Password wifi merupakan kunci rahasia yang tak semua orang boleh tahu atau mengaksesnya. Namun, masalah pergantian password wifi harus dilakukan supaya tingkat keamanannya dapat lebih baik dan tidak mudah dibobol peretas. Idealnya password wifi harus diganti setiap bulan supaya terhindar dari pencurian password wifi atau bahkan tersebarnya password wifi ke orang yang tidak diinginkan.

Maka dari itu kamu harus tahu apa saja langkah-langkah dalam mengubah password wifi. Mengingat banyak sekali provider jasa pelayanan wifi internet yang hadir di Indonesia, sehingga penanganannya pun pasti akan berbeda. Seperti provider IndiHome, Firts Media, FiberHome dan masih banyak lagi. Namun di sini kita akan bahas mengenai wifi provider Indihome. Nah supaya lebih paham bagaimana cara ganti password wifi IndiHome yuk simak langkah-langkah tepat di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Ganti Password WiFi Untuk Semua Profider dengan Mudah

1. Cara ganti password wifi IndiHome

cara ganti password wifi indihome
blogpress

Buat kamu pengguna provider internet wifi IndiHome harus tahu apa saja langkah-langkah mengganti password-nya. Perlu diketahui bahwa pengguna IndiHome di tanah air sangat besar dibandingkan internet service provider (ISP) lainnya. Populernya ISP IndiHome karena layanan ini memberikan banyak keunggulan. Sepert tarif biaya pasang IndiHome yang terjangkau. Tidak hanya itu, bisa juga karena akses jaringannya yang luas. Sehingga IndiHome tidak sepi peminat dan telah menjadi rujukan bagi pengguna internet di seluruh wilayah Indonesia

-->

Adapun kebanyakan router yang sering digunakan oleh ISP IndiHome. Provider IndiHome sendiri lebih banyak memakai modem ZTE dan Huawei. Sehingga untuk cara ganti password wifi IndiHome ZTE dan cara ganti password wifi IndiHome Huawei tidak terlalu sulit. Meskipun kamu hanya melakukannnya sendiri tanpa perlu bantuan dari teknisi IndiHome.

Nah daripada penasaran bagaimana cara ganti password wifi Huawei ataupun ZTE, maka simak langkah-langkah berikut ini.

2. Cara ganti password wifi IndiHome ZTE F609

cara ganti password wifi indihome
intutekno

Bila kamu masih menggunakan router keluaran ZTE khususnya seri F609, maka wajib mengikuti beberapa langkah berikut ini. Sebab, pengguna modem ZTE seri F609 sangat banyak, maka kamu perlu mengetahui langkah berikut.  

  1. Pastikan smartphone/komputer/laptop sudah connect dengan jaringan yang akan Anda ganti terlebih dahulu.
  2. Setelah itu dilanjutkan dengan membuka browser kemudian tuliskan pada kolom search 192.168.1.1 kemudian “Enter”.
  3. Setelah itu Anda akan dihadapkan tampilan login untuk pengguna modem ZTE.
  4. Ada dua username dan password yang sering digunakan yaitu
  5. Username: Username
  6. Password: admin
  7. Username: user
  8. Password: user
  9. Setelah berhasil login, akan tampil dashboard setting modem ZTE, silahkan scroll ke bawah dan pilih menu “Network” kemudian pilih “WLAN”.
  10. Pada menu WLAN, pilihlah “SSID Settings” kemudian Anda tinggal memasukkan password pada kolom “SSIDName” dan klik “Submit” untuk menyimpan.
  11. Kemudian pada buka menu “Security” dan pilih “WPAPassphrase”, tuliskan password wifi Anda, jika sudah pilih “Submit”.

Untuk mulai penerapan wifi baru biasanya modem IndiHome akan melakukan restart secara otomatis. Pastikan Anda sudah mencatat password wifi yang baru.

Itulah penjelasan mengenai cara ganti password wifi IndiHome ZTE seri F609. Berikutnya buat kamu pengguna Huawei maka simak dengan seksama beberapa langkah berikut ini.

3. Cara ganti password wifi Huawei

cara ganti password wifi indihome
eztekno

Pengguna ISP IndiHome dengan router modem seri Huawei juga tak kalah banyak dibandingkan pengguna ZTE. IndiHome telah mengeluarkan versi terbaru mereka yaitu Huawei tipe HG8245A. Secara spesifikasi seri Huawei tidak kalah dengan ZTE. Hanya saja yang menjadi perbedaan adalah mengenai setting perubahan password IndiHome. Untuk itu, mari simak langkah-langkah mudah di bawah ini.

  1. Pastikan smartphone/laptop/komputer Anda sudah terhubung ke jaringan wifi yang akan diganti.
  2. Setelah itu silakan buka browser dan tuliskan alamat IP 168.100.1. Cara ini bisa dilakukan untuk modem IndiHome Huawei HG8245A atau HG8245H.
  3. Silahkan masukan username dan password, silakan coba beberapa username dan password berikut ini jika masih tidak bisa login.

                Username: telecomadmin | password: admintelecom

                Username: admin | password: admin

                Username: support | password: support

                Username: support | password: theworldinyourhand

  1. Jika sudah berhasil, silahkan masuk pada menu “WLAN” posisinya berada pada menu bagian atas.
  2. Silahkan scroll ke bawah dan pilih menu “WPA PreSharedKey”, silakan tuliskan password baru wifi, password yang dibuat minimal harus menggunakan 8 karakter.
  3. Jika sudah silahkan pilih “Apply” dan wifi Anda otomatis akan restart sendiri.

Itulah ulasan mengenai cara ganti password wifi Huawei ataupun ZTE.  Selanjutnya adalah bagaimana cara ganti password wifi Indihome lewat HP. Kecanggihan teknologi dibidang komunikasi dan informasi seperti penggunaan HP ternyata sangat perlu sebagai upaya mengganti password wifi. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak ulasan di bawah ini.

BACA JUGA :6 Cara Membobol Wifi Terkunci Bisa Pake HP dan Laptop!

4. Cara ganti password wifi IndiHome lewat HP

cara ganti password wifi indihome
harapanrakyat

Kemajuan teknologi membuat kita harus belajar dan memahami kegunaan alat-alat komunikasi. Seperti penggunaan HP yang tidak hanya dipakai bermain media sosial, namun bisa juga dipakai mengubah password wifi. Penasaran seperti apa caranya, yuk simak langkah di bawah ini.

  1. Pastikan ponsel kamu terhubung dengan jaringan wifi yang ingin kamu ubah password-nya.
  2. Buka browser yang biasa kamu pakai untuk berselancar di internet. Lalu masukkan alamat http://192.168.1.1/pada bar alamat kemudian tekan tombol “Enter”.
  3. Selanjutnya halaman log in akan muncul dan kamu hanya tinggal mengetikkan username kamu beserta password pada kolom yang tersedia. Perlu diperhatikan bahwa saat mengisi username dan password kamu menggunakan huruf kecil semuanya.
  4. Lanjut masuk ke menu Network lalu WLAN lalu Security dan ganti password baru wifi kamu di kolom WPA Passphrase. Jika sudah, tekan Submit agar ubah password bisa diproses dan tersimpan dalam database.

5. Cara ganti password wifi IndiHome lewat HP untuk TP-link

cara ganti password wifi indihome
itnesia

Internet service provider (ISP) IndiHome ternyata tidak hanya menyediakan modem Huawei ataupun ZTE. Namun juga menyediakan modem TP Link.  Maka dari itu, bagi kalian yang akan mengubah password wifi memakai HP maka bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama siapkan ponsel kamu bisa ponsel dengan sistem operasi apapun asal bisa terkoneksi dengan jaringan internet. Pastikan ponsel yang akan digunakan juga terhubung dengan jaringan WIFI IndiHome yang password-nya ingin kamu ubah.
  2. Buka menu browser di ponsel kamu kemudian ketik alamat http://192.168.0.1/. Selanjutnya akan muncul menu konfigurasi modem.
  3. Kemudian login dengan mengetikkan username kamu dan password. Jika pengaturan konfigurasi modem kamu ada pada mode default, masukkan kata admin pada kedua kolom username dan password tersebut.
  4. Jika kata admin tidak berhasil, maka kamu juga bisa coba kata user untuk dimasukkan pada kedua kolom login tersebut. Atau lihat dibagian sticker router TP-Link yang kamu pakai untuk mengetahuinya.
  5. Setelah login berhasil, pilih menu Wireless lalu Wireless Security.
  6. Ubah password lama kamu di bagian Wireless Password dan tekan Apply agar password baru bisa tersimpan.

BACA JUGA: 6 Cara Hack Wifi yang Dikunci, Bisa Tahu Passwordnya!

6. Cara ganti password wifi IndiHome lewat HP untuk modem ZTE

cara ganti password wifi indihome
pindahlubang

Setelah memahami cara mengganti password wifi IndiHome memakai HP untuk TP-Link, maka berikutnya adalah penggunaan HP untuk modem ZTE. Untuk itu simak ulasan di bawah ini.

  1. Gunakan HP yang bisa kamu pakai untuk membuka browser dan pastikan ponsel terhubung ke jaringan wifi IndiHome yang ingin kamu ubah password-nya.
  2. Buka browser dari HP kamu kemudian ketik http://192.168.1.1/di address bar browser kamu.
  3. Akan muncul notifikasi untuk log in. Kamu tinggal masukkan username kamu dan password-nya.
  4. Pilih menu Network kemudian pilih WLAN dan SSID Setting.
  5. Selanjutnya ganti password wifi kamu pada kolom WPA Passphrase.
  6. Masukkan password baru kamu dan tekan Submit jika sudah agar password baru kamu tersimpan.

7. Cara ganti password wifi IndiHome FiberHome

cara ganti password wifi indihome
myindihome

Setelah mengetahui bagaimana cara mengganti password memakai modem ZTE, Huawei, ataupun HP, maka selanjutnya bagi mereka yang memakai modem FiberHome. Untuk itu, mari simak beberapa ulasan lengkap di bawah ini.

  1. Ketik IP address 168.1.1 di browser kamu lalu tekan Enter.
  2. Selanjutnya, kamu akan melihat tampilan login FiberHome seperti gambar di atas.
  3. Masukkan username admin dan password %0|F?H@f!berhO3e lalu klik Login.
  4. Kamu akan dibawa ke dashboard modem FiberHome sebagai admin.
  5. Masuk ke menu NetworkAdvanced > temukan Passpharse.
  6. Pada bagian Passpharse, kamu bisa mengganti password IndiHome sesukamu.
  7. Klik Apply untuk menyimpan pengaturan WiFi.

Demikian ulasan mengenai cara mengganti password wifi IndiHome menurut modem yang dipakai.  Semoga ulasan ini, membantu Sedulur yang sedang berencana mengganti keamanan password-nya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

 Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.