Selain sofa, kursi kayu juga bisa dijadikan pilihan untuk mendekorasi suatu ruangan agar tampak lebih indah. Kesan yang bisa didapatkan dari penggunaan furnitur ini adalah nyaman dan homey. Maka dari itu, dibutuhkan pilihan yang tepat untuk membuat suatu ruangan menjadi lebih hangat dan memiliki kesan estetika.

Ada berbagai pilihan yang bisa digunakan, mulai dari yang unik, sederhana, hingga mewah. Tentunya, itu menjadikan sebuah nilai tambah dalam suatu ruangan. Ingin tahu inspirasi model kursi kayu yang cocok untuk ruangan Sedulur? Yuk, simak beberapa modelnya disini.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Sofa Minimalis Terbaik, Cocok untuk di Rumah

1. Kursi kayu gaya sofa

kursi kayu
Alibaba

Apabila Sedulur ingin mencari kursi kayu yang masih terdapat bantalan duduk yang empuk, maka salah satu pilihan desain terbaik yang bisa dicoba adalah gaya sofa. Hunian akan menjadi lebih nyaman untuk bersantai atau bekerja di rumah yang membutuhkan waktu berjam-jam. 

-->

Terlebih lagi, saat ini ada banyak pilihan desain yang menarik dan unik yang bisa Sedulur jadikan referensi. Jadi, bisa semakin leluasa untuk memilih desain sesuai selera. Usahakan untuk memilih warna bantalan yang sesuai dengan konsep interior hunian dalam memilihnya. Selain itu, gunakan atau pilih warna-warna yang netral seperti hitam, putih, dan abu-abu. Tujuannya adalah supaya furnitur ini bisa lebih masuk lagi ke dalam konsep interior hunian.

2. Kursi kayu gaya rustic

kursi kayu
Kompas

Gaya rustic merupakan pilihan kursi kayu estetik dan unik yang bisa Sedulur jadikan referensi. Desainnya natural dan sederhana, sehingga banyak masyarakat yang berminat untuk menjadikannya desain interior. Model ini dirancang dengan sentuhan alami, karena masih menggunakan warna kayu aslinya. Sehingga, Sedulur akan merasa seperti duduk di batang pohon ketika sedang menggunakannya. 

Apabila Sedulur ingin menampilkan hunian bertema rustic secara keseluruhan, maka fokuskan untuk membeli dan menampilkan barang-barang bergaya vintage. Contohnya adalah pajangan dekorasi alami seperti nampan kayu dengan adanya vas berisi daun atau bunga yang terkesan liar. Selain itu, munculkan pula barang lawas dan antik supaya semakin terasa vibes-nya. 

3. Gaya scandinavian

kursi kayu
Rumah123

Gaya scandinavian merupakan rekomendasi kursi kayu minimalis modern yang layak untuk dicoba. Furniture ini sangat populer dan sudah banyak digunakan oleh berbagai hunian dengan konsep minimalis modern.  Gaya ini memiliki bentuk yang bagus, serta warna desainnya cenderung cerah. 

Sehingga, bisa membuat mata jatuh hati pada pandangan pertama dengan model yang satu ini. Umumnya, desain dengan gaya scandinavian tersedia dalam warna krem, abu-abu, biru, dan putih. Alasannya adalah disesuaikan dengan warna dasar scandinavian pada umumnya.

Gaya ini cocok untuk Sedulur yang merupakan penggemar tampilan luas, lapang, sekaligus bersih. Gaya ini juga cocok untuk diaplikasikan pada ruangan yang berukuran kecil. Tentunya, ini akan membuat ruangan menjadi semakin berwarna dan cantik. Agar semakin nyaman, ada baiknya untuk menambahkan beberapa bantal yang berwarna netral.

BACA JUGA: 16 Model Atap Rumah Minimalis Agar Hunian Semakin Cantik

4. Kursi kayu gaya stool

Za Za Homes

Gaya stool termasuk dalam salah satu kursi kayu murah yang bisa Sedulur pilih. Model yang satu ini tidak kalah cantik dengan yang lainnya, terutama bagi Sedulur yang menyukai gaya retro. Stool merupakan jenis berbentuk tabung yang sangat artistik apabila digunakan pada area untuk menyambut tamu di dalam hunian Sedulur.

Desainnya juga beragam dan unik dengan pilihan warna variatif, sehingga banyak orang yang terkesima dengan gaya ini. Agar semakin cantik, Sedulur bisa menambahkan meja kaca kecil untuk meletakkan kopi dan teh ketika tamu sedang mampir.

5. Kursi gaya nordic

kursi kayu
Interior Design

Gaya nordic merupakan jenis kursi kayu biasa yang digunakan untuk meja belajar anak atau ruang kerja. Gaya ini memiliki bentuk yang unik dengan empat kaki, yang mana banyak digemari oleh masyarakat. Karena banyak digemari, akhirnya dikembangkan dengan berbagai warna dan bentuk yang semakin menarik dan unik. Bahkan, sebagian orang menggunakannya sebagai furnitur di ruang keluarga. Agar semakin cantik dan keren, jangan lupa untuk menyesuaikan warnanya dengan desain interior rumah Sedulur, ya!

6. Japanese-Scandinavian

kursi kayu
Rumah123

Model kursi kayu ruang tamu dengan mengadopsi perpaduan Japanese-Scandinavian memang tidak pernah gagal. Saat ini, model yang satu ini sedang banyak digemari oleh masyarakat, terutama yang tinggal di daerah perkotaan. Desain ini bisa menjadi pilihan yang tepat jika Sedulur ingin gaya yang sederhana namun tetap cantik dan unik. Selain itu, hunian akan menjadi tampak lebih modern walaupun desainnya sederhana.

BACA JUGA: 12 Ide Granit Teras Depan Rumah Mewah, Tapi Tetap Minimalis

7. Kursi jengki

Maestro Antik Purwokerto

Jenis kursi kayu ini dinamakan jengki karena mempunyai kaki yang khas, yaitu berukuran sangat ramping. Desain ini terbilang sangat sederhana dengan menggunakan warna alami dari kayu yang khas. Sehingga, bisa membuat ruangan menjadi lebih alami dan bernuansa vintage.

Sedulur juga bisa menambahkan beberapa bantalan supaya model ini menjadi semakin menarik. Selain itu, tamu akan semakin nyaman ketika berkunjung.

Jika Sedulur ingin furnitur ini awet dan tahan lama, maka bisa memilih yang berbahan kayu jati. Jati menjadi pilihan yang terbaik karena memiliki kekuatan yang awet. Karena hal itulah, produk dari jati biasanya menjadi lebih mahal apabila dibandingkan dengan produk dengan bahan lainnya. Bahan jati ini juga tetap kokoh walaupun terkena api. 

8. Kursi kayu mid-century

Rumah123

Dikutip dari laman interiordesign.id, gaya mid-century modern muncul pada periode sekitar tahun 1930 sampai 1970an. Gaya ini memberikan penekanan pada penggunaan bahan alami, kontemporer, dan konektivitas antar ruangan dalam serta luar. Ciri khas model kursi kayu gaya mid-century adalah pemilihan warna yang hangat dan kehadiran pola geometris.

Jenis yang satu ini sempat populer dan banyak digemari masyarakat pada masanya. Bahkan, sebagian dari Sedulur pasti pernah melihatnya atau sangat familiar dengan bentuk dari model yang satu ini. Bentuknya adalah berupa sandaran melingkar dan mengikuti bentuk kursi. Akan tetapi, karena terbuat dari kayu, maka Sedulur bisa menggunakan bantalan duduk supaya menjadi lebih nyaman.

9. Kursi kayu minimalis melengkung

Indo Jati Mebel Jepara

Gaya melengkung bisa menjadi pilihan kursi kayu unik yang bisa Sedulur gunakan sebagai furnitur rumah. Alasannya adalah karena terdapat lengkungan pada bentuknya di atas. Tidak tanggung-tanggung, bentuk melengkung itu bukan cuma di satu sisi saja. Mulai dari bagian belakang, samping, hingga dudukannya, semuanya berbentuk melengkung.

Tak hanya itu saja, ada pula beberapa bolongan kecil dan besar yang terletak di kerangkanya, sehingga memiliki nilai seni tersendiri. Selain bernilai seni, bolongan itu juga bisa memudahkan penggunanya untuk menggenggam dan mengangkatnya ketika hendak dipindahkan. Gaya minimalis ini juga termasuk fungsional, karena cocok untuk diletakkan di ruangan manapun.

BACA JUGA: 18 Cat Rumah Minimalis Tampak Depan Warna Cerah Terfavorit

10. Sofa kayu minimalis kaki tinggi

Dekorasi Rumah Jati

Kursi kayu panjang berbentuk sofa minimalis merupakan salah satu desain modern yang banyak dicari. Bagian kaki dari sofa ini dibuat ramping dan tinggi, sehingga membuatnya menjadi tampak lebih besar. Terutama, ketika diletakkan pada ruangan yang cukup sempit. Kaki pada desain sofa ini terbuat dari kayu yang berkualitas tinggi.

Agar hunian menjadi semakin mewah dan cantik, pilihlah yang berwarna setengah terang. Jangan sampai memilih warna yang gelap, karena hal itu bisa membuat ruangan menjadi tampak kusam. Untuk melengkapinya, padukan menggunakan karpet warna senada atau bermotif. Tujuannya adalah sebagai penyeimbang warna dan desain. Selain itu, karpet tersebut bisa membuat hunian tampak lebih luas.

11. Kursi kayu retro

Indomebel

Pilihan kursi kayu gaya retro memang cocok untuk dipilih Sedulur yang menyukai desain vintage. Selain terkesan vintage, tampilannya akan menjadi sangat eye catching dan unik. Bentuknya unik karena menggunakan warna yang cukup berani. Hal itu membuat desain atau model ini banyak diminati dan dicari masyarakat. Padukan dengan karpet bulu supaya ruangan menjadi lebih keren dan unik.

12. Kursi kayu rotan

Dekoruma

Untuk hunian yang minimalis, Sedulur bisa memilih kursi kayu kecil yang terbuat dari rotan. Suasana rumah akan menjadi tetap hangat dan estetik. Model minimalis yang satu ini banyak digunakan terutama pada bangunan atau hunian yang berkonsep modern. Alasannya adalah ia mampu menghadirkan suasana hangat sekaligus cantik karena rotan yang khas.

Terlebih lagi, rotan merupakan salah satu jenis material yang sangat mudah untuk dibentuk. Hal ini karena sifatnya yang lentur. Jadi, desain ini sangat beragam dan mudah ditemukan di pasaran. 

BACA JUGA: Scandinavian Desain Rumah Minimalis yang Sedang Populer

Kelebihan menggunakan kursi kayu

Dekoruma

Kursi kayu memang tidak pernah membosankan bila dipakai untuk dekorasi rumah. Selain memberikan kesan klasik dan nyaman, terdapat kelebihan lain yang perlu Sedulur ketahui. Berikut adalah beberapa kelebihannya:

  • Awet dan tahan lama. Karena tahan lama, jadi Sedulur tidak perlu membeli lagi jika sudah lewat beberapa tahun bahkan puluhan tahun. Jadi, sekali membeli langsung bisa digunakan untuk jangka panjang. Hal ini tentunya berbeda dengan jenis yang lainnya yang dalam beberapa tahun saja sudah harus diganti karena rusak dan lapuk. Apalagi, jika Sedulur memilih bahan jati yang merupakan jenis terbaik dalam hal ketahanan dan keawetannya. Seratnya cukup padat, sehingga tidak mudah lapuk dan rusak walau terkena air.
  • Sangat kokoh. Kekokohannya tergantung dengan jenis yang digunakan untuk membuatnya. Dalam hal ini, jenis yang menjadi favorit adalah jati.
  • Anti serangga dan rayap. Permasalahan utama pada kursi kayu adalah rentan terserang rayap yang bisa merusak furnitur tersebut. Urat dan serta pada jenis jati cenderung padat, keras, dan juga mempunyai resin yang mampu mengusir serangga seperti rayap. Jadi, wajar jika jenis ini bisa dan mampu bertahan hingga puluhan tahun.

Nah, itu dia berbagai pilihan model kursi kayu yang cocok digunakan sebagai dekorasi rumah Sedulur. Sebelum memutuskan untuk membelinya, pastikan untuk mengenali jenis kayunya terlebih dahulu. 

Jika ingin mendapatkan kualitas terbaik serta tahan lama, Sedulur bisa memilih jati. Namun, bahan jati biasanya agak sedikit mahal jika dibanding dengan jenis lainnya. Maka dari itu, sesuaikan dengan budget yang ada, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!