oleh oleh khas sidoarjo

Jika Sedulur berkunjung ke sebuah kota, tentu saja mencari oleh-oleh khas kota tersebut adalah sebuah keharusan. Begitu juga ketika Sedulur berkunjung ke Sidoarjo, maka tidak boleh lupa untuk membeli oleh-oleh khas Sidoarjo sebagai buah tangan.

Namun, berbeda dengan kota tetangga Sidoarjo yaitu Surabaya yang lebih terkenal dan besar, membuat banyak orang kadang bingung apa saja oleh-oleh khas Sidoarjo yang menarik dan bisa dibeli. Dalam kesempatan kali ini kita akan bahas bersama apa saja rekomendasi oleh-oleh yang bisa dibeli di Sidoarjo. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung saja kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: Rekomendasi Makanan Khas Sidoarjo yang Jarang Ditemui di Surabaya!

1. Tas kulit

oleh oleh khas sidoarjo
Pinterest

Jika Sedulur menyukai aksesoris fashion dari kulit, atau ingin beli hiasan dari kulit, Sedulur bisa datang ke kawasan Tanggulangin. Daerah ini sudah sangat terkenal sebagai sentra kerajinan kulit di Sidoarjo. Berbagai macam barang mulai dari dompet, topi, sepatu, ikat pinggang bahkan koper.

Beberapa aksesoris dari kulit di atas bisa Sedulur dapatkan di Sidoarjo. Harganya juga bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Jika tertarik, Sedulur bisa meminta sopir dari tempat rental mobil terdekat untuk mengantar ke sentra kulit di Sidoarjo. Selain berbelanja di sentra kulit Sidoarjo, Sedulur juga bisa menikmati wisata edukasi serta wisata budaya yang khas Sidoarjo sebagai bagian dari berlibur.

2. Kerajinan tempurung

Selain kerajinan kulit, ada pula sentra kerajinan tempurung yang bisa Sedulur jumpai di Sidoarjo. Kerajinan dari tempurung atau batok kelapa ini pun sudah sudah terkenal hingga ke luar pulau Jawa. Produk-produk yang tersedia meliputi mainan anak, kotak tisu, lampu tidur, hiasan dinding dan gelas.

Bukan hanya produk-produk di atas, terdapat banyak produk dan souvenir lainnya. Souvenir unik ini sangat cocok untuk Sedulur bawa pulang sebagai buah tangan. Harganya juga bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu tergantung produknya. Sentra kerajinan tempurung ini juga mudah untuk Sedulur kunjungi karena selalu jadi destinasi tempat rental bus pariwisata

3. Kerajinan anyaman bambu

oleh oleh khas sidoarjo
Unsplash

Satu lagi produk kerajinan yang bisa Sedulur pilih di Sidoarjo yakni kerajinan anyaman bambu. Salah satu sentra pembuatan kerajinan ini adalah Desa Saketi di Balongbendo. Berbagai produk mulai dari piring, bakul, tampah, hingga dipan bisa Sedulur beli dan bawa pulang dari tempat ini.

Kualitasnya pun sudah terjamin karena sebagian besar produknya sudah terjual ke berbagai daerah. Untuk harganya, kerajinan ini tentu bervariasi tergantung kerumitannya. Namun biasanya tidak lebih dari ratusan ribu rupiah, sehingga tidak akan menguras kantong Sedulur.

4. Kerajinan hewan laut

Bukan hanya oleh-oleh khas Surabaya saja yang memiliki kerajinan hewan laut, oleh-oleh khas Sidoarjo juga memiliki kerajinan hewan laut. Biasanya, produk kerajinan ini meliputi gantungan kunci, tirai pembatas ruangan, bingkai foto, lampu, atau hiasan dinding.

Bahan utama pembuatnya biasanya berupa kerang, siput, dan umang-umang. Selain hewan laut, Sedulur juga bisa beli pasir putih untuk hiasan di dalam meja kaca hias atau pembuatan diorama. Untuk harganya juga murah karena mulai dari Rp5 ribu hingga ratusan ribu saja. Jadi Sedulur bisa membeli banyak tanpa takut budget habis untuk membeli oleh-oleh ini.

5. Batik khas Sidoarjo

Pilihan lain oleh-oleh khas Sidoarjo yang tahan lama selanjutnya adalah batik Sidoarjo. Berbeda dengan batik oleh-oleh khas Pekalongan, Jogja, atau Solo, batik Sidoarjo motifnya lebih sederhana. Misalnya seperti motif teboan yang menggambarkan kembang tebu khas Sidoarjo sebagai daerah penghasil gula.

Ada juga motif beras yang menjadi simbol alam Sidoarjo yang subur. Selain motifnya yang khas, batik Sidoarjo juga warnanya lebih terang. Hal inilah membuat banyak wisatawan tertarik untuk belanja batik Sidoarjo. Apalagi harganya terjangkau mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

BACA JUGA: 18 Oleh-Oleh Khas Jawa Timur Paling Enak & Terkenal, Wajib Dibeli!

6. Kue lumpur bakar

oleh oleh khas sidoarjo
Pinterest

Meski terkenal dengan lumpur Lapindo, kue bernama unik ini bukan terbuat dari lumpur. Kue lumpur bakar ini merupakan panganan tradisional khas Sidoarjo yang sudah ada sejak lama. Bahannya berasal dari tepung terigu, telur, dan gula dengan cara pembuatan mirip kue basa biasanya.

Hanya saja untuk membuat kue ini matang bukan dengan cara dipanggang melainkan dibakar. Rasa kue lumpur yang manis dan tekstur keras di luar serta lembut di dalam membuat kue ini semakin unik. Sedulur bisa jadikan kue ini oleh-oleh dengan membelinya di toko oleh-oleh khas Sidoarjo terdekat.

7. Bandeng asap

Berbeda dengan oleh-oleh khas Semarang, bandeng presto, di Sidoarjo Sedulur bisa mencoba bandeng asap. Aroma asap yang khas membuat rasa ikan bandeng ini menjadi semakin nikmat. Apalagi ikan bandengnya berkualitas tinggi dan sudah melewati proses pengasapan yang panjang.

Bandeng asap ini semakin nikmat jika Sedulur santap bersama nasi hangat dan sambal. Selain itu olahan bandeng ini juga awet berhari-hari, jadi cocok menjadi buah tangan Sedulur. Harganya sendiri mulai dari Rp50 ribu per ekor untuk bandeng berukuran sedang lengkap dengan sambal.

8. Ote-ote

oleh oleh khas sidoarjo
Detik

Bagi Sedulur yang sering ke Jawa Timur tentu tidak asing dengan ote-ote atau bakwan makanan khas Jawa Timur ini. Namun ote-ote Porong Sidoarjo ini berbeda dari daerah di Jawa Timur lainnya. Ukuran ote-ote di sini lebih besar mirip roti dorayaki goreng.

Pilihan isiannya pun lebih kekinian karena selain berisi sayur juga berisi daging, rumput laut jamur dan lainnya. Salah satu penjual ote ote porong terkenal adalah Ote Ote Porong Tjitro. Di sini Sedulur bisa membeli ote-ote oleh-oleh khas Sidoarjo kekinian mulai dari Rp12 ribuan sampai Rp16 ribuan aja.

9. Kerupuk udang

Sebagai salah satu daerah penghasil udang, ada banyak olahan udang yang bisa Sedulur temukan seperti kerupuk udang ini. Kerupuk ini biasanya terbuat dari udang rebon asli sehingga rasanya gurih. Teksturnya yang renyah dan gurih sangat pas menjadi teman Sedulur bersantap nasi.

Sedulur bisa membeli kerupuk udang matang atau kerupuk udang mentah siap goreng untuk Sedulur bawa pulang. Kerupuk ini banyak terdapat di warung pinggir jalan atau sentra oleh-oleh terdekat. Harganya sendiri berkisar antara Rp30 ribu hingga ratusan ribu tergantung ukuran kemasannya.

10. Wader crispy

Olahan ikan lain yang bisa Sedulur bawa pulang adalah wader crispy yang terbuat dari wader laut asli. Makanan khas Sidoarjo ini punya rasa gurih dan renyah dengan tambahan tepung bumbu. Camilan ini semakin nikmat jika Sedulur santap bersama nasih hangat dan sambal terasi. Wader crispy bisa Sedulur beli dalam bentuk kemasan per kilo di toko-toko oleh-oleh dengan harga mulai dari Rp10 ribu per kemasan.

BACA JUGA: 11 Wisata Kuliner Sidoarjo Paling Enak yang Wajib Dicoba

11. Terasi

oleh oleh khas sidoarjo
Kompas

Selain menjadi kerupuk, udang rebon juga bisa menjadi terasi yang khas dari Sidoarjo. Rasanya lebih gurih dengan aroma yang juga lebih menyengat sehingga punya cita rasa khas saat menjadi sambal atau bumbu masakan. Tidak hanya itu saja, ada juga terasi Sidoarjo yang terbuat dari ikan sehingga baunya tidak terlalu menyengat. Terasi ini bisa jadi pilihan oleh-oleh murah dari Sidoarjo untuk Sedulur bawa pulang.

12. Telur asin

Kenikmatan telur asin juga bisa Sedulur dapatkan di Sidoarjo tepatnya daerah Kebonsari. Telur asin Sidoarjo ini punya ciri khas yang berbeda dengan telur asin Brebes karena cara pengolahannya yang tidak sama. Di Sidoarjo Sedulur bisa mendapatkan telur asin kepiting atau udang yang punya rasa asin gurih serta aroma yang khas. Sedulur bisa dapatkan telur ini di pusat oleh-oleh Sidoarjo dengan harga mulai dari Rp3 ribu per buah.

13. Keripik teripang

Keripik Teripang
Keripik Teripang

Di Sidoarjo Sedulur juga bisa menemukan keripik unik yang terbuat dari teripang atau timun laut. Hewan ini memiliki rasa yang gurih setelah menjadi keripik sehingga cocok Sedulur jadikan camilan. Harganya juga murah sekitar Rp25 ribu per kemasan. Keripik ini juga bisa Sedulur dapatkan di toko oleh-oleh khas Madura tepatnya di daerah Bangkalan dengan nama Rung Terung. Dijamin bisa jadi oleh-oleh yang nikmat sekaligus mengenyangkan untuk camilan di rumah Sedulur.

14. Otak-otak bandeng

Selain bandeng asap Sedulur juga bisa menemukan olahan lain bandeng di Sidoarjo. Salah satunya adalah otak-otak bandeng yang punya cita rasa khas dan cocok jadi teman bersantap gulai atau tengkleng. Semakin nikmat lagi jika otak-otak ini Sedulur cocok ke dalam sambal petis atau sambal kacang. Terutama jika menggunakan sambal petis dan sambal kacang khas Sidoarjo. Sedulur bisa membeli otak-otak frozen sebagai oleh-oleh dengan harga sekitar Rp16 ribu hingga Rp40 ribuan.

15. Madumongso

Jajanan manis sekaligus oleh-oleh khas Sidoarjo yang terakhir yaitu Madumongsi. Jajanan dan camilan khas bukan Sidoarjo saja, namun di seluruh Jawa Timur. Cemilan berwarna hitam ini bisa dijumpai di banyak daerah seperti Madiun, Blitar, Pacitan dan Surabaya. Namun, berdasarkan penelusuran dari berbagai sumber, kue khas Jawa Timur ini pertama kali diperkenalkan oleh masyarakat Ponorogo. Bahan dasar madumongso sendiri adalah ketan hitam yang banyak diproduksi di kota tersebut.

Proses pembuatan madumongso memang cukup rumit. Adonan ketan hitam harus diolah menjadi tapal atau fermentasi ketan. Setelah itu, tapal akan dicampur dengan gula, santan dan buah nanas. Bahan-bahan tersebut lalu dimasak hingga berubah menjadi dodol atau jenang. Rasa manis alami madumongso ini memang menjadi daya pikat sendiri bagi lidah wisatawan. Jadi tidak heran jika madumongso menjadi salah satu makanan paling bikin ketagihan ketika datang ke Jawa Timur.

Demikian tadi beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Sidoarjo yang bisa jadi buah tangah Sedulur untuk dibagikan ke teman-teman dan saudara di kampung halaman. Membeli oleh-oleh juga menjadi penanda bahwa Sedulur pernah berkunjung ke sebuah daerah atau sebuah kota.