Super Agen of The Month

Pengalaman adalah guru terbaik. Begitu kiranya istilah untuk menggambarkan kisah Pak Lazim, seorang guru hebat di balik berdirinya Toko Kopontren Roudlotut Tholabah. Melalui tokonya, ia berhasil membantu para santri kurang mampu agar dapat memenuhi kebutuhan selama menuntut ilmu.

Alasan Pak Lazim mendirikan toko ini juga sangat menyentuh hati. Selain latar belakang sebagai sesama santri antara Pak Lazim dengan para santri, ternyata ada pesan dari Kyai yang memberikan amanah kepadanya agar membuka toko guna memenuhi kebutuhan para santri.

Lantas bagaimana kisah utuh Toko Kopontren Roudlotut Tholabah yang tidak hanya berjualan namun juga mencari berkah ini? Simak cerita selengkapnya berikut.

BACA JUGA: Kisah Sukses Para Super Agen, Raih Untung Lewat Usaha Kelontong

Cerita awal usaha Toko Kopontren Roudlotut Tholabah

liputan super agen
Aplikasi Super

Pak Lazim, begitu ia disapa, merupakan seorang guru PNS di SDN Sugihwaras, Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Ia memiliki seorang istri yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga, dan empat orang anak yang semuanya perempuan.

Pada tahun 2015, Pak Lazim mulai membuka kopontren atau koperasi pondok pesantren dengan menjual jajanan ringan untuk membantu para santri yang tidak mampu memenuhi kebutuhan hariannya.

Seiring berjalannya waktu, kopontren tersebut akhirnya berubah menjadi sebuah toko yang kini dikenal dengan Toko Kopontren Roudlotut Tholabah.

Alasan utama didirikannya toko ini tidak lepas dari latar belakang Pak Lazim yang juga berasal dari pondok dan pada saat itu merupakan anak kurang mampu. Hati kecilnya kemudian terpanggil untuk membantu para santri karena merasa pernah berada di posisi yang sama. 

Selain alasan tersebut, pendirian toko ini juga karena adanya amanah dari Kyai yang meminta Pak Lazim untuk membuka toko guna memenuhi kebutuhan para santri. Karena dua alasan besar inilah, Toko Kopontren Roudlotut Tholabah milik Pak Lazim tetap berdiri hingga saat ini.

BACA JUGA: Berkat Menjadi Super Agen, Pria Ini Mampu Merealisasikan Mimpinya Satu per Satu

Berjualan sambil mencari berkah

liputan super agen
Aplikasi Super

Toko Kopontren Roudlotut Tholabah milik Pak Lazim tidak hanya berjualan untuk mendapatkan keuntungan saja, namun juga mencari berkah dari para santri yang sedang menuntut ilmu di pondok pesantren. 

Hal ini dibuktikan dengan komitmen Pak Lazim dalam membantu kebutuhan para santri di pesantren setiap bulannya. Pertama, setiap anak di Roudlotut Tholabah akan mendapatkan voucher 10 ribu untuk belanja di toko. Kedua, khusus untuk santri yatim piatu, mereka akan digratiskan jika berbelanja di toko Pak Lazim.

Meski pendapatan bersih yang didapatkan tidak menentu, tidak terbesit sedikitpun di hati Pak Lazim untuk berhenti membantu. Bahkan, toko miliknya memiliki jam buka yang sangat panjang, yakni dari jam 6 pagi hingga jam 5 sore, lalu dilanjutkan dari setelah maghrib hingga jam 9 malam.

Pemilihan jam buka toko ini juga bukan tanpa alasan. Pak Lazim dan istrinya sebisa mungkin ada ketika jam-jam para santri diperbolehkan keluar dari pondok pesantren. Mereka berdua juga secara bergantian saling menjaga toko, karena Pak Lazim memiliki beberapa jadwal mengajar.

BACA JUGA: Cerita Toko Salis, dari Tak Punya Relasi hingga Raup Omzet Jutaan Rupiah

Toko Kopontren Roudlotut Tholabah dan Aplikasi Super

liputan super agen
Aplikasi Super

Sebelum mengenal Aplikasi Super, Pak Lazim dan sang istri berbelanja kebutuhan toko di pasar. Namun karena lokasi pasar yang lumayan jauh, membuat ongkos transportasi yang dikeluarkan setiap kali berbelanja menjadi cukup besar. 

Setelah mengenal aplikasi Super dari rekan kerja sesama guru dan kenalan di pasar, Pak Lazim akhirnya mencoba bergabung. Meski pada awalnya ia mengalami kendala, namun di bulan ketiga akhirnya ia berhasil menjadi bagian dari Super Agen.

Adapun perubahan yang dirasakan sebelum dan sudah mengenal Aplikasi Super adalah kemudahan dalam berbelanja. Pak Lazim mengaku bahwa ia dan sang istri menjadi lebih mudah untuk berbelanja karena di Super tidak ada beban ongkos kirim. Dengan begitu, biaya transportasi bisa dialihkan ke hal lain yang lebih bermanfaat.

Kisah toko milik Pak Lazim ini bisa menjadi pengingat kita semua untuk selalu berbuat baik kepada sesama dan menyeimbangkan kebutuhan dunia dengan kebutuhan akhirat. Kebaikan Pak Lazim melalui Toko Kopontren Roudlotut Tholabah ini juga mengantarkannya menjadi Super Agen of The Month di bulan Agustus ini.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.