anak sulung adalah

Anak sulung adalah anak yang dinilai lebih sering dikenal daripada anak lainnya. Hal ini karena mereka terlahir lebih dahulu dan kadang memiliki jarak kelahiran yang cukup panjang dengan adik-adiknya. Anak sulung menjadi anak tertua atau anak pertama dari sepasang orang tua. Mereka biasanya mempunyai kepribadian yang khas.

Ingin mengetahui lebih jauh mengenai anak sulung beserta sifat, karakteristik, serta fakta menariknya? Selengkapnya akan dibahas di artikel ini. Yuk, langsung cek!

BACA JUGA: 20 Lagu Anak-anak Terpopuler dari Dulu hingga Sekarang

Pengertian anak sulung

anak sulung
iStock

Anak pertama disebut juga sebagai anak sulung. Menurut KBBI, sulung artinya yang terdahulu, yang mula-mula sekali, atau yang tertua. Dengan demikian, anak sulung adalah anak tertua atau anak pertama dari sepasang orang tua.

-->

Arti anak sulung adalah anak tertua. Maksudnya, anak sulung merupakan anak yang tertua, tidak selalu anak pertama. Hal ini berlaku jika ibunya telah melahirkan anak sebelumnya tetapi tidak ada yang masih hidup.

Urutan kelahiran anak

anak sulung
iStock

Anak sulung adalah anak ke-1 atau pertama dalam sebuah keluarga. Sementara anak terakhir disebut sebagai anak bungsu. Jika orang tua memiliki lebih dari dua anak, maka anak-anak yang bukan sulung dan bungsu akan disebut sebagai anak tengah.

Pemberian kasih sayang dan perhatian sebaiknya memang tidak ada perbedaan terhadap setiap urutan kelahiran anak. Hal itu karena anak sulung dan anak bungsu, serta anak tengah merupakan kesatuan keluarga yang harus dirawat sebaik mungkin.

Sifat anak sulung

anak sulung
iStock

Anak sulung memiliki sifat yang khas. Beberapa sifat khas anak sulung adalah sebagai berikut.

  • Penasihat yang baik. Karena menjadi seorang kakak, mereka tentu memiliki sifat dan karakter yang berbeda dalam memandang sebuah permasalahan. Anak pertama selalu dituntut untuk menjadi penasihat dan pengarah yang baik dalam menggantikan peran orang tua.
  • Besifat lebih kuat. Anak pertama bersifat lebih kuat baik dalam hal fisik maupun sifatnya. Mereka mampu menyelesaikan sendiri permasalahannya, bahkan tanpa orang tua pun anak pertama sudah terbiasa mengatasi masalahnya sendiri.
  • Lebih perhatian. Sifat khas anak pertama adalah memiliki rasa perhatian besar. Hal ini dapat terbentuk karena adanya rasa tanggung jawab terhadap adik-adiknya. Meski begitu, tidak semua perhatian anak pertama selalu ditunjukkan dan lebih sering diwujudkan dalam bentuk perhatian yang lain. Dengan sifat perhatian ini, anak sulung menjadi lebih peka terhadap perasaan orang di sekelilingnya.

BACA JUGA: 15 Fakta Anak Ketiga yang Unik & Menarik dari Saudaranya

Fakta menariknya

anak
iStock

Bagi Sedulur yang tengah mencoba memahami anak sulung atau termasuk bagian dari anak sulung, maka wajib memahami fakta-fakta menarik tentang mereka. Apa saja faktanya? Cek di bawah ini.

1. Anak sulung dilahirkan untuk belajar

Berdasarkan penelitian, anak sulung memang benar-benar dilahirkan untuk belajar. Hal ini diungkapkan dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Research in Personality pada tahun 2013. Menurut para peneliti di Belgium’s Ghent University, urutan kelahiran memengaruhi tujuan seumur hidup anak. Anak sulung cenderung lebih giat belajar. Hal ini karena mereka ingin menguasai, berbeda dengan anak kedua yang cenderung ingin menang. Anak sulung akan cenderung memilih karier yang berorientasi pada hal akademis daripada adik-adiknya.

2. Anak sulung terkadang lebih pintar

Anak sulung terkadang memang jauh lebih pintar daripada adik-adiknya. Hal ini didukung oleh sebuah studi dalam jurnal Science, yang menyebutkan bahwa terdapat kesenjangan tingkat kecerdasan antara anak sulung laki-laki dengan anak laki-laki setelahnya. Anak pertama lebih unggul karena cenderung memiliki IQ yang lebih tinggi. Namun, fakta ini tidak bisa dipukul rata, ya. Sebab, semua individu memiliki ciri khas dan kecerdasannya masing-masing.

3. Anak sulung punya kreativitas tinggi

Kreativitas anak sulung dianggap cukup tinggi. Hal ini didukung dengan penelitian para ilmuwan di Washington University in St. Louis yang mempelajari tentang hubungan antara saudara kandung dan menemukan bahwa anak sulung cenderung lebih kreatif dibandingkan generasi selanjutnya.

Fakta ini dapat ditemukan apabila anak sulung tersebut memiliki adik dengan jenis kelamin berbeda serta rentang umur yang tidak terlalu jauh, misalnya sang adik memiliki umur kurang dari 3 tahun lebih muda. Perbedaan usia yang lebih kecil dapat memungkinkan mereka untuk memiliki lebih banyak waktu bermain bersama. Dengan begitu, anak yang lebih tua akan secara otomatis menjadi lebih kreatif.

Karakteristik anak sulung

sulung
iStock

Beberapa karakteristik yang dimiliki oleh anak sulung adalah sebagai berikut.

  • Memiliki cita-cita yang tinggi dan bisa menyusun target untuk mencapainya.
  • Suka pilih-pilih dalam melakukan sesuatu.
  • Sosok pemimpin alamiah. Anak sulung kebanyakan memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
  • Cukup akurat dan menaruh perhatian pada detail serta ingin selalu menjadi sempurna saat bekerja.
  • Terorganisir dan kompeten dalam banyak hal.
  • Tepat waktu dan sangat menghargai waktu.
  • Sulit menerima kata “tidak” dari orang lain.
  • Memiliki kemampuan mengintimidasi yang cukup kuat.
  • Kurang suka kejutan karena ingin selalu merasa semuanya dalam kendali.
  • Memiliki suasana hati yang mudah berubah.
  • Perhatian dan sangat peka terhadap sekitar.
  • Kadang-kadang terkesan serba tahu atas segala sesuatu.
  • Memiliki mental bos dan kadang merasa dirinya selalu benar.
  • Bertanggung jawab dan mampu mengikuti peraturan.
  • Selalu berusaha menyenangkan orang lain, khususnya untuk orang tua.
  • Kurang bisa mendelegasikan tugas karena selalu ingin mengerjakan segalanya sendiri.

Anak sulung perempuan

anak sulung
iStock

Anak sulung perempuan cenderung memiliki sifat bossy. Menurut penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Southern California Child Study Center, menemukan bahwa sifat bossy atau suka memerintah lebih lazim terjadi pada anak sulung dibandingkan anak yang lahir di bawahnya. Tidak berhenti di situ, mereka juga mengungkapkan anak sulung berjenis kelamin perempuan cenderung lebih mendominasi dalam hal memerintah atau dapat dikatakan lebih bossy daripada laki-laki.

BACA JUGA: 12 Inspirasi Bekal Anak Lezat, Mudah & Menggugah Selera

Anak sulung laki-laki

laki-laki
iStock

Sementara anak sulung perempuan lebih bersifat suka memerintah, anak sulung laki-laki cenderung patuh terhadap orang tua. Para ekonom dari Duke University dan Washington University pernah membahas topik mengenai hubungan antara aturan orang tua dengan urutan kelahiran anak.

Para peneliti tersebut menemukan bahwa saudara kandung yang lahir lebih awal akan cenderung patuh pada aturan ketat dan pemantauan dari orang tuanya. Hal inilah yang membuat anak sulung menjadi bersifat lebih penurut. Selain itu, anak sulung juga lebih sering menghadapi konsekuensi yang lebih keras ketika melakukan kesalahan daripada saudara kandungnya yang lebih muda.

Anak sulung kembar

sulung
iSock

Sedulur pasti mendengar istilah anak kembar, ‘kan? Lantas, siapa yang dianggap sebagai anak sulung di antara mereka berdua? Pemberian urutan kelahiran pada anak kembar sedikit berbeda dengan umumnya. Pada anak kembar, si sulung adalah anak yang lahir terakhir, sedangkan anak yang lahir pertama dianggap sebagai si bungsu. Hal ini karena menurut berbagai kepercayaan, si sulung akan merelakan lahir setelah si bungsu karena mendahulukan adiknya.

Sekian informasi mengenai anak sulung beserta sifat, karakteristik, dan fakta mengenai mereka. Semoga informasi ini dapat menjawab semua pertanyaan Sedulur, ya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!