rumus excel

Kuasai rumus excel ini untuk memudahkan pekerjaanmu. Olah data jadi lebih cepat.

Microsoft Excel merupakan salah satu program olah data dari Microsoft Office yang selalu dibutuhkan oleh banyak kalangan. Berbeda dengan Word yang berbasis tulisan, sudah dipatenkan banyak rumus Excel untuk mengolah data penggunanya. Didistribusikan oleh Microsoft Corporation, perangkat lunak yang satu ini memang dibuat untuk memudahkan proses mengolah data, menghitung angka, serta membuat laporan baik bentuk tabel maupun diagram. 

Penting sekali buat Sedulur untuk menguasai atau setidaknya mengingat beberap rumus ini karena dapat digunakan untuk memudahkan pekerjaan di berbagai bidang. Bahkan beberapa di antaranya dikenal sebagai rumus Excel untuk interview dan memperbesar peluangmu untuk mendapat pekerjaan impian.

BACA JUGA: Tes IQ Singkat dan Jawabannya untuk Asah Otak

-->

Rumus Excel dasar

1. SUM

rumus excel dasar
Unsplash

 

Rumus excel penjumlahan di daftar ini adalah SUM. Rumus ini berfungsi untuk menjumlahkan dengan cara menambahkan baris dan kolom yang sudah dipilih. Kamu hanya perlu mengetiknya langsung ke dalam kolom formula.

Rumus ini diawali dengan sama dengan atau “=” dan diikuti dengan kata SUM. Kemudian sisipkan angka, kolom, atau baris yang ingin untuk ditambahkan. Untuk mendapatkan hasilnya, tinggal pencet tombol enter.

Contoh: =SUM(C1+C2)

2. AVERAGE

Formula ini dipakai untuk mencari rata-rata dari kolom dan baris tertentu. Rumus rata rata Excel ini dapat digunakan pada kolom, baris, maupun angka. Tanpa perlu menghitung total dan jumlah variabel, angkanya secara otomatis akan muncul. Cara menghitungnya adalah:

Contoh: =AVERAGE(D1:D23)

3. MEDIAN

Median adalah rumus Excel yang memiliki fungsi untuk mencari nilai tengah. Kamu bisa mendapatkan angka tengahnya tanpa harus menghitung berkali-kali di kalkulator.

Contoh: =MEDIAN(L1,L2,L3,L4,L5)

4. MAX

Fungsi dari rumus Excel admin level pemula ini adalah untuk menemukan nilai yang paling besar dari suatu data yang dipilih. Meski variabelnya ada banyak, kamu bisa mendapat data dari angka tertingginya.

Contoh: =MAX(A6:A10)

5. MIN

Kebalikan dari MAX, fungsi ini digunakan ketika ingin mengetahui nilai paling rendah di dalam suatu data yang dipilih. Berikut formulanya:

Contoh: =MIN(S1:S8)

Rumus Excel level intermediate

rumus excel untuk admin
Unsplash

6. COUNT

Selain rumus perkalian Excel, kamu juga harus menghafalkan formula COUNT. Rumus ini digunakan untuk menghitung semua jumlah cell dalam rentang tertentu yang hanya berisi nilai yang numerik.

Contoh: =COUNT(F1:F29)

7. COUNTA

COUNTA memiliki fungsi yang kurang lebih sama dengan COUNT yakni untuk menghitung semua sel dalam rentang tertentu dan berisi nilai numerik. Yang membedakan adalah COUNTA bukan hanya menghitung sel yang berisi angka, namun juga sel dengan isi apapun. Kamu juga bisa mengetahui berapa jumlah sel yang tidak kosong.

Contoh: =COUNTA(R2:Q2) 

8. ROUND

Rumus Excel selanjutnya yang wajib dipelajari adalah ROUND. Formula ini berfungsi untuk membulatkan bilangan ke dalam digit tertentu.

Contoh: =ROUND(81.459,1)

Hasil pembulatan satu angka di belakang koma yang akan muncul nantinya adalah 81.5.

9. IF

Rumus Excel selanjutnya yang cukup rumit adalah IF untuk memberikan pernyataan benar atau salah setelah melakukan perhitungan. Dengan pernyataan yang menggunakan IF, maka dapat ditambahkan beberapa data supaya hasil akan berbeda. Sebagai contoh adalah: letakkan kursor di cell kosong mana pun, kemudian ketik: 

Contoh: =IF(E1<=100, “True”, “False”) 

Setelah menekan enter, hasil dari perintahnya adalah jika angka di sel E1 kurang dari atau sama dengan 100, maka tampilkan benar atau True. Sedangkan, tampilan akan salah jika angka di E1 itu lebih besar dari angka 100. 

10. AND

Rumus AND difungsikan untuk mendapatkan nilai logika TRUE ataupun FALSE dari perbandingan dua kondisi ataupun lebih dari itu.

Contoh: =AND(B1>10;B1<50)

Jadi, jika angka memenuhi kriteria yaitu (B1>10 dan B1<50), maka hasil yang akan didapatkan adalah TRUE. Begitu pula sebaliknya.

11. OR

Hampir sama dengan rumus AND, rumus excel yang satu ini berfungsi untuk mengetahui kriteria yang ditentukan TRUE maupun FALSE. Yang membedakan adalah rumus OR bisa dipenuhi dengan salah satu kriteria.

Contoh: =OR(B2<10;B2>50)

Jika angka memenuhi kriteria dari (B2<10 atau B2>50), hasil yang akan didapatkan adalah TRUE. Sebaliknya pun juga sama.

12. NOT

Rumus excel dari NOT ini adalah rumus yang mempunyai fungsi berkebalikan dengan AND dan OR. 

Contoh: =NOT(B2>10)

Hasil yang didapatkan adalah TRUE kalau tidak memenuhi kriteria dari (B2>10). Kalau angkanya tidak memenuhi kriteria yang disebutkan di atas, maka hasil yang didapat adalah FALSE.

13. TRIM

Salah satu rumus excel selanjutnya adalah TRIM. fungsi dari rumus ini adalah membersihkan suatu text dari spasi yang tidak perlu. Spasi yang lebih dari satu di antara text dan juga semua spasi di posisi depan dan juga belakang akan hilang.

Rumus Excel level advance

14.  LOOKUP

rumus excel vlookup
Unsplash

 

Rumus Excel VLOOKUP berfungsi untuk mencari data pada suatu tabel. Formulanya dibagi menjadi 2, yakni VLOOKUP dan HLOOKUP.

VLOOKUP

VLOOKUP adalah rumus Excel yang berfungsi untuk mencari data dalam bentuk vertikal atau tegak. Rumus dalam fungsi ini adalah:

=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

HLOOKUP

Kebalikan dengan VLOOKUP, fungsi ini untuk mencari data dalam bentuk horizontal atau mendatar. Rumus dari fungsi ini adalah:

=HLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

Untuk mendapatkan angka yang tepat, ada beberapa data yang harus dipenuhi:

  1. Lookup_value: sel atau nilai yang sudah diketik
  2. Col_index_num: untuk menunjukkan beberapa kolom yang nilainya akan diambil
  3. Table_array: tabel yang digunakan untuk rujukan pencarian
  4. Range_lookup: bisa dikosongkan atau bisa pula diisi dengan “True” ketika tabel disusun berurutan dan pencarian berupa sama dengan ataupun lebih kecil. Jika rumus itu diisi dengan “false”, maka tabel tidak mesti berurutan dan pencarian diartikan dengan sama

15. PROPER

Ini adalah salah satu rumus Excel logika yang fungsinya adalah menjadikan huruf besar sebagai huruf pertama dalam text dan juga untuk mengubah huruf lain menjadi kecil.

Contoh: Jika sel di B2 berisi “sumatera barat”, gunakan rumus fungsi =PROPER(B2). Maka, text akan berubah menjadi “Sumatera Barat”.

16. MATCH

Rumus Excel dasar di level ahli ini dapat digunakan untuk menemukan data pada baris yang telah ditentukan.

Contohnya: Pada sebuah tes di suatu kota, seorang siswi bernama “Yuna” ingin mengetahui juara yang diperolehnya. Untuk mengetahui hal tersebut, dapat digunakan dengan pencarian text. [match_type] yang digunakan adalah 0 karena jenis pencariannya menggunakan text. Jadi, rumus untuk mengetahuinya adalah:

=MATCH(“suti”,A6:A20,0). Setelah itu akan diketahui angka atau juara yang diperoleh Yuna.

17. CHOOSE

Guna dari fungsi excel ini adalah untuk memilih salah satu nilai dari sekumpulan nilai yang diberi, berdasarkan urutan tertentu ataupun nomor index.

=CHOOSE(IndexNumber;Nilai1;[Nilai2];…)

Catatan:

  1. IndexNumber wajib diisi bisa berupa angka, referensi sel, ataupun rumus yang bernilai antara 1-154
  2. Nilai1;Nilai2 adalah argumen berupa angka, nama terdefinisi, fungsi, text, maupun rumus

18. CONCATENATE

Rumus Excel ini berfungsi untuk menggabungkan beberapa text menjadi satu kesatuan yang utuh. Selain itu, bisa digunakan juga untuk menggabungkan dua atau lebih sel ke satu sel.

Contoh: =CONCATENATE(Text1;[Text2];…)

19. SQRT

Berbeda dengan yang lainnya, SQRT berfungsi untuk mendapatkan hasil dari hitungan akar pangkat dua atau akar kuadrat dari angka yang dipilih. 

=SQRT(number)

20. PRODUCT

Formula PRODUCT berguna untuk mengalikan banyak sel sekaligus atau bersamaan. Rumus yang digunakan untuk fungsi ini adalah:

=PRODUCT(number1,[number2],…)

Itulah tadi rumus yang wajib kalian ketahui di dalam Microsoft Excel. Setiap rumus Excel tersebut memiliki fungsi yang berbeda yang bisa dipakai sesuai dengan kebutuhan data yang akan ditarik. Formula dalam Excel ini bisa lebih bervariasi dibanding dengan kalkulator. Maka dari itu, kita sebaiknya belajar mengenai dasarnya.

Setelah belajar berbagai rumus di Excel, Sedulur juga mengaplikasikan ilmu ini dengan merekap budget belanja bulanan. Agar lebih hemat dan bisa mendapatkan harga murah, sangat disarankan untuk belanja kebutuhan sehari-hari di Aplikasi Super. Bakalan untung terus. Yuk di-download!