Pernahkah Sedulur mendengar istilah serealia? Nama lainnya adalah sereal atau biji-bijian. Ia merupakan kategori tanaman yang ditanam dan kemudian biji atau bulirnya dipanen. Salah satu manfaat utama dari biji-bijian tersebut adalah sebagai sumber karbohidrat.

Sedulur dapat dengan mudah menjumpai beberapa serealia contoh di lingkungan sekitar, seperti padi, jagung, gandum, dan lain sebagainya. Sesuai dengan manfaatnya sebagai sumber karbohidrat, beberapa jenisnya lazim dimanfaatkan sebagai makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari.

Serealia ternyata tidak terbatas pada padi, jagung, dan gandum saja. Terdapat banyak jenisnya serta pemanfaatan dari kategori tanaman tersebut. Apa saja? Yuk, simak informasi singkat berikut ini, Sedulur!

BACA JUGA: Penting! Ini Manfaat Centella Asiatica yang ada Pada Skincare!

-->

Pengertian serealia adalah

Serealia dikenal dengan nama lain sereal atau biji-bijian. Ia merupakan sebutan bagi sekelompok tanaman yang dipanen untuk diambil biji atau bulirnya. Kandungan utama dari golongan tanaman ini adalah karbohidrat. Serealia terbagi menjadi dua, sejati dan semu.

  • Serealia sejati – Padi, jagung, gandum, jelai, dll.
  • Serealia semu – Sagu, ketela pohon, kentang, dll.

Peran jenis tanaman ini menjadi sangat penting karena kaitannya dengan karbohidrat yang dihasilkan. Maka dari itu, tidak heran bahwa serealia merupakan tanaman yang dibudidayakan secara massal di seluruh dunia, bahkan melebihi semua jenis tanaman yang lain.

BACA JUGA: Penting! ini Nutrisi dan Manfaat Chestnut untuk Kesehatan

Manfaat serealia

serealia
Unsplash

Bagi tanaman biji-bijian sejati, ia dapat menghasilkan karbohidrat yang tinggi. Maka dari itu, yang termasuk ke dalam kategori tersebut dibudidayakan dan dipanen bijinya untuk menjadi makanan pokok, seperti padi, jagung, gandum, jelai, dan lain sebagainya.

Namun, ketika ia dikategorikan sebagai tanaman biji-bijian semu, bukan bijinya yang dipanen untuk dijadikan makanan pokok. Melainkan pati dari tanaman-tanaman tersebut yang biasanya dikonsumsi, seperti pada sagu, ketela pohon, dan kentang.

BACA JUGA: Mengenal Tanaman Palawija yang Banyak Ditanam Petani

Kandungan serealia

serealia
Depositphotos

Secara umum, serealia mengandung karbohidrat dan vitamin. Tetapi selain itu, terdapat juga zat gizi yang lainnya seperti protein, vitamin E, vitamin B kompleks, niasin, tiamin, folat, mineral besi, magnesium, seng, kadar lemak yang rendah, dan antioksidan.

BACA JUGA: 10 Manfaat Lemon untuk Wajah Beserta Efek Sampingnya

Jenis-jenis dan contoh serealia

Nah, setelah Sedulur mengetahui pengertian, manfaat, serta kandungan serealia, pada pembahasan ini Sedulur akan diajak untuk mengetahui beberapa jenis dari tanaman biji-bijian tersebut. 

Coba simak sembilan contoh serealia apa saja pada ulasan di bawah ini.

BACA JUGA: 7 Fakta Menarik & Unik Bunga Lavender yang Perlu Diketahui!

1. Padi

serealia
Depositphotos

Jenis tanaman biji-bijian yang pertama adalah padi. Padi memiliki nama latin Oryza sativa. Sebagai salah satu tanaman budidaya yang penting, padi telah menjadi makanan pokok bagi banyak orang terutama mereka yang tinggal di daerah tropis. 

Di negara kita sendiri, padi memiliki peranan yang penting untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat masyarakat dengan diolah menjadi beras.

2. Jagung

Serealia
Unsplash

Jenis tanaman biji-bijian yang kedua adalah jagung. Jagung memiliki nama latin Zea mays. Ia menjadi salah satu tanaman berkategori biji-bijian yang dapat tumbuh di semua jenis tanah. Maka dari itu, kemanapun Sedulur pergi kemungkinan besar akan menemui tanaman jagung.

Serealia contoh dari jenis ini adalah untuk diolah menjadi makanan pokok di Amerika Utara, Amerika Selatan, serta Afrika, jagung dimanfaatkan sebagai pakan ternak.

3. Gandum

serealia
Depositphotos

Jenis tanaman biji-bijian yang ketiga adalah gandum. Gandum memiliki nama latin Triticum. Ia merupakan bahan utama dari tepung terigu, pakan ternak, dan difermentasikan untuk menjadi alkohol.

Beberapa kandungan penting yang terdapat dalam gandum adalah vitamin, mineral, serat, dan senyawa-senyawa bermanfaat lain. Menurut beberapa penemuan dari arkeolog, diperkirakan gandum berasal dari wilayah Laut Merah dan Laut Mediterania.

4. Sorgum

Jenis tanaman biji-bijian yang keempat adalah sorgum. Sorgum memiliki nama latin Sorghum. Sorgum dikenal sebagai makanan pokok di beberapa wilayah Asia Selatan dan Afrika. Selain dimanfaatkan sebagai makanan pokok, ia juga digunakan untuk pakan ternak seperti jagung.

5. Barley atau jelai

Depositphotos

Jenis tanaman biji-bijian yang kelima adalah barley atau jelai. Jelai memiliki nama latin Hordeum vulgare. Ia sering dibudidayakan sebagai bahan dasar pembuatan bir, malt, serta pakan ternak. Jelai merupakan pengganti gandum yang sangat cocok untuk di daerah yang berudara dingin atau beriklim kering.

6. Rye

Jenis tanaman biji-bijian yang keenam adalah rye. Rye memiliki nama latin Secale cereale. Pernahkah Sedulur mendengar jenis minuman beralkohol wiski? Nah, tanaman rye ini adalah salah satu bahan utama pembuatannya.

Ia merupakan bentuk tanaman morfologi yang mirip dengan gandum. Tetapi, yang membedakan rye dengan gandum adalah batangnya yang lebih besar dan tinggi, lebih banyak cabang, dan daun-daunnya lebih kasar. 

7. Oats

Depositphotos

Jenis tanaman biji-bijian yang ketujuh adalah oats. Oats memiliki nama latin Avena sativa. Ia biasa tumbuh di daerah dengan iklim yang basah. Lazimnya oats dimanfaatkan untuk membuat tepung yang berkadar serat halus dan minuman dari serealia. Salah satu kelebihan oats adalah untuk memperlancar pencernaan.

8. Buckwheat

Jenis tanaman biji-bijian yang kedelapan adalah buckwheat. Buckwheat memiliki nama latin Fagopyrum esculentum. Tanaman buckwheat dapat dengan mudah ditemui di wilayah dataran tinggi. Salah satu pemanfaatan buckwheat yang paling umum adalah untuk bahan baku pembuatan mie dan kue.

9. Millet

Depositphotos

Jenis tanaman biji-bijian yang kedelapan adalah millet. Tanamannya berbentuk seperti rumput dengan menghasilkan biji-biji yang kecil. Di Indonesia sendiri, pemanfaatan serealia hasil olahan millet biasanya untuk dijadikan pakan burung.

Nah, itu dia ulasan singkat dari serealia sebagai sumber karbohidrat. Beberapa kategori yang termasuk tanaman biji-bijian tersebut adalah padi, jagung, gandum, sorgum, barley, rye, oats, buckwheat, dan millet. Ia sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan pokok ataupun pakan ternak. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.