cara blokir channel youtube

Sebagai orang tua, Youtube Kids tentu membantu Sedulur dalam proses mengasuh, menjaga bahkan mendidik anak. Namun terdapat juga tontonan-tontonan yang tidak layak disaksikan oleh anak. Maka dari itu, cara blokir channel Youtube Kids perlu Sedulur ketahui.

Pasalnya hal tersebut untuk mencegah anak mendapatkan asupan tontonan yang tidak sesuai dengan usianya. Jika dibiarkan, hal tersebut bisa menganggu tumbuh kembang anak secara mental dan pikiran.

Dalam kesempatan ini, kita akan bersama bahas beberapa cara blokir Youtube yang bisa dilakukan. Baik blokir channel atau blokir video itu sendiri. Sebelum masuk kepenjelasan terkait cara blokir, Sedulur juga perlu tahu bagaimana peran Youtube Kids bagi pertumbuhan anak.

BACA JUGA: Lirik Lagu Anak Kambing Saya, Lagu Anak Populer dari NTT

Peran Youtube Kids bagi tumbuh kembang anak

Youtube

Youtube Kids merupakan salah satu fitur yang dikeluarkan Youtube agar anak-anak bisa mendapatkan tayangan yang layak. Sebelum ada fitur ini, anak-anak bisa menonton tayangan di Youtube yang sama dengan orang dewasa. Tentu banyak muatan negatif yang tidak pantas ditonton oleh anak-anak.

Maka dari itu, Youtube berinisiatif meluncurkan Youtube Kids untuk mengatasi solusi tersebut. Tujuannya untuk melindungi anak-anak dari tontonan-tontonan yang belum layak ditonton oleh anak-anak.

Youtube Kids ini juga merupakan ruang yang cocok bagi anak-anak untuk mencari hiburan maupun pengetahuan. Sebab dengan aplikasi ini anak bisa terhindar dari konten negatif yang lewat, karena eksplorasi dalam konten video bisa disesuaikan bagi anak anak.

Youtube Kids juga  memungkinkan orang tua bisa untuk menyeleksi pengalaman menonton konten yang cocok untuk anak-anak. Hal tersebut bisa dilakukan karena Youtube Kids memiliki beberapa fitur yang mendukung perlindungan si anak.

Bukan hanya itu, pada Youtube Kids, memungkinkan Sedulur sebagai orangtua untuk memantau video atau tontonan apa saja yang boleh ditonton oleh anak melalui berbagai fitur yang tersedia. Hal tersebut membuat anak dapat tetap terhindar dari video konten negatif.

Lantas, jika masih kecolongan apa yang bisa orangtua lakukan? Sederhana, orangtua hanya tinggal blokir channel atau video yang kiranya berbahaya untuk anak. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan:

Cara blokir video di Youtube Kids

cara blokir channel youtube
Berkeluarga

Terdaat beberapa langkah dan cara blokir video di Youtube Kids yang bisa Sedulur lakukan. Langkah tersebut yaitu:

  1. Pilih Lainnya (tiga titik vertikal) di samping gambar mini video.
  2. Pilih Blokir video ini.

Untuk memblokir video saat menontonnya:

  1. Di kanan atas pemutar video, pilih Lainnya (tiga titik vertikal).
  2. Pilih Blokir video.
  3. Pilih Blokir video ini saja.
  4. Pilih Blokir.

Cara blokir saluran di Youtube Anak

Demulih

Terdapat beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan untuk memblokir channer di Youtube Anak. Ketika Sedulur berada di laman channel, Sedulur bisa melakukan langkah ini:

  1. Di header saluran, pilih Lainnya (tiga titik vertikal).
  2. Pilih Blokir saluran ini.

Untuk memblokir channel saat menonton video:

  1. Di kanan atas pemutar video, pilih Lainnya (tiga titik vertikal).
  2. Pilih Blokir video.
  3. Pilih Blokir seluruh saluran.
  4. Pilih Blokir.

BACA JUGA: Cara Meningkatkan Literasi Digital Anak Sejak Dini!

Cara membuka blokir di Youtube Anak

Oh My Geek

Namun kadang kala, ada masanya Sedulur tidak sengaja memblokir sebuah video atau channel Youtube. Atau bahkan hal tersebut dilakukan secara tidak sengaja oleh anak. Maka dari itu, jika hal tersebut yang terjadi, Sedulur bisa melakukan cara di bawah ini:

  1. Pilih Kontrol orang tua (simbol kunci).
  2. Dibawah My Children, pilih profil anak Sedulur.
  3. Masukkan kata sandi ke akun Google Sedulur.
  4. Di bawah Privasi , klik Buka blokir video.
  5. Klik Ya, buka blokir untuk mengonfirmasi.

Nah itulah tadi beberapa cara blokir channel Youtube Kids atau Youtube Anak yang bisa Sedulur lakukan. Jika ingin membukanya, dibagian akhirnya dicantumkan cara membuka blokir. Jangan lupa selalu pantau dan awasi setiap tontonan yang anak Sedulur saksikan di Youtube ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.