cara membuat bubur bayi udang jagung

Salah satu hal yang membuat seorang ibu kebingungan yaitu memikirkan resep MPASI untuk si kecil. Penting bagi setiap ibu memiliki resep MPASI untuk kebutuhan nutrisi si kecil. Salah satu yang wajib diketahui yaitu cara membuat bubur bayi udang jagung.

Selain dapat memberikan kebutuhan gizi dan nutrisi untuk tumbuh kembang si kecil, resep MPASI bubur jagung udang juga memiliki banyak manfaat lainnya. Oleh karena itu, wajib tahu bagaimana cara membuat bubur bayi udang jagung agar tidak lagi kebingungan.

Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung saja kita simak seperti apa cara membuat dan resep MPASI bubur jagung udang di bawah ini.

BACA JUGA: 19 Ide Menu MPASI Untuk Bayi 6 Bulan yang Mudah dan Praktis

-->

Bahan yang dibutuhkan

cara membuat bubur bayi udang jagung
Detik

Untuk membuat resep MPASI bubur jagung udang, bahan utama yang dibutuhkan yaitu:

  • 60 gram nasi putih
  • 30 gram udang kupas
  • 10 gram tahu
  • Jagung secukupnya, pipil
  • 150 mililiter air matang
  • Keju secukupnya

Bumbu halus

Detik

Agar resep MPASI bubur jagung udang semakin sempurna, Sedulur bisa menambahkan bumbu halus yaitu:

  • 1 siung bawang putih
  • 1 siung bawang merah

Langkah membuatnya

cara membuat bubur bayi udang jagung
Herstory

Setelah bahan-bahan di atas siap, langkah yang bisa Sedulur lakukan untuk membuatnya yaitu:

  1. Geprek dan cincang halus bawang putih dan bawang merah.
  2. Panaskan minyak atau margarin, kemudian tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum.
  3. Masukkan udang ke dalam tumisan, aduk rata. Masak hingga udang berubah warna.
  4. Masukkan air matang, aduk rata.
  5. Tambahkan nasi, jagung, dan tahu. Aduk rata.
  6. Masak hingga tekstur nasi lembek atau lunak, lalu masukkan keju. Aduk rata.
  7. Masak hingga mencapai tekstur bubur yang diinginkan, lalu matikan kompor.
  8. Bubur udang jagung siap untuk dinikmati si kecil.

Cara membuatnya sangat mudah dan praktis, tidak membutuhkan banyak waktu dan peralatan untuk membuatnya. Dijamin Sedulur tidak perlu repot menyiapkan makanan untuk memenuhi kebutuhan gizi si kecil di rumah.

Mudah dibuat dengan bahan yang tidak terlalu banyak, bukan berarti MPASI ini tidak mengandung manfaat lain selain memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi si kecil. Yuk, simak apa saja manfaat yang akan didapatkan si kecil dengan mengkonsumsi MPASI ini.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Merk Keju untuk MPASI yang Aman & Bergizi

Manfaat MPASI bubur jagung udang untuk si kecil

iStock

Setelah mengetahui cara membuat bubur bayi udang jagung di atas, selain memberikan nutrisi dan kebutuhan gizi untuk tumbuh kembang anak, bubur jagung udang juga secara spesifik dapat memberikan manfaat untuk perkembangan bagian tubuh si kecil.

Berikut ini beberapa penjelasan terkait manfaat MPASI bubur jagung udang untuk si kecil, yaitu:

1. Mendukung perkembangan otak

Manfaat pertama MPASI bubur jagung udang untuk si kecil yaitu dapat mendukung perkembangan otak. Hal ini disebabkan karena kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi di dalam bubur jagung udang. Kandungan asam lemak omega-3 dapat memberikan manfaat untuk perkembangan otak.

Bukan hanya untuk perkembangan otak, namun juga baik untuk pertumbuhan mata dan tulang bayi. Sehingga kemampuan kognitif si kecil serta kualitas penglihatannya bisa tumbuh dan berkembang secara optimal.

2. Membantu pertumbuhan gigi dan tulang

Udang mengandung vitamin D yang kaya, vitamin D juga memiliki sifat yang dapat menyerap kalsium dan mineral secara optimal. Sehingga pertumbuhan gigi dan tulang bisa lebih optimal lagi. Jika Sedulur melihat banyak anak yang memiliki gigi keropos dan mudah patah, hal tersebut ada penyebabnya.

Penyebabnya yaitu kurangnya vitamin D sehingga pertumbuhan gigi tidak optimal dan rentan keropos dan patah. Selain itu, kekurangan vitamin D juga meminimalisir risiko stunting pada si kecil.

BACA JUGA: 7 Resep MPASI Ubi Ungu yang Sehat untuk Bayi dan Manfaatnya

3. Mencegah si kecil terkena infeksi

Manfaat selanjutnya yaitu dapat mencegah si kecil terkena infeksi. Karena, sistem kekebalan tubuh sikecil, terutama di atas usia 6 bula masih belum sempurna. Akan tetapi, dengan perkembangan sel dan jaringan tubuh yang optimal, kendati sistem kekebalan tubuh belum optimal dan terhinda dari risiko infeksi. Jadi si kecil tidak mudah terkena infeksi dan sakit.

Sudah wajib hukumnya bagi Sedulur sebagai orang tua yang memiliki balita, untuk memperhatikan kebutuhan gizi dan nutrisi si kecil. Agar terhindar dari risiko terkena berbagai penyakit. Salah satunya bisa Sedulur berikan bubur jagung udang yang kaya akan nutrisi.

4. Sebagai pilihan menu MPASI si kecil

Selain manfaat yang baik untuk tumbuh kembang si kecil yang telah dijelaskan sebelumnya, tentu manfaat lain juga akan dirasakan oleh Sedulur sebagai orang tua. Sedulur memiliki pilihan menu MPASI bagi si kecil.

Semakin banyak menu MPASI yang dimiliki, tentu akan semakin baik bagi perkembangan si kecil. Sedulur pun tidak akan kesulitan dan kebingungan lagi memilih menu MPASI.

Semoga resep dan cara membuat bubur bayi udang jagung di atas bisa jadi inspirasi MPASI bagi Sedulur, serta kini Sedulur telah mengetahui beberapa manfaat yang bisa didapatkan si kecil dengan mengkonsumsi bubur jagung udang.

Bukan hanya jagung udang saja yang dapat memberikan asupan gizi dan nutrisi bagi si kecil. Banyak makanan lain yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk terus penuhi kebutuhan asupan gizi dan nutrisi si kecil. Sedulur bisa membeli berbagai kebutuhan makan si kecil di Aplikasi Super.

Selain lengkap, Sedulur juga tidak perlu repot belanja kebutuhan si kecil. Dijamin membuat hidup Sedulur lebih mudah dan jadi untung super melimpah. Yuk cek Aplikasi Super sekarang juga! Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, bisa download sekarang ya!