taman minimalis

Bagi masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan adalah hal yang sulit untuk bisa memiliki hunian dengan halaman yang luas. Hal ini disebabkan oleh terbatasnya ketersediaan lahan di samping harga tanah yang cukup tinggi. Kondisi tersebut pun membuat banyak orang memilih untuk membuat taman minimalis yang cantik sebagai solusinya.

Seperti yang Sedulur ketahui, rumah dengan halaman yang menyajikan pemandangan hijau nan asri masih menjadi dambaan banyak orang. Apalagi untuk mereka yang tinggal di daerah perkotaan yang dipenuhi oleh gedung-gedung pencakar langit serta polusi udara akibat penggunaan kendaraan bermotor.

Pemandangan hijau di rumah dinilai bisa menjadi area untuk menyegarkan mata sekaligus pikiran di tengah kehidupan kota yang padat. Berkaca dari situasi tersebut, rasanya bukan hal yang mengherankan apabila taman minimalis saat ini menjadi sebuah tren. Taman ini seolah hadir sebagai jawaban atas kebutuhan banyak orang yang ingin memiliki area taman di lahan terbatas.

Bagi Sedulur yang juga tertarik untuk membuat taman minimalis di rumah, berikut sudah dirangkum ragam inspirasi taman minimalis modern. Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

-->

Taman minimalis di halaman rumah

Area halaman rumah sering dijadikan pilihan untuk membuat taman. Tidak perlu lahan yang luas, ternyata Sedulur juga bisa membuat taman minimalis mewah depan rumah maupun di belakang rumah dengan lahan yang terbatas.

1. Taman dengan jalan setapak

taman minimalis modern
rumah123

Taman minimalis dapat dihiasi dengan jalan setapak. Dengan menggabungkan taman dan jalan setapak yang menghubungkan pintu pagar dan pintu depan, Sedulur bisa menghemat sekaligus menghias sisi depan rumah.

2. Taman minimalis dengan pohon

Membuat taman minimalis di lahan terbatas juga bisa dilakukan dengan menanam pohon. Sedulur bisa memilih pohon juneberry atau pohon maple Jepang.

3. Menata tanaman dalam pot dari semen

taman minimalis dalam rumah
rumah123

Kondisi lahan yang terbatas bisa diatasi dengan menggunakan media pot yang dibuat dari semen. Sebab, Sedulur bisa menanam beraneka tanaman di dalam pot dan kemudian menatanya sesuai selera dan gaya rumah.

4. Taman dengan pohon bambu

Untuk menciptakan kesan hijau di halaman rumah, Sedulur dapat menanam pohon bambu. Bentuknya yang cenderung lurus dengan sedikit daun bisa dijadikan hiasan di bagian sudut halaman.

5. Membuat taman gantung

taman minimalis belakang rumah
rumah123

Solusi lain untuk membuat taman minimalis di lahan terbatas ialah dengan memasang tanaman gantung. Kondisi tanaman yang digantung menggunakan pot tentu tidak akan memakan banyak ruang. Selain itu, tanaman gantung tersebut juga bisa menjadi partisi untuk menjaga privasi bagian dalam rumahmu.

6. Taman kecil di teras

Area teras juga dimanfaatkan menjadi taman minimalis. Sedulur hanya perlu menambahkan beberapa pot bunga dan beragam perabotan seperti kursi dan meja kayu. Dengan begitu area teras pun bisa dimanfaatkan untuk menerima tamu maupun bersantai dengan pemandangan yang sejuk.

7. Taman sudut rumah

taman minimalis depan rumah yang cantik
popbela

Area sudut rumah juga bisa dimanfaatkan menjadi taman minimalis. Sedulur bisa menata beragam tanaman mengikuti bentuk sudut rumah. Tak perlu terlalu ramai, tanaman hijau dan batu-batu berwarna putih sudah cukup mengubah tampilan rumahmu menjadi semakin cantik.

8. Taman dengan hiasan tanaman kaktus

Tanaman kaktus bisa menjadi pilihan untuk mempercantik rumah Sedulur. Tanaman yang identik dengan duri itu bisa memberikan kesan sederhana namun juga tetap cantik.

9. Taman vertikal

vertical garden
popbela

Taman vertikal atau vertical garden sepertinya telah menjadi ide yang cukup populer bagi pecinta taman minimalis. Sebab, pembuatan taman vertikal tidak menuntut adanya lahan yang luas. Syarat untuk membuat taman ini hanyalah area vertikal seperti dinding untuk ditanami beraneka tanaman.

Sedulur juga bisa menambahkan beragam ornamen untuk menambah kesan cantik pada taman vertikal. Adapun vertical garden bisa dibuat di berbagai sudut rumah, misalnya di bagian depan, belakang, ataupun samping.

10. Taman kecil menempel dinding rumah

Cara membuat taman ini ialah dengan cukup sediakan sedikit lahan subur di area yang menempel dinding rumah, kemudian tanam beberapa tanaman sejenis. Sedulur bisa memilih area dekat jendela yang akan menciptakan nuansa segar kecil jendela dibuka.

11. Tanaman rambat

taman minimlais mewah depan rumah
popbela

Selain tanaman gantung dan taman vertikal, Sedulur juga bisa memanfaatkan tanaman rambat untuk menghias rumah sekaligus menciptakan nuansa hijau nan segar. Meski tanaman rambat terlihat sederhana, apabila ditata dengan apik rumahmu pasti akan terlihat indah. Sama halnya dengan taman vertikal, tanaman rambat ini juga bisa Sedulur aplikasikan di berbagai sudut rumah.

12. Taman dengan hiasan batu bata

Taman minimalis juga dapat dihias dengan batu batu. Hal ini akan menciptakan nuansa alami pada sudut rumah.

13. Paduan taman dan kolam ikan

kolam ikan
rumah123

Untuk membuat taman minimalis, Sedulur juga bisa memadukan tanaman dan kolam ikan. Aneka tanaman yang ditata mengelilingi kolam ikan tentu akan memberikan daya tarik tersendiri untuk rumahmu.

14. Taman sekaligus area bermain

Area halaman yang terbatas ternyata bisa Sedulur ubah menjadi taman minimalis sekaligus area bermain untuk anak. Caranya adalah dengan menempatkan beberapa jenis tanaman dan rumput. Selain itu, juga bisa ditambah dengan sebuah ayunan ataupun mainan lain.

15. Taman dengan batu-batuan

bebatuan
rumah123

Memadukan tanaman dengan batu-batuan juga tidak ada salahnya. Batu-batuan alami yang disebar bisa memberikan efek alami pada area taman minimalismu.

Taman minimalis dalam rumah

Taman minimalis modern juga bisa dibuat di dalam rumah. Kehadiran taman di dalam rumah bisa memberikan kesan sejuk bagi penghuni rumah. Sebab dibuatnya area terbuka di tengah bangunan rumah yang biasanya tertutup akan membantu sirkulasi udara menjadi lebih baik serta menjadi sumber cahaya alami.

1. Taman mungil dengan partisi kaca

partisi kaca
Rumah 123

Sedulur bisa membuat taman mini di sudut dalam rumah. Tidak perlu luas, cukup sediakan lahan mungil dan batasi area taman menggunakan partisi kaca yang dapat mencegah perabotan rumah terkena air hujan.

2. Taman minimalis dengan rumput sintetis

Menciptakan suasana asri di dalam rumah tidak hanya bisa dilakukan dengan menempatkan aneka jenis tanaman. Sedulur juga bisa memanfaatkan rumput sintetis sebagai penggantinya. Penggunan rumput sintetis sekaligus bisa menjaga kebersihan rumah dari tanah sebagaimana ketika menanam rumput asli.

3. Taman bawah tangga

bawah tangga
dekoruma

Memanfaatkan area bawah tangga menjadi taman minimalis juga boleh dicoba. Area bawah tangga yang biasanya dibiaskan kosong bisa dihias dengan beragam jenis tanaman maupun batu-batuan alami.

4. Taman dengan satu pohon

Membuat area hijau di dalam rumah bisa dilakukan dengan cara sederhana yakni menanam sebuah pohon. Pohon berukuran kecil atau sedang itu bisa Sedulur biarkan tumbuh di tengah rumah ataupun di sudut. Dengan begitu, akan tercipta nuansa semi out door di dalam rumahmu.

5. Taman mungil dekat dapur

dekat dapur
rumahlia

Area dapur dan ruang makan bisa menjadi spot yang dipilih untuk dibuat taman. Hal ini sekaligus menciptakan area terbuka yang bisa menjadi sirkulasi udara sehingga bau masakan tidak tertahan di dalam rumah. Selain itu, menikmati santapan bersama keluarga dengan pemandangan hijau tentu akan memberikan kesan menyenangkan.

6. Air terjun

Belakangan ini, ada banyak dijumpai aneka air terjun mini yang juga dimanfaatkan untuk menghias taman minimlais mewah depan rumah. Untuk menghindari cipratan air mengotori rumah, kamu bisa membatasinya dengan batu-batu alam yang ditata mengelilingi air terjun.

7. Taman minimalis dekat musala

samping mushola
99

Musala yang biasanya identik dengan warna terang dan lembut cocok untuk dipadukan dengan tanaman hijau. Untuk menghindari musala menjadi kotor karena tanah, Sedulur bisa membuat taman minimalis di musala rumah dengan memanfaatkan pot dan rumput sintetis.

Belasan referensi taman minimalis di atas bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi setiap orang. Pilih saja mana yang sesuai dengan kondisi rumahmu.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!