rak bunga dari kayu

Kehadiran tanaman hias di rumah bisa membuat penghuninya jadi ikut lebih bahagia. Pasalnya, tumbuhan ini memiliki fungsi tak hanya untuk menunjang keindahan visual di luar dan dalam rumah. Selain itu, makhluk hidup ini juga bisa membuat udara jadi lebih segar dan mengurangi debu yang singgah di rumah. Supaya bisa terawat dengan baik dan rapi. kamu membutuhkan rak bunga dari kayu untuk dijadikan sebagai “rumah” tumbuhan tersebut.

Rak yang terbuat dari kayu memang lebih mudah untuk dirakit, disusun, dan awet dengan segala musim. Apabila warnanya sudah usang, Sedulur bisa mengecatnya ulang saja. Satu raknya, tapi bisa diubah kesannya dengan tema yang berbeda. 

Tertarik untuk memilikinya? Pastikan untuk mencari referensinya terlebih dahulu. Baru kamu bisa membelinya dengan langsung mendatangi toko ataupun secara online dengan checkout dari lapak e-commerce yang terpercaya.

BACA JUGA: Jenis Tanaman Hias Daun Cantik, Populer & Mudah Dirawat

-->

1. Rak kecil

rak Kecil
Unsplash

Bagi Sedulur yang baru mulai merawat tanaman di pot berukuran mini, tak ada salahnya bila kamu menaruhnya rak bunga dari kayu sederhana berukuran kecil. Biasanya, rak ini bisa ditaruh 3 pot kecil di setiap tumpukannya. 

Bentuknya yang kecil sangat memungkinkan untuk ditaruh di pojokan meja kerja maupun ruang keluarga. Tergantung dengan jenis tanaman dan teknik perawatannya saja. Harganya pun juga dibanderol lebih terjangkau karena bahan baku yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak.

2. Sudut

rak Sudut
Unsplash

Model rak bunga dari kayu lainnya yang bisa membuat tanamanmu jadi lebih rapi juga bisa diletakkan di sudut. Rangka dengan siku 90˚ bisa secara fleksibel diletakkan di pojokan tembok di dalam maupun luar ruangan. Sangat direkomendasikan buat kamu yang memiliki tanaman dan ditaruh di pot berukuran sedang. Dalam satu rak, biasanya bisa ditempatkan 3-4 pot, kok.

BACA JUGA: Jenis Bonsai, Tanaman Hias yang Bikin Rumah Makin Indah

3. Segitiga

rak bunga dari kayu minimalis Segitiga
Unsplash

Bentuk rak bunga dari kayu simple juga hadir dalam segitiga. Di tempat tersebut, kamu bisa menaruh banyak tanaman sekaligus di setiap raknya. Di bagian atas, kamu bisa menaruh 1 pot tanaman berukuran sedang. Di rak tengah, bisa ditempatkan banyak pot kecil-kecil dengan berbagai ukuran. Setelah itu, kamu bisa menaruh lebih banyak pot di rak terbawah yang space-nya lebih luas dibandingkan yang bagian atas.

4. Dinding

gambar rak bunga dari kayu bekas Dinding
Unsplash

Ingin membuat rak bunga dari kayu bekas dan memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai agar lebih bermanfaat? Sangat mungkin, kok. Sedulur bisa memotongnya menjadi beberapa bagian untuk dijadikan rak tanaman ambalan di dinding. Bila ingin lebih sederhana, kamu bisa membuatnya menjadi flying shelf simpel berwarna putih. Bila ingin bisa menampung banyak pot, tinggal tambahkan saja kayu dan pasang di dekat ambalan sebelumnya.

Apabila ingin mencoba membuat seperti gambar rak bunga dari kayu bekas di atas, bikin saja kerangka segienam. Potongan dengan ukuran yang sama bisa ditempel di setiap sisinya. Setelah itu, pasang di tembok dan buat setiap bentuknya berdekatan. Setiap segienam bisa ditaruh 2 pot. Pastikan pakunya kuat, ya.

BACA JUGA: Ini Tips Memulai Bisnis Tanaman Hias, Bisa Jadi Peluang Usaha!

5. Susun

rak bunga susun dari kayu
Unsplash

Sekarang ini, rak bunga susun dari kayu juga sudah sangat mudah untuk didapatkan. Kerangka kayu sederhananya yang dipasang dengan mur dan paku ini bisa kokoh meski ditaruh di luar ruangan. Keberadaan rak ini bisa membuat tanaman yang ditaruh di pot jadi terkesan lebih rapi. Apabila ingin visual yang lebih bagus, pilih pot dengan warna senada dan bentuk yang hampir sama supaya terkesan seragam.

6. Pagar

rak bunga dari kayu simple Pagar
Unsplash

Rak bunga dari papan yang menyerupai pagar juga bisa membuat tanaman berpotmu jadi lebih rapi. Agar tetap awet, kamu bisa menaruh pot kecil di setiap raknya. Apabila terlalu besar dan berat, dikhawatirkan akan lepas dan membuat pot pecah dan berantakan di waktu yang tak bisa diprediksi.

BACA JUGA: Mengenal Tanaman Indigofera: Jenis, Manfaat & Budidayanya

7. Standing

Standing rack
Unsplash

Rak bunga dari kayu minimalis yang cocok untuk memajang pot tanaman di dalam ruangan adalah yang standing. Di sini, kamu bisa langsung menaruh tanaman di pot berukuran sedang di bagian dalamnya. Posisinya yang tidak terlalu rendah dan ke atas bisa membuat estetika di dalam ruangan tetap seimbang. 

8. Tangga

rak Tangga
Unsplash

Rak bunga dari kayu dari tangga kayu bekas juga bisa dimanfaatkan. Daripada hanya mangkrak di gudang dan jadi sarang laba-laba, ambil dan cat saja dulu bagian luarnya supaya terkesan baru dan tidak usang. Modal untuk membeli cat kayu dan pliturnya juga murah. Sekali beli, bisa dipakai berkali-kali.

Setelah catnya kering, kamu bisa menyiapkan kawat tebal supaya pot bisa terpasang dengan baik. Pakai tang dan sarung tangan sebagai pengaman untuk proses membuat gantungan kecil yang disambungkan ke bagian pot dan di bagian belakang tangganya. Setelah itu, bisa tinggal ditempatkan di dalam maupun luar ruangan. Jangan lupa untuk rajin menyiraminya agar tanamannya tidak layu, ya.

BACA JUGA: Tanaman Hias Daun yang Hits & Cocok Untuk Pemula

9. Ayunan

Ayunan
Unsplash

Bagi Sedulur yang masih berjiwa muda, tentu kamu sudah memiliki banyak referensi rak tanaman yang artsy, ‘kan. Eksekusi saja rak ayunan. Bagian pinggirnya ditali dengan simpul rapat dan aesthetic. Di ujungnya, kamu bisa memasangnya di tembok setelah dipalu. 

Apabila khawatir kapasitas bebannya tidak terlalu kuat, kamu bisa menaruh beberapa pot kecil di atasnya. Selain itu, pastikan untuk jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan yang melompat dan mengerat.

Berbagai pilihan rak bunga dari kayu di atas bisa didapatkan dengan mudah dan dibanderol dengan harga murah. Dengan usaha minim, kamu bisa membuat pot tanaman hias favoritmu mendapat tempat yang indah dan kokoh. Selain kayu, kamu juga bisa mempercantiknya dengan mengganti di pot dengan bentuk unik dan warna yang kalem. Mudah, bukan?