Prik adalah salah satu contoh kosa kata yang menjadi populer di percakapan anak muda saat ini karena tren media sosial. Prik sendiri menjadi terkenal karena sering diucapkan dalam video di platform TikTok atau juga di kolom komennya.

Beberapa orang mungkin masih asing dan bingung dengan kata prik adalah yang muncul di TikTok. Tapi tenang dulu Sedulur, artikel ini akan memberikan sedikit insight tentang kata prik yang sempat viral di media sosial tersebut. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

BACA JUGA: Apa itu Backrooms? Istilah yang Belakangan Viral di Medsos

Arti prik adalah

prik adalah
Depositphotos

Prik adalah sebuah kosa kata yang akhir-akhir menjadi viral karena banyak digunakan di media sosial TikTok. Banyak juga yang mengucapkan kata tersebut dengan tambahan kata “bocah” di depannya, sehingga menjadi bocah prik.

Prik adalah bahasa gaul artinya diambil dari bahasa Inggris yaitu “freak” atau dalam bahasa Indonesia berarti “aneh”. Karena orang Sunda sulit mengucapkan huruf “F”, maka kata freak kemudian diucapkan menjadi prik.

Menurut kamus Merriam-Webster, kata freak menggambarkan orang yang bertingkah laku tidak biasa atau abnormal. Pada zaman dahulu, kata tersebut sering dilontarkan orang-orang sebagai celaan terhadap mereka yang memiliki keanehan fisik dan bekerja di sirkus keliling. Pengertian kata freak lain datang dari Urban Dictionary, dimana salah satu penjelasannya freak adalah seseorang yang memiliki kecenderungan aneh.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata aneh memiliki arti yaitu berbeda dengan yang biasa dilihat, didengar, dan sebagainya, oleh masyarakat umum. Aneh juga dapat berarti ajaib atau ganjil.

Nah, berdasarkan dua pengertian dari kata freak dan aneh tersebut, sudah dapat disimpulkan apa artinya prik. Apabila ada seseorang yang melontarkan kata tersebut, baik itu dalam video dan komen TikTok, atau pada percakapan sehari-hari, maka ia merujuk ke tingkah laku orang itu yang dipandang aneh dan tidak biasa.

BACA JUGA: Arti Kata Bestie yang Saat Ini Lagi Viral Beserta Penggunaannya

Arti bocah prik

prik adalah
Twitter – txtdariorangberseragam

Dalam banyak kesempatan, beberapa orang juga sering mengucapkan kalimat bocah prik, seperti “Ih dasar, bocah prik!”. Apabila prik berasal dari kata freak yang memiliki arti aneh, maka bocah prik memiliki makna bocah, anak, atau orang yang aneh.

Tidak heran apabila banyak kaum anak muda sekarang melontarkan kalimat tersebut karena arti bocah prik adalah untuk mengatakan seseorang yang aneh. Di sisi lain, terdapat makna tersirat dari kalimat bocah prik. Dalam kalimat tersebut, prik dapat berarti kotor atau jijik. Jadi, ketika seseorang melihat orang lain yang agak kotor atau jijik maka kalimat bocah prik dapat mendeskripsikan individu tersebut.

BACA JUGA: Ternyata Ini Arti Kata Gelay yang Sempat Viral & Ramai di Sosmed

Contoh penggunaan kata prik adalah

prik adalah
Depositphotos

Berikut merupakan beberapa contoh penggunaan kata prik dalam kalimat sehari-hari yang biasanya diucapkan oleh anak muda sekarang.

  • Tuh, lihat deh orang di sana, prik banget tingkah lakunya. Jadi bikin curiga.

Kalimat ini mengisyaratkan bahwa ada orang yang bertingkah laku aneh dan mencurigakan.

  • Memang agak prik dia tuh, masa makan bubur ayam diaduk. Padahal kan lebih enak kalau rapih nggak dicampur-campur.

Kalimat ini mengisyaratkan bahwa ia merasa aneh dengan perilaku mengaduk bubur ayam sebelum dimakan yang dilakukan oleh temannya.

  • Prik banget bajunya nih, udah mah modelnya robek-robek tapi harganya tetap mahal juga.

Kalimat ini mengisyaratkan bahwa ia merasa merasa aneh dengan baju yang bermodel robek-robek tetapi harganya tetap sama dengan baju utuh biasa.

BACA JUGA: 16 Nama Nama Bunga Viral yang Mudah Dirawat di Rumah

Contoh penggunaan kalimat bocah prik adalah

Depositphotos

Berikut merupakan beberapa contoh penggunaan kalimat bocah prik dalam percakapan sehari-hari yang biasanya diucapkan oleh anak muda sekarang.

  • Mandi sana, bau. Udah gede tapi kelakuan masih kayak bocah prik aja.

Kalimat ini mengisyaratkan bahwa ia merasa jijik dengan perilaku orang lain yang menunda-nunda mandi hingga bau badan yang tidak sedap tercium.

  • Kelakuannya kocak banget dia, persis mirip bocah prik.

Kalimat ini mengisyaratkan bahwa ia merasa jijik atau aneh terhadap perilaku kocak seseorang yang mirip dengan bocah.

Itulah Sedulur pembahasan dari arti kata prik. Prik adalah kata plesetan dari freak, dimana ia merujuk ke tingkah laku seseorang yang aneh dan ganjil. Semoga artikel ini dapat menambah kosakata gaul Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.