Lagu anak kambing saya

Lagu Anak Kambing Saya merupakan salah satu lagu anak populer yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Lagu tersebut merupakan lagu yang menemani tumbuh kembang setiap anak-anak dan balita yang ada di Indonesia.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama terkait lirik lagu anak kambing saja yang merupakan lagu anak populer dari NTT. Yuk mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Meningkatkan Literasi Digital Anak Sejak Dini!

Karakteristik lagu anak

Haibunda

Sebelum membahas lirik lagu Anak Kambing Saya, Sedulur juga harus mengetahui, bahwa pada dasarnya, terdapat pengetahuan dalam lagu anak yang dapat diterima oleh anak-anak itu sendiri. Pengetahuan dalam lagu anak merupakan karakteristik lagu anak itu sendiri. Pengetahuan tersebut adalah:

-->
  • Pengetahuan tentang warna dan berhitung seperti dalam lagu Balonku.
  • Pengetahuan tentang binatang seperti dalam lagi Cicak-cicak di Dinding.
  • Pengetahuan tentang anggota tubuh dalam lagu Kepala, Pundak, Lutut, Kaki.

Di dunia sendiri terdapat berbagai macam pengetahuan yang perlu diketahui oleh anak-anak. Orangtua tidak bisa memberikan penjelasan secara langsung terkait pengetahuan-pengetahuan tersebut. Melalui lagu-lagu anak, anak-anak bisa mendapatkan pengetahuannya.

Manfaat lagu anak

anak kambing saya
Nakita

Dari penjelasan di atas, Sedulur mengetahui bahwa lagu anak memiliki manfaat besar. Termasuk lagu Anak Kambing Saya. Manfaat yang paling jelas yaitu manfaat terkait pertumbuhan dan perkembangan diri anak, baik aspek fisik, emosi, kecerdasan hingga kemampuan sosial.

Melalui lagu anak, anak-anak bisa belajar mengungkapkan perasaan senang, sedih, lucu, atau kagum. Lirik lagu anak pun dibuat agar mudah dihafal dan sesuai dengan karakter dan dunia anak. Maka itu, penting bagi orangtua dan orang dewasa untuk memilih musik yang ramah pada anak.

Lagu anak dapat memberikan efek positif pada pertumbungan dan bukan memberikan pengaruh buruk seperti merusak dan menganggu emosi dan kejiwaan. Lagu juga dapat mempengaruhi cara menalar dan mempengaruhi persepsi terkait hidup itu sendiri.

Lirik lagu Anak Kambing Saya

Haibunda

Berikut ini adalah lirik lagu dari Anak Kambing Saya, yaitu:

Mana di mana anak kambing saya

Anak kambing tuan ada di pohon waru

Mana di mana jantung hati saya

Jantung hati tuan ada di kampung baru

 

Caca marica he hei

Caca marica he hei

Caca marica ada di kampung baru

Caca marica he hey

Caca marica he hey

Caca marica ada di kampung baru

BACA JUGA: Cerita Gajah dan Semut untuk Dongeng Tidur Si Kecil!

Makna lagu Anak Kambing Saya

Haibunda

Meskipun lirik lagu ini menceritakan tentang seorang anak yang tengah mencari anak kambing yang dimilikinya, namun secara makna lagu ini tidak membicarakan hal tersebut. Lagu anak ini lebih kepada menceritakan tentang hubungan anak dan orangtua.

Menceritakan tentan orangtua yang mencari keberadaan anaknya, orangtua yang merindukan anaknya yang ternyata sudah menetap dan tinggal di sebuah kampung baru. Hanya saja disampaikan dengan bahasa metafor, dengan menggunakan istilah-istilah.

Di sisi lain, lagu ini juga merupakan lagu bahagia atau girang. Menceritakan tentang kegirangan yang menandakan tentang kebersamaan atau persahabatan antara anak dan orangtua. Lagu ini juga berbentuk seperti tanya jawab.

Hal ini saja sudah terlihat pada baris kesatu dan kedua di mana baris kesatu berisi kalimat pertanyaan, sedangkan barisan kedua berisi kalimat berita yang menyambung seperti menjawab baris kesatu. Hal ini terjadi antara kalimat ketiga dan kalimat keempat.

Sedulur juga perlu ketahui, bahwa lagu ini juga dikenal oleh masyarakat Malaysia dan Singapura, sering dijadikan sebagai bahan ajar untuk anak-anak usia dini. Hal tersebut disebabkan oleh irama lagu yang menyenangkan dan mudah diingat oleh anak-anak.

Nah itulah pembahasan terkait lirik lagu Anak Kambing Saya disertai dengan penjelasan terkait Manfaat lagu anak dan karakteristiknya. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur, terutama dalam menjelaskan terkait manfaat lagu anak untuk perkembangan si kecil itu sendiri.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.