toko ni'amah

Untuk bisa mencapai kesuksesan, pasti akan ada banyak rintangan yang dilalui dan dihadapi. Hal ini pula yang dirasakan oleh Ni’amah , pemilik Toko Ni’amah . Sebelum merasakan keuntungan melimpah dari usaha kelontong miliknya, dirinya harus bergonta-ganti usaha selama 15 tahun lamanya.

Perjuangan Ni’amah pun terasa begitu berat karena tak hanya harus menyiapkan modal untuk usaha. Dirinya juga harus menyiapkan mental karena kerap dicemooh tetangganya. Beruntung, sekarang Toko Ni’amah sudah bisa stabil dan memiliki keuntungan yang berlipat setelah fokus berbisnis usaha kelontong di Malang.

Seperti apa kisah dan perjuangan Toko Ni’amah mencapai kesuksesannya? Yuk simak berikut ini.

BACA JUGA: Cerita Toko Anik Zaki, Saat Istri Selamatkan Usaha Dari Bangkrut Karena Hutang Pelanggan Puluhan Juta!

-->

Gonta-ganti Usaha

Toko kelontong toko ni'amah

Perjalanan Toko Ni’amah untuk bisa mencapai kesuksesan terbilang panjang. Selama kurang lebih 15 tahun, Ni’amah harus bergonta-ganti usaha hingga belasan kali. Tak terhitung berapa modal yang sudah dikeluarkan untuk bisa menemukan usaha yang cocok dan membawa untung.

Wanita yang kini berusia 59 tahun itu bercerita bahwa dirinya memulai usaha dengan berjualan baju anak dan hijab di pasar. Sayangnya, usahanya ini terbilang musiman dan hanya ramai pada waktu-waktu tertentu seperti saat hari raya.

Dengan biaya operasional yang besar, anak-anak dari Ni’amah akhirnya meminta agar ibunya berjualan di rumah saja.

Buka Usaha Rumahan

Toko kelontong toko ni'amah

Usaha fotocopy dan jual alat tulis menjadi percobaan pertama yang dilakukan Ni’amah . Namun, rumahnya yang berada jauh dari kota ternyata menjadi masalah baru. Ketika mesin fotocopy-nya bermasalah, Ni’amah harus menutup usahanya sementara waktu hingga akhirnya rugi.

Dia beberapa kali mencoba mengakali kerugian tersebut dengan jualan es tebu dan es batu. Tapi, usaha es tebunya tak bisa bertahan lama dan akhirnya tutup juga. Ni’amah pun berfokus pada usaha es batu, yang ternyata cukup dibutuhkan oleh lingkungan sekitarnya. Saat itu, wilayah tempat tinggalnya di Sumberagung memang jadi salah satu pemasok ikan mujair. Dia pun bisa menjual beberapa balok es besar untuk digunakan sebagai pengawet ikan selama dikirim ke berbagai wilayah.

Ditipu hingga Dicemooh Tetangga

Toko kelontong toko ni'amah

Belasan usaha yang dicoba Ni’amah memang menunjukkan betapa gigihnya ibu 59 tahun ini. Namun, ternyata ada juga duka lain yang dirasakannya. Alih-alih mendapatkan dukungan, banyak tetangga yang malah mencemooh kerja keras Ni’amah .

Para tetangga melihat Ni’amah sebagai orang yang tidak konsisten karena selalu berganti-ganti usaha dalam waktu singkat. Tak hanya itu saja, dirinya juga pernah ditipu hingga rugi jutaan rupiah.

BACA JUGA: Kisah Toko Bachtiar: Nekat Alih Profesi, Demi Rintis Bisnis Sendiri

Coba Usaha Kelontong

Toko kelontong toko ni'amah

Namun, cemoohan dan pandangan miring dari para tetangganya malah membuat Ni’amah makin bersemangat untuk berbisnis. Dengan bermodal usaha es yang sudah stabil, Ni’amah mulai memberanikan diri untuk memulai usaha toko kelontong dan berjualan kebutuhan rumah tangga serta sembako.

Pada Agustus 2022, Ni’amah mulai mengenal dan menggunakan Aplikasi Super. Usaha kelontongnya pun semakin besar karena dirinya bisa mendapatkan pemasok barang jualan yang menawarkan harga bersaing dibandingkan lainnya.

Aplikasi Super banyak membantu Ni’amah karena kemudahan yang ditawarkan. Tak perlu repot keluar rumah, Ni’amah bisa kulakan lewat ponsel dan pesanan bisa terselesaikan dengan cepat. Tak perlu repot keluar rumah, semua barang kebutuhan bisa langsung dipesan dengan cepat.

Dengan semangat #BeraniJadiLebih, Ni’amah juga semakin memperbanyak barang jualannya. Awalnya dia hanya menyetok produk paling laris seperti minuman sachet. Namun, kini dia juga berani melakukan stok lebih banyak pada barang-barang jualan lainnya seperti kopi sachet, air minum kemasan, hingga sabun mandi.

Rasakan Manfaat Gratis Ongkir

Toko kelontong toko ni'amah

Setahun menggunakan Aplikasi Super, Ni’amah mengakui keuntungan terbesar yang dia rasakan adalah layanan Gratis Ongkir. Dia merasa, fitur ini memberikan dampak besar karena dia tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk mengambil barang jualan.

Aplikasi Super sendiri memang memiliki layanan gratis ongkir kepada seluruh pelanggannya. Tak hanya bebas biaya, semua barang belanjaan Sedulur juga akan diantar akurat sampai depan rumah.

Untuk bisa mencapai kesuksesan, memang berbagai macam rintangan dan kegagalan harus siap dihadapi. Kisah perjuangan Toko Ni’amah pun menjadi contoh nyata bagaimana banyaknya masalah bukan penghalang untuk bisa mencapai kesuksesan dalam sebuah bisnis.

Aplikasi Super hadir untuk membantu pemilik toko agar lebih mudah kulakan kapan saja, di mana saja, sehingga toko bisa selalu buka dan makin untung! Dengan jangkauan Aplikasi Super yang sudah mencapai mencapai pelosok di lebih dari 40 kota di Jawa Timur dan Makassar, Aplikasi Super jadi pilihan tepat untuk kebutuhan kulakan. 

Jadi buruan download Aplikasi Super sekarang dan mulai bangun toko kelontong, warung, atau usahamu sendiri!