poster 17 agustusan

Dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia atau yang sering dikenal dengan momen agustusan, masyarakat biasanya akan memasang bendera merah putih di depan rumah masing-masing. Namun, banyak juga orang yang membuat poster 17 agustusan sebagai bentuk perayaan yang unik.

Poster merupakan media yang berisi gambar, tulisan, atau gabungan dari keduanya, yang dibuat menarik untuk memberikan informasi. Selain dibuat untuk memberikan informasi mengenai aktivitas sehari-hari, desain Poster 17 agustus ini juga bisa menjadi salah satu cabang lomba yang kreatif.

Nah, artikel berikut akan membahas mengenai contoh desain poster 17 agustusan yang cocok digunakan untuk merayakan HUT RI. Bagaimana bentuknya? Simak informasi berikut dengan baik, ya!

BACA JUGA: Kumpulan Puisi 17 Agustusan Cocok Dibacakan Saat HUT RI

-->

1. Poster  17 Agustusan sederhana

17 agustusan
Flores Editorial

Contoh desain poster 17 agustus kartun yang pertama adalah desain sederhana. Bagi Sedulur yang menyukai hal simpel, maka poster di atas dapat menjadi contoh yang sesuai. Poster di atas memiliki latar belakang warna merah dengan gradasi peta Indonesia yang berwarna lebih gelap.

Pada poster di atas, terdapat gambar seorang anak memakai baju merah putih yang membawa bendera merah putih serta ikat kepala merah putih. Di samping anak tersebut terdapat tulisan berwarna putih dengan kapitalisasi yang sama, serta angka 77 yang menunjukkan usia kemerdekaan. Meskipun terkesan simpel, namun poster ini tetap terlihat bagus dan rapi.  

2. Poster 17 Agustus di masa pandemi

17 agustus di masa pandemi
Pinterest

Contoh poster kedua adalah poster 17 agustus di masa pandemi. Poster ini selain dibuat untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI juga dapat digunakan untuk menginformasikan kepada masyarakat bahwa pandemi masih ada. Dengan begitu, kita harus tetap menjaga kesehatan tubuh dan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Di dalam poster terdapat beberapa orang tenaga kesehatan dengan peralatan medis yang menggunakan masker serta salah satunya membawa papan bertuliskan #PakaiMasker. Hal itu menunjukkan bahwa memakai masker merupakan hal yang tetap penting dilakukan jika beraktivitas di luar rumah. Memakai masker tidak hanya menjaga diri sendiri, melainkan juga menjaga orang lain.

Poster berlatar belakang putih tersebut juga dilengkapi dengan gambar bendera merah putih beserta tanggal peringatan kemerdekaan. Selain itu, terdapat juga ucapan selamat disertai logo yang dibuat dengan nuansa warna merah putih. 

BACA JUGA: 8 Ide Dekorasi Hias Jalan Kampung Agustusan yang Unik

3. Poster 17 Agustus ke 76

poster 17 agustus ke 76
Goodscoop

Selanjutnya adalah inspirasi poster 17 agustus ke 76, atau poster peringatan Hari Kemerdekaan pada tahun 2021. Selain menggunakan latar belakang warna solid, Sedulur juga dapat membuat poster dengan latar belakang bayangan orang. Seperti pada poster di atas, terdapat ucapan selamat dan logo official HUT RI ke-76 dengan nuansa warna merah putih.

Pada poster ini, tema yang diangkat adalah perlombaan antar kampung. Lomba semacam ini memang biasanya diselenggarakan setiap satu tahun sekali di bulan Agustus untuk memeriahkan HUT RI. Terdapat dua kelompok yang masing-masing terdiri dari 3 orang yang saling mengadu kekuatan untuk menarik tali dalam cabang lomba tali tambang. Sedulur juga dapat menggunakan cabang lomba lain sebagai inspirasi dalam membuat poster.

4. Poster 17 Agustus 1945

poster 17 agustus 1945
Kompas Megapolitan

Contoh desain selanjutnya adalah desain yang mengingatkan dengan suasana pada 17 Agustus 1945. Terdapat gambar para pahlawan yang dengan bangga mengibarkan bendera merah putih dalam genggaman tangan yang diangkat ke atas.

Dibelakang siluet para pahlawan tersebut juga diberikan gradasi asap serta sebuah cahaya terang untuk menambah kesan historis pada poster. Dengan latar belakang berwarna merah, poster ini nampak sangat berani dan bersemangat. Tak ketinggalan, terdapat ucapan selamat dalam bahasa Inggris dengan gaya tulisan yang kreatif.

BACA JUGA: Resep Tumpeng 17 Agustusan untuk Rayakan HUT RI

5.  Poster 17 Agustus kartun

poster 17 agustus
iStock

Contoh desain poster selanjutnya biasanya digunakan untuk para diaspora. Bagi mereka yang sedang berada di negara tetangga, poster simpel semacam ini dapat menjadi pilihan dalam merayakan HUT RI. Selain desain yang simpel, tulisan selamat yang digunakan juga menggunakan bahasa Inggris sehingga dapat dipahami oleh banyak orang.

Menggunakan latar belakang warna abu-abu solid, poster ini juga dilengkapi dengan letusan kembang api untuk menambah kesan meriah. Selain itu tulisan selamat dengan nuansa merah putih, poster ini juga memberikan gambar seseorang yang membawa bendera merah putih dengan penuh rasa gembira. Terakhir, poster ini juga dilengkapi dengan guratan bendera merah putih pada bagian sampingnya.

6. Poster 17 Agustus lomba

poster 17 agustus
Freepik

Contoh desain selanjutnya adalah poster 17 agustus yang berisi serangkaian perlombaan yang biasa dilaksanakan saat merayakan HUT RI. Beberapa lomba tersebut adalah tarik tambang, balap karung, dan panjat pinang. Selain gambar lomba, tentunya harus ada ucapan selamat yang berada di bagian atas poster.

Semua lomba ini memiliki makna untuk selalu semangat dalam meraih kemenangan, sama seperti saat para pahlawan bersemangat dalam berperang melawan para penjajah. Poster ini juga menunjukkan bahwa anak mudah harus selalu yakin dengan kemampuan dirinya sendiri dalam mencapai apa yang dicita-citakan. Meskipun poster ini tidak menggunakan warna merah putih secara keseluruhan, namun kesan nasionalisme tetap terwakili oleh bendera merah putih serta kostum yang digunakan para peserta.

7. Poster 17 Agustus ikonik

poster 17 agustus
iStock

Ide desain poster 17 agustusan selanjutnya adalah menggunakan ikon terkenal yang ada di Indonesia. Seperti contoh pada poster di atas, ikon yang digunakan adalah Candi Borobudur. Pemilihan ikon dalam poster ini dapat disesuaikan dengan ikon daerah masing-masing. Selain ikon, dalam poster tentu saja harus memuat kalimat ucapan selamat HUT RI.

Pemilihan warna abu-abu juga dapat disesuaikan dengan kecocokan warna. Seperti poster di atas, warna candi aslinya memang abu-abu, jadi mungkin akan terkesan aneh jika warnanya menjadi merah atau putih. Namun, untuk menambah kesan nasionalisme, poster dapat ditambahkan dengan bendera merah putih yang berada di samping kanan dan kiri poster.

BACA JUGA: Ide Dekorasi Hias Rumah 17 Agustusan, Bertema Merah Putih

8. Poster 17 Agustus penuh semangat

poster 17 agustus
Jatim Network

Ide selanjutnya adalah poster 17 agustus garuda. Poster ini menggunakan latar belakang merah putih dengan sentuhan warna kuning keemasan dari burung garuda pancasila. Selain tulisan ucapan selamat HUT RI, dalam poster juga ditambahkan gambar pahlawan yang sangat bersemangat sambil membawa bambu runcing.

Gambar pahlawan yang terkesan berteriak pada poster ini juga dapat menambah semangat kita dalam mempertahankan kemerdekaan yang telah diraih. Adanya bendera merah putih juga menambahkan kesan nasionalisme dalam poster ini.  Ide poster semacam ini tentu sangat tepat digunakan oleh kelompok pemuda yang ingin merayakan HUT RI tahun ini.

9. Poster 17 Agustus pahlawan

poster 17 agustus
iStock

Desain poster selanjutnya adalah desain yang bertema pahlawan. Dengan latar belakang berwarna merah putih poster ini sangat erat kaitannya dengan semangat perayaan HUT RI. Karena tema yang digunakan adalah pahlawan, maka dalam poster ini terdapat gambar seorang pahlawan yang memegang bendera merah putih dengan gagah.

Selain gambar pahlawan dan bendera merah putih, Sedulur dapat menambahkan ucapan selamat HUT RI sesuai keinginan masing-masing. Pilihlah font yang mudah dan sederhana dengan warna putih untuk memudahkan para audien saat membacanya. Desain poster semacam ini sangat cocok digunakan untuk mengingatkan generasi muda pada perjuangan para pahlawan kemerdekaan.

10. Poster 17 Agustus quote

poster 17 agustus
Pikiran Rakyat

Selain menggunakan gambar pahlawan, desain poster yang tak kalah kreatif adalah menambahkan kata-kata atau quote yang pernah diucapkan para pahlawan. Seperti contoh pada desain poster di atas, terdapat quote yang menyebutkan “Merdeka atau Mati” yang merupakan kalimat sakti dari Bung Karno.

Desain poster di atas juga menambahkan gambar seseorang berbaju putih dengan kerah merah dan ikat kepala merah putih yang sedang membawa bendera merah putih. Seseorang itu tampak berteriak dan menyerukan kata-kata sesuai dengan yang tertulis. Menggunakan latar belakang merah menyala dengan nuansa asap dan cahaya, poster tersebut dapat menambah kesan semangat bagi para pembaca.

Meskipun sebagian besar poster diisi dengan gambar orang dan quote, Sedulur tetap dapat menambahkan kata-kata ucapan selamat HUT RI pada bagian bawah yang masih kosong. Kalimat ini dapat ditulis secara lengkap bersama logo HUT RI pada tahun terkait, atau hanya menuliskan ucapan selamat saja. Hal ini dapat disesuaikan dengan desain yang telah dibuat.

BACA JUGA: 12 Ide Kostum Unik Agustusan yang Menarik dan Unik

11. Poster 17 Agustus ke-77

poster 17 agustus
Pinterest

Desain poster selanjutnya adalah poster lomba 17 Agustus yang diwakili dengan lomba panjat pinang. Untuk menunjukkan semangat nasionalisme, poster yang dibuat tidak harus menggunakan latar belakang warna merah atau putih secara keseluruhan. Sedulur juga bisa menggunakan warna biru untuk menggambarkan warna langit yang cerah.

Sebagai gantinya, Sedulur dapat menambahkan ornamen bendera merah putih pada puncak panjat pinang serta pada bagian bawah. Dengan latar belakang yang cerah, para pemain panjat pinang akan terlihat lebih jelas dan suasana yang diperlihatkan tidak monoton.

Pada bagian atas poster, Sedulur dapat menambahkan ucapan HUT RI dan logo HUT sesuai tahun kemerdekaan dengan menggunakan warna merah dan putih. Seperti contoh poster di atas, desain dibuat dengan ucapan selamat dan logo tahun kemerdekaan ke-77, dengan jargon “Pulih lebih cepat, Bangkit lebih kuat”. 

12. Poster 17 Agustus ramai

poster 17 agustus
Pinterest

Desain poster 17 agustusan yang terakhir adalah desain poster yang ramai. Dikatakan  ramai karena desain menggambarkan banyak tempat ibadah dari berbagai agama serta sebuah lomba khas agustusan, yakni panjat pinang. Dengan menggunakan teknik bayangan, tempat ibadah yang berjajar akan nampak seperti bayangan yang berada di belakang para pemain lomba panjat pinang.

Seperti yang terlihat dalam poster, terdapat bayangan candi Borobudur, candi Prambanan, hingga pura yang ada di Bali. Sebagai kreasi, Sedulur juga dapat menambahkan tempat ibadah agama lain sehingga lebih lengkap dan tidak menimbulkan rasa iri antar umat beragama.

Meskipun sudah terkesan ramain, namun Sedulur juga harus menyertakan ucapan selamat HUT RI untuk menandakan poster yang dibuat merupakan poster spesial hari kemerdekaan. Sedulur dapat membuat ucapan selamatnya saja, atau dilengkapi dengan logo tahun kemerdekaan terkait. 

13. Poster untuk kegiatan jalan santai

Canva

Dalam perayaan 17 Agustus tentu saja ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan, bukan hanya kegiatan lomba namun kegiatan pendukung lain seperti jalan santai salah satunya. Nah, agar kegiatan jalan santai banyak yang mengikuti dan dapat memeriahkan 17 Agustus, Sedulur bisa membuat poster di atas.

Selain itu, ditambah dengan kalimat dan kata-kata yang menggugah dapat membuat poster semakin memberikan dampak dan memeriahkan perayaan 17 Agustus. Dijamin dapat membuat perayaan 17 Agustus Sedulur semakin meriah.

14. Desain meriah dan berkelas

Freepik

Bagi Sedulur yang membutuhkan rekomendasi desain yang meriah dan berkelas, tentu desain di atas sangat cocok untuk Sedulur gunakan. Bentuk tulisan yang sederhana dengan dekorasi gambar yang tidak terlalu banyak. Sehingga bisa memberikan kesan sederhana.

Sedulur sangat bisa mengikuti desain di atas, atau langsung menggunakannya untuk memeriahkan 17 Agustus di kampung Sedulur. Belum lagi, desain di atas juga merupakan desain bebas dan terbuka tanpa adanya royalti.

15. Desain poster sederhana

Freepik

Rekomendasi desain terakhir adalah desain poster sederhana. Sedulur bisa menggunakan desain poster sederhana di atas. Dipadukan dengan warna biru yang semakin cocok dan memberikan kesan elegan. Dijamin bukan hanya meriah, namun perayaan 17 Agustus akan semakin megah.

Nah, itulah informasi mengenai desain poter 17 Agustusan yang dapat dijadikan inspirasi. Semoga dengan adanya ulasan ini, Sedulur dapat membuat desain poster yang baik dan dapat diterima oleh semua orang.

Selalu ingat untuk menjunjung tinggi rasa kekeluargaan dan nasionalisme tanpa menyinggung SARA. Selamat berkreasi!