Setelah memakai make-up seharian, tentunya kita harus membersihkan wajah. Karena, jika tidak dibersihkan akan menimbulkan berbagai permasalahan pada kulit seperti timbulnya jerawat, iritasi, bahkan akan menimbulkan reaksi alergi. Maka dari itu, penting sekali untuk Sedulur membersihkan wajah setelah memakai riasan sepanjang waktu.Salah satu cara untuk membersihkan make-up dan kotoran yang menempel di wajah adalah dengan menggunakan micellar water.

Apa itu micellar water? Campuran partikel micelles atau bisa disebut molekul minyak pembersih adalah salah satu kandungan utama dari micellar water yang berfungsi membersihkan kotoran di wajah. Pembersih wajah ini tidak menimbulkan rasa lengket sehingga Sedulur tidak perlu membilasnya setelah memakai, karena ada partikel micelles yang bentuknya mikro. Untuk membantu Sedulur menentukan pilihan, simak rekomendasi micellar water terbaik di bawah ini beserta penjelasannya, yuk.

BACA JUGA: 20+ Merk Serum Wajah Paling Ampuh Bikin Kulit Putih Berkilau!

1. Garnier Micellar Water Cleansing

tokopedia

Produk rekomendasi yang pertama adalah micellar water dari Garnier. Produk pembersih wajah ini tersedia dalam 3 variasi, diantaranya adalah warna pink untuk kulit sensitif, warna biru untuk kulit berminyak, dan biphase oil infused untuk makeup waterproof. Produk ini memiliki klaim non perfumed, jadi cocok untuk digunakan kulit sensitif. Kandungan micellar dalam produk ini berfungsi seperti magnet yang mengangkat sisa makeup hingga bersih dan ekstrak minyak argannya mampu menutrisi wajah serta merawatnya. Produk yang juga tersedia dalam ukuran travel friendly ini mempunyai kisaran harga sekitar 13-80ribuan, tergantung ukuran kemasan.

-->

2. Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water

Florent Beauty

Produk micellar water wardah yang satu ini diperkaya ekstrak mentimun dan rumput laut, sesuai dengan namanya, yang berfungsi mencegah timbulnya flek hitam, memudarkan bekas jerawat, dan bisa menenangkan kulit. Selain itu, dengan formulasi bahan aktif dari minyak zaitun, produk ini diklaim mampu membersihkan sisa make-up dan kotoran dengan lembut dan tidak menyumbat pori-pori di wajah. Wardah Seaweed Cleansing ini juga menggunakan kandungan Multi Action Formula yang mampu menjaga kulit tetap lembab dan tidak menimbulkan rasa berminyak setelah diaplikasikan. Produk ini juga memiliki klaim no alcohol, no fragrance, and no paraben, sehingga aman untuk digunakan semua jenis kulit. Harga dari produk lokal ini sekitar 30 ribuan.

3. Nivea Micellair Xpert 

sociolla

Micellar water nivea ini memiliki berbagai kandungan aktif, diantaranya adalah Aqua, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Phenoxyethanol, PEG-7 Glyceryl Cocoate, Glycerin, Sorbitol, Trisodium EDTA, Decyl Glucoside, Citric Acid, Disodium Cocoyl Glutamate, Methylpropanediol, Sodium Chloride, Sodium Acetate, Propylene Glycol, dan Polyquaternium-10. Produk pembersih wajah ini juga bisa menghapus make-up yang waterproof dan efektif membersihkan makeup yang tebal, sehingga kulit dapat bernafas dengan bebas. Produk pembersih wajah ini juga memiliki kandungan black tea extract yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga kulit dapat terhidrasi dan saat dibersihkan tidak terasa kering. Harga dari produk yang cocok untuk semua jenis kulit ini adalah sekitar 32 ribuan saja.

4. POND’S Vitamin Micellar Water

shopee

Produk micellar water dari POND’S ini memiliki kandungan 100% organic fresh rose yang berfungsi untuk mencerahkan wajah dan membuat kulit tampak bercahaya. Produk ini juga diperkaya Vitamin A (Retinol), vitamin B3 (Niacinamide), C, B5, dan E yang berfungsi membuat kulit menjadi glowing. Ribuan partikel yang terkandung di dalam produk ini digunakan untuk membersihkan make up, membersihkan kotoran, serta menutrisi kulit sehingga kulit akan tampak lebih bersih, bercahaya, dan berkilau. Gunakan pembersih wajah ini sebagai langkah utama sebelum menggunakan POND’S White Beauty Facial Cream, untuk hasil yang maksimal. Produk ini dibanderol dengan harga sekitar 32 ribuan saja.

5. Safi Naturals Micellar Water with Rose Flower Water

femaledaily

Produk lokal merek Safi ini mempunyai bahan dasar air sehingga menjadikan kulit lembut serta kandungan rose flower water nya mampu menghapus riasan dengan mudah dan gampang serta membuat pori-pori di wajah tampak sehat dan mengecil. Produk yang cocok untuk kulit kombinasi ini mempunyai kisaran harga sekitar 25 ribuan saja, sehingga menjadi micellar water untuk remaja yang cocok karena tidak membuat kantong menipis.

6. Y.O.U Makeups Micellar Cleansing Water

femaledaily

Salah satu produk pembersih wajah rekomendasi selanjutnya adalah Y.O.U Makeups Micellar Cleansing Water yang diperkaya glycolic acid sehingga kelembaban wajah tetap terjaga bahkan setelah penggunaan produk ini. Dengan kandungan lain yaitu AHA, produk ini mampu menutrisi sekaligus menghapus makeup dan kotoran di wajah secara lembut dan juga gentle. Selain itu, pembersih ini juga mampu menetralkan radikal bebas yang berada di wajah sehingga akan menjadi lebih sehat dan cerah. Produk yang cocok untuk semua jenis kulit ini dibanderol dengan harga mulai dari 20 ribuan saja, tergantung ukuran botol.

7. Emina Bright Stuff Micellar Water 

blibli

Produk selanjutnya datang dari lokal yang mempunyai target remaja, yaitu Emina. Produk micellar water ini mengandung beberapa komposisi, diantaranya adalah ekstrak summer plump yang berfungsi mencerahkan wajah, kemudian cucumber extract untuk menyegarkan serta membuat wajah menjadi cerah. Selain itu, produk lokal ini juga mengandung cleansing agent yang berkhasiat membersihkan serta mengangkat kotoran dan sisa riasan dengan satu kali usap saja.

8. Clean & Clear Micellar Water 

shopee

Rekomendasi pembersih wajah selanjutnya adalah Clean and Clear yang diformulasikan khusus Triple Micellar Technology, serta diperkaya ekstrak lidah buaya untuk melembabkan kulit. Produk ini mempunyai klaim mengangkat riasan wajah 99% efektif bahkan untuk riasan yang tahan air sekalipun, serta minyak dan kotoran yang berlebih. Produk ini juga lembut di mata, sehingga aman ketika membersihkan sisa riasan yang ada di sekitar mata. Produk ini adalah micellar water untuk kulit berjerawat, berkomedo, normal, kering, hingga berminyak. Produk dengan klaim no alcohol ini dibanderol dengan harga sekitar 30 ribuan.

9. Maybelline Micellar Water 

blibli

Produk rekomendasi terbaik selanjutnya adalah Maybelline. Pembersih wajah ini mampu menjaga kulit agar tetap terhidrasi serta menghilangkan riasan wajah sampai bersih. Bahan dasar air dalam formulanya mampu membersihkan makeup dalam satu kali usap saja. Selain itu, micellar water ini juga bisa mengangkat sisa kotoran dan debu dan cocok digunakan untuk kulit yang sensitif karena diklaim tidak menggunakan pengharum dan alkohol. Harga untuk 200 ml dalam produk ini adalah sekitar 100 ribuan.

10. Marcks’ Teens Micellar Cleansing Water

micellar water
bukalapak

Sesuai namanya, produk dari Marcks’ ini adalah micellar water untuk remaja yang cocok untuk semua jenis kulit. Produk ini mengandung vitamin B3 untuk membuat wajah menjadi tampak cerah alami serta membantu membersihkan wajah dari kotoran dan riasan dengan sensasi segar. Selain itu, produk ini juga mengandung chamomile extract yang berguna melindungi kulit agar tidak terjadi iritasi ringan. Produk yang tersedia dalam 2 varian yaitu 100 ml dan 250 ml ini dimulai dengan harga sekitar 30 ribuan saja.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Toner Untuk Wajah Bruntusan yang Ampuh

11. Purbasari Clean Face Micellar Water 3in1

micellar water
shopee

Rekomendasi produk pembersih muka lainnya adalah Purbasari yang diklaim bisa membersihkan wajah dari debu dan kotoran secara maksimal dan anti lengket. Diperkaya dengan Vitamin C yang berguna untuk mencerahkan serta menghaluskan wajah secara maksimal. Produk ini memiliki 2 macam variasi, yaitu Micellar 2in1 Oily Skin untuk kulit berminyak dengan kandungan cherry extract, dan 3in1 normal skin untuk kulit normal yang mengandung ekstrak lemon. Harga dari produk ini adalah sekitar 20 ribuan untuk warna produk pink dan orange. 

12.  Bioderma Sebium H2O

micellar water
femaledaily

Selanjutnya adalah dari Bioderma Sebium H2O yang mempunyai klaim soap free. Sehingga, ketika menggunakan produk ini bisa mengurangi produksi sebum dan juga tidak terlalu berbusa. Produk ini memiliki wangi yang segar dan enak, tidak membuat kulit menjadi kering dan breakout serta cocok untuk dipakai baik kulit kombinasi, berjerawat  maulin berminyak. Debu,  kotoran, dan sisa kosmetik yang menempel akan dibersihkan oleh produk ini sehingga wajah akan terbebas dari sisa kotoran yang menempel. Dengan menggunakan botol yang terbuat dari plastik, produk dari Bioderma ini aman serta tidak mudah tumpah. Harga dari produk ini adalah sekitar 100 ribuan.

13. Sephora Triple Action Cleansing Water

micellar water
thelifeandbeauty

Klaim dari produk micellar water keluaran Sephora ini adalah mengandung Vitamins, AHAs, Anti-oxidants, Sulphate-free, Clean at Sephora, Aqua (Water), Butylene Glycol, Glycerin, Propanediol, PEG-6 Caprylic/Capric Glycerides, Sodium Chloride, Polysorbate 20, Caprylyl Glycol, Hydroxyacetophenone, Parfum (Fragrance), Sodium Benzoate, Zinc PCA, Citric Acid, Aloe Barbadensis Leaf Juice. Produk pembersih wajah ini juga tidak mengandung minyak dan paraben, sehingga aman untuk digunakan kulit sensitif. Ukuran yang ditawarkan cukup beragam, sehingga Sedulur bisa menyesuaikan dengan budget serta kebutuhan. Harga dari produk ini adalah 50 ml dengan harga 80 ribuan, 200 ml yang cocok untuk penggunaan sehari-hari dengan harga 190 ribuan, serta yang paling jumbo adalah 400 ml dengan harga kurang lebih 500 ribuan.

14. Make Over Micellar Water 

micellar water
citramakassar

Dengan kandungan PH balance formula, produk pembersih wajah dari Make Over ini mampu membersihkan wajah tanpa rasa lengket setelah menggunakannya. Apalagi dengan adanya kandungan lain yaitu triple action formula yang membuat produk ini bisa membersihkan wajah dengan sekali usap saja dan aman digunakan untuk wajah dan tidak perih di mata. Selain itu, produk ini juga mampu melembabkan kulit wajah, menyegarkan, serta membersihkan tanpa membuat kulit menjadi kering. Produk yang cocok untuk semua jenis kulit ini dibanderol dengan harga kisaran 70 ribuan saja.

15.  L’Oréal Micellar Water Refreshing (Blue) Makeup Remover 

ayuindah

Salah satu micellar water dari Loreal ini adalah solusi untuk kebutuhan permasalahan kulit Sedulur. Produk ini mempunyai kandungan air yang berasal dari pegunungan Perancis, sehingga membantu untuk menyegarkan kulit yang sebelumnya tertempel oleh riasan wajah. Produk yang sudah diuji dan diformulasikan oleh ilmuwan terkemuka ini selain membantu menghapus dan membersihkan make-up, juga mampu menyejukkan kulit wajah. Produk ini tidak memiliki kandungan minyak, ethanol, serta pewangi. Sehingga, aman untuk digunakan kulit sensitif. Harga dari produk ini adalah sekitar 90 ribuan saja.

Nah, itu dia 15 rekomendasi pembersih wajah yang bisa Sedulur pilih untuk membersihkan serta mengangkat riasan dan kotoran serta debu di wajah. Lalu, sebenarnya micellar water dipakai kapan, sih? Penggunaannya adalah setelah beraktifitas seharian dan merasa banyak debu, kotoran, maupun sisa kosmetik yang tertempel, atau bisa juga digunakan setelah bangun tidur. Namun, sebaiknya gunakan produk pembersih muka ini maksimal tiga kali sehari saja ya, Sedulur. Agar wajah kalian terhindar dari infeksi dan kemerahan. Semoga bermanfaat!

Selain mencoba rekomendasi pembersih wajah dari berbagai merek di atas, Sedulur juga bisa lho belanja kebutuhan sehari-hari mulai dari beras, minyak, kopi, cemilan, dan berbagai produk perawatan tubuh di Aplikasi Super. Banyak sekali pilihan yang bisa dibeli dan caranya pun cukup mudah. Segera di download, yuk!