arti caption

Sedulur mungkin telah akrab dengan istilah caption, namun bagaimana dengan arti caption? Caption sendiri seringkali kita jumpai ketika hendak membuat status di sosial media. Berupa serangkaian kalimat yang menyampaikan informasi terkait gambar atau kondisi tertentu.

Itu adalah pengertian dari caption yang kita pahami, namun sebenarnya arti caption dalam bahasa Inggris bisa bermakna luas bukan hanya sebatas pengertian yang kita pahami. Untuk menambah informasi Sedulur terkait caption, mari langsung saja kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Cara Download Instagram for PC dan Cara Menggunakannya

Pengertian caption text

arti caption
Unsplash

Caption text adalah sebuah rangkaian kata yang membentuk kalimat yang digunakan untuk melengkapi suatu foto atau gambar. Caption juga hadir sebagai keterangan pelengkap dan biasanya berada di bawah gambar, foto, grafik, poster bahkan tabel. Tujuannya jelas, untuk memberikan informasi tambahan yang tidak disampaikan dalam subjek gambar, foto, grafik, poster dan tabel.

-->

Setidaknya, itu merupakan arti caption text bahasa Inggris dan begitu pula dalam bahasa Indonesia. Tujuan lainnya dari caption adalah untuk memberikan deskripsi tambahan apa yang tidak terlihat dalam gambar dan foto. Caption biasanya juga digunakan sebagai penekanan suatu konten artikel, esai atau laporan.

Jenis-jenis dan contoh caption

Telset

Setelah mengetahui pengertian dan arti dari caption di atas, kita jadi mengetahui bahwa padanan kata caption dalam Bahasa Indonesia adalah takarir. Namun, takarir sendiri jarang digunakan karena merupakan kata baku dan tidak begitu akrab di telinga kita.

Lanjut ke pembahasan berikutnya, bahwa terdapat beberapa jenis dari caption dalam bahasa Inggris yang biasa digunakan. Jenis-jenis tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Identification: caption text jenis ini biasanya digunakan untuk menjelaskan atau mengidentifikasikan setiap orang yang berada di dalam foto, namun tidak menjelaskan sebuah cerita.
  2. Group Caption: biasanya digunakan untuk menjelaskan banyak gambar.
  3. Story-Telling Caption: jenis caption yang ideal dan bisa digunakan kapan saja jika memungkinkan. Caption jenis ini akan menceritakan sebuah cerita dibalik gambar yang ada.
  4. Summary: biasanya berisi penjelasan subjek yang ada di gambar, kegiatan yang dilakukan di dalam gambar tersebut, waktu kejadian, lokasi kejadian dan alasan mengapa kegiatan tersebut dilakukan.
  5. Quote: berisi kutipan kalimat atau pernyataan dari seseorang yang ada di dalam gambar.
  6. Cutline: Sering ditemukan dalam tulisan yang tertera pada koran dan media baik media offline ataupun online. Caption cutline menjelaskan subjek yang ada di gambar dan apa yang sedang dilakukan oleh subjek.
  7. Expanded: jenis caption yang paling lengkap informasinya.

Berikut ini beberapa contoh caption yang mungkin bisa jadi inspirasi Sedulur, terutama bagi Sedulur yang ingin membuat caption dalam bahasa Inggris:

  • Enjoy at least one sunset per day!” – (Nikmati setidaknya satu matahari terbenam per hari!)
  • My bed is a magical place where I suddenly forget everything that I need to do.” (Tempat tidurku adalah tempat yang ajaib dimana tiba-tiba aku lupa semua apa yang harus kulakukan.)
  • I don’t care what people think of me. Mosquitos find me attractive!” (Aku tak peduli apa yang orang pikirkan tentangku. Nyamuk menganggapku menarik!)
  • If there would be an award for being lazy, I would send someone to pick it up for me.” (Jika ada penghargaan untuk seseorang yang malas, aku akan suruh orang lain untuk mengambilnya untukku.)
  • End of Thinking Capacity.” (Akhir dari kapasitas berpikir.)

Untuk lebih memahami jenisnya, tentu Sedulur perlu membaca langsung contoh caption text beserta gambar. Namun, jika Sedulur ingin lebih mudah menguasainya, Sedulur bisa membuatnya langsung. Setelah Sedulur mengetahui jenis caption text di atas, lantas bagaimana cara membuat caption yang baik dan benar? Berikut ini adalah panduan yang bisa Sedulur ikuti:

1. Akurasi

arti caption
Unsplash

Setelah mengatahui arti caption, saat membuatnya Sedulur harus memperhatikan akurasi. Mengetahui akurasi syaratnya sederhana, Sedulur harus tahu ingin menyampaikan apa, dan jangan sekali-kali menuliskan hal yang berkaitan dengan suasana hati, karena hal tersebut dapat menimbulkan subjektifitas.

Meskipun menuliskan suasana hati bukan hal yang dilarang dalam menulis caption, maka dari itu penting untuk mengetahui tujuan dari penulisan itu sendiri. Jangan lupa juga memperhatikan subjek, objek dan predikat dalam caption. Agar akurasi kalimat menjadi lebih jelas.

2. Jangan terlalu nyata

Unsplash

Dalam setiap contoh caption yang baik, kita hampir tidak pernah menemukan ungkapan yang menjelaskan sebuah peristiwa secara nyata. Karena caption berfungsi untuk memperjelas apa yang disampaikan gambar, ungkapan yang jelas terkait peristiwa dan kegiatan tidak perlu dituliskan secara nyata.

Cukup menyampaikan apa yang tidak terlihat dalam gambar sebagai bagian dari informasi yang mendukung atau juga sebagai background story dari sebuah gambar.

3. Hindari klise

arti caption
Unsplash

Dalam caption text bagian ini yang paling sulit, menghindari kalimat yang klise. Hindari kata-kata klise atau kata-kata yang basi. Hindari menggunakan kata-kata yang menggambarkan tindakan dengan perasaan, seperti gembira, bersuka cita, melompat dengan gembira, bertepuk tangan dengan gembira, dan lain-lain.

4. Gaya bahasa

Tirto.id

Caption yang baik adalah serangkaian bahasa dengan menggunakan gaya yang menarik. Untuk sebuah konten, caption apat digunakan untuk lebih menarik perhatian pelanggan ketika hendak membeli sebuah produk maupun jasa. Oleh sebab itu, dalam membuat caption text yang baik dapat mengasah kemampuan copywriting yang Sedulur miliki terlebih dahulu agar iklan yang ditampilkan lebih menarik.

Untuk bisa mencapai hal tersebut, gaya bahan menjadi sebuah hal yang penting. Karena yang menentukan audiens tertarik pada caption kita adalah gaya bahasa dan gaya bertutur yang kita sampaikan dalam caption.

BACA JUGA: 8 Cara Download Video Facebook Tanpa Aplikasi Mudah & Cepat

Caption dalam media sosial

arti caption
Computer World

Arti caption kita ketahui dengan mudah setelah kita sering menemuinya saat memainkan media sosial, seperti Whatsapp, Facebook, Instagram, Twitter dan media sosial lainnya. Bahkan kita sering melihat sebuah postingan yang hanya menggunakan caption berisikan no caption needed.

No caption artinya tidak membutuhkan caption. Ketika seseorang membuat gambar dan foto dengan no caption needed artinya mereka ingin menyampaikan bahwa tidak ada keterangan lebih dari gambar yang diposting. Tapi, kendati demikian, no caption needed pun merupakan sebuah caption itu sendiri.

Kendati arti caption memiliki penjelasan yang sama, namun biasanya di setiap media sosial caption memiliki kedudukan yang berbeda. Berikut ini beberapa pengertian caption dalam setiap media sosial:

1. Caption dalam Whatsapp

arti caption
Tribun Style

Sebelumnya kita tidak menemukan arti caption dalam Whatsapp, karena awalnya Whatsapp hanya sekedar media berbagi pesan saja. Namun dalam 3 tahun terakhir, Whatsapp memperbaharui fiturnya dan membuat sebuah fitur baru yaitu status yang bisa dibagikan. Hal ini membuat whatsapp bertransformasi.

Sejak saat itu, banyak caption yang digunakan di Whatsapp dan digunakan untuk memberikan keterangan dari sebuah gambar atau video yang kita bagikan. Maka dari itu, sifat caption merupakan sebuah keterangan denga keterbatasan jumlah kata yang bisa digunakan.

2. Caption dalam Instagram

arti caption
Qazwa

Selanjutnya adalah arti caption dalam Instagram, tidak jauh berbeda dengan pengertian dari caption itu sendiri. Instagram merupakan media sosial yang berbasis berbagi gambar. Karena gambar tidak bisa berbicara banyak, oleh karena itu caption dibutuhkan untuk melengkapi gambar yang diunggah di Instagram. Instagram memberikan keleluasaan yang lebih dalam membuat caption dibandingkan Whatsapp.

3. Caption dalam Facebook

Unbox Social

Tidak berlebihan jika kita mengetahui arti caption dari media sosial satu ini. Sebelum ada media sosial lain, Facebook hadir dan membuat kita terhubung secara daring dengan berbagai macam jenis manusia dari berbagai belahan dunia. Kita sering membagikan gambar dan kegiatan melalui status dalam dinding Facebook kita.

Proses membagikan status tersebut biasanya membutuhkan caption, baik hanya berupa teks atau dilengkapi dengan gambar dan video. Berawal dari media sosial satu ini, kita menjadi lebih akrab dengan istlah caption dan sejak saat itu mungkin kita telah mencari tahu sendiri apa arti caption tersebut.

Itulah penjelasan lengkap terkait arti caption dan konteks penggunaannya di media sosial. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Sedulur untuk lebih paham dan lebih bijak lagi dalam membuat caption. Karena dalam dunia media sosial di Indonesia saat ini, kita tengah memasuki masa krisis membuat caption secara bijak.

Banyak netizen Indonesia secara serampangan membuat caption tanpa memahami apa yang mereka sampaikan di dalammnya. Hal tersebut mirisnya seringkali menimbulkan keributan yang bahkan dampaknya tidak dapat dibayangkan sebelumnya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.