tiang rumah

Tiang rumah adalah salah satu elemen penting saat membangun sebuah hunian. Sama seperti pasak, keberadaannya krusial untuk menopang bangunan agar kokoh saat menghadapi berbagai cobaan seperti angin kencang hingga gempa bumi. 

Namun, tentu membuat tiang rumah tidak bisa sembarangan. Selain kekokohannya, kecocokannya dengan konsep rumah juga perlu diperhitungkan. Begitu pula letak dan ukurannya. Sembari menimbang-nimbang, berikut beberapa desain tiang rumah mewah sampai minimalis yang bisa Sedulur jadikan referensi saat renovasi kelak. 

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Meja TV Minimalis Agar Hunian Tambah Indah

1. Wood beams yang lagi hits 

ukuran tiang rumah
Instagram @dwellmagazine

Kayu solid adalah salah satu bahan tiang rumah yang sedang disukai. Ia bisa didesain rustic, tetapi tetap serasi dengan desain rumah minimalis. Meski bentuknya tidak mulus dan lurus sempurna, justru elemen tersebut yang membuat suasana ruangan jadi lebih artistik. Ideal dipadukan dengan cat tembok putih atau turunannya yang kalem dan sederhana. Untuk kafe atau tempat usaha pun bisa. Dijamin rumah jadi lebih menarik meski menggunakan konsep minimalis. 

-->

2. Logam yang solid 

tiang rumah mewah
Instagram @dwellmagazine

Untuk keperluan eksterior, Sedulur juga bisa memasukkan unsur besi atau baja seperti contoh rumah di atas. Fasadnya unik dipadu dengan rangka-rangka besi berwarna hitam solid yang memberikan kesan kokoh dan maskulin. Berpadu sempurna dengan detail dinding batu bata dan panel kayu di bagian lantai dua. Tertarik untuk mengekor ide ini? 

3. Tiang concrete minimalis

tiang rumah minimalis
Design Setter

Concrete atau beton bisa jadi pilihan sempurna untuk membuat tiang rumah minimalis. Nuansanya dingin dan pas untuk rumah-rumah berkonsep industrialis. Bisa diletakkan di dapur atau ruang tengah tanpa mengganggu pemandangan. Justru jadi komplemen yang sempurna untuk rumah. Namun, tetap sesuaikan dengan ukuran rumah. Untuk tiang sebesar ini, tentu rumah yang ideal adalah yang lapang. 

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Model Meja Belajar Terbaik & Termurah

4. Tiang rumah batu alam 

tiang rumah batu alam
Archilovers

Tidak harus dari marmer, batu alam granit dan limestone juga bisa disulap jadi tiang rumah yang menawan seperti ini. Warna alaminya menyatu dengan warna earthy lain di dalam ruangan. Biasanya pilar batu identik dengan nuansa gelap dan klasik, tetapi dengan pemilihan corak dan tone yang tepat, ia bisa terlihat modern dan terang seperti ini. 

5. Kayu pinus yang earthy 

tiang rumah keramik
Remodelista

Model lainnya bisa dibikin dari kayu pinus yang finishing-nya alami. Dengan potongan yang lebih halus dan rapi, ia bisa menciptakan ketertiban dan nuansa ringkas dalam desain interior rumah. Apalagi bila pemasangannya pun rapi dan tekun, akan tampak seamless dan menyatu dengan konstruksi bangunan. Warnanya juga adem, bikin makin betah berdiam di dalam rumah. 

6. Tiang besi dengan warna pop 

tiang rumah bulat
Dezeen

Tidak hanya untuk fasad atau eksterior rumah, tiang besi bisa diposisikan untuk keperluan interior. Misalnya untuk menopang tangga dan lantai mezzanine macam ini. Ia pun dicat dengan warna pop, hijau lumut yang tampak mencolok ketika disandingkan dengan interior rumah yang dominan kayu pinus dan cat putih. Aksen yang kreatif buat rumah, sih. 

BACA JUGA: 20 Kerajinan Tangan dari Kayu yang Unik & Mudah Dibuat

7. Tiang rumah kayu ala villa Mediterania

ala villa Mediterania
Instagram @moroseta_villas

Sebenarnya tiang rumah dari kayu yang minimalis macam ini sudah cukup familiar, ya. Namun, dengan pemilihan warna dan kombinasinya bersama atap ekstensi yang terbuat dari bambu membuatnya tampak lebih estetik. Ala villa Mediterania yang begitu indah saat golden hour. Dipadu dengan lantai concrete slab dan dinding terracotta. Perpaduan minimalis dan tradisional Eropa. 

8. Tiang rumah untuk penyangga meja

penyangga meja
Merc Interiors

Tidak hanya jadi penopang konstruksi bangunan, tiang kayu ini sekalian dipakai untuk menyangga meja. Pas banget buat kafe atau ruang belajar di rumah. Silakan sesuaikan posisinya agar praktikal dan tidak mengganggu lalu lintas penghuni. Ini sih lebih cocok untuk rumah yang lapang.

9. Tiang rumah bulat

round
Instagram @roydavidarchitecture

Dengan tambahan kerangka grid dari kawat, ia bisa ditanami tanaman merambat yang bakal tumbuh subur asal penerangannya baik dan dapat asupan air yang cukup. Pas untuk bikin kafe atau rumah industrialis yang sudah didominasi warna semen agar  tampak lebih hijau.  

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Kursi Teras untuk Mempercantik Hunian

10. Dimanfaatkan jadi rak penyimpanan 

rak penyimpanan
Wijnpaal

Dari ilustrasi di atas, tiang rumah semen standar dioptimalkan fungsinya jadi rak untuk anggur dan minuman. Sedulur bisa juga memanfaatkannya untuk memasang rak ambalan misalnya. Jadi, ia tak hanya jadi konstruksi yang teronggok di tengah ruangan, tetapi punya fungsi praktikal lainnya. 

11. Material panel kayu yang menambah kesan mewah 

panel kayu
Andres Otero

Bila ingin dapat kesan mewah, Sedulur bisa mempertimbangkan panel kayu atau wood slats seperti ini untuk mengelilingi pilar beton di rumah. Dengan detail yang menawan, kesan mewah akan langsung terwujud. Beberapa mungkin akan menambahkan lampu agar tampak lebih romantis di malam hari. Namun, perlu perawatan rutin untuk membersihkan debu di sela-sela panel kayunya.

12. Berlapis keramik metro  

keramik metro
Dezeen

Tiang rumah keramik polos ini juga bisa Sedulur adopsi. Warnanya hitam putihnya ternyata serasi dengan dominasi warna kayu di rumah hunian tersebut. Kalau masalah ini, Sedulur harus mengandalkan selera seni guna memilih warna keramik yang serasi dengan kondisi dan konsep rumah mengingat keramik terdiri dari pilihan warna yang sangat kaya. 

13. Tiang kayu dan batu tradisional Jepang

batu tradisional Jepang
Dezeen

 Sedulur juga bisa coba adopsi desain rumah tradisional Jepang yang tiangnya menggunakan kayu solid dengan pondasi batu seperti ini. Bisa jadi aksen yang rustic yang mengimbangi rumah berkonsep Jepang minimalis. Sangat ideal untuk kebutuhan eksterior, misalnya jadi pilar di teras rumah atau bagian lain yang punya akses keluar rumah. 

BACA JUGA: 12 Model Kursi Kayu untuk Dekorasi Ruangan yang Nyaman

Tips membuat tiang rumah 

Tips
Instagram @dominomag

Berikut beberapa tips yang mungkin bisa Sedulur pakai sebelum memilih model tiang rumah terbaik untuk hunianmu. 

  • Pilih model yang diinginkan. Ada dua jenis pilar atau tiang rumah, kotak dan bulat. Tentunya keduanya punya tantangan tersendiri saat pembuatan. Pun saat menambah laminasi atau menambahkan pelapis seperti panel atau keramik. 
  • Ukuran tiang rumah pun harus disesuaikan dengan luas rumah. Jangan berambisi memiliki tiang atau pilar besar bila memang ukuran rumahmu tidak memungkinkan. Harmoni harus tercipta agar tiang punya fungsi yang benar-benar optimal dan bukannya mengganggu pemandangan serta lalu lintas penghuni. 
  • Sesuaikan dengan kebutuhan apakah untuk interior atau eksterior. Ini karena material dan bahan finishing juga harus menyesuaikan. Di luar rumah, material yang dipakai harus benar-benar kokoh dan tahan cuaca. Sementara, di dalam rumah haruslah kokoh dan serasi dengan konsep dominan rumah. 
  • Pertimbangkan juga perawatan pasca konstruksi. Memilih material yang awet sudah pasti, tetapi juga perhatikan apakah ia mudah dibersihkan dan bagaimana cara memperbaikinya bila terjadi kerusakan. Meski sepele, ini mungkin akan mulai jadi pertimbanganmu saat tiang sudah masuk usia tertentu. 
  • Jadikan tiang sebagai titik fokus di ruangan bila memungkinkan. Misal dengan memilih material dan warna yang kontras di ruangan. Dengan begitu, ia tidak akan hanya jadi pajangan yang teronggok di tengah ruang tapi memiliki fungsi estetika setidaknya. 
  • Pertimbangkan masak-masak karena tiang adalah sesuatu yang permanen, bukan benda atau perabot yang bisa Sedulur pindah dan keluarkan dengan mudah. Jadi, sebelum membuat dan merenovasinya pastikan Sedulur tidak akan menyesal dengan desain dan posisi tiang tersebut. 

Semua rumah pasti membutuhkan tiang-tiang penyangga, tetapi tidak semuanya bisa jadi aksen di ruangan. Jika kebetulan kamu punya rumah dengan konstruksi tiang di tengah ruang dan tampak mencolok, jangan sia-siakan. Jadikan ini momen untuk mempercantik rumah hunianmu. Pakai belasan referensi di atas pun boleh. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!