Suku di indonesia memiliki beragam ciri dan karakter. Semua tersebar dari Sabang hingga Merauke. Bahkan di setiap pulau selalu ada suku-suku yang mendiami. Keberagaman akan suku bangsa  inilah, yang membuat Indonesia tersohor hingga mancanegara.

Suku di Indonesia berdasarkan provinsi menurut data sensus Badan Pusat Statistik tahun 2010, Indonesia setidaknya memiliki 1.340 suku bangsa yang tersebar di Nusantara. Sementara itu, jumlah bahasa yang ada di Indonesia ada sekitar 652 bahasa. Namun, angka itu mungkin akan cenderung berubah pada setiap tahun.

Nah, berbicara mengenai suku di Indonesia, tim Aplikasi Super akan memberikan penjelasan lebih lengkapnnya di bawah ini. Yuk simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA : 12 Macam Macam Bunga Hias Cantik, Cocok Untuk Dekorasi Halaman Rumah

-->

1. Suku Jawa

"	 Daftar Suku Bangsa di Indonesia Beserta Asal Daerahnya"
Flick

Suku jawa merupakan suku di Indonesia dan asalnya dari Pulau Jawa. Suku ini tersebar di beberapa wilayah di Pulau Jawa dari mulai Jawa Barat, Jawa Timur bahkan Yogyakarta, Indramayu dan Serang- Cilegon Banten. Tidak hanya itu, masyarakat jawa juga tersebar hingga ke pelosok-pelosok Indonesia. Suku jawa dikenal memiliki karakteristik masyarakatnya yang luwes, mudah berbaur, walaupun sedikit pemalu dan sungkan, ramah dan sopan

BACA JUGA : 11 Manfaat Olive Oil Extra Virgin Untuk Kulit & Tubuh

2. Suku Sunda

"	 Daftar Suku Bangsa di Indonesia Beserta Asal Daerahnya"
detik

Setelah kita tadi membahas mengenai suku di Jawa yang mendiami Jawa Tengah, maka pada posisi  kedua ada namaya Suku Sunda. Ya Suku sunda adalah suku dengan populasi terbesar kedua di Indonesia yang berasal dari Pulau Jawa. Suku ini lebih banyak mendiami wilayah di baraha Provinsi Jawa tengah.

Daerah cakupan suku Sunda biasanya ada di wilayah administrasi provinsi Jawa Barat, Banten, Jakarta, dan Banyumasan (wilayah barat Jawa Tengah)  wilayah cakupan tersebut dikenal dengan istilah Tatar Pasundan. Selain tersebar di wilayah tersebut, ternyata suku sunda termasuk suku yang suka merantau. Tidak hanya itu, ada salah satu ciri khas suku Sunda adalah karakteristiknya yang dikenal memiliki sifat optimis, ramah, riang, sopan, dan bersahaja.

Ciri khas tersebut biasanya sudah tercantum di dalam buku Suma Oriental karya Tome Pires. Dia menjelaskan bahwa orang Sunda ternyata memiliki sifat jujur dan pemberani. Selain itu, orang Sunda juga sangat terkenal dengan nilai-nilai budaya someah dan selera humor yang tinggi. Warga masyarakat suku sunda termasuk yang masih memegang adat istiadat dari para leluhur lho.

BACA JUGA : 15 Aplikasi Edit Foto Terbaik Ala Selebgram di Android & iOS

3. Suku Batak

"	 Daftar Suku Bangsa di Indonesia Beserta Asal Daerahnya"
kompas

Selanjutnya ada suku batak yang berasal dari Sumatera Utara. Suku ini hampir di seluruh Pulau Sumatera khususnya Sumatera Utara bisa kita jumpai. Tahukah kamu Sedulur, suku batak masih terbagi lagi dalam lima jenis etnis yaitu Batak Toba, Batak Simalungun, Batak Karo, Batak Mandailing dan Batak Pakpak.

Lima jenis etnis Suku Batak ini juga memiliki bahasa-bahasa yang sangat berbeda-beda. Di Indonesia, orang batang identik memiliki karakter yang keras atau tegas. Ciri khas lain yang perlu kita ketahui dari suku ini adalah, bahwa Suku Batak kaya akan adat dan istiadatnya.

BACA JUGA : Kenali Ikan Cupang Koi, Harga, Ciri Ciri & Cara Merawatnya

4. Suku Madura

"	 Daftar Suku Bangsa di Indonesia Beserta Asal Daerahnya"
IDN Times

Sesuai namanya, suku madura mendiami Pulau Madura, wilayah Jawa Timur. Suku Madura termasuk suku pemberani dan selalu merantau hingga ke luar daerahnya. Selama merantau, mereka mencari pemasukkan dari membuka jasa potong rambut hingga membuka warung sate.

Sama seperti suku batak, suku madura dikenal memiliki karakteritik intonasi bicaranya yang sedikit keras dan terdengar kasar. Meski demikian, bukan berarti mereka sedang marah, melainkan itu adalah ciri khasnya.Namun, di balik sifat keras dan intonasi suaranya yang sedikit  kasar, suku madura dikenal hemat, dissiplin, rajin bekerja dan memiliki tradisi islam yang kuat. Mereka selalu memiliki warna identik merah putih atau belang-belang.

BACA JUGA : 11 Ikan Air Laut yang Sering Dikonsumsi, Kaya Nutrisi & Gizi

5. Suku Betawi

"	 Daftar Suku Bangsa di Indonesia Beserta Asal Daerahnya"
Nawacita

Selanjutnya ada Suku betawi. Suku ini mendiami kawasan Jakarta dan sekitarnya. Suku betawi sangat terkenal dengan khasanah, kuliner dan budanya yang masih tetap terjaga hingg saat ini. Asal-usul suku ini adalah hasil perkawinan darah campuran dari berbagai macam suku yang didatangkan Belanda ke Batavia pada masa itu.

Perlu kamu ketahui Sedulur, Suku betawi merupakan salah satu suku dengan populasi tinggi yang diketahui sudah bermukim lama di Batavia sejak abad ke-17. Namun, dilihat dari karakteristiknya, dua suku bangsa dominan pada suku betawi adalah suku Arab dan Cina sebagaimana tercermin dari bahasa mereka. Orang Betawi umumnya berada di daerah Jakarta, Bogor, dan sekitarnya.Selain itu, suku Betawi terkenal dengan ragam kesenian uniknya seperti Lenong, Gambang Kromong, Keroncong, dan Tanjidor.

Beberapa tokoh suku betawi yang mungkin sudah banyak menghiasi layar kaca televisi kita di antaranya adalah Haji Mandra, Alm Haji Benjamin Sueb, Alm Haji Bokir dan masih banyak lagi. Mereka adalah tokoh suku betawi yang selalu melestarikan budaya betawi

BACA JUGA :12 Manfaat Bawang Dayak bisa Jadi Obat Berbagai Penyakit

6. Suku Minangkabau

detik

Selanjutnya ada suku minangkabau yang menetap di daerah Pulau Sumatra khususnya di Sumatera Barat, Riau bahkan ada pula yang berada di Sumatera Selatan. Suku minangkabau sama seperti suku madura dan suku batak yang suka merantau ke luar daerahnya.

Suku minangkabau juga terkenal sangat ulet dalam berusaha atau saat berdagang. Bilamana kita menjumpai warung nasi padang, maka sudah tidak asing lagi, pasti mayoritas orang yang jualan adalah suku minang. Suku minang juga memiliki karakteristik seragam kebesaran yaitu, baju minang yang mendapat percampuran budaya dari China.

Banyak tokoh-tokoh nasional dari suku minang yang pernah memberikan sumbangsih yang nyata buat banga dan negara ini. Sebut saja, Alm Haji Agus Salim, lalu Sutan Sjahrir dan Wakil Presiden pertama Republik Indonesia, Mohammad Hatta atau biasa disapa Bung Hatta. Tidak hanya itu,  ada salah satu tokoh pergerakan nasional lainnya yaitu Tan Malaka. Wah sangat lengkap ya.

7. Suku Bugis

IDN Times

Di posisi ketujuh,  ada suku bugis yang berasal dari Sulawesi Selatan dan termasuk sebagai Deutro Melayu. Ciri khas suku bugis adalah, mereka memiliki intonasi suara yang cenderung keras seperti suku batak atau suku madura.

Sama seperti suku batak atau minang kabau. Suku bugis juga terkenal suka merantau ke daerah luar. Itulah karakteristik yang dimiliki oleh suku bugis. Selain terkenal berani merantau ke luar daerahnya, suku bugis terkenal memiliki jiwa pemberani menghadapi lautan yang ganas. Hal itu bisa kita lihat dari kapal phinisi yang mereka ciptakan dan tradisi membuat kapal ini masih dilakukan oleh suku bugis hingga saat ini.

Banyak tokoh nasional yang merupakan suku bugis dan pernah memimpin negeri ini. Misalnya saja Jusuf Kalla mantan Wakil Presiden dari era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan era Presiden Joko Widodo. Selanjutnya juga ada insiyur pembuat pesawat terbang yang tersohor hingga manca negara yaitu, Alm BJ Muhammad Habibie. Beliau juga pernah menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia meski waktunya tidak lama.

Itulah tokoh-tokoh yang diketahui berasal dari suku bugis dan memiliki sumbangsih yang nyata buat bangsa dan negara.

8. Suku Melayu

indepedhia

Suku terbesar selanjutnya adalah Suku melayu. Suku melayu merupakan orang-orang yang berasal dari bangsa Austronesia. Mereka mendiami willayah semenanjung Malaya hingga Pulau Kalimantan. Untuk wilayah pulau sumatra, suku melayu juga mendiami Provinsi Riau, Batam hingga beberapa wilayah di Sumatra Barat.

Nama Melayu sendiri berasal dari kerajaan Melayu, yang merupakan kerajaan yang berada di Pulau Sumatra. Ciri khas lain dari suku melayu adalah, orang melayu dikenal dengan bahasa, berbudi bahasa dan logatnya yang halus. Di negara tetangga Indonesia, suku melayu tersebar di Negara Brunei, Malaysia hingga Singapura.

9. Suku Banjar

banjarbaruklik

Selanjutnya pada posisi kesembilan, ada suku banjar. Suku banjar merupakan suku yang berada di daerah Pulau Kalimantan. Mereka mendiami wilayah di Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur hingga Kalimantan Selatan. Perlu diketahui Sedulur, orang suku banjar terkenal suka berniaga atau berdagang. Tentu sama halnya dengan suku minangkabau yang menyukai berdagang.

Tidak hanya itu, suku banjar hampir mirip seperti suku minangkabau, suku madura hingga suku bugis. Ya, sama-sama sangat menyukai kegiatan merantau baik itu hanya untuk melanjutkan studi atau sebatas untuk berdagang. Aktivitas ini sebenarnya sudah berlangsung lama sekitar ratusan tahun silam. Penetian pernah membuktikan, jika nenek moyang orang madagaskar adalah suku banjar.

10. Suku Bali

goodnewsfromindonesia

Di posisi terakhir ada suku bali. Sesuai namanya, suku ini menetap di pulau Bali. Mayoritas suku bali memeluk agama hindu. Dan mereka masih terus memegang adat istiadat hingga saat ini. Suku ini juga sangat tersohor hingga mancanegara. Salah satu karakteristik suku Bali sekali lagi masih memegang nilai-nilai luhur. Bahkan, sistem kasta juga masih berlaku di daerah Pulau Bali yang merupakan tempat bagi suku Bali.

Demikian ulasan mengenai suku-suku di Indonesia. Semoga menambah khasanah kita tentang keberagaman suku di tanah air ya Sedulur.