wisata bogor

Sedang mencari destinasi wisata Bogor yang sedang ramai dan Instagrammable? Coba simak ke-27 rekomendasinya di bawah ini, yuk Sedulur!

Tempat wisata Bogor paling populer dimana aja sih?

Ketika berkunjung ke Bogor, Jawa Barat, jangan lupa untuk menyempatkan waktu menyambangi beberapa lokasi wisata keren di bawah ini. Dijamin nggak nyesel, deh!

1. Gunung Pancar

Native Indonesia

Lokasi: KP Ciburial, Desa Karang Tengah, Kec Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Jam buka: 24 jam

-->

Tarif tiket: Rp5.000 (hari biasa), Rp7.500 (hari libur)

2. Air Terjun Bidadari

Campa Tour

Mau bermain air, berenang, sekaligus menikmati alam yang asri dan merasakan sejuknya mata air di wilayah Bogor? Air Terjun Bidadari bisa menjadi solusi yang pas buat Sedulur dan keluarga, nih!

Sesuai dengan namanya, Air Terjun Bidadari diibaratkan bak seorang bidadari cantik yang terbang menjulang tinggi, ketinggian puncak air terjunnya tersebut diperkirakan mencapai sekitar 75 meter.

Air yang melimpah tersebut berasal dari kawasan hutan lindung yang berada di sekitar Air Terjun Bidadari. Jadi, sudah bisa dibayangkan dong betapa sejuk dan dinginnya air asli tersebut. Lebih lanjut lagi, air tersebut dimanfaatkan untuk pembuatan berbagai macam wahana, seperti Wave Pool, kolam arus, serta Lazy Pool yang sangat cocok untuk anak-anak. Seru banget, ya Sedulur!

Lokasi: Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Jam buka: 06.00 – 17.00 WIB

Tarif tiket: Rp45.000

3. Curug 7 Cilember

Travel Kompas

Lokasi: Desa Jogjogan, Cisarua, Kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat

Jam buka: 06.00 – 18.00 WIB

Tarif tiket: Rp6.000

4. Kebun Raya Cibodas

Pinhome

Tidak lengkap rasanya ke Bogor tanpa mengunjungi Kebun Raya Cibodas. Kebun Raya Cibodas merupakan salah satu kawasan wisata kebanggaan masyarakat Bogor dan sekitarnya. Bagaimana tidak, Kebun Raya Cibodas menawarkan wisata alam dengan sungai berair jernih untuk tempat bermain para pengunjung. Selain bisa bermain air, Sedulur juga bisa berkeliling taman luas tersebut sembari menikmati suasana alam yang asri berkat flora yang terjaga.

Jangan lupa juga untuk melihat bagaimana lumut-lumut yang ada di Kebun Raya Cibodas, ya! Pasalnya, terdapat sekitar 216 jenis lumut yang berasal dari seluruh Indonesia, menjadikannya sebagai ikon dari Kebun Raya Cibodas.

Lokasi: Komplek Hutan Gunung Gede Pangrango, Jl. Kebun Raya Cibodas, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Jam buka: 08.00 – 16.00 WIB

Tarif tiket: Rp16.500

5. Kuntum Farmfield

Pinhome

Lokasi: Jl. Raya Tajur No. 291, Bogor, Jawa Barat

Jam buka: 08.00 – 18.00 WIB

Tarif tiket: Rp45.000 (hari kerja), Rp50.000 (akhir pekan dan hari libur nasional)

BACA JUGA: 20 Tempat Wisata Lamongan Terbaru Paling Hits 2023

6. Kampung Wisata Cinangneng

Native Indonesia

Wisata Bogor selanjutnya yang bisa Sedulur sambangi adalah Kampung Wisata Cinangneng. Kampung Wisata Cinangneng tersebut merupakan pelopor kampung wisata edukasi pertama di wilayah Bogor dan sekitarnya. Tidak heran, kawasan ini sangat sering dikunjungi berbagai wisata dari berbagai daerah bahkan luar negeri.

Kampung Wisata Cinangneng didirikan dan dikelola oleh Hester Basoeki, salah satu praktisi dunia pariwisata tanah air. Dirinya membuat kampung wisata ini dengan tujuan memperkenalkan kehidupan di desa khas Bogor yang sejuk, asri, dan tentunya sarat akan kegiatan sosial.

Lokasi: Jl. Babakan Kemang, Cihideung Udik, Ciampea, Bogor, Jawa Barat

Jam buka: 09.00 – 15.00 WIB

Tarif tiket: Rp20.000 – Rp625.000

7. Paralayang Bukit Gantole Puncak

Koran Jakarta

Lokasi: Jl. Raya Puncak KM 87, Bukit Paralayang, Kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat

Jam buka: 24 jam

Tarif tiket: Rp13.000 – Rp350.000

8. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya

Siapa sih yang tidak pernah dengar tempat wisata Bogor ini? Ya, Kebun Raya Bogor sudah dikenal luas menjadi lokasi primadona wisata di wilayah tersebut. Kebun Raya Bogor sendiri merupakan taman yang berlokasi di jantung kota Bogor. Ia dinobatkan menjadi kebun botani tertua di Asia Tenggara dan berada di bawah pengelolaan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) secara langsung.

Sesuai dengan deskripsi tadi, tentunya Kebun Raya Bogor memiliki hamparan rumput yang luas sekaligus trek lari dan bersepeda. Selain itu, koleksi flora di kebun raya ini sangat banyak jumlahnya. Seperti Taman Meksiko, salah satu bagian taman di dalam Kebun Raya Bogor, yang memiliki lebih dari 100 spesies tanaman kaktus.

Adanya Kebun Raya Bogor ini benar-benar menambah suasana hijau kota tersebut, menjadi tempat umum dimana masyarakat bisa dengan leluasa berolahraga, berwisata, maupun sekedar santa-santai bersama teman atau keluarga.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No. 13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

Jam buka: 08.00 WIB – 16.00 WIB

Tarif tiket: Rp16.500 – Rp26.500

9. Taman Safari Bogor

Travelspromo

Lokasi: Jl. Kapten Harun Kabir No. 724, Cibeureum, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Jam buka: 09.00 – 17.00 WIB

Tarif tiket: Rp250.000

10. Highland Park Resort

Tiket

Mencari lokasi glamping yang cantik dan elegan? Coba deh datang ke Highland Park Resort! Tempat wisata Bogor ini menyuguhkan pengalaman glamping yang tiada duanya, dengan konsep berkemah ala-ala hotel berbintang yang sedang nge-tren di kalangan masyarakat.

Highland Park Resort menjadi destinasi yang tepat untuk Sedulur dan keluarga yang ingin menikmati berbagai macam atraksi atau hiburan, namun malas keluar-keluar hotel. Apalagi banyak sekali wahana permainan yang dapat Sedulur coba di sini, mulai dari kolam renang, perosotan, karaoke, reflexology, futsal, hingga flying fox.

Setelah capek bermain seharian, baru deh Sedulur tidur nyenyak di kamar hotel berbintang dengan suasana tenda ala masyarakat Mongolia. Seru banget, ya!

Lokasi: Jl. Curug Nangka Sinarwangi, Sukajadi, Kec. Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Jam buka: 24 jam

Tarif tiket: Rp.1.400.000 per malam

BACA JUGA: 18 Warna Cat Eksterior Rumah, Jadi Tren di 2023!

11. Ranggon Hills Bogor

Travelspromo

Lokasi: Gunung Picung, Kec. Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB (hari kerja), 07.00 – 18.00 WIB (hari libur)

Tarif tiket: Rp10.000

12. Jembatan Gantung Bukit Halimun

TripCanvas Indonesia

Wisata Bogor yang satu ini menjadi salah satu lokasi yang paling Instagramable. Ya, apalagi kalau bukan Jembatan Gantung Bukit Halimun. Jembatan Gantung Bukit Halimun merupakan destinasi wisata yang harus Sedulur kunjungi ketika menyambangi Kota Hujan ini.

Dengan desain artistik jembatan yang begitu cantik, serta pemandangan latar belakang perbukitan dan gunung yang indah, pasti dijamin deh hasil jepretan Sedulur bakal terlihat bagus. Enaknya lagi, lokasi Jembatan Gantung Bukit Halimun juga sangat dekat dengan destinasi wisata lain, seperti air terjun, pemandian air panas, dan juga Kawasan Wisata Gunung Salak. Alhasil, Sedulur dapat mengunjungi beberapa lokasi sekaligus.

Lokasi: Jl. Raya Gunung Salak Endah, Gunung Bunder 2, Kec. Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Jam buka: 09.00 – 21.00 WIB

Tarif tiket: Rp10.000

13. Desa Wisata Malasari

Desa Wisata Tinalah

Lokasi: Jl. Karamat Banteng, RT 003/RW 012, Desa Malasari Kp. Karamat, Banteng, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Jam buka: 08.00 – 20.00 WIB

Tarif tiket: Rp12.500

14. Sungai Cisadane Bogor

wisata bogor
Highland Indonesia

Siapa nih di antara Sedulur yang suka kegiatan olahraga sekaligus wisata rafting? Nah, wisata Bogor pastinya punya tempatnya, dong! Ya, untuk rafting Sedulur bisa datang langsung ke Sungai Cisadane Bogor.

Di wilayah hulu Sungai Cisadane Bogor, airnya masih tergolong bersih dengan medan berbatu yang cukup menantang adrenalin. Pas banget kan buat dijadikan lokasi rafting! Rute dari wisata ini biasanya memakan jarak sekitar 7 km hingga 11 km panjangnya.

Sudah selesai bermain rafting? Jangan lupa datang ke lokasi memanah atau paintball, ya! Semua kegiatan seru tersebut bisa Sedulur lakukan di sekitar Sungai Cisadane Bogor.

Lokasi: Cimande, Caringin, Bogor, Jawa Barat

Jam buka: 07.00 – 00.00 WIB

Tarif tiket: Rp185.000 – Rp500.000

15. Little Venice

wisata bogor
Sentul City

Lokasi: Jl. Hanjawar, Desa Sukanagalih, Cipanas, Jawa Barat

Jam buka: 09.00 – 16.30 WIB (hari kerja), 08.00 – 18.00 WIB (hari libur)

Tarif tiket: Rp30.000

BACA JUGA: 17 Merk Handbody Pemutih Terbaik, Bikin Kulit Tampil Cerah!

16. Devoyage Bogor

wisata bogor
Travel Kompas

Mencari lokasi wisata Bogor yang cocok buat Sedulur dan keluarga? Devoyage Bogor jawabannya! Devoyage Bogor menawarkan wisata berfoto yang cantik, mulai dari replika Menara Eiffel hingga kincir angin raksasa seperti di Belanda sana.

Setelah puas mengambil foto, Sedulur juga bisa lho untuk menaiki wahana perahu sampan yang disediakan. Jadi lebih cepat dan nggak capek ketika mengelilingi kawasan Kampung Eropa di Devoyage Bogor.

Lokasi: Jl. Raya Boulevard CBD Bogor Nirwana Residence, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat

Jam buka: 09.00 – 18.00 WIB

Tarif tiket: Rp30.000 (hari kerja), Rp40.000 (hari libur)

17. Rumah Air Bogor Nirwana Residence

wisata bogor
Bogor Today

Lokasi: Jl. Bogor Nirwana Residence Boulevard CBD, RT01/RW06, Mulyaharja, Kec. Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat

Jam buka: 10.00 – 18.00 WIB

Tarif tiket: Gratis

18. Taman Ade Irma Suryani

wisata bogor
Dalila Salida

Taman Ade Irma Suryani, atau yang lebih dikenal luas dengan sebutan Taman Topi, merupakan sebuah lokasi pusat hiburan rakyat Bogor dan sekitarnya. Taman tersebut sendiri sudah berdiri selama puluhan tahun.

Setidaknya, terdapat sekitar 20 wahana permainan yang ada di dalam Taman Ade Irma Suryani. Beberapa dari wahana permainan tersebut adalah bumper car, perahu air, dan kuda poni. Lokasi dari Taman Ade Irma Suryani juga sangat strategis, lho Sedulur! Ia dapat diakses dengan berbagai moda transportasi umum, sehingga mudah untuk dijangkau. 

Lokasi: Karawang Kulon, Kec. Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat

Jam buka: 24 jam

Tarif tiket: Gratis

19. Taman Ekspresi Lapangan Sempur

wisata bogor
Tribun

Lokasi: Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

Jam buka: 24 jam

Tarif tiket: Gratis

20. Taman Bunga Nusantara

wisata bogor
Aneka Tempat Wisata

Pernah mendengar Taman Bunga Nusantara? Bagi Sedulur yang seorang pecinta bunga dan senang melihat koleksi bunga-bunga cantik, sepertinya wajib hukumnya untuk menyambangi lokasi wisata Bogor Taman Bunga Nusantara ini.

Di sini, Sedulur bisa menjumpai berbagai jenis bunga yang cantik serta tanaman pangkas yang dibentuk menjadi berbagai macam wujud. Mulai dari bentuk hewan kucing, dinosaurus, dan lain sebagainya. Jika sudah bosan berkeliling taman bunga seluas 35 hektar ini, Sedulur bisa berjalan-jalan di sekitar rumah kaca atau menggunakan kendaraan taman.

Lokasi: Jl. Mariwati KM 7, Desa Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat

Jam buka: 09.00 – 17.00 WIB

Tarif tiket: Rp50.000

BACA JUGA: 12 Tempat Nongkrong Paling Hits di Cibinong, Yuk Coba!

21. Curug Cibaliung

wisata bogor
Travelspromo

Lokasi: Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor, Jawa Barat

Jam buka: 24 jam

Tarif tiket: Rp15.000, parkir Rp5.000

22. Warso Farm

wisata bogor
Kementrian Keuangan

Buah durian dan buah naga merupakan buah-buahan favorit kebanyakan orang. Di Bogor, Sedulur bisa menjumpai agrowisata yang menawarkan kedua buah tersebut tanpa memandang musim, lho! Ya, Warso Farm adalah destinasi wisata Bogor yang harus Sedulur kunjungi untuk menjajal kelezatan buah durian dan buah naganya.

Didirikan sejak lebih dari 20 tahun silam, Warso Farm memiliki sekitar 1.500 pohon durian yang tumbuh subur di tanah seluas 15 hektar. Durian yang dipanen dari Warso Farm pun terdiri dari berbagai macam jenis, mulai dari durian Cane, Montong, Petruk, Simas hingga Matahari.

Untuk melengkapi buah durian, Warso Farm juga membudidayakan buah naga secara masif di atas lahan berukuran 8 hektar. Jadi, nikmatnya menjajal buah-buahan makin terasa, deh! Oh iya, nggak perlu khawatir soal tiket masuk. Pasalnya, untuk mengunjungi perkebunan ini Sedulur sama sekali tidak dikenakan biaya sepeserpun. Yuk, buruan!

Lokasi: Jl. K.H. Halimi, Cipelang, Kec. Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Jam buka: 07.00 – 17.00 WIB

Tarif tiket: Gratis

23. Curug Ciherang

wisata bogor
Travelspromo

Lokasi: Sirnajaya, Wargajaya, Kec. Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB (hari kerja), 24 jam (hari libur)

Tarif tiket: Rp5.000

24. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

wisata bogor
Travelspromo

Mencari tempat pemandian air panas alami di Bogor? Ada dong pastinya! Salah satu pemandian air panas alami yang terkenal di wilayah Bogor adalah Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng. Di lokasi ini, Sedulur bisa berendam di mata air panas alami bak berada di dalam sebuah infinity pool.

Air dari pemandian air panas ini mengandung belerang dan garam yang dipercaya baik untuk kesehatan sekaligus kecantikan kulit. Selain itu, terdapat juga kolam-kolam privat yang ditujukan untuk terapi, seperti terapi lintah dan fish pedicure. Bagi Sedulur yang membawa buah hait, bisa juga lho untuk mengajak mereka bermain di arena outbound dan wahana seru seperti becak mini dan perahu.

Lokasi: Jl. Raya Ciseeng, Bojong Indah, Kec. Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Jam buka: 07.00 – 17.00 WIB

Tarif tiket: Rp8.000 (anak-anak), Rp12.000 (dewasa)

25. Bukit Alesano

wisata bogor
Wisatainfo

Lokasi: Cijeruk, Kec. Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Jam buka: 24 jam

Tarif tiket: Sukarela

BACA JUGA: 40 Tempat Wisata Kediri Terbaru dan Paling Hits 2023

26. Leuwi Lieuk

wisata bogor
Mundo Maya

Wisata Bogor selanjutnya datang dari destinasi Leuwi Lieuk. Leuwi Lieuk sendiri disebut-sebut sebagai Green Canyon-nya Bogor. Bagaimana tidak, sungai hijau tampak begitu berliku dengan hiasan flora yang sangat asri.

Karena destinasi wisata ini masih baru, jadi wajar apabila untuk mencapai daerah Leuwi Lieuk agak sulit. Sedulur setidaknya harus berenang terlebih dahulu dari Leuwi Cepet, kemudian menyusuri jalanan setapak sekitar 5 menit lamanya. Tetapi, semua jerih payah tersebut akan terbayar ketika pemandangan sungai hijau sudah ada di depan mata.

Lokasi: Jl. Gunungwangun-Jonggol, Kampung Cibereum, Cibadak, Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Jam buka: 07.00 – 15.00 WIB (hari kerja), 07.00 – 17.00 WIB (hari libur)

Tarif tiket: Rp10.000

27. JungleLand Adventure Theme Park

wisata bogor
Travel Kompas

Lokasi: Kawasan Sentul Nirwana, Jl. Jungle Land No 1, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 

Jam buka: 10.00 – 18.00 WIB (hari kerja), 09.00 – 18.00 (hari libur)

Tarif tiket: Rp100.000 (hari kerja), Rp220.000 (hari libur)

Nah Sedulur, dari sekian banyak lokasi wisata Bogor, mana nih yang paling ingin dikunjungi? Semoga artikel ini dapat menjadi panduan liburan asyik Sedulur di Bogor, ya!