volume limas segi empat

Salah satu rumus yang dipelajari dalam matematika adalah rumus volume limas segi empat. Rumus ini juga merupakan salah satu rumus untuk menghitung ruang dan bangunan. Limas adalah salah satu bentuk dari ruang dan bangunan yang memiliki unsur dan ciri-cirinya.

Ciri dan jenis tersebut tentu saja mempengaruhi cara menghitung dan rumus yang digunakan. Dalam kesempatan kali ini, selain membahas rumus volume limas segi empat, kita akan membahas terlebih dahulu seperti apa bangun ruang limas itu sendiri. Tentunya agar memudahkan Sedulur untuk memahaminya.

BACA JUGA: Rumus Tinggi Kerucut Beserta Contoh Soalnya

Apa itu limas?

volume limas segi empat
Semut Aspal

Sebelum masuk ke pembahasan terkait rumus volume limas segi empat, Sedulur harus memahami apa itu limas terlebih dahulu. Dengan memahami limas, mempelajari rumus volume limas akan lebih mudah. Karena menghitung rumus limas segi empat, tidak terlepas dari membayangkan bentuk limas itu sendiri.

-->

Limas sendiri merupakan bentuk bangun ruang dengan bentuk seperti segitiga, bentuk tiga dimensi yang dikelilingi oleh las alas yang berbeda dan sisi tegak di bagian segitiganya. Contoh bangun ruang limas yang bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari adalah Piramida Giza. Bentuk limas juga biasa disebut dengan istilah piramida.

Rumus limas segi empat

Volume Limas Segi Empat

Setelah memahami apa itu limas, berikut ini adalah rumus volume limas segi empat yang bisa Sedulur pelajari. Perlu Sedulur ketahui, bahwa ciri-ciri volume limas segi empat adalah:

  • Memiliki lima bagian sisi, satu bagian alas yang berbentuk segiempat dan empat bagian sisi selimut yang berbentuk segitiga
  • Ada delapan bagian rusuk, yakni empat bagian rusuk alas dan empat bagian rusuk sisi selimut
  • Memiliki 5 buah titik sudut

Dengan memahami ciri-ciri di atas, Sedulur akan lebih mudah memahami rumus luas permukaan limas segi empat. Berikut ini adalah rumus luas limas segi empat yang bisa Sedulur pelajari:

  • Volume = (1/3) × Luas Alas × Tinggi
  • Volume = (1/3) × s² × t

Keterangan:

  • s = sisi persegi
  • t = tinggi limas

Contoh soal

volume limas segi empat
Sterlingteam

Contoh soal volume limas segi empat diperlukan, agar Sedulur mengetahui bagaimana menggunakan rumus luas alas limas segi empat dan bisa secara lengkap memahaminya. Berikut ini adalah contoh soal dari cara menghitung volume limas segi empat dengan rumus:

Berapa volume bangun ruang limas jika bagian alasnya berbentuk persegi dengan bagian sisi masing- masing adalah 10 cm dan tinggi limasnya adalah 18 cm?

Diketahui bahwa:

  • s = 10 cm
  • t = 18 cm

Mencari volume:

  • Volume = (1/3) × luas alas × t
  • Volume = (1/3) × 10² × 18
  • V = (1/3) × 1800
  • V = 600 cm³

Maka, berdasarkan perhitungan menggunakan rumus tinggi limas segi empat diatas, diketahui bahwa volume limas segi empat dari contoh soal di atas adalah 600 cm³.

BACA JUGA: Rumus Tinggi Kerucut Beserta Contoh Soalnya

Unsur-unsur limas

volume limas segi empat
Semut Aspal

Setelah mengetahui rumus dan cara menghitung limas persegi empat, Sedulur juga harus tahu apa saja unsur-unsur yang membentuk limas itu sendiri, yaitu:

  • Bidang sisi adalah sisi yang membatasi ruangan limas, yakni antara sisi alas dan sisi tegak
  • Rusuk adalah bagian garis yang perpotongannya diantara dua bidang sisi pada bangun ruang limas
  • Titik sudut limas adalah bagian pertemuan antara dua rusuk atau lebih pada bangun ruang limas
  • Titik puncak adalah titik pertemuan antara ujung sisi tegak limas yang saling bertemu
  • Tinggi limas adalah jarak antara titik puncak limas dengan bagian bidang sisi alasnya

Ciri-ciri limas

Kumparan

Selain mengetahui unsur-unsur limas, berikut ini juga adalah ciri-ciri limas yang akan melengkapi pemahaman Sedulur terkait volume limas segi empat:

  • Hanya memiliki satu titik puncak. Semua jenis bangun ruang limas hanya memiliki satu titik puncak saja.
  • Hanya memiliki satu bagian sisi alas. Semua jenis bangun ruang limas hanya memiliki satu bagian sisi alas dengan rumusan bentuk bangunnya adalah datar segi tiga, atau empat, atau lima, atau dan seterusnya.
  • Memiliki bentuk sisi tegak yang segitiga. Jumlah sisi tegak pada bangun ruang limas tergantung pada jumlah sisi alasnya atau bentuk alasnya.

Salah satu jenis dari limas sebagaimana yang telah dijelaskan di atas adalah bangunan piramida. Piramida dapat dibagi menjadi dua jenis berdasarkan bentuk bidang dasar dan posisi simpul terhadap bidang dasar, seperti berikut ini:

  • Limas Beraturan atau normal adalah bangun ruang limas yang bidang dasarnya adalah segi enam beraturan, berimpit dengan bidang titik-titik proyeksi dan pusatnya.
  • Limas sembarang adalah bangun ruang limas dengan basis sewenang-wenang dan simpul juga tidak beraturan atau sembarangan

Kini, berdasarkan penjelasan di atas, pemahaman Sedulur terkait limas seharusnya sudah sangat jelas dan komplit. Hal yang perlu Sedulur lakukan agar dapat menguasainya adalah dengan terus berlatih mengerjakan soal-soal dengan menggunakan rumus yang telah di bahas di atas. Dengan begitu, Sedulur akan lebih mahir lagi.

Nah, itulah tadi pembahasan terkait volume limas segi empat. Semoga pembahasan di atas bisa menambah wawasan Sedulur, terutama dalam urusan hitung-menghitung bangun ruang, seperti bangun ruang limas segi empat.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.