Perkenalan adalah salah satu hal yang penting dalam membuka sebuah percakapan dengan orang yang baru dikenal. Biasanya, dalam suatu acara khusus seperti wawancara atau bertemu rekan bisnis, kita diharuskan untuk perkenalan diri dalam bahasa Inggris. Nah, isi dari kalimat utamanya adalah nama, umur, tempat tinggal, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, melakukan perkenalan diri dalam bahasa Inggris hampir sama dengan bahasa Indonesia. Hanya saja, yang menjadi perbedaannya adalah bahasa dan pengucapannya. Sedangkan, isi dan intinya itu sama. Apabila melakukannya dengan baik, tentu kesan yang diberikan kepada lawan bicara akan baik pula.

Lalu, bagaimana cara perkenalan diri dalam bahasa Inggris yang baik dan tidak berbelit-belit? Simak contoh beserta tipsnya berikut ini, ya!

BACA JUGA: 12 Cara Perkenalan Diri saat Interview beserta Contohnya

-->

1. Mengawali perkenalan dengan salam dan sapaan

perkenalan diri dalam bahasa inggris
Luminous

Sama dengan memperkenalkan diri dalam bahasa Indonesia, Sedulur perlu menyampaikan salam dan sapaan untuk lawan bicara. Selain untuk sopan santun, mengawalinya dengan salam dan sapaan juga bermaksud sebagai interaksi sosial. Contoh yang bisa digunakan untuk mengawali perkenalan diri dalam bahasa Inggris adalah sebagai berikut.

  • Hi (Hai)
  • Hello (Halo)
  • Hi everybody (Hai semua)
  • Hello my friends (Halo, teman-temanku)
  • Hi, everyone. Good afternoon. (Hai semuanya. Selamat siang)
  • Hello everybody. Good evening. (Halo semuanya. Selamat sore)
  • Good Morning/Good Afternoon/Good Evening (Selamat Pagi/Selamat Siang/Selamat Sore)

2. Sampaikan maksud untuk memulai percakapan

perkenalan diri dalam bahasa inggris
Masagipedia

Setelah mengawalinya dengan sapaan, selanjutnya adalah menyampaikan maksud untuk membuka sebuah percakapan. Umumnya, langkah yang satu ini bisa dilakukan ketika momen formal seperti rapat dengan rekan bisnis dan lain sebagainya. Berikut adalah contoh kalimatnya.

  • Let me introduce myself (Izinkan saya untuk memperkenalkan diri saya)
  • Allow me to introduce myself (Izinkan saya memperkenalkan diri saya)
  • I would like to introduce myself (Saya ingin memperkenalkan diri saya)
  • I’m right here to introduce myself (Saya di sini untuk memperkenalkan diri saya)

3. Mulailah untuk memperkenalkan diri

perkenalan diri dalam bahasa inggris
Paragram

Jika sudah menyampaikan maksud dan tujuan untuk membuka sebuah percakapan, selanjutnya adalah memulai memperkenalkan diri sendiri. Dalam sebuah perkenalan, biasanya identitas yang diungkapkan berisi tentang nama, alamat tempat tinggal, sampai hobi dan kesukaan. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa dalam sebuah perkenalan diri juga terdapat percakapan mengenai anggota keluarga secara singkat. Contohnya bisa dilihat berikut ini.

Untuk menyatakan nama

  • I’m… (Saya…)
  • My name is… (Namaku adalah…)
  • Just call me… (Panggil saja aku… )
  • You can call me… (Kamu bisa memanggilku… )
  • My full name is… (Nama lengkapku adalah…)

Untuk menyatakan alamat tempat tinggal

  • I live in…. (Aku tinggal di…)
  • I come from…. (Saya datang dari….)
  • I was born in…. (Saya lahir di….)
  • My address is… (Alamatku berada di….)

Untuk menyatakan kesukaan atau hobi

  • I like to play badminton (Saya suka bermain Badminton)
  • I like to go to concerts (Saya suka pergi ke konser)
  • I like NCT Dream (Saya suka NCT Dream)
  • My favorite drink is iced tea (Minuman kesukaan saya adalah es teh)
  • My favorite color is yellow (Warna kesukaan saya adalah kuning)
  • I like to watch Thailand Series every day (Saya suka menonton serial Thailand setiap hari)
  • I study at Yogya Intercultural School (Saya sekolah di Yogya Intercultural School)
  • My favorite food is Rawon (Makanan kesukaan saya adalah rawon)

Untuk menyatakan anggota keluarga

  • I have two sisters (Saya memiliki dua adik)
  • My brother’s name is Mark (Nama kakak laki-laki saya adalah Mark)
  • My grandparents have two sons (Kakek saya memiliki dua anak laki-laki)
  • My father’s name is Mr. Horvejkul (Nama ayah saya adalah Pak Horvejkul)
  • I have ten brothers and two sisters (Saya mempunyai sepuluh saudara laki-laki dan dua saudara perempuan)

BACA JUGA: 25 Pertanyaan Interview Kerja & Tips agar Sukses Menjawabnya

4. Menyampaikan kalimat penutup

perkenalan diri dalam bahasa inggris
Paragram

Menyampaikan kalimat penutup bisa menjadi akhiran yang tepat pada perkenalan diri dalam bahasa Inggris singkat. Jangan lupa untuk selalu menambahkan ucapan rasa terima kasih supaya semakin berkesan. Contohnya bisa diketahui seperti berikut.

  • Thank you very much (Terima kasih banyak)
  • Nice to meet you (Senang bertemu denganmu)
  • Glad to see you (Senang bertemu dengan kamu)
  • Pleased to meet you (Senang bertemu dengan kamu)
  • It is a pleasure to meet you (Senang bertemu dengan kamu)
  • Thank you for your attention (Terima kasih atas perhatian Anda)
  • This is the end of my self-introduction (Ini adalah akhir dari perkenalan diri saya)

5. Jangan lupa untuk melakukan eye contact dan gesture yang ramah

perkenalan diri dalam bahasa inggris
Pintaria

Baik menyampaikan perkenalan diri untuk mahasiswa maupun yang sudah bekerja, jangan lupa selalu melakukan kontak mata dan gestur yang ramah. Hal ini merupakan salah satu faktor yang bisa membuatnya semakin keren dan berkesan. Dalam hal ini, tunjukkan sikap yang baik dengan cara kontak mata kepada lawan bicara serta diimbangi dengan gestur sewajarnya.

Contohnya adalah ketika sedang berkenalan dengan cara tatap muka, maka pertama jangan lupa berdiri, lalu tatap mata lawan bicara, kemudian lemparkan senyum yang terbaik. Sedangkan, jika sedang melakukan wawancara dan diharuskan untuk memperkenalkan diri secara daring, maka usahakan untuk membuka kamera dan berikan senyum hangat untuk para lawan bicara yang turut hadir. Walaupun terkesan sederhana, namun hal ini akan membuat Sedulur terlihat sopan.

Contoh perkenalan diri menggunakan bahasa Inggris

perkenalan diri dalam bahasa inggris
Professional Image

Setelah mengetahui langkah-langkah untuk perkenalan dalam bahasa Inggris, selanjutnya adalah memahami berbagai contoh yang bisa dijadikan acuan. Berikut adalah rangkuman beberapa contohnya beserta terjemahan dalam bahasa Indonesia.

BACA JUGA: Apa itu Walk in Interview: Pengertian, Persiapan & Tipsnya

1. Perkenalan diri menyampaikan informasi pribadi

perkenalan diri dalam bahasa inggris
Study Bahasa Inggris

Good morning, everyone.

In this opportunity, allow me to introduce myself. My name is Putri Ayluna. I am the eldest child in my family, and I have 2 siblings. I was born in Kertosono, August 21, 1999. Now, I live at Riang Gembira, number 66, Kertosono.

I love to play instruments, especially guitar. I have been playing guitar since 2rd grade. Currently, I have composed 19 songs and I have a dream to create a music group. Also, I want to stand on the same stage as Maroon 5. I hope my dream can be achieved.

My father worked in a well-known contracting company and my mother worked in a digital agency. That’s all I can say about this introduction. Thank you for your attention.

Terjemahannya dalam bahasa Indonesia

Selamat pagi, semuanya.

Pada kesempatan kali ini, izinkanlah saya untuk memperkenalkan diri. Nama saya Putri Ayluna. Saya merupakan anak pertama dikeluarga saya dan memiliki 2 saudara kandung. Saya lahir di Kertosono, 21 Agustus 1999. Sekarang, saya tinggal di Jalan Riang Gembira No. 66, Kertosono.

Saya suka bermain berbagai alat musik, terutama gitar. Saya sudah bermain gitar sejak kelas 2 SD. Sekarang, saya sudah menciptakan 19 buah lagu dan saya mempunyai impian untuk membuat sebuah grup musik. Saya juga ingin berdiri di satu panggung yang sama dengan Maroon 5. Semoga cita-cita saya dapat tercapai.

Ayah saya bekerja di sebuah perusahaan kontraktor ternama dan ibu saya bekerja di agensi digital. Itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai perkenalan ini. Terima kasih atas perhatiannya.

2. Perkenalan diri dalam bahasa Inggris untuk mahasiswa

Wall Street English

Good morning, friends.

Let me introduce myself. My name is Pangeran and I’m from Depok. I’m a college student at Ahmad Yani University. Now, I study at the Korean Department.

Since high school, I have liked Korean subjects so here I am. Usually I spend my time reading a book novel or singing a song. About my dream, I want to be a writer or Korean Idol. I think that was enough for my introduction. Nice to meet you all!

Terjemahan bahasa Indonesia

Selamat pagi, semua!

Izinkan saya untuk memperkenalkan diri. Nama saya Pangeran dan saya berasal dari Depok. Saya merupakan seorang mahasiswa di Universitas Ahmad Yani. Saat ini, saya berkuliah di jurusan Bahasa Korea.

Sejak SMA, saya suka mata pelajaran Bahasa Korea, jadi itulah yang menjadikan saya masuk di jurusan ini. Biasanya, saya menghabiskan waktu untuk membaca novel atau menyanyikan lagu. Keinginan saya adalah bisa menjadi seorang penulis atau idola Korea. Itu saja yang bisa saya sampaikan. Senang bertemu dengan kalian!

3. Perkenalan diri dalam bahasa Inggris di depan kelas sebagai murid baru

Hai Bunda

Good morning, everyone!

My name is Natalia. I am a new student at this school. I was born in Surabaya, December 25th, 1994. My hobbies are reading and writing. If there is a competition, I would like to take part as long as it relates to the world of authorship. It was my first step to achieve my goal of becoming a famous novelist. That’s all that I can tell about myself. Thank you so much.

Terjemahan bahasa Indonesia

Selamat pagi, semua!

Nama saya Natalia. Saya lahir di Surabaya, 25 Desember 1994. Saya adalah murid baru di sekolah ini. Hobi saya adalah membaca dan menulis. Jika ada perlombaan, saya akan mencoba untuk mengikuti lomba tersebut asalkan berkaitan dengan dunia kepenulisan. Itu merupakan langkah awal saya untuk bisa mencapai cita-cita, yaitu menjadi penulis novel terkenal. Sekian perkenalan yang dapat disampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Terima kasih banyak.

BACA JUGA: 12 Cara Perkenalan Diri saat Interview beserta Contohnya

4. Contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris secara formal untuk karyawan baru

Unsplash

Good afternoon!

My name is Mario. I’m a new employee here. Previously, I had worked in different reputable companies in Indonesia. So, I will do my best for this company so that it can make more progress and get higher profits. That’s a simple introduction. I hope we can work together as a team. Thank you for your attention.

Terjemahan bahasa Indonesia

Selamat siang!

Nama saya Mario. Saya adalah seorang pegawai baru di sini. Sebelumnya, saya sudah pernah bekerja di perusahaan ternama di Indonesia. Jadi, saya akan melakukan yang terbaik supaya perusahaan ini bisa semakin maju dan mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi lagi. Itulah kira-kira perkenalan sederhana yang bisa saya lakukan. Saya harap kita dapat bekerja sama sebagai sebuah tim. Terima kasih atas perhatiannya.

5. Perkenalan diri dengan menambahkan hobi

Lifepal

Good morning, friends!

On this occasion, allow me to introduce myself. My name is Maria. I am 18 years old and live in East Java. For now, I study at SMA N 3 Surabaya. My favorite food is spaghetti, while my favorite drink is americano. As for hobby, I really like to go to the beach. I like to spend my vacation on the beach with my friends. Well, I think that’s all about me. Thank you very much.

Terjemahan bahasa Indonesia

Selamat pagi, teman-teman!

Pada kesempatan kali ini, izinkan saya untuk memperkenalkan diri saya. Nama saya adalah Maria. Saya berusia 18 tahun dan tinggal di Jawa Timur. Untuk sekarang ini, saya bersekolah di SMA N 3 Surabaya. Makanan favorit saya adalah spageti, sementara minuman favorit yang paling saya sukai adalah amerikano. Soal hobi, saya sangat suka pergi ke pantai. Saya suka menghabiskan liburan di pantai bersama teman-teman. Baiklah, saya rasa cukup untuk informasi mengenai saya. Terima kasih banyak.

6. Perkenalan diri ketika akan memulai presentasi

Unsplash

Good morning.

My name is Diba, and I’m the Vice President of the Finance Department in PT Cemal Cemil. I’ve always been passionate about finding smart ways to save money. I believe establishing money management strategies as early as possible is the key to securing the future. I began using these strategies myself as I was working through college, and I now have over $20 million in my retirement fund. That amount is growing every day, and I’m here to teach you how to set up an account like that, too. 

Terjemahan bahasa Indonesia

Selamat pagi. 

Nama saya Diba dan saya adalah Wakil Presiden Administrasi dan Keuangan di PT Cemal Cemil. Saya merupakan sosok yang selalu bersemangat dalam menemukan cara cerdas untuk menghemat uang. Saya percaya jika menetapkan strategi pengelolaan uang sedini mungkin merupakan kunci untuk mengamankan masa depan Anda. Saya mulai menggunakan strategi ini sendiri ketika saya bekerja di perguruan tinggi, dan sekarang saya memiliki lebih dari $20 juta dalam dana pensiun saya. Jumlah itu bertambah setiap hari, dan saya di sini untuk mengajari Anda cara membuat akun seperti itu juga.

BACA JUGA: 15 Cara Menjawab Pertanyaan Interview Kerja yang Menjebak

7. Perkenalan diri sebagai tetangga baru

Kamus Mufradat

Hello, Mr. Pond!

Please let me introduce myself. I’m Phuwin. I live next to your house. I’m a son of Mr. Suppasit. I just got home from college so I didn’t get to introduce myself when I first moved in. It’s a pleasure to meet you!

Terjemahan bahasa Indonesia

Halo, Pak Pond!

Tolong izinkan saya untuk memperkenalkan diri. Saya Phuwin. Saya tinggal di sebelah rumah Anda. Saya anak dari Pak Suppasit. Saya baru saja pulang dari kuliah jadi tidak bisa ikut memperkenalkan diri ketika pertama pindah. Senang bertemu dengan Anda!

8. Perkenalan diri dan menjelaskan kesibukan baru

Cerah

Good afternoon, people!

Please allow me to introduce myself. My name is Drake. I am 23 years old. My parents live in Sidoarjo, but I am in Semarang. I work as an Indonesian Teacher in Ruangkepsek.

Right now, I am creating a tutorial video for Bahasa Indonesia subject material. The viewers of my tutorial video usually are high school students. So, if you want to watch and learn with my tutorial video, you can find me in Ruangkepsek application.

Terjemahan bahasa Indonesia

Selamat sore, semua!

Izinkan saya untuk memperkenalkan diri saya. Nama saya adalah Drake. Saya berusia 23 tahun. Orang tua saya tinggal di Sidoarjo, namun saya tinggal di Semarang. Saat ini, saya bekerja sebagai guru Bahasa Indonesia di Ruangkepsek.

Sekarang, saya menciptakan video pembelajaran untuk materi mata pelajaran Bahasa Indonesia. Para penonton video tersebut adalah siswa kelas menengah. Apabila kamu ingin menonton dan belajar menggunakan video pembelajaran ini, maka bisa menemukannya di aplikasi Ruangkepsek.

9. Perkenalan diri dengan saling membalas obrolan

Karirpad

Mariah: May I introduce myself? My name is Mariah.
Whitney: Pleased to meet you.
Mariah: Pleased to meet you, too.

Terjemahan bahasa Indonesia

Mariah: Bolehkah saya memperkenalkan diri saya? Nama saya adalah Mariah. 
Whitney: Senang bertemu dengan Anda.
Mariah: Senang bertemu dengan Anda juga.

BACA JUGA: 30+ Pertanyaan Interview Kerja dan Cara Terbaik Menjawabnya!

10. Perkenalan diri yang diakhiri dengan ajakan

Medium

Good afternoon. I would like to introduce myself. My name is Frank Thanatsaran and you can call me Frank. I am from Thailand and I came to this city because I want to study at one of the famous universities in this country.

Now, I live alone in a boarding house. My parents are still in Bangkok. I was born in Chiang Mai, December 25nd, 1996. I have many hobbies, one of them is watching series. Yes, I really like to watch series. So, if one of you has the same interest as me, I hope that we can watch the series together. I think that’s an introduction from me. Nice to meet you all. Thanks.

Terjemahan bahasa Indonesia

Selamat siang semuanya. Saya ingin memperkenalkan diri. Nama saya Frank Thanatsaran dan Anda semua bisa memanggil saya Frank. Saya berasal dari Thailand dan saya merantau ke kota ini karena saya ingin belajar di salah satu universitas ternama di negeri ini.

Sekarang, saya tinggal sendirian di kos. Orang tua saya tentunya masih tetap tinggal di Thailand. Saya lahir di Chiang Mai, 25 Desember 1996. Saya mempunyai banyak hobi, yang mana salah satunya adalah menonton serial. Ya, saya sangat suka sekali menonton serial. Jadi, jika di antara teman-teman semua juga ada memiliki hobi sama, saya harap kita bisa menonton serial bersama. Kira-kira itu saja perkenalan dari saya, ya. Senang berkenalan dengan kalian semua. Terima kasih.

11. Perkenalan diri singkat

Medium

Hi, everyone!

First of all, let me introduce myself. My name is Majapahit, but you can call me Ahit. I was born in Semarang on January 4th 1992. I used to live in Yogyakarta, but now I live in Semarang because I continue my study in Diponegoro University.

I think that was enough for the introduction. Thank you for your attention.

Terjemahan bahasa Indonesia

Hai semua!

Pertama-tama, izinkan saya untuk memperkenalkan diri. Nama saya Majapahit, tapi kalian semua bisa memanggil saya Ahit. Saya lahir di Semarang pada 4 Januari 1992. Saya pernah tinggal di Yogyakarta, namun sekarang saya tinggal di Semarang karena saya melanjutkan sekolah di Universitas Diponegoro. Saya pikir itu cukup untuk perkenalannya. Terima kasih atas perhatiannya.

12. Perkenalan diri dalam bahasa Inggris untuk interview

perkenalan diri dalam bahasa inggris
Rejeki Nomplok

Good morning!

My name is Haris. I am 25 years old. I’m a fresh graduate. I’ve done my bachelor’s degree in English Literature from Universitas Majapahit. I applied for this job as administration staff because I believe that I’m proper for this job. 

I have some certificates about Microsoft Word, SPSS, Microsoft Excel, and many more. I also have good communication skills and are fluent in English, Indonesian, and Korean. Thank you for your attention.

Terjemahan bahasa Indonesia

Selamat pagi!

Nama saya Haris. Saya berusia 25 tahun. Saya merupakan lulusan baru. Saya telah menyelesaikan program sarjana Sastra Inggris dari Universitas Majapahit. Saya melamar untuk pekerjaan ini sebagai staf administrasi karena saya percaya bahwa saya layak untuk pekerjaan ini. 

Saya memiliki beberapa sertifikat mengenai Microsoft Word, SPSS, Microsoft Excel, dan masih banyak lagi. Saya juga mampu berkomunikasi dengan baik dan fasih dalam bahasa Inggris, Indonesia, dan Korea. Terima kasih atas perhatiannya.

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai tips perkenalan diri dalam bahasa Inggris beserta contoh-contohnya sesuai dengan kondisi dan keadaan. Supaya lebih lancar, jangan lupa untuk selalu melatih diri cara berbicara dengan kaca atau bisa dengan lawan bicara teman. Dengan berlatih terus-menerus, itu bisa membantu Sedulur untuk lebih percaya diri. Semoga bermanfaat!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!