ukuran triplek

Tripek seringkali menjadi materi penting setiap kali akan membangun sebuah hunian. Dan ukuran triplek bermacam-macam, sesuai dengan kebutuhan Sedulur saat akan membangun sebuah hunian atau jenis bangunan lain.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai triplek, yuk cari tahu apa itu triplek yang biasa berfungsi sebagai materi membangun rumah. Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu triplek?

Triplek memiliki fungsi untuk mendirikan sebuah bangunan yang layak pakai dan aman untuk ditempati. Triplek merupakan sebuah papan pabrikan yang terbuat dari lapisan kayu veneer kayu yang menempel menjadi satu lempengan kayu tipis.

Nah, lapisan veneer itu lalu direkatkan dengan urat kayu, yang saling bersilangan, sehingga membuat materialnya sangat kokoh dan tahan akan beban berat. Harga triplek di toko bangunan pun juga relatif terjangkau dang sangat bervariasi.

-->

Sebenarnya ukuran triplek standar adalah 2440 mm x 1120 mm. Namun yang membedakannya adalah, ketebalan dari masing-masing triplek yang dijual pada setiap masing-masing toko bangunan dan juga jenis kayu Indonesia yang dipilih. Setelah mengetahui ukuran standarnya, maka kita tinggal memilih ingin memakai jenis triplek apa yang akan dipakai dalam mendirikan atau memepercantik hunian Sedulur

Berbicara mengenai triplek, ternyata bahan dasar pembuatan bangunan ini memliki macam dan ukuran masing-masing lho. Nah, seperti jenis dan ukuran triplek yang dijual di toko bangunan, berikut tim Aplikasi Super memberikan penjelasannya untuk Sedulur

BACA JUGA : 15 Ucapan Semangat dalam Bahasa Korea Ini Sering Dipakai

7 Rekomendasi Ukuran Triplek Untuk Bangun Rumah

1. Triplek melamin

Inilah Jenis Triplek dan Ukurannya
hargaweb

Pembahasan pertama adalah, triplek melamin triplek ini biasa dinamakan decorative plywood yang merupakan jenis ukuran triplek dengan bahan kandungan yaitu melaminto. Biasanya bahan ini dipakai untuk mempercantik kayu dan sejenisnya. Perlu diketahui Sedulur, ukuran dari triplek jenis melamin ini cukup bervariasi dan pastinya sangat mulus.

Buat Sedulur yang ingin mencari triplek untuk mempercantik rumah impianmu, bisa memilih triplek jenis melamin ini. Selain warnanya mengkilat, triplek ini juga dibanderol dengan harga yang relatif sangat murah. Ukuran triplek 1 lembarnya buat yang jenis melamin ini dijual mulai dari harga Rp 25 ribu sampai dengan Rp 450 ribu. Cukup terjangkau bukan? Dan tentunya sangat rekomendasi sekali buat Sedulur yang ingin mempercantik sebuah rumah hunian.

Selain mengkilat dan juga kuat, triplek jenis melamin juga harganya tidak akan menguras kantong yang banyak. Jadi, sangat layak masuk daftar beli untuk bahan bangunan.

BACA JUGA : 12 Arti Mimpi Jadi Pengantin, Jadi Pertanda Baik atau Buruk?

2. Triplek MDF

Inilah Jenis Triplek dan Ukurannya
dekoruma

Setelah membahas triplek jenis melamin,  maka selanjutnya kita bergeser ke jenis triplek MDF.  Triplek MDF atau biasa dikenal dengan nama Medium Density Fibreboard adalah jenis triplek yang juga sering dipakai dalam mendirikan sebuah bangunan. Tekstur dari triplek jenis Medium Density Fibreboard atau MDF ini bahannya cenderung padat sehingga sangat berbeda dengan triplek pada umumnya. Karena berasal dari perpaduan bahan yang berkualitas dari jenis triplek softwood dan triplek hardwood.

Ukuran ketebalan jenis triplek MDF ini juga sangat bervariasi dan harganya pun juga masih relatif sangat wajar lho. Untuk ukuran triplek MDF dengan ketebalan 9 mm mulai dijual dengan harga kisaran Rp 100 ribu, lalu selanjutnya ketebalan 15 mm dijual dengan harga Rp 155 ribu, dan terakhir yang memiliki ketebalan 18 mm dijual dengan harga Rp 180 ribu.

Keunggulan MDF berada di bagian ketebalan triplek ini, selain dipastikan kuat dan kokoh, bahan material pembuatannya pun juga sangat berkualitas baik. Sehingga tidak jarang, banyak arsitektur atau tukang desain bangunan memilih triplek dengan jenis MDF ini. Rekomendasi sekali lho Sedulur.

BACA JUGA : 1 inci Berapa Centimeter? Berikut Konfersi dan Cara Hitungnya!

3. Triplek meranti

https://www.jualo.com/bahan-bangunan/iklan-distributor-triplek-meranti-sengon-alba
jualo

Rekomendasi ketiga yang wajib Sedulur pilih untuk membangun rumah atau sekadar mempercantik rumah, adalah triplek jenis meranti. Triplek jenis ini biasa disebut dengan blockboard yang merupakan salah satu triplek dengan daya tahan beban yang cukup kuat. Sehingga triplek meranti bisa dikatakan sebagai triplek yang cukup kuat dan kokoh untuk bahan dasar membangun rumah.

Triplek jenis meranti, terdiri dari tiga lapisan serat kayu yang berkualitas. Sebab, mayoritas pembuatan triplek jenis ini berasa dari pohon akasia, sehingga triplek jenis sangat kuat. Meski memiliki keunggulan sebagai triplek yang sangat  kuat, namun nyatanya triplek jenis meranti masih memiliki beberapa kekurangan.

Kekurangan tersebut adalah salah satunya arah seratnya yang sulit untuk dipotong. Ukuran triplek jenis meranti ini sebenarnya sangat standar sama seperti papan triplek pada umumnya yang ada di Indonesia yaitu 2400 mm x 1120 mm.

Ukuran triplek per lembar jenis meranti juga sangat bervariasi, mulai dari ketebalan 3 mm yang dibanderol dengan harga Rp43 ribu sampai yang paling mahal dengan ketebalan 18 mm dijual dengan harga berkisar Rp225 ribu. Meski demikian, kualitas dari jenis triplek ini tidak diragukan lagi, dan Sedulur pasti akan puas jika memakai papan triplek dengan jenis ini.

BACA JUGA : 16 Macam Hantaran Nikah yang Layak & Sering Dipakai

4. Partikel block

Berbeda dari tiga jenis triplek sebelumnya yang memiliki kualitas yang sangat bagus untuk bahan bangunan, untuk jenis triplek partikel block ini mungkin sebaliknya. Jenis triplek ini memiliki kualitas yang sangat rendah. Ada beberapa alasan kenapa triplek ini disebut memiliki kualitas yang rendah.

Jenis ukuran triplek ini diklaim cukup lemah dan kualitasnya masih dibawah standar atau masih jauh dari jenis triplek meranti, MDF, hingga triplek melamin. Hal tersebut disebabkan karena material pembuatan triplek partikel blok ini sangat sederhana yaitu terbuat dari serbuk kayu dan sangat rentan apabila terkena air Sedulur.

Meski memiliki banyak kelemahan dari triplek dengan jenis partikel blok, namun triplek ini masih sangat layak untuk mempercantik furnitur dan interior kalian lho Sedulur. Nah, terkait jenis ukuran triplek partikel blok ini pun masih sama dengan triplek lainnya.

BACA JUGA : 10 Fakta & Tips Bridal Shower Serta Cara Mempersiapkannya

5. Triplek playwood WPC

shopee

Triplek yang satu ini mungkin wajib masuk dalam list belanja untuk persiapan mendirikan bangunan seperti ruko, rumah, dan kantor Sedulur. Ya, triplek dengan jenis playwood (Wood Plastic Composite) dikenal memiliki kelebihan yang luar biasa. Sebab, jenis triplek ini mempunyai ketahanan terhadap percikan air atau terkena aliran air. Biasanya, jenis triplek ini dipakai untuk memberi kesan elegan di area kamar mandi atau beberapa ruangan lain di rumah kita Sedulur

Selanjutnya, untuk ukuran triplek jenis playwood WPC ini juga sangat bervariasi dan dihargai sesuai dengan ketebalan yang ditawarkan. Nah, berikut adalah ukuran ketebalan dan harga triplek WPC.

5 mm

Rp 259.200

8 mm

Rp 353.700

12 mm

Rp 522.450

15 mm

Rp 627.300

18 mm

Rp 709.200

6. Jenis papan multiplek

rumah

Rekomendasi yang wajib Sedulur beli sebelum membangun rumah atau toko adalah memilih triplek dengan jenis multiplek. Untuk jenis papan triplek yang satu ini, terbuat dari lapisan kayu yang sudah ditekan atau bahan materialnya sudah dipress dengan mesin pengepres yang bekekuatan tinggi. Tentu papan triplek yang satu ini, sangat rekomendasi sekali. Sebab, pori-pori yang ada pada papan ini, sangat rapat.

Banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh papan triplek jenis multiplek ini, tentu sangat layak dijadikan sebagai bahan bangunan rumah kalian Sedulur. Semakin rapat pori-porinya, maka ketahanan triplek ini pun juga pasti akan bertahan cukup lama.

Berbeda dengan triplek jenis lain yang sudah menggunakan ukuran milimeter, untuk triplek multiplek memiliki tiga ukuran yang berbeda yaitu 40×60, ukuran 40×80 dan terakhir 122×244. Ketiganya menggunakan satuan panjang ukuran triplek cm.

 

Tebal

Harga

2 mm

Rp 32.000

3 mm

Rp 44.000

4 mm

Rp 55.000

6 mm

Rp 69.000

9 mm

Rp 98.000

12 mm

Rp 144.000

15 mm

Rp 179.000

18 mm

Rp 205.000

7. Triplek teakblock

hargaweb

Terakhir adalah triplek dengan jenis teakblock, diketahui jenis triplek yang satu ini memiliki beragam keunggulan dibandingan dengan jenis-jenis triplek lainnya. Ya, lembaran triplek teakblock mempunyai lembaran yang cukup kuat dan sangat kokoh. Triplek jenis ini memiliki lapisan tersendiri, sehingga harganya pun relatif sangat mahal.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh papan triplek jenis teakblock ini adalah, bisa dipakai sebagai pelapis untuk papan kayu sebab memiliki ketahanan terhadap benturan dan juga air. Tidak hanya itu, triplek jenis ini, juga sering dipakai sebagai lantai kayu lho Sedulur. Sebab, kekuatannnya yang menyerupai papan kayu jati yang solid. Nah berikut ini adalah harga triplek jenis teakblock. Namun, harga yang tercantum di bawah ini hanya berlaku untuk ukuran triplek 122×144 cm dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Tebal

Harga

TM 3×7

Rp 62.000

TM 4×8

Rp 75.000

Silver 4×8

Rp 92.000

 

Kelebihan triplek

Triplek selalu dipakai saat mendirikan sebuah bangunan atau juga sebagai furniture. Sebab, barang ini memiliki banyak kelebihan tersendiri lho dibandingkan dengan  material lainnya. Nah, untuk mengetahui kelebihan apa saja yang didapat, jika Sedulur memakai triplek, berikut kelebihannya

  • Lebih praktis dan mudah dibentuk dibandingkan dengan material sejenisnya
  • Kedua penggunaan triplek lebih efisien dan memiliki tingkat ketahanan yang tinggi, sehingga bisa dibentuk dan ukuran triplek tidak mudah mengalami perubahan yang signifikan.
  • Memiliki banyak varian berdasarkan kepada ukuran dan juga ketebalannya. Jadi, sangat disesuaikan dengan kebutuuhan dari Sedulur
  • Memiliki daya tahan yang tinggi terhadap berbagai macam cuaca ekstrim. Meski demikian, pastikan untuk memilih triplek yang tahan akan air atau weather and boiled proof (WBP).
  • Terakhir, keunggulan yang bisa diambil adalah, strukturnya sangat kokoh sehingga sangat tepat digunakan sebagai rangka utama untuk membuat furnitur

Setelah mellihat jenis triplek dan juga harganya, sekarang Sedulur semakin terbuka bukan matanya untuk memilih mana triplek yang bagus untuk mempercantik rumah Sedulur mau yang mahal atau murah pun tersedia.