serum untuk remaja

Serum memang bukan elemen esensial dalam ritual perawatan kulit. Keberadaannya bisa dilompati atau diabaikan. Apalagi untuk anak puber, serum biasanya tidak dimasukkan dalam daftar produk yang disarankan. Namun, jika remaja mengalami beberapa masalah spesifik pada kulit seperti jerawat, minyak berlebih, dan kering yang mengkhawatirkan, serum untuk remaja boleh kok dimasukkan dalam rezim perawatan kulit harian untuk anak berusia belasan tahun. 

Tentunya, serum ini berbeda dengan serum untuk dewasa. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Terutama saat memilih bahan aktif yang terkandung pada serum yang disasar. Silakan cek beberapa tips dan rekomendasi serum terbaik untuk remaja di bawah ini.  

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Skincare Remaja Paling Aman, Bikin Kulit Glow Up!

Bagaimana caranya memilih serum untuk remaja?

Depositphotos

Nah, sebelum masuk ke dalam pembahasan utama dari rekomendasi serum untuk remaja, tidak ada salahnya bagi Sedulur untuk mencari tahu tips jitu apa saja yang bisa dipakai untuk memilih serum wajah yang cocok.

-->

Mengutip dari berbagai sumber, cara memilih serum wajah bagi remaja yang benar ada enam, mulai dari memastikan kulit memang benar-benar membutuhkan serum, mengutamakan kandungan yang alami, memilih serum sesuai budget, hingga memperhatikan formulasi serta tekstur serum di kulit.

Cari tahu penjelasan lengkapnya pada ulasan di bawah ini. 

1. Pastikan kulit memang benar-benar membutuhkan serum untuk remaja

Sebelum membeli serum untuk remaja yang cocok, pastikan dahulu apakah wajah Sedulur sudah memerlukan berbagai kandungan aktif yang ditawarkan oleh serum atau belum.

Dr. Jessica Wu dari Harvard University menyatakan bahwa bagi remaja dengan usia 15 hingga 18 tahun, secara umum mereka masih belum memerlukan serum. Sebaiknya, perawatan kulit difokuskan kepada konsep basic skincare saja. Konsep basic skincare tersebut terdiri dari pembersih, pelembab, dan sunscreen.

Jika kasusnya serum memang dibutuhkan, coba cari tahu apa bahan kandungan di dalamnya. Apabila timbul iritasi dan alergi, segera hentikan pemakaian dan beralih ke basic skincare saja hingga kulit terbiasa menerima nutrisi dari produk-produk perawatan kulit.

2. Utamakan serum untuk remaja dengan kandungan bahan-bahan alami

Serum wajah untuk remaja dianjurkan yang menggunakan bahan-bahan alami dan formulanya ringan. Kenapa? Berikut ini adalah beberapa kelebihan menggunakan produk perawatan kulit yang alami.

  • Mengurangi risiko terkena dampak negatif dari bahan kimia – Produk perawatan kulit yang alami, seperti serum, biasanya akan terbuat dari bahan-bahan yang langsung diambil dari alam. Biasanya kandungan kimia dari produk tersebut akan lebih sedikit, terutama bahan-bahan kimia yang sudah terbukti memberikan efek negatif jika digunakan dalam jangka panjang (parabens, sulfates, phthalates).
  • Lebih ringan pada kulit yang sensitif – Sudah banyak produk perawatan kulit alami yang diformulasikan dengan bahan-bahan ringan di kulit. Alhasil, kemungkinan iritasi akan berkurang. Selain itu, produk tersebut bisa mengurangi kemerahan dan meningkatkan pertahanan sekaligus kesehatan kulit.
  • Ramah lingkungan – Produk perawatan kulit yang alami seringkali menggunakan bahan-bahan yang dapat diurai dan didaur ulang dengan mudah. Tentunya, ia akan sangat ramah lingkungan dibandingkan produk perawatan kulit konvensional yang sering menggunakan bahan kimia berbahaya dan kemasan yang tidak bisa didaur ulang.
  • Mengutamakan kesehatan kulit – Produk perawatan kulit alami biasanya akan mengutamakan kesehatan kulit para penggunanya secara bertahap. Hal tersebut dikarenakan ia mengandung banyak antioksidan, vitamin, dan nutrisi bermanfaat lain. Dengan begitu, kulit akan lebih sehat serta mempertahankan kesan glowing yang natural.
  • Hasil perawatan akan lebih baik untuk jangka waktu panjang – Karena produk perawatan kulit alami bekerja dengan proses perkembangan alami kulit, ia dapat memberikan hasil jangka panjang yang lebih baik dibandingkan dengan produk perawatan kulit konvensional yang mungkin hanya menawarkan hasil sementara/instan.

3. Pilih serum sesuai dengan dompet

Serum wajah untuk remaja biasanya memiliki formulasi bahan aktif yang tidak terlalu banyak, oleh karena itu pasti harga yang ditawarkan juga tidak mahal. Berbagai serum lokal juga bisa menjadi pilihan karena murah tetapi kualitasnya juga sangat baik untuk kulit wajah.

4. Cari serum yang sesuai dengan permasalahan kulit

Sebelum membeli serum untuk remaja, Sedulur bisa mencari tahu permasalahan kulit yang dialami. Contohnya, jika Sedulur mempunyai kulit yang cenderung gampang berjerawat, maka Sedulur bisa memilih serum dengan kandungan salicylic acid atau tea tree oil.

5. Ketahui formulasi di dalam serum

Sebelum sedulur memilih rekomendasi serum untuk remaja, pastikan terlebih dahulu untuk mengetahui formulasi di dalamnya. Kenapa?

  • Keamanan – Beberapa kandungan atau formulasi di produk perawatan kulit bisa jadi menyebabkan reaksi seperti iritasi, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Dengan terlebih dahulu mengetahui formulasi di dalam serum, Sedulur bisa mencegah penggunaan produk skincare yang berbahaya tersebut.
  • Efektivitas – Memahami kandungan atau formulasi di produk perawatan kulit bisa membantu Sedulur untuk menambah pengetahuan produk mana yang paling cocok untuk tipe dan masalah kulit yang dialami. Contohnya, jika Sedulur mempunyai kulit yang cenderung gampang berjerawat, maka Sedulur bisa memilih serum dengan kandungan salicylic acid atau tea tree oil.
  • Alergi dan sensitivitas – Beberapa di antara Sedulur mungkin mempunyai alergi atau sensitif terhadap formulasi tertentu dalam produk perawatan kulit. Dengan mengetahui kandungan apa saja yang ada dalam suatu produk, Sedulur bisa menghindari bahan-bahan yang dapat menimbulkan reaksi alergi tersebut.
  • Nilai moral – Beberapa bahan dalam produk perawatan kulit mungkin berasal dari hewan atau bisa jadi diuji pada hewan sebelum dipasarkan. Sebagian orang mungkin tidak peduli pada proses tersebut, namun ada juga mereka yang menganggap hal tersebut bertentangan dengan nilai moralnya. Dengan membaca label bahan, Sedulur bisa membuat pertimbangan terlebih dahulu berdasarkan informasi tentang produk yang digunakan.
  • Memahami klaim-klaim produk perawatan kulit – Label produk perawatan kulit seringkali memberikan klaim tentang manfaat produk, seperti ‘melembabkan’ atau ‘anti-aging’. Dengan mengetahui bahan-bahan dalam suatu produk, Sedulur bisa lebih memahami apakah produk tersebut benar-benar mengandung bahan-bahan yang dapat menghasilkan manfaat tersebut.

6. Pilih serum yang nyaman di kulit

Serum untuk remaja yang nyaman di kulit biasanya akan mengutamakan kesehatan kulit para penggunanya secara berproses. Hal tersebut dikarenakan ia mengandung banyak antioksidan, vitamin, dan nutrisi bermanfaat lain. Dengan begitu, kulit akan lebih sehat serta mempertahankan kesan glowing yang natural.

Bahan aktif yang aman untuk remaja

Depositphotos

Pilih bahan aktif sesuai kebutuhan wajah atau isu yang sedang dihadapi. Kamu tidak disarankan untuk memakai produk yang sedang tren saja. Kamu juga perlu mengetahui dan memenuhi kebutuhan kulit. Berikut ini adalah beberapa kandungan bahan aktif yang aman untuk dipakai dalam produk serum untuk remaja. 

Vitamin C bisa dipakai untuk membantu mencerahkan kulit dan menyamarkan noda bekas jerawat. Biasanya remaja juga punya masalah dengan wajah kusam akibat polusi dan kegiatan di luar ruangan. 

Niacinamide memiliki fungsi yang hampir sama dengan vitamin C. Senyawa ini bisa mengurangi warna kusam dan meratakan warna kulit yang tidak rata. Dengan begitu, wajah akan tampak lebih bersinar. 

Salicylic acid banyak disarankan untuk kulit berjerawat karena bisa berfungsi meredakan inflamasi dan mengandung anti-bakteri. Kandungan ini juga masuk ke dalam senyawa yang bagus untuk exfoliating sel kulit mati.

Hyaluronic acid adalah pelembap yang baik karena dapat mengikat air dan menjaga hidrasi kulit. Sangat cocok untuk remaja yang memiliki masalah kulit kering. 

Selain bahan aktif, beberapa ekstrak tanaman alami bisa dipilih seperti minyak biji bunga matahari, tea tree oil, lidah buaya, biji anggur, jojoba, dan lain sebagainya. Berikut beberapa rekomendasi serum yang bagus untuk remaja. 

1. Somethinc Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum 

serum untuk remaja
Instagram – prelovedbysiu

Somethinc dikenal sebagai salah satu jenama skincare lokal yang bisa dipercaya. Mereka punya banyak seri serum yang memfasilitasi kebutuhan banyak pengguna. Salah satunya remaja yang seringkali berurusan dengan jerawat, komedo, kemerahan, dan bekas jerawat yang menghitam. Teksturnya memang sedikit lebih kental, tetapi cepat meresap dan jelas bisa melembabkan sekaligus. Ia dibanderol dengan harga kurang dari Rp90 ribu. Lumayan murah ‘kan, Sedulur. 

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Serum Pencerah Wajah Terbaik dan Terbaru

2. Keep Cool Soothe Bamboo Serum 

serum untuk remaja
Instagram – keepcool.indonesia

Serum ini mengandung ekstrak bunga Centella Asiatica, air bambu, dan hyaluronic acid. Khasiat yang mereka klaim adalah melembapkan kulit dan membuatnya terasa sejuk, meredakan inflamasi. Teksturnya sangat ringan, jadi tak bikin risih saat dipakai. Produk ini juga bebas parfum, jadi benar-benar hipoalergenik. Siapkan dana sebesar Rp170 ribuan untuk mendapatkannya di genggamanmu. 

3. Votre Peau Vitamin C Serum 

serum untuk remaja
Instagram – skincarebygab_

Serum impor vitamin C ini dibanderol dengan harga Rp200 ribuan. Kandungannya dominan vitamin C sebagai zat aktif dengan klaim mampu melindungi sel kulit dan mendorong pembentukan kolagen baru.

Produk ini bisa dipakai setelah membersihkan wajah dua kali sehari bila perlu. Aman dan alami dengan kemasan yang elegan dan botolnya gelap, jadi mencegah produk teroksidasi. Banyak pengguna yang membuktikan kalau produk ini hipoalergenik dan bebas efek samping. 

4. Benton Tea Tree Serum 

serum untuk remaja
Instagram – slowliszt

Benton Tea Tree Serum bisa jadi pilihan terbaik untuk remaja yang mengalami masalah jerawat. Tea tree dikenal bisa mengontrol produksi minyak berlebih di wajah tanpa membuatnya terasa kering. Produk ini bisa dipakai saat jerawat sedang memerah atau radang untuk mengurangi inflamasinya.

Beberapa reviewer membuktikan bahwa serum ini bisa mengatasi bruntusan yang juga sering menyerang remaja belasan tahun. Teksturnya ringan pula, jadi pas untuk remaja yang masih ragu menggunakan serum-serum dengan konsentrasi tinggi. Harganya aslinya masih di angka Rp 300 ribuan, tetapi bisa diskon besar di waktu tertentu. Masuk akal, kok.

5. Hale Brightening Potion 

serum untuk remaja
Instagram – think.hale

Salah satu produk lokal baru yang bebas parfum, alkohol, dan animal testing ini juga punya varian serum. Kandungan aktifnya adalah niacinamide dan acetyl glucosamine. Cocok untuk kulit kering, tetapi bisa pula dipakai untuk mengurangi produksi sebum atau minyak berlebih karena dikombinasi dengan Zinc PCA. Bisa jadi serum yang cocok untuk remaja dengan masalah komedo, pori besar, bruntusan, dan bekas jerawat yang meninggalkan tekstur. 

6. Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial C Serum

serum untuk remaja
Instagram – sensatiabotanicals

Dengan harga Rp180 ribu, kamu sudah bisa mendapatkan 60 ml serum wajah dengan Sensatia Botanicals yang pas untuk mengatasi masalah jerawat. Selain tea tree dan lemon yang ampuh lawan jerawat, serum ini dilengkapi pula dengan ekstrak lidah buaya yang melembabkan serta vitamin C yang menjaga keremajaan kulit plus mencerahkan. 

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Body Spray Pria Terbaik, Wanginya Awet!

7. Some by Mi Yuja Niacin Blemish Care Serum

Instagram – cassiniellie12

Salah satu serum dengan tekstur ringan dan wangi yang menenangkan. Kandungannya antara lain ekstrak yuja, niacinamide, gluthatione, arbutin, dan beberapa vitamin yang gunanya untuk menutrisi kulit. Klaimnya bisa menjaga kelembapan, mencerahkan, menyamarkan bekas jerawat dan bintik hitam.

Harganya cukup menguras isi dompet. Sedulur perlu merogoh kantong sedalam Rp 500 ribu untuk mendapatkannya. Boleh tunggu waktu diskon saja buat mendapatkannya. 

8. Glow Factor Acne Glow Serum 

Instagram – glowfactor_id

Produk ini adalah serum yang bagus untuk remaja dan murah harganya. Cukup dengan Rp40 ribu saja, Sedulur bisa mencoba kemasan 20 ml. Termasuk produk baru, tetapi khasiatnya sudah dibuktikan beberapa pengguna.

Sesuai namanya, produk ini menyasar pemilik kulit dengan isu-isu jerawat dan kulit kusam. Kandungannya lengkap termasuk salicylic acid, hyaluronic acid, glycerin, borage seed yang dipercaya aman untuk kulit sensitif dan kering. Namun, ia aman dipakai juga untuk kulit berminyak dan acne prone, kok.

9. Whitelab Sanrio Brightening Face Serum 

Instagram – kinans.review

Dengan kemasan yang imut, produk dari Whitelab bisa jadi serum wajah yang bagus untuk remaja. Kandungan yang mereka sertakan di sini antara lain niacinamide, hyaluronic acid, dan marine collagen. Selain teksturnya yang ringan bak air, klaim mereka adalah mencerahkan, menyamarkan noda karena hiperpigmentasi, melembabkan dan meredakan kemerahan. Harganya juga tak mahal, kok. Ada di angka Rp70 ribuan per 20 ml. 

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Serum Mengandung Niacinamide Terbaik

10. Utama Spice Face Serum 

Instagram – utamaspice

Untuk Sedulur yang mencari skincare organik dan aman untuk remaja, Utama Spice bisa dilirik. Mereka memiliki satu varian serum wajan yang bahannya benar-benar alami, yaitu minyak argan, cocoa butter, minyak kelapa virgin, dan jojoba. Ini cocok untuk remaja yang memiliki masalah kulit kering.

Bahkan produk ini terbukti aman dan berdampak pada kulit yang jerawatan. Muka jadi lebih glowing dan jerawat pun bisa dicegah kedatangannya. Untuk harga, cukup sediakan dana sekitar Rp100 ribu, Sedulur. 

11. Wardah C Defense Serum 

Instagram – hideem.id

Dengan modal kurang dari Rp100 ribu, Sedulur bisa mencoba serum untuk remaja dengan kandungan utama vitamin C sebagai serum Wardah untuk remaja. Dipercaya aman untuk segala jenis kulit dan usia. Teksturnya pas, mudah menyerap, dan langsung berikan efek bersinar setelah dipakai. Sudah banyak yang membuktikan khasiat serum ini di berbagai tipe wajah, terutama tipe kulit kombinasi dan kering. 

Bagi yang ingin mencoba sister brand dari merek ini, kamu bisa mencoba beberapa rekomendasi serum Emina untuk remaja yang memang sudah diformulasikan secara khusus. Dari segi harga juga lebih terjangkau.

12. Erha AcneAct Anti Acne Serum 

Instagram – erha_acneact

Buat remaja yang memiliki masalah jerawat membandel dan bikin kesal, Erha punya solusinya. Setelah pemakaian rutin beberapa minggu, jerawat akan mulai meninggalkan wajah dan bakal dicegah kedatangannya.

Kandungan utamanya adalah BHA dan Niacinamide, jadi pastinya mengandung salicylic acid yang cegah bakteri penyebab jerawat dan bisa membantu membersihkan pori yang tersumbat. Modal yang harus disediakan Sedulur untuk mendapatkan produk ini adalah Rp 129 ribu. 

Itulah ulasan terkait belasan serum yang baik untuk remaja. Ada yang berfungsi lawan jerawat, ada yang basmi kulit kusam, hingga menghidrasi. Pilih saja produk dari berbagai pilihan brand di atas yang sesuai kebutuhan kulitmu. Tentunya tidak semua bakal langsung cocok di percobaan pertama, ya. Butuh ketekunan dan konsisten untuk menggunakan produk di atas dalam beberapa minggu. 

Demikian ulasan singkat mengenai rekomendasi serum untuk remaja. Dari usia dini, sudah sepantasnya bagi kita untuk mulai merawat diri sendiri. Tidak hanya dengan menjaga kebersihan dengan mandi saja, namun juga menjaga kesehatan wajah dengan menggunakan produk skincare yang aman serta berkualitas.

Sedulur sedang mencari produk perawatan kulit yang aman dan berkualitas? Coba temukan di Aplikasi Super! Selain memenuhi kebutuhan sembako dan dapur Sedulur, Aplikasi Super juga tentunya bisa dijadikan pilihan untuk berbelanja perlengkapan skincare, mulai dari krim pagi dan malam, toner, makeup, dan lain sebagainya.

Nggak perlu khawatir dompet jebol, harga produk-produk di Aplikasi Super pasti dijamin murah, kok! Apalagi ada gratis ongkir yang biasa Sedulur dapetin di setiap transaksi. Bikin belanja makin untung, deh!

Yuk, langsung cusss unduh Aplikasi Super lewat Google Play Store dan mulai transaksi pertama Sedulur! Aplikasi Super, bikin belanja makin mudah, bikin belanja makin murah!