taman bermain anak di rumah

Playground atau taman bermain anak di rumah menjadi tempat yang dibuat agar anak-anak bisa bermain dengan aman dan nyaman. Hal ini juga akan membuat anak selalu aktif untuk terus melakukan eksplorasi. Biasanya bagi kamu yang tinggal di perumahan, pihak developer akan memberi fasilitas sosial dengan taman bermain hingga olahraga.

Jadi akan tersedia berbagai jenis permainan seperti panjat dinding, ayunan, jungkat-jungkit, jaring laba-laba, dan lain sebagainya. Tapi tentu saja tidak semua orang bisa memiliki akses tersebut di rumah. Itulah mengapa tidak sedikit yang mencoba untuk membuat taman bermain sendiri di rumah.

Nah, bagi kamu yang membutuhkan tips area bermain yang bagus atau ide taman bermain anak di rumah, dalam artikel kali ini akan memberikan beberapa referensi. Untuk itu, kamu bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: 16 Mainan Anak 2 Tahun yang Mendidik dan Tidak Bikin Bosan

1. Taman bermain dengan trampolin

SheKnows

Jika kamu menginginkan sebuah wahana bermain sekaligus berolahraga, kamu bisa menyediakan trampolin pada taman bermain anak. Perlu diketahui juga bahwa memantul di atas trampolin dapat memperkuat otot, tulang belakang, dan persendian anak.

Kegiatan ini juga dapat meningkatkan kesimbangan tubuh serta kekuatan anak dengan baik. Trampolin menjadi salah satu media olahraga yang cocok diletakkan pada taman bermain anak di rumah. Ukurannya pun tidak terlalu besar sehingga dapat diletakkan pada lahan yang sempit.

2. Taman bermain indoor

Jika kamu tak punya lahan cukup untuk membuat sebuah taman bermain di luar, tenang kamu tetap bisa membuatnya di dalam rumah kok. Kamu bisa membuat sebuah playground sendiri di dalam rumah dengan tema yang colourful. Ada banyak sekali pilihan permainan yang dijual di pasaran dengan berbagai tema.

Misalnya, kamu memiliki tema dengan miniatur pertokoan, stiker jalan raya, mobil-mobilan yang dapat melatih daya imajinasi anak, dan masih banyak lagi. Atau kamu juga bisa menambahkan beberapa permainan lain seperti sepeda, plosotan, dan masih banyak lagi. Dengan begini anak akan lebih betah di rumah.

3. Permainan pasir di belakang rumah

taman bermain anak di rumah
PlumPlay

Ide taman bermain anak di rumah selanjutnya adalah bak pasir serta ornamen pendukungnya. Bermain pasir juga sangat bagus untuk perkembangan anak. Jadi, permainan ini bisa menjadi pilihan yang tepat di belakang rumah kamu.

Kamu bisa menggunakan sebuah pasir kinetik yang terbuat dari hidrofobik, sehingga tidak mudah larut dalam air. Meski berbentuk pasir, mainan pasir kinetik sangat aman digunakan oleh anak-anak kok. Permainan pasir pun tak hanya menyenangkan, tapi juga memiliki sejumlah fungsi di antaranya melatih motorik halus dan sensori.

Untuk membuatnya lebih hidup, kamu bisa menambahkan beberapa miniatur mainan tambahan misalnya sekop plastik, centong, figur hewan, dan tumbuhan, mobil-mobilan, dan sebagainya. Dengan begini anak mendorong anak berimajinasi dan berkreasi.

4. Rumah pohon dengan ayunan

Rumah pohon bisa menjadi ide menarik sebagai taman bermain anak di rumah. Kamu pun bisa menambahkan ayunan, perosotan, taman pasir, dan arena panjat dinding pada rumah pohon agar anak menjadi lebih aktif. Tapi memang untuk membuatnya kamu membutuhkan lahan yang cukup luas dan juga pohon yang kokoh.

Pasalnya, rumah pohon tak hanya dapat menjadi tempat bermain anak, tapi juga tempat bersantai bagi anggota keluarga. Hal pertama yang harus diperhatikan saat membuat rumah pohon adalah material kayu yang dipilih harus kuat dan aman. 

Sedangkan untuk material atap, kamu bisa menggunakan bahan anti air agar tidak bocor dan rembes ke dalam rumah pohon. Karena dibuat untuk tempat bermain anak, pastikan kamu memilih penyangga yang kokoh agar bisa menahan goyangan akibat angin.

5. Permainan tenda Indian

Dunn Lumber

Jika kamu tidak memiliki pohon besar atau material kayu yang cukup untuk membuat rumah pohon, kamu masih bisa memiliki alternatif lainnya. Apa itu? Coba untuk mendirikan tenda Indian untuk anak. Kamu pun bisa mendapatkannya dengan mudah karena dijual di pasaran dengan berbagai macam model.

Tapi jika kamu ingin membuat sendiri juga bisa, kok. Pertama, coba siapkan batang bambu disusun membentuk segitiga dan ikat dengan kuat. Ini akan berfungsi sebagai kerangka tenda. Untuk kain penutupnya, kamu bisa menggunakan taplak meja tua berbentuk bulat yang telah dilubangi di bagian atasnya. Atau kamu bisa menggunakan kain lain yang cukup besar sebagai penutup.

Sebagai dekorasi, biarkan anak-anak mewarnai tenda itu sesuka hati mereka. Kamu juga dapat memasang lampu baterai yang dapat mereka nyalakan saat hari mulai gelap. Tentu permainan ini akan membuat mereka senang.

6. Membuat tempat untuk berkreasi

Anak akan selalu membutuhkan ruang sendiri untuk mereka berkreasi dan bermain di rumah. Jadi, kamu bisa menyiapkan tempat khusus untuk sudut kreatif mereka. Kamu bisa menyiapkan papan besar sebagai kanvas mereka corat-coret.

Akan lebih bagus jika kamu bisa menempatkannya di luar rumah. Lalu siapkan juga spidolnya dengan berbagai warna. Setelah itu biarkan anak berkreasi sesuai hatinya untuk melatih imajinasi dan kreativitasnya.

Itulah tadi beberapa ide taman bermain anak di rumah yang bisa kamu coba. Semoga artikel ini bisa memberi referensi ya.