Kostum unik agustusan

Dalam beberapa tahun ini, kita sudah tidak pernah melihat lagi kostum unik agustusan saat karnaval. Penyebabnya adalah karena pandemi Covid-19 yang membuat karnaval tidak bisa dilaksanakan. Tahun ini, ada kemungkinan karnaval agustusan bisa kembali digelar. Tentu kita harus terlibat dengan menyiapkan berbagai kostum unik agustusan.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas daftar rekomendasi kostum unik agustusan yang bisa jadi pilihan Sedulur, baik untuk anak-anak atau untuk Sedulur itu sendiri. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak rekomendasi di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Contoh Gapura Bambu 17 Agustusan, Meriahkan HUT RI

1. Baju adat

kostum unik agustusan
Deposit Photos

Rekomendasi kostum unik agustusan yang pertama adalah dengan menggunakan baju-baju adat yang ada di Indonesia. Seperti yang Sedulur ketahui sendiri. Bahwa Indonesia merupakan negara yang majemuk, yang terdiri dari ratusan suku bangsa yang ada di Indonesia.

Banyak baju adat yang bisa jadi rekomendasi kostum yang Sedulur gunakan. Ini juga menunjukan bahwa Indonesia merupakan negara yang beragam dan turut memperkenalkan baju adat di Indonesia kepada masyarakat.

Contohnya seperti Sedulur yang bersuku Sunda dan tinggal di Sumatera, Sedulur bisa menggunakan baju adat Sunda untuk mengikuti karnaval di tempat Sedulur. Semakin banyak baju adat yang digunakan, semakin menarik juga karnaval karena akan banyak ragam peserta karnaval yang menarik untuk disaksikan.

2. Baju profesi

Pikiran Rakyat

Rekomendasi selanjutnya yaitu dengan menggunakan baju profesi. Biasanya, baju profesi ini sering digunakan sebagai kostum agustusan anak-anak. Profesi seperti dokter, pilot, guru, hingga masinis atau beragam profesi lain sering digunakan sebagai kostum untuk mengikuti karnaval.

Profesi seperti polisi, tentara atau abdi negara lainnya biasanya masuk dalam jenis ide kostum khusus abdi negara. Namun, sebagaimana yang Sedulur ketahui, biasanya banyak anak-anak yang menggunakan kostum abdi negara yang merupakan cita-citanya. Anak-anak akan mengikuti karnaval menggunakan kostum profesi yang dicita-citakannya.

3. Kebaya dan batik

kostum unik agustusan
Tribun Jabar

Saat ini mungkin yang Sedulur nantikan ketika karnaval agustusan tiba yaitu menyaksikan hal-hal unik yang dapat membuat Sedulur terhibur. Oleh karena itu, banyak peserta karnaval yang berlomba menggunakan kostum unik. Namun, di tengah keunikan dan kemeriahan karnaval, ada juga yang menggunakan kostum karnaval simple tapi unik, kostum tersebut adalah kebaya dan batik.

Kebaya dan batik sendiri merupakan dua baju khas Indonesia yang sering digunakan untuk acara resmi. Tidak ada salahnya menggunakan kebaya dan batik untuk mengikuti karnaval. Biasanya dalam karnaval seringkali mengutus anak sekolah untuk mengikuti karnaval. Nah, anak-anak sekolah yang sering menggunakan kebaya dan batik sebagai kostum saat karnaval tersebut.

4. Kostum kuda lumping

Harian Nasional

Rekomendasi kostum unik dan lucu agustusan yaitu dengan menggunakan kostum kuda lumping. Terutama anak-anak, sangat menyukai kostum kuda lumping karena unik. Sedulur juga perlu ketahui bahwa kuda lumping atau yang dikenal sebagai jaran kepang termasuk kesenian tradisional dari Jawa yang khas Indonesia.

Untuk memeriahkan karnaval agustusan dengan tema kostum yang cukup beragam, kostum ini bisa jadi pilihan untuk digunakan. Bukan hanya digunakan untuk anak-anak, namun juga bisa digunakan untuk orang dewasa. Menggunakan kostum ini juga berarti kita mendukung kebudayaan tradisional Indonesia itu sendiri.

5. Kostum superhero Indonesia

kostum unik agustusan
RCTI+

Rekomendasi kostum unik agustusan selanjutnya yaitu dengan menggunakan kostum superhero asli Indonesia. Jika saat ini kita seringkali menonton superhero luar negeri seperti Ironman, Thor, Captain America dan superhero lainnya. Jangan sampai kondisi tersebut membuat kita lupa akan identitas superhero khas Indonesia.

Karnaval agustusan bisa jadi ajang untuk memperkenalkan superhero khas Indonesia dan membuat masyarakat tidak melupakan bahwa Indonesia juga memiliki superhero, seperti contohnya Gatotkaca, Wiro Sableng atau Gundala Putra petir. Kostum superhero Indonesia juga bisa membuat karnaval menjadi lebih meriah dan beragam.

6. Kostum hewan langka

Pinterest

Untuk lucu-lucuan, Sedulur bisa menggunakan kostum unik untuk lomba agustusan dengan menggunakan kostum hewan langka. Terutama menggunakan kostum hewan langka khas Indonesia, seperti misalnya komodo atau hewan-hewan lainnya. Terutama, Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak aneka ragam hewan langka.

Dengan menggunakan kostum ini bisa menjadi momentum untuk mengangkat kembali sosok hewan langka di Indonesia yang mulai dilupakan atau bahkan tidak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Contoh hewan langka lain selain komodo seperti, orangutan, burung cendrawasih, hingga burung merak dan badak bercula satu.

7. Kostum dari barang bekas

kostum unik agustusan
GenPI

Rekomendasi kostum agustusan kreatif dan unik selanjutnya yaitu dengan menggunakan kostum dari barang bekas. Sedulur bisa memanfaatkan barang bekas kemudian bisa digunakan menjadi kostum untuk mengikuti karnaval agustusan. Menggunakan kostum ini dapat membuat Sedulur turut memperhatikan lingkungan.

Karena barang bekas yang memberikan bahasa untuk lingkungan, dengan dimanfaatkan sebagai kostum bisa didaur-ulang dan secara otomatis telah memberikan peran untuk melindungi dan menjaga lingkungan itu sendiri. Karnaval akan semakin meriah dan juga mewah untuk disaksikan.

8. Kostum hantu Indonesia

Nusae

Tidak akan seru sebuah karnaval jika pesertanya tidak menggunakan kostum unik agustusan ala hantu-hantu Indonesia. Kendatipun menakutkan, hantu seperti pocong, kuntilanak, tuyul dan lain sebagainya bisa membuat suasana karnaval menjadi semakin meriah dan seru untuk ditonton.

Hantu-hantu pun merupakan bagian dari kearifan lokal, kendati pun keberadaan mereka dipertanyakan secara ilmiah, namun kepercayaan masyarakat akan hantu merupakan sebuah kearifan lokal sendiri yang menjadi ciri bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya tradisional.

9. Baju pahlawan

kostum unik agustusan
Lovely Ristin

Rekomendasi selanjutnya yaitu bisa menggunakan kostum unik agustusan yang berasal dari para pahlawan kita. Pahlawan dalam hal ini seperti Presiden Soekarno, Wakil Presiden Moh. Hatta dan tokoh-tokoh penting lain seperti Sutan Sjahrir, Agus Salim dan Moh. Natsir dan lain sebagainya.

Pada dasarnya baju pahlawan ini merupakan kostum kemeja dengan jas dengan gaya tahun 1945-1950an, yang serin digunakan oleh pahlawan atau para Founding Father bangsa Indonesia. Dalam karnaval agustusan, sering kita lihat ada yang menggunakan kostum ini. Oleh karena itu, kostum ini cocok untuk Sedulur gunakan saat karnaval lainnya.

10. Daster ibu-ibu

Pasbana

Jika ibu-ibu menggunakan daster, tentu itu hal biasa. Setiap ibu-ibu ketika menghabiskan waktu di rumah tentu akan menggunakan daster, karena kenyamanan dari daster itu sendiri. Namun akan menjadi tidak biasa, ketika bapak-bapak mengikuti karnaval agustusan dengan menggunakan daster.

Dan memang, kostum daster seringkali digunakan oleh bapak-bapak saat berkarnaval. Lengkap dengan kerudung atau aksesoris lainnya yang sering ibu-ibu gunakan di rumah. Ditambah, bapak-bapak yang menggunakan daster, seringkali berlenggok selayaknya ibu-ibu saat beraktivitas di rumah. Dijamin membuat masyarakat yang menontonnya akan tertawa ngakak.

11. Kostum abdi negara

Pinterest

Rekomendasi kostum unik agustusan yang bisa jadi pilihan Sedulur adalah dengan menggunakan kostum abdi negara, seperti kostum atau seragam tentara, polisi atau pamong praja dan pegawai negeri sipil. Biasanya, kostum ini juga sering digunakan oleh anak-anak yang ikut karnaval dan sebagai bagian dari kostum profesi.

Selain baju pahlawan, kostum abdi negara juga banyak digunakan oleh masyarakat saat melakukan karnaval. Selain itu, penggunakan kostum abdi negara juga merupakan bagian dari penghargaan terhadap para abdi negara yang turut membela negara dan mempertahankan kedaulatan dan keamanan di Indonesia itu sendiri.

BACA JUGA: 15 Ide Sepeda Hias untuk Agustusan Beserta Tipsnya

12. Kostum pramuka

Detik

Kostum unik agustusan terakhir yang bisa Sedulur gunakan adalah dengan menggunakan kostum pramuka. Kostum ini bisa jadi pilihan bagi Sedulur yang ingin mengikuti karnaval namun tidak ingin menggunakan kostum yang aneh-aneh. Kendatipun biasa saja, kostum pramuka juga cukup untuk untuk digunakan saat karnaval.

Terutama bagi Sedulur yang merupakan anak pramuka atau juga pembina pramuka, bisa terlibat dalam karnaval dengan menggunakan pakaian pramuka. Ini bisa membuat suasana karnaval semakin meriah dan seru dengan banyaknya kostum menarik yang digunakan oleh peserta karnaval itu sendiri.

13. Kostum wayang 

InfoPublik

Salah satu rekomendasi kostum unik agustusan yang bisa jadi rekomendasi Sedulur yaitu kostum wayang. Banyak tokoh pewayangan yang bisa jadi rekomendasi Sedulur. Selain itu, wayang sendiri merupakan salah satu tradisi dan kesenian yang memiliki nilai budaya yang luhur.

Wajar jika Sedulur menjadikan kostum wayang sebagai rekomendasi kostum unik. Ada banyak tokoh pewayangan yang bisa jadi rekomendasi untuk Sedulur gunakan jadi kostum. Mulai dari tokoh Arjuna hingga tokoh wayang seperti Semar.

14. Kostum dari koran yang kreatif dan simpel

Tribunnews

Ada banyak cara untuk menjadi unik saat agustusan, salah satunya yaitu dengan menggunakan kostum unik agustusan yang terbuat dari koran. Dengan menggunakan kostum ini, dijamin perayaan 17 Agustus akan menjadi lebih meriah.

Terlebih lagi, saat ini Covid-19 sudah dapat dikendalikan dan perayaan sudah boleh dilaksanakan. Tentu merayakan dengan menggunakan berbagai kostum unik menjadi sangat menarik. Salah satu kostum yang bisa Sedulur gunakan adalah kostum dari koran.

15.  Kostum penari tradisional

kostum unik agustusan
Bisniswisata

Indonesia merupakan negara yang kaya akan kebudayaan dan kesenian tradisionalnya. Setiap daerah memiliki keunikan masing-masing. Salah satunya yaitu keunikan dari setiap kostum tarian tradisional. Nah, untuk menunjukan kekayaan dan keberagaman Indonesia, Sedulur bisa menggunakan kostum penari tradisional.

Sedulur bisa menggunakan kostum penari tradisional dari daerah Sedulur sendiri, atau menggunakan kostum penari dari daerah lain. Ada banyak cara yang bisa Sedulur lakukan untuk memeriahkan kemerdekaan. Tujuannya satu, hanya untuk menghormati para pahlawan atas perjuangannya merebut kemerdekaan dan menanamkan rasa cinta dan nasionalisme kepada bangsa kita ini.

BACA JUGA: Resep Tumpeng 17 Agustus, Cara Hias dan Makna Dibaliknya!

Selain daftar kostum di atas, ada beberapa daftar kostum unik yang bisa Sedulur gunakan di saat perayaan 17 Agustus, beriktu daftarnya:

  1. Kostum yang terbuat dari bahan alam, daun atau tumbuhan
  2. Kostum tokoh-tokoh pahlawan Indonesia
  3. Kostum zaman kerajaan Indonesia
  4. Kostum dengan tema kesenian Indonesia (kuda lumping atau reog)
  5. Kostum dari kemasan makanan
  6. Kostum zaman Perang Revolusi Kemerdekaan
  7. Kostum tema media sosial
  8. Kostum tema superhero
  9. Kostum tema kartun SpongeBob
  10. Kostum tema Upin dan Ipin
  11. Kostum tentara dan polis
  12. Kostum guru dan dokter
  13. Kostum anak-anak sekolah
  14. Kostum satpam dan hansip
  15. Kostum dalang dan wayangnya
  16. Kostum hewan khas Indonesia
  17. Kostum anime Jepang
  18. Kostum seorang koki atau chef
  19. Kostum bertema makanan
  20. Kostum bertema keindahan alam

Nah itulah daftar rekomendasi kostum unik agustusan yang bisa Sedulur pilih dan siapkan untuk mengikuti karnaval di agustusan tahun ini. Yuk, mari kita meriahkan perayaan kemerdekaan Indonesia sebagai momentum untuk membuat bangsa menjadi lebih kuat dan maju di masa depan. Mari kita jadikan juga momen 17 Agustus untuk mengenang para pahlawan yang sudah gugur demi memberikan kemerdekaan kepada rakyat Indonesia. Merdeka!