rumus luas permukaan kubus

Rumus luas permukaan kubus dibutuhkan untuk menghitung kubus itu sendiri. Kubus merupakan salah satu bentuk ruang pada benda. Dengan menggunakan rumus ini, kita bisa mencari tahu luas permukaannya. Perhitungan kubus dapat dihitung dengan menggunakan jumlah luas dari semua sisi permukaan kubus.

Kamu mungkin pernah mengetahui dan mempelajari rumus luas kubus dan contoh soal saat duduk di bangku sekolah atau perkuliahan. Namun karena pekerjaan dan aktivitas lain, Sedulur bisa saja lupa. Untuk menyegarkan ingatan, simak tuntas tentang rumus luas permukaan kubus di artikel  ini.

BACA JUGA: Hukum Pascal: Pengertian, Bunyi, Rumus, dan Penerapannya

1. Hal dasar dalam kubus

rumus luas alas kubus
Kumparan

Agar mudah mempelajari rumus luas alas kubus, tentu saja Sedulur perlu mengetahui apa itu permukaan kubus. Kubus sendiri merupakan sebuah benda dan ruan yang berbeda dengan balok.

Meskipun sama-sama disusun oleh sisi dengan bentuk persegi empat. Namun keduanya tidak sama. Kubus adalah bangun ruang yang keenam atau seluruh sisinya adalah persegi empat. Persegi empat disusun dengan panjang sisi yang sama.

2. Perbedaan kubus dan balok

Perbedaan kubus dan balok
Semut Aspal

Dengan mengetahui perbedaan kubus dan balok, Sedulur bisa lebih mudah mempelajari rumus luas permukaan kubus jika diketahui panjang rusuk. Perbedaan kubus dan balok terletak pada luas persegi panjang. Pada balok, luas persegi panjang pada keenam sisinya tidak sama.

Perbedaan ini terjadi karena dua unsur dari panjang, lebar, dan tinggi dari balok berbeda. Misalnya, panjang dan lebar sama tetapi berbeda tinggi atau bisa pula panjang dan tingginya sama, namun berbeda lebar.

Perbedaan antara kubus dan balok membuat rumus kedua bangun ruang berbeda. Perbedaan ini terjadi baik di rumus luas permukaan atau rumus volume. Rumus luas kubus jauh lebih mudah dibanding rumus balok, karena kubus memiliki panjang sisi yang sama.

3. Rumus luas permukaan kubus

rumus luas permukaan kubus jika diketahui panjang rusuk
Kafe Sentul

Berikut ini adalah rumus luas permukaan kubus tanpa tutup, rumus yang digunakan untuk menghitung permukaan kubus adalah sebagai berikut:

Luas permukaan kubus: 6 x sisi x sisi

Perkalian “sisi × sisi” dihitung untuk mencari luas dari satu sisi kubus. Luas ini kemudian dikalikan 6, karena kubus memiliki enam sisi. Berdasarkan dari rumus tersebut maka dari itu Sedulur dapat mengetahui permukaan kubus berapa jumlahnya.

BACA JUGA: Rumus Besaran Vektor Dalam Fisika Beserta Contoh Soalnya

Berikut ini adalah cara yang bisa Sedulur gunakan untuk mengetahui luas permukaan dengan menggunakan rumus yang sama:

1. Jika panjang satu sisi diketahui

diketahui sisi panjang
Deposit Photos

Pahami bahwa luas permukaan kubus terdiri dari luas keenam wajah kubus. Karena semua wajah kubus sebangun, kita bisa mencari area satu wajah dan mengalikan dengan 6 untuk mendapatkan total luas permukaan. Luas permukaan dapat ditemukan dengan menggunakan rumus sederhana: 6xs2, “s” merupakan sisi kubus.

Temukan luas satu sisi kubus. Untuk mencari luas satu sisi kubus, carilah “s” yang merupakan panjang sisi kubus, lalu cari s2. Artinya kita akan mengalikan panjang sisi kubus dengan lebar untuk mencari luasnya. Panjang dan lebar sisi kubus kebetulan sama.

Jika salah satu sisi kubus atau “s” adalah 4 cm, maka luas sisi kubus adalah (4 cm)2, atau 16 cm2. Ingatlah untuk menyatakan jawaban dalam satuan persegi. Kalikan luas sisi kubus dengan 6. Kita telah mengetahui luas satu sisi kubus, dan sekarang kita akan mencari luas permukaan dengan mengalikan jumlah ini dengan 6. 16 cm2x6 = 96 cm2.

2. Jika hanya volume yang diketahui

rumus luas permukaan kubus jika diketahui volumenya
Lazada

Sedulur bisa menggunakan rumus luas permukaan kubus jika hanya volume yang diketahui. Tentu pertama kamu harus mengetahui volume kubus terlebih dahulu. Misalnya volume kubus yaitu 125 cm3. Cari terlebih dahulu akar pangkat tiga dari volume tersebut.

Untuk mencari akar pangkat tiga dari volume, cukup mencari angka yang dapat diakar-pangkatkan tiga, atau gunakan kalkulator. Hasilnya tidak selalu dalam bilangan bulat. Dalam hal ini, 125 adalah sebuah pangkat tiga, dan akar pangkat tiganya adalah 5, karena 5x5x5 = 125. Jadi, “s” atau salah satu sisi kubus, adalah 5. 

Masukkan jawaban ini ke dalam rumus untuk mencari luas permukaan kubus. Sekarang panjang satu sisi kubus diketahui, cukup masukkan ke dalam rumus untuk mencari luas permukaan kubus: 6 x s2. Karena panjang satu sisi adalah 5 cm, cukup masukkan ke dalam rumus seperti ini: 6 x (5 cm)2. Hitunglah. Dengan hitungan matematika, 6 x (5 cm)2 = 6 x 25 cm2 = 150 cm2.

Itulah pembahasan terkait rumus luas permukaan kubus jika diketahui volumenya, semoga penjelasan di atas bisa mengingatkan lagi Sedulur terkait perhitungan ruang, baik itu kubus atau ruang bentuk lain.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!