kerajinan tangan dari kayu

Kayu adalah salah satu bahan yang multifungsi. Ia dikenal sebagai material yang durable, tetapi juga mudah dibentuk. Ditambah tekstur dan warnanya yang menenangkan dan estetik sebelum dipoles sekalipun. Tidak heran jika banyak orang yang tertarik membuat kerajinan tangan dari kayu sendiri. Jenis kayu pun beragam dan bisa dipilih sesuai kebutuhan serta ketersediaan dana. 

Sedulur yang ingin coba belajar membuat kerajinan tangan dari kayu, wajib membaca tips dan inspirasinya berikut. Biar makin semangat dan tentunya bisa melakukan berbagai preparasi dulu sebelum mengeksekusi ide di kepala. 

BACA JUGA: 20 Cara Membuat Kerajinan dari Kerang yang Unik & Mudah

Sebelum ke deretan inspirasinya, ada baiknya Sedulur mengenal beberapa jenis kayu yang bisa diolah jadi kerajinan tangan, sebab tak semua kayu itu sama. Simak kelebihan dan kekurangannya masing-masing, yuk. 

Kayu solid

Kerajinan kayu
Pexels

Kayu solid adalah jenis kayu utuh yang diambil dari gelondongan pohon dan dipotong jadi balok-balok agar mudah dipasang dan dipotong sesuai kebutuhan konstruksi. Apa saja sifatnya? 

  • Dianggap superior karena lebih kuat dan tahan lama karena langsung diambil dari pohon yang tentunya sudah hidup selama bertahun-tahun lamanya. 
  • Juga tidak berongga sehingga lebih mudah diperbaiki, dibersihkan, dan lebih tahan air serta cuaca. 
  • Memiliki corak dan tekstur yang khas sehingga memang lebih ditujukan untuk diberi finishing alami ketimbang dicat dengan cat kayu. 
  • Harganya jauh lebih mahal 
  • Massanya lebih berat 
  • Beberapa memiliki tekstur yang cukup keras sehingga tidak semua orang bisa mengolahnya dengan baik. Perlu keahlian dan alat khusus. 

Contoh kayu solid antara lain kayu jati, mahoni, birch, pinus, ulin, oak, bambu, kayu mangga, trembesi, sonokeling, dan lain sebagainya. Dari beberapa contoh kayu solid di atas, mahoni termasuk yang termurah dan mudah ditemukan. Sementara, jati dan ulin adalah kayu premium yang tingkat kekuatan dan ketahanannya melampaui banyak kayu lain. 

Kayu olahan

Jenis kerajinan kayu
Pexels

Selain kayu solid, Sedulur juga akan mengenal engineered wood atau kayu olahan. Kayu jenis ini dibuat dari sisa kayu solid, bisa berupa potongan-potongan atau serat maupun bekas serutan yang kemudian disatukan dengan lem dan berbagai bahan kimia lain agar menjadi padat. Jenis kayu ini juga punya karakter khususnya sendiri. 

  • Secara dimensi lebih stabil karena dibuat dengan cetakan sehingga mudah untuk pemula sekalipun. Tak perlu proses penghalusan lebih, ia siap dipakai dan dirangkai. 
  • Ramah lingkungan karena dibuat dari daur ulang sisa kayu solid. 
  • Ukuran dan desain kayu olahan mentah lebih beragam. Tidak hanya berupa balok, beberapa bisa berupa papan-papan tipis. 
  • Harganya jauh lebih murah 
  • Biasa dicat atau diberi lapisan penutup karena tekstur dan warnanya tak seindah kayu solid.
  • Lebih rentan rusak apalagi bila terekspos air dan cuaca, sehingga tidak dianjurkan untuk kebutuhan eksterior. 

Contoh kayu olahan antara lain sebagai berikut. 

  • Plywood merupakan lembaran-lembaran kayu yang disusun dan ditempel dengan serat yang saling tegak lurus. Ia sering dipasang secara horizontal, misalnya untuk lantai, panel dinding atau pintu, atau perabot. 
  • Laminated veneer lumber (LVL) terbuat dari lembaran kulit kayu dari satu jenis yang ditumpuk dengan serat sejajar hingga memperoleh ketebalan tertentu. Memiliki kemiripan dengan plywood, tetapi biasanya lebih tebal dan lebih kuat untuk pemasangan vertikal sehingga banyak ditemukan di struktur bangunan. 
  • Medium density fiberboard (MDF) adalah kayu olahan yang tersusun dari serat-serat kayu lunak yang disatukan dengan lilin dan resin hingga membentuk panel-panel baru. Ia paling sering ditemukan di Indonesia untuk membuat perabot-perabot dengan harga miring. 
  • Oriented strand board (OSB) terbuat dari campuran potongan dan serat kayu yang disatukan dan ditekan hingga menghasilkan lembaran-lembaran tebal.
  • Laminated strand lumber (LSL) dibuat dari potongan kayu sisa acak yang disatukan dengan resin. Ini berarti LSL terbuat dari 95 persen kayu solid dan cukup superior untuk kelas kayu olahan. 
  • Cross laminated timber (CTL) dibuat dari panel-panel kayu solid yang rapi dan kemudian ditumpuk secara vertikal. CTL bisa diatur ketebalannya sesuai kebutuhan atau permintaan konsumen.  

Kayu palet

Kayu palet
Pexels

Kayu palet rasanya harus dikategorikan dalam jenis tersendiri, nih. Ini karena ia merupakan jenis kayu yang sangat ekonomis. Bisa dibuat dari MDF atau kayu pohon buah-buahan yang ringan dan memang tidak tahan lama. Palet kayu sendiri memang hanya difungsikan dalam industri jasa ekspedisi.

Gunanya untuk melindungi produk dari risiko pecah dan bocor selama proses pengiriman. Setelah dipakai, biasanya kayu palet dipakai ulang untuk pengiriman berikutnya sampai ia rusak dan tak lagi layak dipakai.Tak sedikit yang membuangnya atau menjualnya ke pengepul yang akan mengolah ulang kayu tersebut. 

BACA JUGA: 25 Kerajinan dari Kardus Bekas yang Murah & Mudah Dibuat

Pilihan finishing yang tersedia 

Selain bahannya, finishing juga penting, Sedulur. Ini akan menambah masa pakai dan mempercantik tampilan kerajinan kayu. Ada beberapa jenis yang tersedia di pasaran. 

  • Varnish adalah jenis finishing paling umum. Ia bisa bening atau berwarna sesuai dengan keinginan konsumen. Biasanya varnish akan mewujudkan hasil akhir berkilau dan bisa melindungi kayu dari sinar UV. 
  • Oil finish sesuai dengan namanya merupakan minyak yang dioleskan untuk menambah keindahan dan menonjolkan tekstur serta corak alami kayu. 
  • Water based finish tidak akan menimbulkan aroma menyengat saat diaplikasikan. Ia merupakan resin akrilik yang cukup cair secara konsistensi dan membuatnya cepat kering. Ia akan memberikan sentuhan alami pada kayu tanpa mengurangi fungsi perlindungannya. 
  • Lacquer adalah jenis finishing yang larutannya cair dan akan memberikan sentuhan alami yang berkilau. Ia juga akan menonjolkan corak serta warna alami kayu tanpa mengubah warnanya. Beda dengan varnish, ia tidak akan menguning seiring berjalannya waktu. 
  • Woodstain cukup mudah ditemukan. Ia adalah pewarna kayu semi transparan yang tetap mengandung pigmen sehingga akan membuat warna kayu alami sedikit berubah. Ada banyak pilihan warna yang bisa dipilih untuk produk ini. 

Alat yang diperlukan 

Setelah tahu berbagai jenis kayu, tentunya Sedulur harus mempersiapkan juga alat-alat yang dibutuhkan dalam cara membuat kerajinan dari kayu. Apa saja sih? 

  • Gergaji, bisa gergaji mesin atau manual. Namun, mesin tentu akan lebih memudahkan dan mempercepat proses. 
  • Amplas. Tak hanya yang berupa kertas, amplas juga kini hadir dalam bentuk mesin otomatis yang akan mempercepat proses pemolesan kayu. 
  • Palu 
  • Screw gun 
  • Measuring tape atau meteran 
  • Wood planes untuk memotong dan menghaluskan permukaan kayu 
  • Lem kayu  

BACA JUGA: 12 Model Kursi Kayu untuk Dekorasi Ruangan yang Nyaman

Apa saja sih yang bisa Sedulur buat dari kayu? Berikut beberapa inspirasi kerajinan dari kayu mudah sampai yang kesulitannya menengah. 

1. Nampan kayu yang estetik 

kerajinan tangan dari kayu
Instagram @stainandink

Sedulur bisa coba kerajinan kayu berupa nampan berikut ini. Ia dibuat dengan alas yang beraneka bentuk dan warna, tetapi membentuk pola geometris yang menawan. Meski kecil dan tampak mudah, perlu ketelatenan dan ketekunan tingkat tinggi untuk menyelesaikan proyek DIY ini. Terutama untuk menyusun mozaik di bagian penampang alasnya. Kalau hitungan ukurannya tak pas, pasti tak jadi. 

2. Tempat pensil dari kayu 

Feel Gift

Jika punya balok kayu dengan ukuran 20 x 6 cm, menyulapnya jadi kotak pensil boleh juga. Namun, Sedulur harus telaten mengukir bagian dalamnya untuk membuat rongga macam ini. Perlu alat yang cukup mumpuni untuk membuat kerajinan sehalus ini. Ketekunan juga jadi faktor penentu. 

3. Mangkuk dan gelas kayu DIY 

Instagram @nu_woodworks

Untuk membuatnya, Sedulur juga membutuhkan kayu solid yang bisa dikeruk bagian tengahnya agar membentuk rongga. Tidak perlu rapi, bisa dibikin sengaja tidak rata seperti ini. Tampilannya tetap estetik. Pilih kayu yang agak lunak. Namun, jangan lupa beri finishing food grade agar ia aman untuk wadah makanan tentunya tak mudah berjamur saat dibersihkan dan terkena cairan dari makanan. 

4. Stool kayu yang minimalis 

kerajinan tangan dari kayu
Apato

 

Tak harus kayu solid, Sedulur bisa menggunakan kayu olahan untuk membuat stool atau kursi pendek ini. Desainnya seru ala Jepang kuno dengan konstruksi yang tak kelewat sulit. Bisa disontek untuk keperluan pribadi. Misalnya kursi buat anak-anak atau mencuci pakaian. Kalau berhasil, bangga sih. 

5. Rak buah dari kayu palet 

kerajinan tangan dari kayu
Garderners

Kerajinan kayu palet yang satu ini ideal untuk Sedulur yang butuh tempat menyimpan sayur dan buah agar tampak rapi dan mudah dicari. Ia didesain menyerupai laci-ladi geser yang bertingkat yang muat banyak jenis buah dan sayur. Buat toko sembako atau bisnis sayuran juga keren idenya. 

BACA JUGA: Inspirasi Model Rak Bunga Kayu Artistik & Cara Membuatnya!

6. Storage untuk sapu dan pel 

Pinterest

 

Selama ini di mana kamu menyimpan sapu dan pel? Di pojok ruangan atau punya ruang khusus sendiri di bawah tangga? Kalau belum punya tempat yang ideal, boleh bikin storage dari kayu palet seperti contoh di atas. Pel dan sapu jadi tampak lebih rapi dan teratur. Diletakkan di luar rumah juga oke, tak menganggu pemandangan. 

7. Rak sepatu yang mudah dibuat 

kerajinan tangan dari kayu
Prima Inspirace

Untuk membuat kerajinan tangan dari kayu ini, Sedulur bisa pakai limbah kayu sisa atau pakai plywood saja. Susun dengan rapi dan satukan menggunakan lem sebelum diperkuat dengan mur atau paku. Sedulur mungkin akan membutuhkan gergaji, amplas, dan screw gun untuk membuatnya. 

8. Bangku di garasi atau pintu masuk rumah 

Parati

Butuh bangku di garasi atau teras rumah, ide kerajinan limbah kayu palet ini bisa jadi jawabannya. Ia tinggal disusun membentuk bangku saja dan diperkuat dengan paku dan lem. Kalau masih ada sisa kayu palet, bisa dibikin jadi rak untuk jaket dan gantungan kunci motor. Seru idenya? 

9. Rangka sofa 

kerajinan tangan dari kayu
1001 Pallets

Palet kayu juga bisa disusun jadi rangka sofa macam ini. Setelah disusun dan diamankan konstruksinya, ia bisa diduduki langsung atau diberi bantalan sofa macam ini. Seru nih buat kursi teras. Kalau hujan, bantalannya bisa dibawa masuk dan dikeluarkan lagi saat hari cerah. Tertarik membuat? 

10. Wall mounted organizer 

kerajinan tangan dari kayu
Hunker

 

Belum punya yang begini di rumah? Bikin deh dengan bekal plywood. Satu yang besar untuk alas utamanya tempat cermin bersandar. Kemudian, tambah dengan satu papan plywood kecil untuk rak di bawah cermin. Silakan tambahkan kayu silinder untuk gantungan tas dan kunci di bagian paling bawah. 

BACA JUGA: 8 Manfaat Kayu Bajakah Sebagai Obat Kanker & Penuaan Dini

11. Gantungan kayu 

Design Milk

Kerajinan dari kayu yang ini sangat mudah. Sedulur bisa memanfaatkan sisa kayu bekas konstruksi bangunan atau perabot yang kemudian dipotong dan disatukan dengan lem dan paku. Kemudian diamplas agar halus. Bisa dicat atau diberi varnish alami agar tetap tampak corak aslinya. Langsung deh bor di dinding dan jadikan gantungan untuk tas atau jaket di kamar. 

12. Gantungan untuk bracket lamp 

Miss Jettle

 

 

Punya lampu gantung macam ini dan belum punya penyangganya. Bikin pasak sendiri dari kayu sisa, deh. Desain dan pola potongannya kurang lebih sama dengan gantungan kayu sebelumnya.  Namun, silakan beri ruang atau lubang untuk menyelipkan kabel. Kerajinan tangan dari kayu satu ini mudah, bukan? 

13. Planter untuk indoor dan outdoor 

eHow

Punya banyak koleksi tanaman di rumah? Sulap kayu jadi planter balok yang minimalis dan elegan berikut. Ditambah kaki dari logam atau kayu sama-sama keren. Potmu yang beragam warna dan ukuran pun akan tampak lebih rapi saat ditata di dalamnya. Kerajinan tangan dari kayu seperti ini mau diletakkan di teras atau di ruang tamu, oke, kok!

14. Meja kopi artsy dari kayu solid 

Instagram @woodwork.maker

Pernah lihat potongan kayu macam ini? Jangan dipandang sebelah mata dengan tambahan kaki-kaki besi, ia bisa jadi meja kopi yang artsy dan kesannya magis. Cocok untuk meramaikan rumah minimalis atau jadi meja untuk bisnis kafemu. Sedulur bisa masukkan ini dalam pertimbangan saat akan membuat kerajinan dari kayu. 

15. Rak basic, tinggal tumpuk saja

Instagram @__to.m.ooo_______

Sedulur juga bisa bikin rak tingkat sederhana dari kayu plywood atau MDF yang berdesain seperti ilustrasi di atas. Ia hanya berupa dua kotak terbuka yang disusun vertikal hingga memberikan kesan bertingkat. Serbaguna bisa juga dijadikan kotak penyimpanan di bawah kasur kalau ingin ganti suasana. 

BACA JUGA: 15 Warna Keramik yang Cerah untuk Mempercantik Rumah

16. Meja gelas untuk lengan sofa 

kerajinan tangan dari kayu
Joann

 

Sedulur juga bisa nih meniru ide seru dengan membuat meja gelas yang ditujukan untuk diselipkan pada lengan sofa. Bisa dipindah-pindah dan dilepas pasang sesuai kebutuhan. Ini sih harus bikin sendiri agar bisa disesuaikan dengan lebar armrest sofa milikmu. Buruan bikin. 

17. Meja dari bekas laci 

Elle Espana

Punya laci bekas yang tak terpakai karena rusak, coba sulap jadi meja console macam ini. Tinggal dipoles ulang dengan cat atau varnish, kemudian diberi kaki dari besi atau kayu agar bisa berdiri sendiri. Letakkan di ruang tengah sebagai console table atau sebelah kasur sebagai meja nakas. Keren dan unik seketika. Bisa mengurangi limbah juga. 

18. Laci piramida 

kerajinan tangan dari kayu
Instagram @framacph

Buat Sedulur yang seorang kreatif dan suka bereksperimen, boleh coba proyek DIY dari kayu berbentuk laci piramida macam ini. Ia didesain tanpa engsel, hanya berupa rangka-rangka kawat yang dipakai sebagai slider si rak kayunya. Pakai jenis kayu solid boleh, tetapi pakai MDF dan plywood pun boleh-boleh saja. Kesannya earthy banget, industrialis. 

19. Peg board bikin sendiri

Instagram @podo_craft

 Sering melihat papan bolong-bolong ini? Peg board namanya dan sebenarnya ia bisa dibikin sendiri bila Sedulur memiliki circle hole saw yaitu pemotong kayu khusus yang berbentuk lubang berbagai ukuran. Peg board biasanya dipasangkan dengan kayu silinder untuk gantungan atau penyangga rak. Bisa dipasang di kamar dan dapur atau manapun yang dimau. Peg board sendiri menjadi kerajinan tangan dari kayu yang banyak dimanfaatkan sekarang ini.

20. Mainan anak yang ramah lingkungan 

kerajinan tangan dari kayu
Instagram @odinparker

Sedulur juga bisa membuat mainan anak dari kayu. Dengan begitu, ia lebih ramah lingkungan dan warnanya pun tak kelewat mencolok. Kalau Sedulur bisa bikin pola dan desain sendiri, bisa nih mainannya diperjualbelikan. Pasti banyak peminat yang akan mampir. Tentunya tepi-tepinya harus benar-benar halus agar aman buat anak, serta varnish-nya dipilih yang food grade dan non toxic. 

BACA JUGA: Cara Membuat Mozaik: Pengertian, Bahan & Cara Membuatnya

Upcycling yang membantu bumi 

Sedulur boleh juga mempertimbangkan teknik upcyling saat akan membuat kerajinan tangan dari kayu. Sedikit berbeda dengan recycle, upcycling bertujuan membuat kayu bekas dan buangan jadi perabot atau benda yang bernilai lebih tinggi. Baik dari segi estetika dan fungsinya naik drastis. Misalnya bongkahan kayu bekas diubah jadi meja dengan penambahan kaki. Atau sisa-sisa papan kayu disusun jadi kursi dan lain sebagainya. 

Dengan teknik ini kita akan turut mengurangi sampah kayu di dunia. Meski berasal dari limbah, produk upcycling bisa saja dibanderol dengan harga lebih mahal. Ini karena pengrajin harus mencari dan memilah limbah kayu yang sesuai dengan kebutuhan dan kriteria yang diinginkan. Proses ini sendiri saja sudah memakan waktu dan tenaga. Ditambah, mereka juga harus menemukan desain yang tepat agar nilai limbah tersebut bertambah dan fungsinya berubah jadi lebih baik. Tentu ini juga butub pikiran dan waktu yang tidak sebentar. 

Sedulur bisa pula mempertimbangkan peluang bisnis perabot upcycle yang masih jarang di Indonesia. Kalau berhasil tentunya akan jadi kebanggaan tersendiri karena bisa turut mengurangi sampah dan menambah masa pakai kayu yang sebenarnya masih panjang, tetapi teronggok karena pemilik sebelumnya tak lagi suka dengan desainnya.  

Tips membuat kerajinan dari kayu  

Tidak bisa dipungkiri kerajinan kayu adalah suatu kegiatan yang membutuhkan ketekunan dan kesabaran ekstra. Prosesnya pun tidak mudah. Sedulur mungkin harus melakukan beberapa kali percobaan sampai bisa memotong kayu dengan lurus serta menghaluskan permukaannya dengan sempurna. Saat akan mulai berlatih, coba tips berikut. 

  • Sediakan ruang khusus untuk melakukan proyek kerajinan kayu. Ini karena akan banyak serat dan kotoran yang bakal berserakan. Di luar rumah juga boleh asal ada soket listrik yang tersedia. 
  • Selalu gunakan pengaman seperti sarung tangan, masker dan goggle untuk melindungi mata dan saluran pernapasan dari debu dan serat yang beterbangan. 
  • Pelajari dengan baik cara mengoperasikan alat karena hampir semuanya termasuk alat berat yang perlu latihan khusus beberapa kali. 
  • Pastikan kamu tidak sedang mengantuk atau kelelahan karena kerajinan tangan dari kayu butuh konsentrasi tinggi. Banyak peralatan tajam yang tidak bisa main-main dipergunakan serampangan. 
  • Jangan gunakan pakaian yang terlalu longgar karena bisa saja tersangkut pada alat dan membahayakan Sedulur. 
  • Pastikan semua bahan dan alat tersedia dan berada di jangkauanmu sebelum memulai pekerjaan. 
  • Bila perlu Sedulur bisa mengikuti kursus dan mempelajari tutorial dulu untuk bisa mengetahui teknik-teknik pembuatan kerajinan dari kayu. 

Berbagai macam kerajinan dari kayu dan cara pembuatannya sudah dijabarkan di atas. Tentunya bisa jadi referensi sebelum Sedulur benar-benar melakukan eksekusi.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!