nama nama bunga

Punya hobi berkebun merasa senang ketika menanam tanaman? Kegiatan ini tidak menutup kemungkinan bagi kamu bila senang merawat bunga dari bibit hingga besar. Apabila ingin menambah koleksi tumbuhan indal yang memiliki kelopak yang warna-warni serta mudah ditanam, coba ingat-ingat nama nama bunga ini.

Selama sudah memiliki pot dan tanah subur, kamu hanga perlu mencari bibit bunga aesthetic untuk ditanam dari benih hingga tumbuh besar. Tertarik untuk semakin mendalami aktivitas ini? Simak dengan seksama daftar nama bunga di bawah ini! Bila sudah tumbuh subur, bisa dijadikan sebagai latar foto yang artsy, lho.

BACA JUGA: Fakta Bunga Edelweis Cantik yang Langka & Dilarang Dipetik

1. Anggrek

nama bunga Anggrek
Unsplash

Anggrek merupakan salah satu jenis bunga yang punya banyak penggemar militan di tanah air. Tanaman yang memiliki sebutan dalam Bahasa Inggris orchid ini punya banyak warna yang cerah. Mulai dari putih, pink, hingga ungu. Harga yang dibanderol untuk setiap potnya juga variatif. Tergantung dari spesies dan kelangkaan warnanya. Kamu bisa membelinya dengan  harga mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu. Apabila jenisnya langka, harga yang dibanderol maka akan bisa mencapai jutaan.

-->

2. Anyelir

nama bunga dan artinya Anyelir
Unsplash

Tidak terlalu familiar dengan bunga ini? Mungkin kamu akan “kenal” dengan namanya dalam Bahasa Inggris yakni carnation. Tanaman dengan nama Latin Dianthus caryophyllus ini memiliki warna yang cukup unik. Di ujung setiap kelopaknya ada warna terangnya dan putih di sisi bagian dalamnya.

3. Aster

nama nama bunga di indonesia Aster
Unsplash

Bila senang berkeliling ke banyak florist, pasti kamu mengenali ada banyak bunga aster yang dipajang dan siap untuk mempercantik buket pesanan klien. Tanaman yang memiliki arti bintang bila diartikal dari Bahasa Latin ini memang memiliki kelopak yang lebat. Hal menarik yang membuat banyak orang suka dengan bunga ini adalah mudah ditanam dan tumbuh.

BACA JUGA: Jenis Bunga Keladi Beracun, Jauhkan dari Si Kecil. Hati-Hati!

4. Baby’s breath

nama-nama bunga aesthetic Baby’s breath
Unsplash

Tanaman yang memiliki nama Latin Gypsophila ini seringkali diandalkan sebagai bunga buket pengantin. Warna putihnya dengan mahkota bunga yang berukuran keci membuatnya terkesan manis untuk dibawa oleh mempelai wanita.

5. Bougenville

nama nama bunga dan gambarnya Bougenville
Unsplash

Bougenville adalah salah satu dari banyak nama nama bunga di Indonesia yang mudah ditemui. Terlebih lagi di pedesaan. Di sana, biasanya terdapat lebih banyak variasi warna. Mulai dari merah, pink, oranye, hingga putih. Saat bunganya bermekaran semua, bakal indah bila dijadikan sebagai latar foto.

Arti dari bunga ini memiliki multi tafsir yang berbeda menurut beberapa daerah. Namun secara umum bunga ini memiliki arti kasih sayang untuk siapa saja. Baik itu anak-anak, orangtua, maupun pasangan.

6. Dahlia

Dahlia
Unsplash

Bunga ini merupakan tanaman yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Memiliki banyak pilihan warna, ada kuning, putih, pink, oranye, hingga merah yang bisa memperindah tamanmu. Supaya bisa tumbuh dengan baik, jangan lupa untuk merawatnya dengan baik dan menyiraminya secara teratur.

BACA JUGA: Cara Menanam Bunga Hias di Rumah, Agar Cepat Tumbuh

7. Daisy

Daisy
Unsplash

Bagi penyuka konsep simplicity dan vintage, mungkin saja kamu suka menjadikan bunga daisy sebagai latar wallpaper di smartphone-mu. Tanaman ini memang punya sisi charming tersendiri. Kelopak putihnya yang mengelilingi putiknya yang berwarna kuning. Bila dikumpulkan menjadi sebuah buket yang besar, bakal terkesan lucu dan classy.

8. Geranium

Geranium
Unsplash

Siapa bilang tanaman liar tidak ada yang indah? Geranium adalah bukti nyatanya. Tumbuhan yang bisa tumbuh bersebelahan dengan tanaman liar di hutan ini merupakan tanaman asli dari Afrika Selatan. Warna yang ada kebanyakan didominasi dengan merah, ungu, hingga pink. Selain liar, ada juga jenis yang memang dipelihara sebagai tanaman hias.

9. Lavender

Lavender
Unsplash

Karena ada berbagai nama nama bunga dan gambarnya yang variatif, kamu tidak boleh melupakan eksistensi lavender. Bunga yang memiliki kelopak kecil-kecil berwarna ungu ini memiliki banyak manfaat apabila sudah diolah dan diekstrak. Selain dijadikan sebagai bahan utama untuk mengusir nyamuk dan serangga, ekstrak lavender juga sering dipakai untuk minyak aromatherapy yang bisa diteteskan ke air diffuser di dalam ruangan.

BACA JUGA: Jenis Bunga Keladi Mahal di Indonesia & Cara Merawatnya

10. Lily

Lily
Unsplash

Lily merupakan salah nama nama bunga di Indonesia yang cukup sering dipajang di etalase toko bungan ternama di kotamu. Bunga bakung ini warnanya beragam dan biasanya didominasi dengan beberapa warna. Arti dari setiap tangkai lili memiliki arti suci dan bersih.

11. Melati

Melati
Unsplash

Melati ialah salah satu nama bunga dan artinya sangat mendalam. Di Indonesia sendiri, bunga ini memiliki makna untuk melambangkan kesucian dan keanggunan. Bahkan di beberapa keadaan, melati sangat cocok untuk mewakili sesuatu yang sederhana dan tulus.

Bunga ini biasanya berwarna putih. Ada juga jenis lainnya yang hadir dengan warna merah muda. Untuk urusan bau, sudah jelas dan dikenal wangi dan segar.

12. Mawar

Mawar
Unsplash

Dari berbagai jenis dan nama-nama bunga aesthetic yang ada, mawar bak menjadi ratu dan disukai oleh khalayak umum. Meskipun tangkainya memiliki duri yang tajam, baunya yang segar serta warna bunganya yang banyak macamnya membuat banyak orang tertarik untuk memilikinya.

Bunga yang memiliki nama Latin rosa ini memang kerap dijadikan sebagai simbol kasih sayang untuk mawar merahnya. Arti warna lainnya ternyata juga berbeda satu sama lain, lho. Apabila ingin memberikan mawar kepada orang spesial, jangan lupa untuk mengecek artinya terlebih dahulu, ya. Riset dulu apa arti warna kuning, pink, putih, hijau, hitam, hingga mawar biru.

13. Matahari

Matahari
Unsplash

Bila kamu adalah orang yang suka berburu konten, bunga matahari wajib masuk ke dalam daftar nama nama bunga aesthetic yang bagus untuk dijadikan sebagai background foto. Apalagi apabila kamu berada di taman yang penuh dengan sunflower yang bermekaran, tak butuh banyak energi untuk mengeditnya dan menjadikannya sebagai foto profil.

Bagi yang ingin menanamnya di rumah, kamu bisa memulainya dengan menanam benihnya di pot kecil. Pastikan untuk menyiraminya paling tidak sehari sekali dan menaruhnya di tempat yang mendapatkan sinar matahari. Semakin besar bunga ini tumbuh, kamu perlu memindahnya ke media tanam yang lebih besar.

14. Poeny

Poeny
Unsplash

Mencari inspirasi bunga yang aesthetic? Pilih poeny saja. Visual bunga yang sering muncul di berbagai produk perawatan tubuh ini memang memiliki warna yang cerah. Selain itu kelopak bunganya yang tebal dan berlapis-lapis membuat tanaman ini cocok untuk dipadukan dengan jenis bunga lain ketika dirangkai menjadi buket kecil maupun besar.

15. Sakura

Sakura
Unsplash

Sakura menjadi salah satu tanaman yang dikenal indah dan berasal dari Jepang. Bunganya yang berwarna merah muda ini hanya tumbuh di musim semi di negara empat musim. Setelah bunga tumbuh sempurna, dia akan bertahan selama 1 minggu dan akan gugur dengan sendirinya. Maka dari itu, kamu perlu memperhitungkan timing yang tepat supaya bisa mengabadikan momen untuk berfoto dengan latar bunga sakura.

16. Tulip

Tulip
Unsplash

salah satu dari banyak nama nama bunga di dunia yang dikenal indah adalah tulip. Tanaman yang menjadi khas negara Belanda ini memang memiliki variasi warna yang beragam. Mulai dari putih, pink, merah, hingga oranye, semuanya memanjakan mata. Pada dasarnya, bunga ini memiliki tangkai dan helaian daun yang cukup tinggi dan panjang. Visualnya mencuri hati, bukan?

Dari berbagai nama nama bunga aesthetic di atas, mana yang visualnya menarik perhatianmu? Tertarik untuk menanamnya mulai dari bibit dan merawatnya hingga tumbuh besar. Apabila menanam mulai bibit terkesan memberatkan, kamu bisa membeli tanaman versi anakannya dan tinggal merawatnya hingga besar. 

Kamu bisa berkonsultasi dengan florist untuk bisa memilik jenis tanaman yang tepat dengan kepribadianmu. Misalnya kamu adalah orang yang sibuk, kamu bisa memilik tanaman yang mudah tumbuh dan bisa tetap hidup meskipun jarang disiram setiap hari. 

Ada banyak hal baik yang bisa didapatkan dengan berkebun. Salah satunya adalah mengurangi stres dan membuat mood lebih baik. Selain itu, kamu bisa memberikan bunga tersebut kepada orang tersayangmu. Kamu hanya perlu memotong ujung tangkainya llau membungkusnya untuk menjadi buket yang indah.