sedulur bisa mengenalkan jenis-jenis ikan yang ada di dunia.

Metode ekplorasi belajar ini pun bisa dikombinasikan dengan banyak aktivitas di dalam ruangan. Jadi Sedulur bisa melakukannya di dalam rumah sekalipun. Misalnya adalah memanfaatkan barang bekas untuk berkreasi atau menyulap sudut rumah untuk menjadi area anak belajar dan bereksplorasi. Contohnya di dapur, si anak bisa di ajarkan cara memasak yang sederhana tentunya dengan pengawasan kita ya, lalu membedakan beberapa bumbu dapur juga bisa loh.

2. Munculkan rasa ingin tahu

Menimbulkan rasa ingin tahu anak dengan cara menunjukan dunia luar, dengan cara ini Sedulur bisa mengajak anak jalan jalan keluar.  Anak-anak belajar lebih banyak melalui aktivitas yang menarik perhatian dan imajinasi. Untuk itu jika anak suka musik maka buat dan sering mainkan bersama anak. Temukan juga buku yang berkaitan dengan minat anak dan bacakan untuknya. Cara ini dapat meningkatkan rasa keingintahuan anak.

3. Beri pujian pada proses bukan hasil

refleksi adalah
Pixabay

Cara membuat anak pintar dan rajin belajar yang patut dicoba adalah sering memberikan pujian saat sedang belajar, bahkan saat anak tidak menjawab pertanyaan dengan benar. Pujian diberikan bukan saat anak menjawab pertanyaan dengan benar, tapi saat ia mau berusaha untuk menjawab pertanyaan tersebut. Cara agar anak mau belajar ini dapat membuatnya termotivasi dan lebih percaya diri dalam belajar sehingga tidak ada rasa malas pada benaknya.

4. Jadikan momen belajar menyenangkan

Sedulur masih sering marah marah saat mengajarka anak? Sebaiknya kebiasaan itu di hilangkan. Memarahi anak saat belajar membuat anak menjadi malas saat belajar karena mereka tau jika mereka salah pasti akan di marahi oleh Sedulur. Sebaliknya, berusahalah untuk membuat momen belajar bersama anak menjadi menyenangkan. Bersabarlah dalam menghadapi anak yang sedang belajar. Gunakan lagu atau media lain seperti video atau buku bergambar saat menemani si kecil belajar. Cara mengatasi anak malas belajar di usia dini ini dapat membuatnya betah duduk di kursi untuk belajar.

5. Beri hadiah atau reward

Memberikan hadiah adalah salah satu cara agar anak mau belajar yang bisa Sedulur coba. Hadiah tidak melulu harus berbentuk materi. Pujian, dukungan, dan kasih sayang pun dapat menjadi hadiah yang berharga dan bisa memotivasi anak untuk rajin belajar.

BACA JUGA: 20 Sketsa Gambar Hewan untuk Anak-Anak, Mudah Ditiru!

6. Jadikan membaca sebagai kebiasaan

cara memotivasi anak agar rajin belajar
Verywell Family

Agar anak anak Sedulur tertarik dalam belajar, kamu bisa menjadikan membaca adalah salah satu kebiasaan di rumah. Tidak perlu buku pelajaran terus yang dibaca. Sedulur bisa memberikan beberapa buku cerita atau ensiklopedia anak. Dimulai dari buku yang bergambar agar si anak bisa lebih tertarik dengan membaca. Nanti tidak hanya buku bergambar saja yang dapat mereka senangi, tapi juga buku-buku pelajaran yang diberikan oleh gurunya di sekolah.

7. Tanamkan sikap disiplin pada anak

Meskipun Sedulur di sarankan menanamkan cara belajar yang menyenangkan tetapi menanamkan sikap disiplin juga perlu. Cobalah untuk tetap menanamkan sikap disiplin dan tegas pada anak agar ia tahu kapan waktunya untuk belajar.  Meski begitu, jangan bersikap manipulatif dan terlalu menuntut karena hal ini malah bisa membuat anak malas belajar.

8. Dengarkan opini anak saat belajar

cara memotivasi anak agar rajin belajar
Popsugar

Apa yang di anggap seulur belajar justru belum tentu si anak menganggapnya belajar. Di dalam proses belajar biarkan anak lebih kritis dan mengutarakan opininya. Sedulur juga di sarankan untuk mendengarkan opini anak meskipun opininya kurang tepat. Setelah didengarkan dan jika dirasa opini anak kurang tepat Sedulur bisa menjelaskan dan membimbingnya. Cara membuat anak pintar dan rajin belajar ini dianggap bisa meningkatkan rasa percaya diri anak dalam belajar sehingga rasa malas dapat dieliminasi.

9. Ikuti gaya anak belajar

Gaya belajar anak anak biasanya mereka tidak selalu mau duduk di kursi. Bisa jadi, gaya belajar anak tidak seperti itu. Mungkin, anak Sedulur lebih suka belajar dengan langsung mempraktikannya. Atau, dia lebih suka belajar dengan bantuan gambar, misalnya dengan video. Jika Sedulur sudah menemukan gaya belajar anak, bantu ia untuk memaksimalkannya agar proses pembelajaran menjadi tidak membosankan dan lebih efisien.

10. Buat jadwal belajar yang teratur

Jadwal belajar yang teratur dapat membuat anak menjadi lebih fokus terhadap waktu-waktu di mana ia harus belajar. Setelah belajar, Sedulur juga dapat membuat jadwal bermain agar anak tidak merasa bosan.

11. Rutin Berkomunikasi dengan anak

Komunikasi adalah hal terpenting antara anak dan Sedulur . Komunikasi secara terbuka dan rutin selama proses belajar tentu sangat diperlukan. Lewat komunikasi ini, Sedulur juga akan mampu mengetahui hal apa saja yang tidak disukai dan disukai oleh anak saat belajar. Sehingga Sedulur bisa mencari solusi untuk meningkatkan semangat anak agar rajin belajar.
Melalui komunikasi, suasana belajar juga terasa menyenangkan dan tidak membosankan. Anak akan lebih aktif berekspresi serta mengeluarkan pendapatnya jika komunikasi bisa terjalin secara terbuka.

Melalui tips di atas Sedulur bisa memberikan motivasi agar si anak bisa rajin dalam belajar. Selain itu, cara tersebut juga bisa memberikan dukungan pada pola pertumbuhan anak. Dengan dukungan yang tepat, maka Sedulur bisa membangun rasa semangat pada anak agar bisa semakin rajin belajar kedepannya. Jangan memaksakan anak untuk belajar dalam kondisi yang tidak fit karena bisa menghilangkan motivasi anak saat belajar.

Selain cara di atas Sedulur juga bisa mendukungnya dengan cara memberikan makanan atau camilan kesukaannya agar mood si anak lebih baik untuk belajar. Nah, itulah tips tips untuk memotivasi anak-anak Sedulur dalam belajar!