manfaat air hangat

Khasiat dan manfaat air hangat untuk kesehatan tubuh umat manusia. Mulai saat ini, biasakan untuk mengonsumsinya secara rutin, ya.

Tidak sedikit orang yang langsung meminum air putih dingin maupun kopi setelah bangun tidur di pagi hari. Namun hal yang Sedulur perlu tahu bahwa kebiasaan tersebut kurang tepat dan tidak baik bagi kesehatan. Hal yang seharusnya dilakukan yakni minum air putih hangat. Ada banyak manfaat air hangat yang baik bagi tubuh.

Mulai dari membuat wajah terlihat awet muda hingga membantu mengatasi masalah susah tidur atau insomnia. Tidak hanya itu, masih ada banyak lagi manfaat air putih hangat bagi tubuh untuk meningkatkan kulitas hidupmu. Untuk lebih jelasnya lagi, simak informasi yang ada di bawah ini, ya.

BACA JUGA: 12 Manfaat Susu Kambing Etawa Untuk Kesehatan Tubuh

1. Melancarkan saluran pencernaan

manfaat mandi air hangat
pexels

Apakah Sedulur pernah merasakan sakit perut tiba-tiba di pagi hari? Jadi sakit tersebut, bisa diakibatkan gangguan pada saluran pencernaan karena adanya limbah yang terperangkap di dalam usus. Hal ini akan membuat konstipasi dan perut terasa sangat sakit.

Meminum air hangat bisa membantu kontraksi pada usus agar proses pembuangan limbah bisa menjadi lebih lancar. Selain itu, air hangat juga bisa mengaktifkan saluran pencernaan. Air hangat ini bekerja sebagai pelumas pada bagian sistem pencernaan.

2. Menurunkan berat badan

manfaat minum air hangat di pagi hari
pexels

Tahukah Sedulur jika ternyata ada manfaat air hangat untuk perut buncit, lho. Ini bisa terjadi karena air hangat yang diminum di pagi hari akan mengaktifkan metabolisme tubuh. Jadi jumlah lemak yang dibakar sepanjang hari bisa lebih banyak.

Selain itu, minum air panas juga dapat membantu mengeliminasi limbah dan juga membersihkan usus. Jadi kemungkinan besar limbah dan juga air berlebihan penyebab perut kembung bisa dikeluarkan. Tentu saja perut menjadi tidak buncit lagi.

3. Mencegah proses penuaan

manfaat air putih hangat
pexels

Tidak perlu membeli skincare antiaging yang harganya mahal. Cukup dengan meminum air putih hangat secara rutin setiap hari, gejala penuaan dini bisa dicegah. Salah satu efek yang ditimbulkan oleh racun adalah mempercepat proses penuaan.

Namun air hangat yang diminum tersebut dinilai mampu menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh. Kemudian untuk manfaat air hangat yang diminum sebelum tidur diyakini mampu memperbaiki sel kulit yang sudah rusak serta meningkatkan elastisitas kulit.

4. Detoksifikasi racun dalam tubuh

manfaat air hangat untuk tenggorokan
pexels

Dalam hal kesehatan, manfaat air hangat sebelum tidur adalah sebagai detoksifikasi racun. Pada saat meminum air putih dengan suhu hangat, suhu tubuh juga akan ikut naik. Kemudian sistem endokrin akan aktif dan Sedulur akan lebih mudah mengeluarkan keringat.

Hal ini hampir sama seperti ketika Sedulur berendam di air panas. Meskipun terasa kurang nyaman, keringat adalah tanda keluarnya racun dari dalam tubuh. Untuk mendapatkan efek yang maksimal, Sedulur bisa menambahkan lemon dan diminum tiap pagi hari.

5. Menyehatkan rambut

manfaat air hangat sebelum tidur
pexels

Ada banyak manfaat air putih hangat bagi kesehatan, salah satunya adalah membuat rambut menjadi lebih sehat. Air putih hangat dipercaya mampu memperbaiki sel rambut yang rusak serta kulit kepala kering. Seperti yang telah diketahui, kedua masalah tersebut adalah penyebab utama ketombe dan rambut rontok.

Air putih hangat yang diminum secara rutin memiliki peran sebagai energi alami agar sel-sel pertumbuhan rambut bisa dipercepat. Mineral yang terkandung dalam air putih juga turut menghidrasi kulit kepala dan rambut kering.

6. Menghilangkan jerawat

manfaat air hangat untuk perut buncit
pexels

Jerawat di wajah biasanya muncul karena hormon yang tidak stabil dan juga kulit yang dehidrasi. Selain itu, wajah bisa menjadi kusam karena lingkungan hidup yang penuh dengan bakteri dan kotoran. Tentu saja, ini adalah masalah yang cukup sulit untuk dihindari.

Namun tidak perlu khawatir, Sedulur bisa meminum air hangat secara rutin guna melawan radikal bebas, melembabkan kulit, dan juga menstabilkan hormon. Jadi wajah Sedulur akan terlihat lebih mulus dan cerah.

7. Menghidrasi tubuh

manfaat air hangat untuk jantung
pexels

Manfaat minum air hangat di pagi hari dan malam hari yang berikutnya adalah untuk menghidrasi tubuh. Walaupun terkesan sepele, kandungan elektrolit yang ada pada air putih ini ternyata mampu menjaga kesehatan tubuh seharian.

Banyak sekali komplikasi yang dapat muncul karena tubuh mengalami dehidrasi seperti letih lesu, pusing, dan yang paling parah adalah kerusakan ginjal. Oleh sebab itu, pastikan Sedulur rutin meminum air putih hangat di pagi dan malam hari.

BACA JUGA: 18 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan dan Cara Masaknya

8. Melancarkan peredaran dan sirkulasi darah

manfaat meminumair hangat
pexels

Manfaat air hangat untuk jantung yang bisa Sedulur rasakan adalah melancarkan peredaran darah dan sirkulasi tubuh. Sirkulasi organ tubuh seperti halnya pembuluh darah yang lancar sangat penting agar darah bisa beredar ke seluruh tubuh secara efektif.

Sirkulasi ini memiliki peran mencegah risiko penyakit jantung serta menjaga tekanan darah. Tidak hanya itu, mandi air hangat juga memiliki manfaat lain yakni membuat tubuh terasa lebih rileks.

9. Meringankan gejala penyakit akalasia

air hangat dan manfaatnya
pexels

Akalasia merupakan sebuah kondisi di mana esofagus sulit untuk mendorong makanan untuk menuju ke lambung. Penyakit yang satu ini tidak pandang bulu alias bisa menyerang siapa saja. Umumnya, akalasia terjadi karena faktor keturunan atau gangguan pada sistem imun.

Beberapa gejala akalasia seperti kesakitan saat menelan makanan, rasa panas di bagian ulu hati, rasa mengganjal di kerongkongan, dan berat badan menurun drastis. Untuk mengatasi masalah tersebut, Sedulur bisa meminum air putih setelah makan berat secara rutin.

10. Mengatasi tenggorokan sakit

manfaat air hangat untuk tenggorokan
pexels

Apabila Sedulur merasakan sakit di tenggorokan dan tenggorokan terasa benar-benar kering, maka hal yang harus dilakukan adalah meminum air putih hangat. Manfaat air hangat untuk tenggorokan sendiri, yakni mengatasi hidrasi dalam tubuh manusia khususnya tenggorokan.

11. Meredakan gejala flu dan hidung tersumbat

manfaat air panas saat flu
pexels

Menurut sebuah penelitian, menunjukkan jika air panas mengeluarkan uap yang mampu membantu meredakan sinus dan juga hidung tersumbat. Pada saat Sedulur terserang flu, maka tubuh akan memproduksi lendir secara berlebih. Dengan meminum air panas ini, maka akan menghangatkan tubuh dan mengurangi lendir yang diproduksi.

Orang yang mudah terserang virus flu apabila terdapat banyak bakteri jahat di bagian usus. Sedangkan salah satu manfaat air panas dalam detoksifikasi tubuh, yakni meningkatkan daya tahan tubuh supaya lebih kebal dari serangan penyakit.

BACA JUGA: 15 Manfaat Sari buah Kurma Untuk Kesehatan dan Daya Tahan

12. Mengurangi stres

manfaat air hangat atasi stres
pexels

Seperti yang tadi sudah dikatakan, ada banyak sekali manfaat dari air putih hangat yang tidak terduga. Salah satunya adalah mengurangi stres. Salah satu manfaat mandi air hangat yakni mampu memperbaiki sistem saraf pusat dan membuat tubuh terasa lebih tenang.

Tidak hanya air putih, namun susu hangat juga ampuh untuk meredakan rasa cemas dan gelisah berlebihan. Meskipun begitu, Sedulur tidak bisa hanya mengandalkan susu. Sedulur tetap harus rutin minum air putih hangat karena manfaat yang diberikan olehnya.

13. Menangani insomnia

manfaat air hangat insomnia
pexels

Apakah Sedulur mengalami masalah susah tidur di malam hari atau insomnia? Cobalah untuk meminum air putih hangat sebelum tidur. Air putih hangat memiliki manfaat untuk membuat hormon dan mineral dalam tubuh kita menjadi lebih stabil.

Sendi dan otot yang terlalu tegang juga bisa menjadi lebih santai dan seimbang. Jangan lupa untuk meminum air hangat di pagi hari setelah bangun tidur.

14. Mengatasi sembelit

sembelit
pexels

Sudah ada beberapa penelitian yang dilakukan dan semuanya berhasil menunjukkan jika air hangat memiliki manfaat untuk mengatasi sembelit. Sembelit sendiri bisa terjadi karena tubuh kekurangan air. Dengan minum air hangat, temperatur tubuh akan meningkat dan terjadi rangsangan gerakan peristaltik usus.

Setelah melihat dan memahami beberapa poin yang sudah dijelaskan di atas, kini Sedulur sadar kan bahwa manfaat air putih hangat itu ada banyak sekali. Oleh sebab itu, jangan pernah meremehkan air putih hangat.

Mulai sekarang, pastikan Sedulur Super rutin meminum air hangat setiap hari. Baik itu di pagi hari, siang hari, ataupun malam hari. Selain untuk kesehatan, air putih hangat juga berkhasiat untuk kecantikan, lho. Untuk melengkapi nutrisi dan vitamin yang diperlukan tubuh, maka Sedulur bisa berbelanja sayur dan buah-buahan segar di Aplikasi Super. Semua barangnya berkualitas dan kamu bisa menunggu pesananmu datang diantar ke rumah.