hias jalan kampung agustusan

Dalam memeriahkan rangkaian acara peringatan Hari Kemerdekaan RI, masyarakat di setiap wilayah biasanya akan menghias daerahnya masing-masing. Mulai dari hias jalan kampung agustusan dengan pemasangan bendera, spanduk, hingga lampu warna-warni yang membuat suasana menjadi lebih hidup.

Tidak hanya itu, kemeriahan juga didukung dengan banyaknya lomba-lomba yang diselenggarakan. Baik anak-anak, remaja, hingga orang dewasa terlibat aktif untuk mengikuti lomba yang diadakan oleh panitia. Bahkan jika tidak ada lomba pun, kemeriahan peringatan Hari Kemerdekaan RI tetap bisa dirasakan dengan hanya melihat pengibaran bendera pusaka di istana negara. 

Jika Sedulur tertarik memeriahkan momen agustusan nanti dengan mendekorasi kampung, berikut adalah beberapa ide dekorasi kampung 17 agustus yang unik dan kreatif.

BACA JUGA: 10 Contoh Gapura Bambu 17 Agustusan, Meriahkan HUT RI

-->

Memasang bendera merah putih

hias jalan kampung agustusan
Mabes TNI

Pertama dan yang paling utama adalah mengibarkan bendera merah putih di depan rumah selama bulan Agustus. Namun, Sedulur juga dapat menambah beberapa bendera lagi dengan ukuran dan bentuk berbeda supaya suasana menjadi lebih meriah. Pemasangan bendera ini tentu saja bertujuan untuk memperkuat rasa nasionalisme dan sebagai bentuk euforia dalam merayakan Hari Kemerdekaan RI.

Bendera merah putih yang digunakan dapat berupa bendera plastik kecil yang dironce memanjang atau bendera merah putih dari kain yang dililitkan pada bambu untuk dipasang menjulang. Bendera-bendera tersebut kemudian dipasang sepanjang jalan kampung. Selain warna merah putih, Sedulur juga dapat menggunakan umbul-umbul yang berwarna-warni sehingga jalan menjadi semakin ramai.

BACA JUGA: 85 Pantun Kemerdekaan, Bangkitkan Semangat Kemerdekaan

Memasang lampu LED

hias jalan kampung agustusan
Harapan Rakyat

Ide dekorasi selanjutnya adalah lampu hias jalan kampung agustusan yang biasanya dipasang pada gapura selamat datang yang ada di masing-masing kampung. Lampu LED yang digunakan dapat berwarna merah putih atau berwarna-warni, atau campuran antara keduanya. 

Penggunaan lampu LED akan semakin membuat kampung terasa meriah. Kelap kelip nyala lampu juga bisa dinikmati sebagai pemandangan indah yang mengagumkan. Lampu LED ini juga bisa menambah kesan semangat di malam hari bagi siapa saja yang melewati jalan kampung di bulan Agustus. 

BACA JUGA: 15 Ide Sepeda Hias untuk Agustusan Beserta Tipsnya

Memasang spanduk

hias jalan kampung agustusan
Koran Tangerang

Selanjutnya adalah cara dekorasi 17 Agustus simple, yakni dengan memasang spanduk di sepanjang jalan kampung. Pemasangan spanduk ini dapat berada di samping kanan kiri jalan dengan bambu, atau di bagian atas jalan dengan menalikannya pada pohon.

Spanduk atau banner biasanya berisi ucapan dirgahayu Republik Indonesia dengan beberapa selingan kata-kata mutiara dari para pahlawan nasional, seperti Bung Karno, Bung Hatta, Cut Nyak Dien, Jenderal Soedirman, dan lainnya. Sebagian besar spanduk yang dipasang biasanya juga menggunakan latar belakang warna merah putih, dengan gambar garuda pancasila di dalamnya. 

Menggunakan payung warna warni

hias jalan kampung agustusan
Kompas Megapolitan

Cara lain untuk menghias jalan kampung agustusan adalah menggunakan payung warna warni yang digantung melintang di atas jalan. Penggunaan payung bisa saja menjadi daya tarik tersendiri bagi warga kampung lain yang melintas di kampung Sedulur.

Tidak hanya melintas, mereka bisa saja berhenti sejenak dan berfoto dengan latar belakang payung warna warni yang sangat memanjakan mata. Jika benar-benar terjadi, maka hal tersebut menandakan bahwa Sedulur berhasil dalam memeriahkan acara agustusan tersebut sehingga mendapatkan apresiasi positif dari banyak orang. 

Selain itu, di sela-sela payung warna warni juga dapat ditambah bola-bola kecil beraneka warna untuk menambah kemeriahan hiasan. Sedulur dapat menggabungkan bola-bola tersebut menjadi panjang, dan menatanya sebagai selingan di antara payung.

BACA JUGA: 15 Hadiah Lomba Agustusan untuk Anak-Anak yang Bermanfaat

Melukis jalan dan tembok 

Detik.com

Ide dekorasi selanjutnya adalah melukis jalan dan tembok dengan gambar sesuai tema. Sedulur dapat melukis jalan dengan hiasan-hiasan geometris, atau menggambar bentuk unik sesuai dengan kreatifitas masing-masing. Sedulur juga dapat melukis gambar tokoh pahlawan kemerdekaan, seperti Bung Karno dan Bung Hatta pada tembok yang masing kosong.

Dalam melukis jalan atau tembok, pastikan terlebih dahulu gambar apa yang akan dilukis. Hal ini harus melalui persetujuan dan izin pihak terkait agak tidak ada yang mempermasalahkannya di masa mendatang. Selain itu, jika jalan kampung tidak ada tembok yang bisa digambari, Sedulur dapat melukis pada dinding kantor pos kamling yang ada. 

Memasang lampion 

hias jalan kampung agustusan
Magelang Ekspres

Selain memasang lampu LED, mendekorasi jalan kampung yang unik dapat dilakukan dengan memasang lampion. Sedulur dapat memasukkan lampu kecil untuk mengisi lampion sebelum dipasang melintang di atas jalan. Dengan begitu, lampion akan menyala dengan indah di malam hari.

Tidak harus selalu berwarna merah putih, lampion yang dibuat juga dapat berwarna warni tergantung ketersediaan bahan. Lampion yang dibuat biasanya berbentuk bulat, kotak, maupun belah ketupat. Namun, jika Sedulur ingin lebih unik, lampion dapat dibentuk menyerupai bunga, ataupun tokoh pahlawan.

Sedulur juga bisa melilitkan lampu hias kerlap kerlip untuk memperindah lampion yang akan dipasang. Pembuatan lampion ini dapat dijadikan ajang perlombaan antar kampung untuk menilai seberapa kreatif para masyarakatnya dan lebih memeriahkan dekorasi 17-an dalam serangkaian peringatan Hari Kemerdekaan RI. 

Penggunaan lampion ini tidak hanya bisa digunakan untuk meng hias jalan kampung agustusan saja, akan tetapi juga dapat digunakan sebagai cara menghias ruangan acara 17 Agustus. Ruangan yang dihias menggunakan lampion dengan lampu hias kerlap kerlip dapat menjadi lebih menarik perhatian dan tampak sangat meriah.

BACA JUGA: 40 Kata-kata Caption Kemerdekaan, Bakar Semangat Juangmu

Menghias gapura masuk

hias jalan kampung agustusan
Jakmall

Menghias gapura masuk dapat dijadikan ide hiasan 17 agustus dari bahan bekas. Pasalnya, Sedulur dapat menghias gapura masuk dengan kumpulan botol bekas yang ditata sedemikian rupa menjadi bentuk yang unik. 

Untuk menambah kesan menarik, botol-botol bekas tersebut biasanya diisi dengan kain perca atau sampah plastik yang berwarna-warni. Tidak hanya itu, botol bekas juga dapat di cat merah putih terlebih dahulu sebelum disusun menghias gapura. 

Jika kampung Sedulur belum memiliki gapura selamat datang, maka Sedulur dapat membuatnya dengan mudah menggunakan bambu. Setelah itu, gapura bambu dapat dihias semenarik mungkin dengan cat dasar warna merah putih.  

Menghias gapura masuk dapat menjadi salah satu cara mudah memeriahkan momen agustusan karena tidak banyak mengeluarkan biaya. Cukup gunakan bahan bekas dan kreativitas, maka gapura akan menjadi menarik dipandang mata. Selamat mencoba!

BACA JUGA: 12 Lomba 17 Agustusan Anak Paud yang Mendidik dan Seru

Menanam bunga dengan ban bekas

hias jalan kampung agustusan
Orami

Ide dekorasi hias jalan kampung untuk memeriahkan momen agustusan yang terakhir adalah dengan menanam bunga menggunakan ban bekas. Sedulur dapat memanfaatkan ban bekas yang sudah tidak terpakai untuk menjadikannya sebagai pot tanaman yang cantik. Pot bunga dari ban ini dapat di cat dengan gambar-gambar geometris yang berwarna warni untuk menambah kesan meriah.

Selanjutnya, pot bunga dari ban bekas ini dapat ditata sepanjang jalan kampung, mulai dari gapura selamat datang hingga ujung jalan. Hal ini semakin meyakinkan kita bahwa untuk membuat dekorasi kampung yang unik dalam menyambut Hari Kemerdekaan RI, tidak harus membutuhkan biaya yang mahal. 

Barang bekas selain digunakan untuk menghias jalan kampung, juga bisa digunakan untuk mendekorasi panggung 17 agustus yang akan digunakan sebagai pusat acara lomba nantinya. Panggung dapat dihias menggunakan botol plastik yang dipotong dan dibentuk menyerupai bunga. Jika ingin bunga berukuran besar, Sedulur juga dapat menggunakan plastik bekas air minum berbentuk galon. 

Menghias menggunakan balon merah putih

Pikiran Rakyat

Sedulur juga bisa memberikan hiasan dekorasi kampung 17 agustusan dengan menggunakan balon merah putih. Salah satu rekomendasi hiasan yang dijamin ampuh untuk membuat momentum perayaan 17 agustusan semakin meriah.

Bukan hanya sebagai dekorasi kampung 17 agustusan, dekorasi ini juga cocok untuk menjadi hiasan di dalam ruangan, seperti kantor atau sekolah. Karena balon sangat ampuh untuk memeriahkan acara, wajar jika setiap perayaan ulang tahun tidak pernah terlepas dari balon.

Selain balon merah putih, Sedulur juga bisa menggunakan balon warna lainnya. Namun balon warna merah dan putih wajib ada karena merupakan warna kebesaran bangsa Indonesia.

Menggunakan bambu

Cianjur Update

Dekorasi kampung 17 Agustus selanjutnya yaitu dengan menggunakan bambu. Walaupun bambu memiliki warna alami hijau, jangan lupa bambu merupakan salah satu senjata tradisional yang digunakan oleh para pahlawan saat melawan penjajah.

Bambu runcing merupakan peralatan perang sederhana dari para pahlawan yang mengantarkan negara kita merdeka. Sedulur juga bisa mewarnai bambu menjadi warna merah dan putih agar selaras dengan dekorasi lainnya.

Tentu warna merah putih merupakan warna yang wajib dan identik saat 17 Agustus. Begitu pula dengan bambu runcing yang merupakan peralatan perang yang identik dengan pahlawan Indonesia dan menjadi kebanggaan karena terbukti berhasil mengalahkan penjajah dan merebut kemerdekaan.

Menggunakan penunjuk jalan unik

qhomemart

Dekorasi 17 agustus di kampung tentu dapat menyasar pada bagian jalan penunjuk. Sedulur bisa mulai mendekor dari sisi bahasa, misal di kampung Jawa buat penunjuk jalan menggunakan bahasa Jawa pula. Jangan lupa pula menggunakan desain yang unik agar dekorasi semakin menarik. Tentu penunjuk jalan yang dibuat bisa menggunakan warna yang identik dengan perayaan 17 Agustus, yaitu warna merah putih.

Nah, itulah informasi mengenai ide dekorasi hias jalan kampung agustusan yang dapat Sedulur coba buat di kampung. Tidak harus menggunakan barang yang mahal, menghias jalan juga bisa dilakukan menggunakan barang-barang bekas yang dimiliki warga sekitar.  Semoga informasi ini dapat menambah kreativitas Sedulur dalam memeriahkan acara agustusan di daerah masing-masing nanti. Selamat berkarya!